Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja
Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja

Bagaimana cara mengatasi ngantuk saat kerja? Jika kamu sering mengalami ngantuk saat kerja dan menghambat proses kerjamu, kamu perlu melakukan beberapa yang bisa membuat kamu konsentrasi kembali dan menghilangkan rasa ngantuk.

Jika kamu adalah pekerja kantoran yang padat akan jam kerja dan sedikit waktu untuk beristirahat, apalagi jika kamu sudah berkeluarga maka semakin sedikit waktu istirahatmu dan bisa membuat kamu ngantuk saat kerja. Rasa ngantuk adalah hal yang wajar yang sering terjadi akibat tubuh kelelahan dan kurangnya istirahat.

Selain kelelahan masih banyak hal yang menjadi penyebab dasar seseorang merasakan ngantuk. Apalagi jika ngantuk saat kerja, dan akan mengganggu kinerja kamu.

Apa Yang Bikin Ngantuk?

Sebagian orang akan mengalami ngantuk pada saat kerja, dan setiap orang pastinya mengalami ngantuk dengan alasan dan penyebab yang berbeda.

1. Insomnia

Insomnia merupakan kondisi di mana seseorang memiliki kesulitan tidur, sehingga harus berjaga atau begadang hingga dini hari atau bahkan sampai pagi. Insomnia dapat mengakibatkan mengantuk saat jam kerja lantaran kurang tidur.

Beberapa efek kurang tidur seperti mudah ngantuk, kesulitan mengendalikan emosi, dan respons melambat. Selain karena kurang tidur, ngantuk saat jam kerja juga bisa disebabkan terlalu banyak tidur. Menurut sebuah penelitian, orang yang tidur lebih dari 8 jam justru akan mudah merasa ngantuk pada keesokan harinya. Jam tidur normal adalah 6-8 jam.

2. Stress atau Depresi

Tekanan seperti stress ataupun Depresi bisa membuat kamu kesusahan untuk tidur nyenyak pada malam hari bahkan sebagian orang tidak bisa tidur sama sekali. Jadi sebisa mungkin untuk kamu menjaga kondisimu agar terhindar dari stress dan juga depresi.

3. Kurang Minum Air Putih

Sebuah penelitian menemukan kekurangan asupan air atau dehidrasi dapat membuat tubuh cepat lelah dan rasa ngantuk akan muncul. Air putih berperan penting bagi kehidupan sebagai sumber mineral untuk memastikan semua sistem di tubuh bekerja dengan baik, sekaligus membantu memaksimalkan energi saat melakukan aktivitas fisik.

4. Kurang Gerak Aktif

Berdiam diri terlalu lama di depan komputer atau di balik meja akan membuat tubuh merasa lelah dan mengantuk. Caranya, kamu perlu berolahraga ringan di sela-sela kegiatan di kantor. Cara ini akan membuat sirkulasi darah di dalam tubuh akan berjalan dengan lancar.

5. Obat-Obatan

Mengonsumsi obat-obatan seperti obat untuk mengatasi penyakit tertentu, seperti hipertensi, asma, atau gangguan jantung. Ngantuk juga bisa muncul akibat kondisi medis seperti anemia, diabetes mellitus, hingga malnutrisi.

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja
Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja

Ngantuk adalah hal yang manusiawi dalam diri manusia. Tetapi pernah ngga sih kamu ngantuk saat kerja? Pastinya akan mengganggu konsentrasi dan kinerja kamu. Lalu bagaimana cara mengatasi ngantuk saat kerja? Ada beberapa tips dari kami yang bisa kamu coba.

1. Minum Kopi

Kandungan kafein dalam kopi bisa memberikan energi untuk tubuh yang sedang mengantuk atau sekedar mengalami kelelahan. Karena sifatnya sebagai stimulan, secangkir kopi bisa meningkatkan aktivitas di otak serta sistem saraf pusat.

Jadi kamu jangan heran ketika setelah minum kopi, kamu akan merasakan fokus serta kemampuan berpikir yang ikut meningkat. Dan pastikan rasa ngantuk yang kamu rasakan akan sedikit berkurang. Tetapi yang kamu perlu ingat, jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi kafein.

2. Tidur Siang di Jam Istirahat

Jika kamu berpikir tidur siang harus selama 3 atau 4 jam, kamu salah. Kamu bisa gunakan waktu istirahat untuk tidur selama 15-30 menit saja, dan setelah terbangun kamu akan merasakan badanmu yang bisa kembali segar. Apalagi tidur siang bisa membuat kamu menambah energi sehingga bisa lebih produktif dalam beraktivitas.

3. Perbanyak Gerak

Percaya atau tidak, banyak bergerak dapat mengurangi rasa kantuk. Ini tandanya, hal ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ngantuk yang cukup ampuh. Apalagi, jika kamu merupakan pegawai kantoran yang harus duduk terus untuk waktu yang lama.

Jika kamu sedang bekerja, cobalah untuk menggerakkan tubuh, berjalan-jalan selama 10 menit, kemudian kembali bekerja. Bahkan, kamu perlu memanfaatkan waktu seperti makan siang untuk bergerak demi menghilangkan ngantuk.

4. Teknik Pernafasan

Cara lain yang bisa membantu kamu menghilangkan rasa ngantuk saat kerja terkhusus pada siang hari adalah teknik pernafasan. Teknik ini bisa membantu untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah sehingga kamu bisa membuat rasa ngantuk sedikit berkurang.

Teknik pernafasan yang bisa kamu coba untuk menghilangkan ngantuk saat kerja:

  • Duduk dengan tegak di kursimu, fokuslah untuk bernapas menggunakan perut.
  • Letakkan tangan kananmu pada perut, tepat di bawah rusuk. Kemudian, letakkan tangan kirimu pada dada.
  • Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan biarkan perut mendorong tangan kananmu. Jangan memmbiarkan dada kamu bergerak.
  • Embuskan napas melalui bibir yang mengerucut.
  • Ulangi semua sebanyak 10 kali.

5. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan ngantuk saat kerja. Sekaligus dapat membantu kamu mengusir rasa bosan. Tergantung pada genre musik yang kamu suka, bisa kamu dengarkan selama kamu bekerja.

6. Cuci Muka

Mencuci muka dapat menghilangkan rasa mengantuk saat jam kerja. Basuhan air dapat membuat tubuh kembali segar. Berdasarkan studi dalam Journal of Personality and Social Psychology, cuci muka dapat menetralisir suasana hati dan membangkitkan energi saat merasa kewalahan.

7. Lakukan Peregangan

Melakukan stretching atau peregangan di meja kantor juga bisa mengusir rasa ngantuk. Peregangan sederhana bisa dilakukan dengan merentangkan tangan, menekuk leher ke samping kiri dan kanan, atau hanya sekadar memutar badan ke kiri dan kanan sambil duduk di atas kursi. Kamu bisa lakukan hal tersebut disaat kamu mulai merasakan ngantuk dan disela pekerjaanmu.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Pastikan kamu mendapatkan tidur atau istirahat yang cukup setiap malamnya agar kamu tidak mengantuk disaat siang hari ataupun disaat sedang bekerja. Karena jika kamu kurang istirahat atau berbagai gangguan tidur lainnya berpotensi besar untuk membuat kamu merasakan ngantuk.

Jadi, disiplinlah untuk melakukan istirahat yang cukup untuk menghindari hal tersebut dan juga sekaligus menjaga kesehatan kamu. Semakin kamu sering begadang ataupun kurang istirahat maka bisa juga menimbulkan sistem imun tubuh kamu menurun.

9. Pastikan Ruang Kerja Terang

Jika memungkinkan, bukalah penutup jendela kantor dan biarkan sinar matahari masuk ke ruangan. Sinar matahari akan menambah energi serta meningkatkan fokus kita.

Walaupun banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa ngantuk, tetapi hal yang perlu kamu perhatikan sekaligus cara paling ampuh untuk mengatasi ngantuk saat kerja adalah menjaga waktu istirahatmu supaya kamu bisa menghindari rasa ngantuk dan juga untuk menjaga kondisi tubuh kamu.

Related posts