Cara Koneksi Hp ke TV Samsung

Perangkat smartphone dan TV saat ini menjadi salah satu sarana hiburan yang seringkali dimanfaatkan masyarakat. Bedanya, jika hp bisa digunakan setiap waktu karena lebih fleksibel dan gampang dibawa kemanapun, namun untuk TV kita hanya bisa menggunakannya di waktu-waktu senggang saat menyaksikan drama kesayangan. Disini kita akan membahas cara koneksi hp ke TV Samsung, jika Kamu ingin melakukan aktivitas streaming atau apapun dengan tampilan layar lebih besar.

Baik HP smrtphone maupun TV, keduanya menyajikan hiburan berbeda,  dimana dengan perangkat hp Kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas, selain mudah dibawa kemanapun. Sementara itu, TV lebih dikhususkan untuk hiburan dalam bentuk tontonan.

Walaupun begitu, TV pun bisa diubah layaknya perangkat smartphone, untuk melakukan berbagai seperti melalukan video call, menonton acara secara live streaming. Atau bisa juga dengan bermain games yang biasa dilakukan di perangkat hp, namun untuk mendapatkan pengalaman berbeda Kamu kini bisa menggunakannya di layar Hp..

Adapun untuk melakukan hal tersebut adalah dengan cara koneksi HP ke TV Samsung. Namun sebelum kita membahasnya, Kamu wajib memastikan terlebih dahulu. Pastikan apakah TV yang ada dirumah mendukung koneksi Hp atau tidak sama sekali. Apabila ternyat adapat dikoneksikan dengan HP,  Kamu pun bisa melakukannya.

Apa Saja Kelebihan TV Samsung?

Menonton movie atau hanya sekedar menonton serial secara streaming bisa dilakukan dengan menggunakan Smart TV. Salah satu Smart TV yang saat ini bisa diandalkan untuk hiburan sehari-hari dirumah adalah TV Samsung. Keunggulan Smart TV Samsung ialah Kamu dapat mengintegrasikannya ke perangkat smartphone dengan mudah.

Terkait:  Cara Melihat Screen Time Samsung

Pada remote TV Samsung, disana ada tombol Smart Hub, yang digunakan untuk menyambungkan hp ke TV. Kemudian ikuti petunjuk berikutnya, dan kamu sudah bisa menonton layanan streaming di layar TV Samsung.

Saat ini cukup banyak varian TV Samsung yang beredar di pasaran, mulai dari ukuran layarnya yang bermacam-macam hingga sistem operasi yang disematkan didalamnya. Namun yang paling terbaru adalah yang dibekali dengan Smart Hub, dimana menu ini ditampilkan pada bagian bawah layar TV yang bisa mempermudah dalam mengoperasikannya.

Smart Hub biasanya akan memberikan rekomendasi konten yang menarik bagi penggunanya berdasarkan dari pola tontonan yang sering di tonton dalamkurun waktu beberapa bulan terakhir. Istilah ini biasanya disebut dengan Universal Guide. Dengan fitur ini, kamu pastinya tidak akan merasa kebingungan ingin menonton program apa yang menarik sesuai dengan karakter menonton yang kamu lakukan.

Fitur Smart Hub, memungkinakn kamu untuk menginstal berbagai macam aplikasi di TV Samsung. Bebrerapa diantaraya seperti mendownload dan menginstall aplikasi Youtube, Deezer, Spotify, Netflix, Hulu, Amazon, ESPN, dan lain sebagainya.

HP yang Support ke TV Samsung

Agar bisa menghubungkan HP ke TV Samsung, maka yang paling utama adalah dengan mengeceknya sendiri apakah HP yang kamu miliki supoort atau tidak sama sekali. Hal ini mengingat hanya ada beberapa tipe HP Samsung saja yang bisa di hubungkan dengan TV Samsung.

Operating System adalah fitur yang paling penting untuk meyakinkan penggunanya guna memaksimalkan fitur-fitur tertentu untuk menhubungkan HP ke TV Samsung. Dengan begitu, apabila sistem operasinya tidak mendukung, maka kamu tidak bisa menggunakannya dan tidak bisa menikmati berbagai macam tayangan hiburan dari HP ke TV.

Terkait:  Cara Hapus Akun Samsung

Sistem operasi minimal yang bisa digunakan yaitu OS Android 4.2 (Jelly Bean), namun akan lebih baik jika menggunakan Operating System terbaru. Terutama jika ingin menikmati berbagai fitur menarik yang dimanfaatkan dari HP seperti melakukan Mirroring.

Cara Koneksi Hp ke TV Samsung

Cara Koneksi Hp ke TV Samsung
TUtorial Koneksi Hp ke TV Samsung

Tutorial Koneksi Hp ke TV Samsung

Jika Kamu sudah mengetahui keunggulan TV Samsung yang digunakan untuk berbagai macam hiburan. Kamu mungkin tertarik ingin menyambungkan HP smartphone ke TV Samsung. Dengan tujuan ingin menikmati berbagai macam aktivitas yang sering dilakukan lewat Hp langsung dari TV Samsung. Silahkan cek ulasan cara koneksi hp ke TV Samsung berikut ini :

1. Memakai Miracast

Alternatif lain cara koneksi HP ke TV Samsung adalah dengan menggunakan Miracast. Cara ini tidak memerlukan kabel sama sekali. Kamu bisa mendapatkan Miracast yang tersedia di toko-toko elektronik atau toko komputer di sekitar rumahmu.

Apabila sudah membeli Miracast, kamu cukup memasangnya dan lakukan koneksi menggunakan wireless yang bisa menghubungkan antara HP dan TV Samsung. Namun pastikan dulu jika HP smartphone yang kamu miliki dan TV Samsung yang sudah terpasang dirumah harus sama-sama support terhadap Miracast.

2. Menggunakan Kabel HDMI

Cara koneksi Hp ke TV Samsung berikutnya ialah dengan menggunakan kabel HDMI dengan sangat mudah, karena kamu cukup menyambungkan HP dan TV dengan kabel HDMI saja.

Biasanya untuk kabel ini dijual secara terpisah, jadi Kamu harus membelinya ke toko elektronik untuk membelikabel ini.

Dengan menggunakan kabel HDMI, kamu dapat menikmati berbagai macam layanan seperti yang ada pada HP smartphone. Diantaranya untuk menonton video dari aplikasi Youtube, bermain game dengan menggunakan layar TV Samsung, dan menyaksikan film atau drama favorit melalui TV Samsung. Jadi, Kamu tidak perlu menginstal aplikasinya terebih dahulu di TV.

Terkait:  Cara Kunci Galeri Samsung

3. Menggunakan Wireless Display

Yang dimaksud dengan Wireless Display adalah sebuah teknologi jaringan sebagai alat penghubung antara HP dengan komputer tanpa menggunakan kabel sama sekali. Keuntungan menggunakan Wireless Display adalah bisa menghubungkan beberapa perangkat sekaligus.

Contohnya saja, kamu memilki 2 TV dirumah, maka dengan menggunakan Wireless Display bisa saling berhubungan hanya dengan menggunakan 1 HP smartphone saja sebagai pemegang kendali jarak jauh.

Cara menggunakannya adalah selain harus ada perangkat Wireless Display, juga kamu harus download aplikasinya untuk di instal di HP. Dengan begitu, nantinya kamu bisa dengan mudah mengontrol siaran TV sesuai yang di fungsikan di HP.

4. Menggunakan Fitur Screen Mirroring

Screen Mirroring adalah salah satu fitur yang bisa kamu dapatkan di beberapa tipe Samsung yang telah mendukung fitur ini. Biasanya pada beberapa seri Samsung, seperti Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy S7, dan Samsung Galaxy S8.

Dengan menggunakan fitur ini, maka kamu tidak perlu membutuhkan beberapa perangkat seperti yang dijelaskan pada penjelasan sebelumnya. Namun kelemahannya adalah tidak semua tipe Samsung support dengan fitur Screen Mirroring.

Seandainya kamu memiliki fitur ini di HP Samsung yang kamu miliki saat ini. Caranya Kamu hanya perlu menekan tombol ‘source’ yang ada pada remote TV Samsung. Kemudian tinggal pilih menu berikutnya yaitu ‘Screen Mirroring’. Secara otomatis jika sudah mengikuti langkah-langkah tersebut, maka HP kamu akan terhubung langsung dengan TV Samsung.

Dengan begitu, kamu akan mudah mengontrolnya untuk melihat berbagai macam konten dan memutar berbagai file media di perangkat hp. Selain itu, bisa juga melakukan berbagai macam fungsi lainnya. Kamu bisa melakukan semuanya melalui layar TV Samsung.

Oke, demikian 4 cara koneksi HP ke TV Samsung yang dapat dilakukan untuk menyaksikan berbagai macam hiburan dari hp ke TV Samsung. Semoga bermanfaat!

Related posts