Cara Iklan di Youtube

Sudahkah Kamu memaksimalkan iklan produkmu menggunakan media sosial? Jika belum, salah satu yang bisa Kamu coba adalah cara iklan di Youtube. Dengan beriklan di internet membuat jangkauan konsumen menjadi lebih luas. Bahkan bisa menyasar pasar internasional, tak hanya pasar domestik saja. Tren pemasaran secara digital telah meningkat pesat sejak tahun 2015 lalu.

Menariknya selain Facebook dan Instagram yang dapat Kamu andalkan untuk beriklan, Kamu juga bisa memanfaatkan platform Youtube. Platform ini termasuk media yang paling tepat untuk mempromosikan produkmu secara efektif, agar Kamu bisa menjangkau pasar lebih luas.

Kenapa Harus Beriklan di Youtube?

Mengingat banyaknya pengguna yang ada di Youtube, tentu saja ada banyak konten video di Youtube yang saling bersaing demi mendapatkan perhatian para pengguna channel Youtube. Tapi bukan berarti, Kamu tak bisa ikut bersaing dengan mereka yang menyajikan konten-konten video, justru Kamu harus bisa membuat video yang berkualtas. Buat video berbeda dari yang lain, supaya Kamu bisa memikat banyak viewers dan subscriber di Youtube. Siapa tahu, dari banyaknya orang yang menonton videomu, ada yang langsung tertarik membeli produkmu.

Mengiklankan produk memakai video adalah cara paling efektif sebab Kamu bisa menjelaskan informasi produk secara detail. Karena mempromosikan produk melalui video ini menggabungkan antara efek suara dengan visualisasi, yang semakin meningkatkan kepercayaan produk. Karena mereka bisa melihat langsung bentuk produk yang Kamu tawarkan.

Beriklan di Youtube juga telah diadopsi oleh beberapa perusahaan besar, baik di Indonesia maupun seluruh dunia. Hal ini dilakukan untuk meraih minat para pelanggan.

Terkait:  Cara Join Google Meet

Youtube Ads Campaign

Sejak tahun 2017, perusahaan raksasa Google telah mengumumkan bahwa mereka akan melakukan berbagai perubahan pada Google Adwords. Sehingga memungkinkan para pengiklan dapat menjangkau pengguna lebih banyak dan luas lagi di Youtube. Menariknya lagi, pengumuman tersebut menjelaskan bahwa para pengiklan di Youtube bisa menargetkan para penggunanya sesuai riwayat pencarian di platform Google.

Jadi, pengiklan kini bisa menargetkan iklan ke orang-orang atau pengguna yang sedang mencari layanan atau produk tertentu guna menargetkan iklan yang ditayangkan pada Youtube.

Jenis-Jenis Iklan di Youtube Ads Campaign

Di dalam Youtube Ads Campaign, ada beberapa jenis iklan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan tipe dan jenis iklan di Youtube Ads Campaign berikut :

1. Non skippable Ads

Jenis iklan non skippable ads harus ditampilkan guna memperoleh akses menuju video Youtube. Adapun maksimum durasi iklan yang ditayangkan ialah mulai dari 15 sampai 20 detik, tapi biasanya menyesuaikan lokasinya. Dari yang sebeumnya durasi yang diberikan sampai 30 detik, namun kini dipersingkat demi menambah pengalaman para pengguna di platform Youtube.

Namun sayangnya, iklan tertentu yang tak bisa diskip dianggap masih tetap menjengkelkan, sehingga membuat frustas para pengguna di Youtube. Di waktu yang bersamaan, sebagiannya lagi merasa terbiasa dengan adanya iklan ini. Untuk iklan jenis ini, terbagi lagi ke dalam 2 jenis yaitu mid rolls dan pre-rolls.

2. True View Ads

Merupakan iklan standar di Youtube, yang terdiri atas 2 jenis iklan, diantaranya in stream ads, dan video discovery ads. Selain itu, pengiklan di Youtube hanya membayar saat pengguna menyaksikan iklan paling tidak 30 detik saja atau hingga video berakhir. Selain itu, Youtube mewajibkan iklan Truview tanpa bisa dilompati dengan durasi sekitar 15-20 detik, dan ada pula yang bisa dilompati antara durasi 12 detik serta 6 menit.

3. Bumpers Ads

Jenis iklan ini yaitu iklan yang menampilkan video dengan durasi 6 detik dan tidak bisa diskip sebelum pengguna Youtube menontonnya sampai habis. Mengingat durasinya yang pendek, maka iklan bumper adalah opsi terbaik yang dapat memberikan jangkauan merek dan kesadaran.

Terkait:  Cara Download Video Youtube Jadi Mp3

Cara Iklan di Youtube

Cara Iklan di Youtube
Tutorial Iklan di Youtube

Tutorial Pasang Iklan di Youtube

Cara iklan di Youtube sebenarnya sangat gampang, namun sebelum Kamu membuat video untuk iklan di Youtube, pastikan sudah mendaftar akun di Adwords terlebih dahulu. Untuk kemudian, Kamu bisa melakukan pengaturan seperti jenis iklan, target audiens, harga, nama iklan dan lainnya. Jangan khawatir, jika Kamu baru beriklan di Youtube, karena langkah-langkahnya sangat mudah :

1. Upload Video Iklan Pada Channel Youtube

Jika Kamu sudah memiliki akun Google Adwords dana mempunyai video iklan yang akan ditampilkan, selanjutnya upload video iklan tersebut pada channel Youtube milikmu. Namun pastikan dulu bahwa video yang Kamu unggah mempunyai kualitas menari dan jenis iklan unggahan tersebut kemudian dapat disesuaikan berdasarkan jenis dari format video tersebut. Dengan kombinasi iklan yang sesuai dan menarik, tentu saja bisa meningkatkan engagement sekaligus trafik audiens di Youtube.

2. Beri Nama dan Format Youtube Campaign Video

Cara iklan di Youtube berikutnya, pengklan bisa melakukan pengaturan pada Google Adword. Jika video iklan sudah diunggah, pengiklan selanjutnya bisa lanjut ke langkah berikutnya, dengan cara melakukan pengaturan kampanye iklan. Pilih drop down menu yang terletak di samping kanan ‘+Campaignt’ pada beranda Adword, lalu tekan ‘Video’.

Setelah itu, beri nama pada campaign lalu pastikan format yang telah dipilih, yaitu video. Selanjutnya, pilih format untuk iklan di video yang tepat. Bisa memilih jenis format bumper, in stream, atau lainnya.

Langkah cara iklan di Youtube berikutnya yaitu tentukan budget untuk iklan per harinya. Para pemasang iklan bisa memilih opsi pengiriman. Diantaranya pengiriman standar, yakni opsi yang menampilkan iklan dengan merata pada siang hari. Selain itu, bisa pilih juga iklan dipercepat yang nantinya berguna apabila pengiklan tertarik untuk memanfaatkan tren.

3. Memilih Tempat Video Iklan Akan

Cara iklan di Youtube selanjutnya yaitu para pengiklan mesti membuat kampanye secara terpisah antara Youtube Video dan Youtube Search, sebab dapat membantu para pengiklan untuk melacak kinerja. Dimana iklan tersebut ditayangkan ke beberapa orang yang biasanya melakukan aktivitas berbeda. Oleh karena itu, Kamu harus memantau kinerja tersebut dengan cara terpisah. Silahkan tentukan letak dimana iklan tersebut ingin ditemukan, diantaranya :

  • Youtube Search, dimana iklan video muncul pada hasil pencarian, serta muncul pada halaman utama di platform Youtube, halaman video maupun halaman saluran.
  • Youtube Video, adalah iklan jenis Trueview untuk menampilkan iklan video dalam-aliran atau dalam-tampilan. Melalui opsi yang satu ini, para pengiklan bisa memilih supaya iklan video ditampilkan baik sebelum maupun di sekitar video tertentu yang ditampilkan pada semua jaringan Google.
Terkait:  Cara Pakai Google Classroom

4. Memilih Lokasi, Bahasa, dan Perangkat

Kamu juga bisa memilih lokasi, bahasa, juga perangkat yang bisa membantumu agar melakukan segmentasi pemirsa pada kampanye iklan. Pengiklan disini akan melihat tambahan pilihan untuk minat audiens dan demografi, saat grup iklan pada kampanye dibuat. Begitupun dengan memilih bahasa dan lokasi. Kamu bisa menyesuaikan tergantung kebutuhan.

5. Konfigurasi Advance

Pada pengaturan lanjutan, Kamu bisa melakukan pengaturan berbagai konfigurasi, dari tanggal sampai waktu berakhirnya kampanye. Kamu juga bisa membatasi tayangan, membuat jadwal kapan iklan akan ditampilkan serta tampilan harian pengguna.

6. Membuat Iklan Video

Cara iklan di Youtube Ads selanjutnya ialah mulai membuat iklan video. Kamu bisa menambahkan video iklan yang akan ditayangkan. Saat membuat iklan, Kamu harus tahu bahwa Kamu harus tetap mengikuti langkah kebijakan untuk beriklan di Google Adwords. Jika ingin membuat iklan video yang pertama, gulir layar ke bawaha menuju area pembuatan iklan. Silahkan tempel link ke dalam video Youtube lalu pilih tipe/jenis iklan.

Itulah 6 step cara iklan di Youtube Ads Campaign yang bisa Kamu coba jika ingin beriklan di platform Youtube dengan mudah untuk menjangkau lebih banyak audiens. Semoga membantu!

 

Related posts