Cara Dark Mode Windows 10

Cara Dark Mode Windows 10

Bagi sebagian orang tampilan mode gelap atau dark mode pada Windows 10 sangat diperlukan. Terutama pada kondisi-kondisi tertentu, seperti saat malam hari atau ketika berada di ruangan yang minim cahaya. Inilah kenapa, Kamu wajib mengetahui cara dark mode Windows 10. Dengan tampilan mode gelap pada layar Windows, membuat mata lebih teduh dan tidak terlalu terang.

Penggunaan Fitur Dark Mode

Beberapa jejaring sosial seperti Instagram, Facebook dan Instagram telah menawarkan pilihan tampilan dark mode ke dalam aplikasinya. Inilah yang membuat mode gelap menjadi tren tersendiri, bahkan sistem operasi sekalipun turut menyediakan fitur dark mode pada perangkat ponsel.

Read More

Sebenarnya, opsi mode gelap sendiri sudah ada sejak lama saat kemunculan komputer pertama kali, dan sebelum GUI (Graphic User Interface) semakin modern. Pemilihan warna hitam sendiri disebabkan bisa memberikan daya tarik. Seperti halnya, pada Spotify, platform streaming musik. Sehingga pengguna menjadi lebih fokus terhadap thumbnail album cover.

Tak hanya itu saja, pemakaian warna hitam dianggap lebih estetik. Mode gelap juga membuat pemakaian daya hp atau PC lebih irit.

Para peneliti seperti Schaeffei, Aleman, dan Wang telah melakukan riset terkait mode gelap. Dimana mereka menjelaskan bahwa dark mode sangat bermanfaat untuk melindungi mata, walaupun memakai perangkat di waktu yang lama, apalagi ketika malam hari.

Bagi penderita miopi atau rabun jauh, sebagai penyakit yang menunjukkan para penderitanya kesulitan untuk melihat dalam jarak jauh. Penyebab miopi sendiri dikarenakan menipisnya lapisan koroid sebagai pemberi oksigen ke dalam retina. Apabila pemakaian perangkat tidak diimbangi oleh perlindungan kesehatan mata, maka bisa saja sebanyak setengah populasi dunia mengalami miopi atau rabun jauh.

Akan tetapi, mengingat sudah terbiasa dalam membaca teks berwarna hitam pada tampilan putih, mode gelap pasti akan terasa asing untuk sebagian orang. Sementara tampilan light mode sendiri akan berguna saat gadget dipakai di luar ruangan tepatnya di siang hari. Sebab jika memakai dark mode dalam kondisi ini akan sulit terlihat.

Pada jangka panjang, pemakaian mode gelap ketika dalam kondisi cahaya terang atau luar ruangan, bisa mengakibatkan terjadinya mata silinder atau biasa disebut sebagai astigmatisme. Maka dari itu, pakai dark mode atau light mode dengan seimbang tergantung kebutuhanmu.

Cara Dark Mode Windows 10

Cara Dark Mode Windows 10
Mengaktifkan Dark Mode Windows 10

Tutorial Dark Mode Windows 10

Windows 10 merupakan versi OS terbaru yang telah diluncurkan oleh perusahaan Microsoft. Menawarkan fitur dark theme atau dark mode sebagai fitur bawaan atau default. Dengan adanya fitur ini, bisa mengubah tampilan interface pada layar WIndows 10 lebih gelap atau minim cahaya.

Misalnya saja, pada start menu, file explorer, atau yang lainnya, tampilannya akan tampak gelap setelah menerapkan dark mode. Fitur ini, memang sangat membantu mata agar tetap nyaman ketika bekerja di depan komputer seharian.

Selain itu, mode ini juga akan sangat berguna saat malam hari. Oleh sebab itu, mata menjadi tidak gampang lelah, akibat menatap layar komputer dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan, pancaran cahaya yang menyilaukan ketika memakai light mode di layar monitor. Jika Kamu memakai Windows 10, kemudian ingin mengaplikasikan dark mode, Kamu bisa mengikuti cara dark mode Windows 10 berikut ini :

1. Mengaktifkan Fitur Dark Mode dengan Mengganti Tema

Salah satu cara dark mode Windows 10 ialah dengan mengganti temanya menjadi dark mode. Berikut ulasannya :

  • Dalam start menu pada Windows 10, silahkan pilih ‘settings’ tepat di atas ikon shutdown.
  • Kemudian pada Windows Settings, Kamu bisa memilih opsi Personalization dan pilih ‘colors’.
  • Bisa saja langsung masuk ke kolom pencarian pada start menu yang ada di Windows 10.
  • Tuliskan keyword ‘Colors Setting’ dan tekan opsi ‘Color Settings’.
  • Jika sudah, di dalam menu colors, tepatnya pada pilihan ‘choose your color’, silahkan tekan opsi mode dark.
  • Saat dark mode telah diaktifkan, biasanya Kamu tak perlu menekan ‘apply’ atau ‘Ok’.
  • Maka mode dark tersebut secara otomatis akan langsung mengganti tampilan pada tema, dari folder, taskbar, Windows Settings, File Explorer, Start Menu dan lainnya.

2. Mengaktifkan Fitur Dark Mode di Windows Dengan Mengganti Tampilan Chrome

Jika Kamu memakai browser Chrome di Windows 10 untuk mengeksplor internet. Dalam versi Chrome terbaru, biasanya telah mendukung fitur mode built in pada Windows 10.Oleh sebab itu, saat Kamu menerapkan fitur mode gelap melalui cara yang telah dijelaskan di atas. Dengan otomatis browser Chrome akan berubah tampilannya menjadi tema gelap.

Itulah 2 cara dark mode Windows 10 yang dapat Kamu terapkan ketika ingin mengaktifkan mode gelap pada OS Windows 10.

Mengubah Warna Aksen Pada Windows 10

Jika Kamu sudah melakukan pengaturan pada warna, maka Kamu dapat memilih opsi warna aksen di tiles, icons, maupun elemen layar yang lainnya. Di samping memilih warna aksen sendiri, pengaturan warna aksen tersebut juga bisa disesuaikan dengan gambar pada latar belakang di Windows 10 yang telah dipasang.

Jika tidak ada pilihan warna yang disukai, tentu saja Kamu dapat membuat warna favoritmu sendiri. Apabila gin mengganti warna aksen pada Windows 10, caranya bisa dilakukan seperti Kamu mengatur tema mode gelap. Berikut langkah-langkahnya :

  • Silahkan tekan tombol kombinasi Windows+I secara bersamaan.
  • Lalu pilih colors dan tekan ‘choose your accent color’.
  • Selanjutnya centang pada salah satu 0psi atau untuk keduanya pada pilihan ‘title bars and window border’ dan ‘start, taskbar…’

Jika Kamu mencentang kedua opsi atau salah satunya Kamu dapat menerapkan warna aksen pada taskbar, start, windows border, maupun title bars.

Dark Mode Dapat Meminimalisir Paparan Blue Light

Paparan blue light biasanya dihasilkan dari perangkat alektronik. Jika tubuh terus menerus terpapar cahaya blue light dapat berdampak buruk pada kesehatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan tim Zhi-Chun Zhao, jika mata terpapar oleh blue light terlalu sering dan terlalu tinggi bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan mata. Diantaranya mata menjadi kering, beresiko mengalami katarak, terjadinya perubahan hormon melatonin dan degenerasi makula.

Pengaturan mode gelap diklaim bisa meminimalisir blue light dari perangkat elektronik, karenanya kesehatan mata bisa lebih terjaga. Akant tetapi, manfaat tersebut juga dapat diperoleh dengan melakukan pengaturan tingkat pencahayaan di perangkat PC.

Silahkan atur brightness di laptop supaya cahayanya lebih redup saat dipakai di ruangan yang cahayanya minim.

Lebih dari itu, tampilan warna hitam pada dark mode kini sudah menjadi tren tersendiri. Tak sedikit pengguna yang akhirnya mengubah tampilan antarmuka aplikasi ke dalam dark mode supaya lebih menarik. Misalnya, seperti Netflix dan Spotify dengan tema gelap supaya tampak lebih profesional. Sehingga bisa memberikan kenyamanan saat mengakses aplikasi tersebut selama berjam-jam.

Karena fitur mode gelap di perangkat PC maupun aplikasi dapat memberikan kesan estetik dan lebih profesional. Dark mode pun dapat menciptakan kesan yang elegan pada tampilan layar. Jika Kamu ingin mengubah tampilan layar PC ke dalam dark mode di Windows 10, bisa coba cara dark mode Windows 10 seperti yang telah dijelaskan di atas!

 

Related posts