Cara Jadi Reseller di Tokopedia

Penghasilan dari reseller memang sangat menggiurkan, sebab Kamu tak perlu pusing dan capek lagi mengelolanya. Namun perlu ketekunan dan konsistensi diri agar sukses menjadi reseller. Salah satunya adalah cara jadi reseller di Tokopedia. Karena Tokopedia sebagai marketplace ternama di Indonesia, maka tak heran jika banyak yang tertarik menjadi reseller maupun dropshipper di Tokopedia.

Cara kerja menjadi reseller atau dropship sendiri adalah Kamu hanya perlu memberikan promosi atau pemasaran produk yang dikelola oleh orang lain agar produknya terjual. Selain itu, Kamu akan mendapatkan imbalan sesuai kesepakatan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sebenarnya cara menjadi reseller di Tokopedia sendiri sangat mudah, Kamu juga tidak akan dikenakan biaya apapun. Cukup mengambil beberapa foto produk di etalase toko di Tokopedia, lalu Kamu memasarkan atau mempromosikan produk tersebut ke media internet. Adapun media yang sering dipakai untuk berpromosi ialah seperti Twitter dan Facebook.

Ada beberpa keuntungan sebagai seorang reseller di Tokopedia yaitu Kamu tak perlu harus memikirkan pasokan barang, dan melakukan pengemasan atau packing barang. Selain itu, Kamu juga tak perlu lagi repot-repot mengirimkan barang.

Cara Jadi Reseller di Tokopedia

Cara Jadi Reseller Tokopedia
Menjadi Reseller Tokopedia

Menjadi Reseller di Tokopedia

Cara jadi reseller di Tokopedia dapat dilakukan dengan gratis dan mudah, Kamu tak akan dipungut biaya sedikitpun. Hanya cukup mengunduh foto-foto atau gambar produk di etalase toko yang ada di Tokopedia baru kemudian dipromosikan atau dipasarkan ke media internet, baik itu web, blog hingga media sosial.

Adapun untuk mengiklankan atau menjual produk melalui media internet dalam dilakukan lewat berbagai macam cara. Diantaranya dengan memiliki online shop sendiri, entah itu yang gratisan atau yang berbayar. Berikut ulasan cara menjadi reseller di Tokopedia :

1. Tentukan Produk yang Ingin Diperjualbelikan

Seorang reseller merupakan pedagang, pebisnis, dan penjual. Dimana secara otomatis Kamu memerlukan produk yang akan diperjualbelikan. Di website olshop seperti halnya Tokopedia, ada banyak pilihan kategori produk yang Kamu jual. Mulai dari Hp dan aksesoris, PC/komputer beserta aksesoris, fashion dan lainnya.

2. Melihat Pesaing Produk Serupa

Cara jadi reseller di Tokopedia lainnya ialah melihat pesaing atau kompetitor produk serupa. Saingan bisnis biasa disebut juga sebagai kompetitor. Dimana kompetitor dalam berbisnis khususnya untuk produk yang masih sama harus dikaji dilihat dari strategi penjualannya dan segi produknya. Hal tersebut bertujuan agar memaksimalkan usaha sekaligus menjain jika bisnismu memiliki nilai tersendiri dari kompetitor.

3. Harus Lebih Pandai Memainkan Strategi Bisnis

Kamu harus lebih pandai memainkan strategi usaha termasuk dalam hal usaha onlline di Tokopedia. Adapun hal terpenting dalam strategi cara jadi reseller di Tokopedia adalah dengan memainkan harga, ongkir dan diskon.

Mencari Supplier Terpercaya di Tokopedia

Jika ingin menjadi reseller di Tokopedia, pastikan Kamu harus pintar-pintar mencari supplier yang terpercaya di Tokopedia berikut ini :

1. Menentukan Kebutuhan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hal yang perlu dilakukan ialah menetukan kebutuhan, baik itu ingin menjadi reseller maupun dropshipper. Jika Kamu ingin menjadi dropshipper, maka para user wajib mencari toko atau supplier yang ingin menerima dropship.

Alasannya sebab dropship biasanya kaitannya sangat erat dengan stok atau persediaan barang toko itu sendiri. Jika Kamu ingin menjadi reseller, sebenarnya lebih bebas karena Kamu dapat membeli produknya terlebih dahulu dengan harga lebih murah. Setelah itu, baru menjualnya kembali secara offline atau lewat Tokopedia.

2. Mengecek Kualitas Produk

Kualitas produk merupakan poin terpenting yang tak dapat diabaikan begitu saja ketika menjual produk online. Melakukan pemesanan kembali atau repeat order dari pembeli biasanya tejradi karena kualitas produk itu sendiri.

Maka dari itu, supaya Kamu bisa lebih tahan lama menjalankan bisnis tersebut, Kamu harus menjual barang berkualitas baik. Adapun cara mengetahui apakah pihak supplier menawarkan produk yang berkualitas terbaik ataukah tidak, Kamu harus membelinya terlebih dahulu. Dengan menjadi customer mereka merupakan satu-satuya cara yang bisa dilakukan untuk PDKT. Sehingga produk yang Kamu beli dapat dijadikan sampel.

3. Kemampuan Persediaan Supplier

Setelah itu, cek persediaan di supplier. Apakah hanya sedikit atau banyak. Dimana kemampuan persediaan tersebut berkaitan langsung dengan jumlah produk yang ingin Kamu jual, entah itu sebagai reseller atau dropshipper.

4. Membaca Testimoni dan Mengetahui Track Record Penjual

Kamu dapat membaca testimoni produk yang telah dikirim kepada customer-nya. baca testimoninya dengan benar dan cari apakah testimoni tersebut berasal dari pihak penjual ataukah dari pembeli itu sendiri.

Umumnya, isi dari testimoni itu sendiri berkaitan dengan tingkat kepuasan pelanggan karena pembellinya telah merasa puas terhadap produk yang mereka beli.

Kamu juga harus cek reputasi toko beserta track record toko tersebut secara detail. Penjual bereputasi baik biasanya akan memperoleh follower banyak. Oleh karena itu, pastikan Kamu cek pengikutnya.

Memilih supplier terpercaya di Tokopedia juga berlaku dalam cara jadi dropshipper di Tokopedia. Jika sudah demikian, Kamu tinggal pilih apakah ingin menjadi reseller, dropshipper, atau affiliasi reseller di Tokopedia.

Mendaftar Program Afiliasi Reseller Tokopedia

Selain cara jadi reseller di Tokopedia di atas, Kamu juga bisa mendaftar program affiliasi Tokopedia. Dengan langkah-langkah di bawah ini :

  • Langkah pertama, pastikan Kamu harus sudah mengunduh dan menginstall aplikasi Tokopedia di iPhone atau perangkat android yang digunakan.
  • Silahkan buka Tokopedia di bagian akun.
  • Pilih di menu “buat post”.
  • Silahkan masukkan barang/produk yang Kamu inginkan.
  • Kemudian cari barang yang ingin dipromosikan, tekan filter short jika Kamu ingin mengetahui berapa komisinya.
  • Kamu bisa melihat komisi yang didapatkan.
  • Misalnya, Kamu memilih produk macbok pro, dan komisi yang bisa Kamu peroleh ialah 8.800 ribu.
  • Silahkan buat deskripsi yang semenarik mungkin. Adapun tipsnya Kamu dapat memakai hastag (#) jika ingin menambahkan SEO dalam postingannya.
  • Setelah selesai, tinggal posting saja.
  • Setelah itu, cek di bagian profil.
  • Kamu bisa melihat statistic promo produk yang telah dibuat sebelumnya.
  • Dari sini, Kamu dapat mengecek berapa barang tersebut dilihat dan dapat mellihat pendapatan afiliasi Tokopedia.

Kiat Sukses Menjadi Affiliasi Reseller di Tokopedia

Ada beberapa langkah sukses cara menjadi reseller di Tokopedia, berikut ini :

1. Post 5 Konten Minimal Setiap Minggu

Kamu harus rajin dan rutin membuat postingan, paling tidak Kamu harus membuat postingan 5 konten dalam 1 minggu.

2. Jangan Melihat Komisi Besar

Pilih berbagai macam produk, ingat jangan hanya memandang komisi besar, namun sebaiknya cari yang komisi kecil namun pastikan postingan yang dibuat banyak.

3. Unggah Foto dan Tulis Caption

Silahkan buat foto menarik yang bagus namun tetap menampilkan orisinalitas, tapi disini Kamu dapat menggunakan kamera dan lainnya agar terlihat jernih dan berkualitas.

4. Menambahkan Produk Sesuai Foto

Jangan sampai Kamu memposting produk yang kurang sesuai dengan barang yang ingin dibagikan dalam postingan, sebab bisa merusak prioritasmu.

5. Menerbitkan Postingan Setiap Hari

Jika Kamu bisa posting produk setiap hari seperti halnya di blog. Bisa juga menjualnya di Tokopedia dengan postingan foto yang berbeda.

Itulah beberapa cara jadi reseller di Tokopedia, serta alternatif bisnis affiliasi reseler Tokopedia yang bisa Kamu coba. Jika kita ingin menjadi reseller, tentu saja harus mengetahui cara kerja reseller, mengetahui supplier terpercaya dan segala hal terkait program reseller di Tokopedia agar Kamu bisa sukses menjalankan bisnis reseller ini.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019