Cara Buat Ringtone iPhone

Cara Buat Ringtone iPhone

Bagaimana sih cara buat ringtone iPhone? Ringtone atau nada dering merupakan salah satu fitur yang terdapat di semua smartphone baik itu android ataupun perangkat iOS. Dengan menggunakan ringtone, maka Kamu sudah bisa menunjukkan identitas dirimu sebagai pengguna iPhone tersebut. Karena jika ada panggilan telepon atau jika ada pesan masuk maka ringtone yang Kamu pasang akan menyala.

Setiap vendor sudah memasang ringtone bawaan dengan  ciri khas masing-masing. Samsung dengan kumpulan ringtone khususnya, Vivo dengan ringtone khususnya, Oppo dengan ringtone khususnya, dan tidak terkecuali dengan iPhone telah menawarkan beberapa ringtone bawaan untuk dijadikan sebagai nada pribadi jika ada panggilan telepon atau pesan masuk.

Read More

Berbicara mengenai iPhone, smarphone keluaran dari Apple ini bisa melakukan kustomisasi ringtone bilamana penggunanya tidak puas dengan ringtone bawaan. Alasannya sederhana, para pengguna mulai bosan dengan ringtone yang disediakan pada iphone dan mulai membuat ringtone sendiri.

Jika kita Kembali flashback, penggunaan ringtone sebenarnya populer sejak kehadiran hp monoponic, dimana hampir semua orang membuat ringtone ponsel pribadi mereka. Kamu mungkin termasuk salah satunya. Menariknya fitur ringtone sendiri tak berhenti sampai disitu saja, tetapi juga tersedia pada hp polyphonic, MP3 hingga saat ini yang sudah mengusung smartphone canggih. Bahkan iPhone sekalipun tak ingin ketinggalan fitur ringtone yang disematkan di perangkatnya untuk dapat dikostumisasi oleh penggunanya.

Cara Buat Ringtone iPhone

Cara Buat Ringtone iPhone
Membuat Ringtone di iPhone

Buat Ringtone Custom di iPhone

Awalnya membuat ringtone bisa dibilang sangat mudah, Kamu hanya perlu mengandalkan keahlian membuat serangkaian nada unik yang enak didengar menjadi sebuah ringtone. Baru kemudian menyimpan hasilnya serta dapat dipakai untuk kebutuhan nada dering pribadi.

Berbeda dengan sekarang, cara mengaplikasikannya cukup sulit jika tidak tahu langkah-langkah yang tepat. Alih-alih mendapat hasil yang sangat bagus malah tidak bisa berkarya sama sekali.

Cara buat ringtone iPhone dan android sendiri sangat berbeda, Kamu harus melewati berbagai macam langkah demi memberikan hasil yang sempurna. Begitupun file ekstensinya akan berbeda dengan android, dimana kalau android menggunakan file berekstensi MP3, sedangkan jika iPhone menggunakan file berekstensi M4R.

Bagi Kamu yang gemar melakukan kustomisasi ringtone pada iphone, agar hasilnya bisa lebih memuaskan. Berikut akan dijelaskan mengenai cara buat ringtone iPhone dengan benar.

1. Buka Aplikasi ITunes

iTunes adalah layanan musik khusus bagi para pengguna Apple. Tentu saja pengguna android tak akan bisa mengakses iTunes, karena memang iTunes dikhususkan bagi pengguna iOS, dan bersifat eksklusif. So, dengan kata lain hanya pengguna produk Apple saja yang bisa menikmati aplikasi iTunes.

Segala macam aktivitas transfer data terutama lagu, baik dari akun milikmu ke orang lain atau sebaliknya, atau mungkin Kamu ingin membeli lagu, maka Kamu harus memakai aplikasi iTunes. Jika sudah membuka iTunes, Kamu cukup masuk ke menu Library yang berada di halaman utama iTunes.

2. Pilih Lagu Sesuai Keinginan

Cara buat ringtone iPhone selanjutnya, tinggal pilih lagu sesuai keinginan. Kamu jangan khawatir, ada banyak sekali lagu yang tersedia di iTunes, bahkan lagu yang kurang begitu populer sekalipun bisa Kamu temukan di iTunes. Nah, karena Kamu ingin membuat sebuah ringtone. Sudah pasti Kamu lebih memilih lagu favoritmu, yang nantinya bisa dijadikan sebagai nada dering pribadi, baik untuk panggilan telepon masuk atau pesan SMS yang masuk.

3. Editing Lagu

Setelah memilih lagu yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah memilih menu ‘Song Info’. Setelah itu, masuk ke menu tab ‘Options’, dari sana Kamu bisa melakukan editing lagu yang telah Kamu pilih tersebut. Misalnya saja, seperti kapan lagu tersebut diputar dan bagian mana saja pada lagu yang akan dipakai atau diputar.

Perlu Kamu ketahui bahwa ringtone yang bisa di edit waktu pemutarannya hanya berdurasi 30 detik saja. Jika lagu tersebut sudah mencapai batas akhirnya, maka lagu akan Kembali ke detik pertama.

Sehingga, Kamu harus pandai dalam menentukan bagian lagu mana yang akan dijadikan sebagai ringtone. Apakah Kamu lebih menyukai bagian awal lagu untuk dijadikan sebagai ringtone, bagian reff, tengah-tengah pada lagu, atau mungkin bagian akhir lagu. Semuanya tergantung selera dan bisa menyesuaikan.

Jika sudah selesai memilih posisi lagu untuk dijadikan sebagai ringtone, Kamu cukup ketuk  ‘OK’ untuk menjadikannya sebagai ringtone.

4. Konversi Lagu Memakai Format Khusus

Langkah cara buat ringtone iPhone selanjutnya ialah mengkonversi file lagu yang telah dipilih dan diedit dengan memasuki menu File. Setelah itu, masuk ke menu Convert dan terakhir masuklah ke menu ‘Create AAC Version’.

Jika langkah di atas sudah dilakukan, silahkan untuk melakukan drag (mengarahkan) lagu yang sudah di konversi ke desktop baik komputer atau laptop, tujuannya supaya mempermudah akses lagu tersebut untuk didengarkan.

Setelah meakukan konversi ke dalam format AAC version tadi, selanjutnya Kamu harus mengubah file tersebut menjadi file berkestensi m4r. Nah ini adalah format default yang digunakan pada iPhone untuk ringtone.

Sekedar informasi saja, apabila Kamu tidak bisa melihat file ekstensi lagu selama proses penamaan file berlangsung. Maka yang bisa Kamu lakukan ialah, jika mengeditnya lewat Sistem Windows maka Kamu tinggal mengakses menu Control Panel yang ada di PC. Setelah itu, masuk ke File Explorer Option, kemudian lihatlah dibagian bawah menu View. Namun ingat, jangan pernah melakukan hide. Untuk memunculkannya cukup mudah yaitu Kamu tinggal klik opsi ‘Hide Extensions for know file types’. Tujuan memperlihatkan file ekstensi adalah agar mempermudahmy saat sedang melakukan proses konversi.

5. Hubungkan iPhone ke Desktop Memakai Kabel Data

Cara buat ringtone iPhone selanjutnya, jika semua langkah di atas sudah Kamu lakukan dengan benar, langkah selanjutnya adalah tinggal menghubungkan iphone milikmu ke dalam desktop. Tentu saja, desktop yang dimaksud sudah menyimpan ringtone yang Kamu buat dan siap dijadikan sebagai nada sambung pribadimu.

Langkah-langkahnya, jika iphone sudah terhubung ke desktop, Kamu tinggal buka aplikasi iTunes pada desktop lalu pilih ‘Tones’. Apabila Kamu kebingungan mencari menu tersebut, letak menu ‘Tones’ berada di sidebar sebelah kiri.

Berikutnya Kamu tinggal drag atau arahkan file yang sudah dalam format m4r tersebut dan letakkan pada folder khusus ringtone di iphone. Biasanya cara dragging file di perangkat iPhone sendiri sangat mudah,  karena iTunes telah tersinkronisasi secara otomatis dengan perangkat iPhone milikmu.

6. Pilih Ringtone Untuk Dijadikan Nada Dering Pribadi

Langkah cara buat ringtone iPhone selanjutnya adalah dengan menjdikan ringtone tersebut menjadi sebuah nada dering. Caranya cukup mudah dilakukan, dimana Kamu hanya perlu masuk ke menu ‘Settings’, kemudiaan akases menu ‘Sounds & Haptics’. Setelah itu, Kamu akan menemukan ‘Ringtone’, jika sudah Kamu bisa melihat dan mendengarkan terlebih dahulu file m4r yang sudah Kamu upload sebelumnya.

Pilihlah ringtone tersebut dan atur untuk dijadikan sebagai nada dering iPhone, baik panggilan telepon atau bisa digunakan untuk menerima pesan.

Itulah cara buat ringtone iphone yang perlu Kamu ketahui. Memang kenyataannya cara pembuatannya cukup merepotkan jika dibandingkan dengan jaman dulu yang hanya memerlukan kustomisasi seadanya. Namun percayalah, bahwa hasil yang didapatkan dari kustomisasi ringtone pad iphone ini menghasilkan ringtone yang sangat baik dengan kualtas yang jernih ketika didengarkan. Semoga membantu!

 

 

Related posts