Cara Blokir Kartu ATM Mandiri

Cara Blokir Kartu ATM Mandiri

Siapa sih yang tidak panik saat mengetahui kartu ATM Mandirinya hilang atau tertelan mesin ATM? Ya, semua orang pasti merasakan hal yang sama. Bagaimana tidak, semua uang pastinya Kamu simpan di rekening tabunganmu, dengan tujuan agar lebih aman dan tidak boros. Namun pada kenyataannya, tetap saja mesin ATM  bisa terjatuh, hilang atau tertelan. Jika hal ini terjadi, Kamu wajib tahu cara blokir kartu ATM Mandiri!

Meskipun panik, jangan membuat pikiranmu kacau dan tidak bisa berbuat apa-apa. Justru saat ATM hilang, tertelan atau terjatuh, langkah pertama yang bisa Kamu lakukan adalah memblokir kartu ATM Mandiri tersebut. Tujuannya, agar kartu ATM tidak disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab saat menemukan ATM Mandiri milikmu. So, keep calm guys!

Read More

Bank Mandiri sebagai salah satu perusahaan perbankan terbesar dan terkemuka di Indonesia, tentunya sudah mengantisipasi hal ini. Terbukti dengan banyaknya pilihan cara blokir kartu ATM Mandiri yang bisa Kamu coba. Mulai dari kantor cabang bank Mandiri, lewat layanan Call Center, SMS hingga memblokirnya lewat layanan Mandiri online. Namun untuk yang terakhir, Kamu harus sudah mengaktifkan layanan Livin’ by Mandiri terlebih dahulu.

Panduan Mengurus Surat Kehilangan Kartu ATM di Kantor Polisi

Sebelum lanjut ke cara blokir kartu ATM Mandiri, Kamu biasanya akan dimintai surat keterangan kehilangan ATM Mandiri di kantor polisi. Jadi pastikan, sebelum menghubungi layanan bank untuk memblokir kartu ATM Kamu harus sudah membuat surat kehilangan kartu ATM terlebih dahulu. Supaya ketika dimintai pihak bank, Kamu sudah mempersiapkannya.

1. Persyaratan yang Harus Dibawa

Ada beberapa persyaratan yang mesti dibawa ke kantor polisi saat Kamu ingin memproses surat kehilangan kartu ATM Mandiri, berikut ini :

  • Kartu Identitas bisaberupa SIM/Paspor/KTP.
  • Membawa buku rekening tabungan bank Mandiri (wajib).
  • Membawa surat pengantar yang dibuat dari desa/kelurahan (opsional).

2. Pengurusan Surat Kehilangan Kartu ATM di Kantor Polisi

  • Silahkan pergi ke kantor polisi setempat.
  • Selanjutnya ambil nomor antrian.
  • Kamu tinggal menunggu sampai nomormu dipanggil oleh petugas.
  • Jika sudah, Kamu bisa memberitahukan kepada petugas terkait kronologi kejadian kartu ATM Mandirimu hilang atau tertelan.
  • Silahkan jawwab dengan jujur dan lengkap apa yang ditanyakan oleh petugas.
  • Kamu bisa memberikan berkas-berkas yang diperlukan polisi jika mereka memintanya.
  • Saat semuanya sudah dilakukan, maka petugas kepolisian siap membantumu memproses surat kehilangan.

Cara Blokir Kartu ATM Mandiri

Cara Blokir Kartu ATM Mandiri
Tutorial Cara Blokir Kartu ATM Mandiri

Cara Memblokir Kartu ATM Mandiri yang Hilang

Untuk memblokir kartu ATM Mandiri tentu saja Kamu wajib menghubungi pihak bank Mandiri. Berikut ini ada beberapa cara blokir kartu ATM Mandiri yang hilang yang dapat Kamu coba, diantaranya :

1. Blokir ATM Mandiri via SMS

Jika Kamu memiliki pulsa reguler dan masih panik karena kehilangan kartu ATM Mandirimu, Kamu bisa langsung buka menu perpesanan di hp. Menariknya, bank Mandiri telah menyediakan layanan SMS untuk melayani pemblokiran kartu ATM. Kamu bisa langsung menghubungi nomor 3355 via SMS. Sayangnya cara ini kurang dianjurkan, sebab prosesnya cukup lama.

2. Blokir ATM Mandiri Melalui Telepon di  14000

Cara blokir kartu ATM Mandiri yang kedua ini paling dianjurkan, selain prosesnya yang mudah dan cepat, Kamu bisa langsung berbicara dengan petugas Mandiri Call. Hubungi nomor 14000, selanjutnya petugas akan memverifikasi data, baru kemudian kartu ATM akan diproses pemblokirannya.

Untuk verifikasi data, biasanya Kamu akan dimintai nama lengkap, nama ibnu kandung dan nomor rekening. Jika semua data sudah sesuai dengan database bank Mandiri, kartu ATM Mandirimu akan langsung diblokir. Selanjutnya Kamu tidak dapat memakai kartu ATM kembali. Selain di nomor 14000, Kamu juga bisa menelpon layanan Call Center Mandiri di 021-52997777 jika sedang berada di luar negeri.

3. Blokir Kartu ATM Mandiri Lewat Kantor Cabang

Cara ini sebenarnya cukup ribet, selain harus mendatangi kantor cabang Mandiri, Kamu juga harus mempersiapkan berbagai macam data. Tapi tentu saja proses pemblokiran akan berlangsung dengan cepat dan aman.

Silahkan pergi ke kantor cabang bank Mandiri di daerahmu. Namun pastikan membawa serta KTP, buku tabungan dan surat kehilangan yang dibuat di kantor polisi.

Kamu harus mengurus pemblokiran dengan mendatangi meja Customer Service (CS) yang sebelumnya akan dipandu oleh pihak Security bank Mandiri. Sebelumnya ambil dulu nomor antrian ke meja CS. Jika nomor antrianmu sudah dipanggil, beritahukan kedatanganmu kepada CS bank Mandiri bahwa Kamu ingin memblokir kartu ATM karena hilang atau tertelan mesin ATM.

Silahkan ikuti petunjuk yang disampaikan CS, pihak CS selanjutnya akan membantumu memblokir kartu ATM yang telah hilang.

4. Blokir Kartu ATM Mandiri Melalui Twitter

Mandiri memang telah memperluas layanannya menggunakan media sosial, Kamu pun dapat menghubungi akun Twitter resmi milik bank Mandiri agar pemblokiran ATM Mandiri langsung diproses. Adapun pengajuannya dapat dilakukan lewat direct message di akun Twitter bank Mandiri. Berikut panduan cara blokir kartu ATM Mandiri, diantaranaya :

  • Unduh aplikasi Twitter melalui App Store maupun Google Play Store.
  • Silahkan mengunjungi akun Twitter @bankmandiri.
  • Pilih opsi Direct Message yang berikon kotak surat.
  • Cek bagian ujung kanan bawah, disana ada kotak dengan tulisan ‘Start a New Message’.
  • Kamu tinggal mengisi pesan keluhanmu terkait permohonan untuk memblokir kartu ATM Mandiri.
  • Silahkan tunggu selama beberapa saat hingga DM Twitter-mu dibalas pihak CS bank Mandiri.

Sejauh ini, cara blokir ATM Mandiri via Twitter memerlukan waktu yang cukup lamaa dibandingkan langsung pergi ke kantor cabang atau melakukan panggilan ke layanan Call Center Mandiri.

Panduan Blokir ATM Mandiri via Online

Untuk cara blokir kartu ATM Mandiri secara online sendiri dibagi ke dalam 2 cara melalui Livin By Mandiri dan Livin By New Mandiri. Simak ulasannya berikut :

5. Blokir Kartu ATM Mandiri Secara Permanen via Livin By New Mandiri

Metode yang pertama ini memungkinkan proses pemblokiran ATM Mandiri secara permanen, adapun langkah-langkahnya berikut :

  • Silahkan buka New Livin by Mandiri, kemudian login. Jika belum punya aplikasinya, Kamu bisa menginstalnya di Google Play Store atau App Store.
  • Jika sudah maasuk ke akun New Livin by Mandiri, pilih opsi Pengaturan di samping kanan bawah.
  • Kamau tinggal memilih layanan ‘Kartu Debit dan Kartu Kredit’.
  • Silahkan tekan pada kartu debit/ATM yang muncul.
  • Setelahnya, tekan opsi ‘Blokir Permanen’.
  • Lakukan konfirmasi proses pemblokiran kartu, kemudian tekan ‘Ya, Blokir’.
  • Kamu tinggal memilih alasan kenapa kartu ATM diblokir, misalnya karena rusak, hilang, indikasi penyalahgunaan dan lainnya. Tekan ‘Blokir Kartu’.
  • Inputkan PIN aplikasi New Livin by Mandiri yang sudah dibuat.
  • Kemudian akan ditampilkan keteranagan bahwa kartu telah diblokir secara permanen.

Secara otomatis kartu ATM sudah tidak aktif kembali, Kamu bisa meminta CS di kantor cabang bank Mandiri untuk meminta penggantian ATM kembali. Setelah itu, lakkukan cara aktivasi kartu ATM Mandiri kembali.

6. Blokir Kartu Mandiri via Livin By Mandiri

Cara blokir kartu ATM Manadiri melalui Livin’ By Mandiri bisa dilakukan dengan langkah-langkah di bawah :

  • Silahkan buka dan masuk ke aplikasi Livin’ by Mandiri.
  • Jika sudah, pilih menu di samping kiri atas dan pilih layanan ‘Kartu Kredit & Debit’.
  • Selanjutnya, tekan ‘Blokir kartu Debit’.
  • Pilih ikon titik tiga di samping kanan atas pada kartu ATM, kemudian tekan ‘Blokir Kartu’.
  • Selanjutnya pilih ‘Ya’ dan inputkan MPIN Livin by Mandiri.
  • Setelah berhasil, kartu ATM-mu tak dapat dipakai kembali terkecuali jika Kamu mengaktifkannya lagi.

Berdasarkan penjelasan cara blokir kartu ATM Mandiri online di atas, perbedaan antara Livin By Mandiri dengan New Livin By Mandiri adalah status pemblokiran. Jika Kamu berniat untuk menonaktifkan kartu ATM secara permanen maka lakukan dengan memakai aplikasi New Livin By Mandiri.

 

Related posts