Cara Jadi Youtuber Pemula Pake Hp

Banyak orang yang tertarik untuk menjadi Youtuber. Namun tak sedikit pula yang kesulitan memulainya harus dari mana. Biasanya untuk menjadi Youtuber atau konten kreator memerlukan perangkat tertentu. Mulai dari kamera sebagai alat perekam, laptop, tripod, hingga ring light dan peralatan lainnya. Tapi, adakah cara jadi Youtuber pemula pake Hp?

Ya, Kamu juga perlu tahu bahwa kita dapat memulai menjadi Youtuber hanya bermodalkan HP atau ponsel yang dimiliki. Dimana kecanggihan teknologi menjadikan berbagai macam fitur yang terdapat pada HP tak hanya sebatas untuk SMS dan telepon semata. Hp kini telah dilengkapi oleh perangkat kamera yang handal dan mumpuni, menghadirkan kualitas audio cukup baik, dengan dukungan berbagai aplikasi yang bisa diunduh baik secara gratis ataupun berbayar.

Cara Jadi Youtuber Pemula Pake HP

Cara Jadi Youtuber Pemula Pake Hp
Menjadi Youtuber Pemula Pake Hp

Menjadi Youtuber Pemula Pake Hp

Cara dapat uang dari Youtube sebenarnya memerlukan niat dan konsistensi diri. Di samping itu, sangat dianjurkan menguasai algoritma platform Youtube supaya hasilnya menjadi lebih maksimal. Jika berbicara tentang gaji, pendapatan Youtuber sebenarnya bervariasi. Hanya saja jika sukses, bisa jadi Kamu kaya raya.

Oke, langsung saja jika Kamu ingin tahu cara jadi Youtuber pemula pake Hp, berikut ada beberapa triknya :

1. Buat Channel Akun Youtube

Bagi Kamu yang belum pernah memulai sama sekali, tentu hal yang harus dilakukan pertama kali untuk menjadi Youtuber sukses adalah membuat channel akun Youtube terlebih dahulu.

Cara jadi Youtuber pemula pake Hp ini tentu saja sangat mudah, apalagi jika Kamu sudah memiliki akun Gmail. Tinggal sikronisasi ke Youtube saja. Maka otomatis, Kamu pun telah memiliki akun Youtube sendiri. Sehingga kamu tinggal melanjutkan proses untuk memonetisasi channel Youtube-mu.

2. Membuat Ide dan Konsep

Jika sudah mempraktekkan dan mengetahui cara jadi Youtube pemula modal Hp, selanjutnya Kamu wajib memulai brainstorming konten. Maksudnya yaitu di sini Kamu benar-benar harus memikirkan konten yang ingin dibuat secara matang, apa personallity yang akan ditampilkan dan yang lainnya.

Kenali tujuanmu, apakah tujuanmu membuat channel  Youtube ingin memberikan informasi/pengetahuan, hiburan atau yang lainnya. Poin ini harus benar-benar dipikirkan dengan matang.

3. Lengkapi Kebutuhan Videografi

Memang cara jadi Youtuber pemula pake Hp tidaklah mudah. Sebab untuk membuat konten berkualitas, memerlukan pengorbanan cukup besar, khususnya secara finansial. Namun Kamu bisa mengawalinya dengan membuat vlog sederhana dimulai dengan hasil rekaman dari kamera video ponselmu. Ingat jangan malu berkreasi. Terlebih sekrang kini sudah banyak ponsel dengan spek kamera mumpuni yang dapat dimanfaatkan.

Jika Kamu memiliki uang atau rezeki tambahan yang sudah mencukup, Kamu bisa membeli gadget atau perangkat yang dapat membantumu membuat konten Youtube-mu.

Alat untuk merekam audio juga penting diperhatikan. Terlebih jika Kamu ingin menjadi Youtuber yang sukses mampu menggaet jutaan subscribers.

4. Buat Konten Video Menarik

Tahapan cara menjadi Youtuber pemula pake Hp ini memang merupakan bagian cukup sulit, karena bagaimana Kamu bisa memonetisasi channel Youtube milikmu bisa dimulai dari poin ini.

Dengan lebih banyak subscriber dan viewer yang menonton konden video Youtube yang diunggah, tentu saja akan semakin tinggi potensi untuk menghasilkan uang. Trik membuat konten video Youtube menarik ini merupakan pondasi kualitas konten itu sendiri.

Kita bisa lihat contoh beberapa channel Youtuber terkenal, seperti Dedy Corbuzier, Atta Halilitar atau lainnya yang telah berhasil mendapatkan banyak subscriber. Mereka tentu saja sudah menghasilkan banyak uang.

Bisa kita perhatikan, semua video yang diuploadtelah terkonsep dan mempunyai kualitas suara dan gambar yang bagus. Tak perlu harus persis sama, karena bisa mengurangi orisinalitas konten yang Kamu buat. Setidaknya Kamu mengetahui konsep yang mereka ciptakan. Hal terpenting ialah Kamu harus benar-benar serius meskipun hanya bermodalkan ponsel saja.

5. Mulai Mengupload Video

Mungkin banyak yang menganggapnya sangat mudah, tapi justru poin ini adalah tantangan yang cukup menantang. Selain itu, sebagai salah satu persyaratan supaya channel Youtube kita bisa terkenal. Bahkan bisa muncul di pencarian. Oleh karena itu, Kamu harus konsisten untuk mengupload video secara rutin di channel Youtube-mu.

Banyak orang yang menyepelekan cara jadi Youtube pemula pake Hp ini, tapi sebenarnya rutinitas mengupload video sudah seharusnya menjadi kewajiban bagi para Youtuber pemula agar cepat dilirik subscriber.

Sebenarnya tak hanya harus memperhatikan rutinitas upload video semata, tetapi juga Kamu harus mempelajari tentang optimasi SEO atau Searcth Engine Optimization. Jadi maksudnya, Kamu harus mengoptimasi supaya konten yang kamu unggah di Youtube menjadi rekomendasi pada halaman pertama search engine. Semakin masuk ke halaman pertama, tentu saja potensi untuk mendatangkan subscriber dan viewer pun semakin besar.

6. Pelajari Kemampuan Editing Video dengan Baik

Semakin banyak berlatih, maka akan semakin baik pula hasilnya. Jika perlu, Kamu dapat mempelajari cara belajar menjadi Youtuber langsung dari ahlinya. Kamu bisa memilih aplikasi untuk editing video atau Kamu juga bisa mencoba aplikasi editing video di aplikasi android.

Ingat, tak ada hasil instan dalam cara jadi Youtuber pemula pake HP. Kamu harus sering rajin membaca informasi dan berlatih melakukan editing video.

7. Monetisasi Channel Youtube

Kamu harus tahu bahwa peraturan atau regulasi Youtube tentang Adsense selalu berubah. Misalnya dimulai dengan jumlah subscriber minimal, waktu menonton video dan jenis konten video apa yang dapat memperoleh Adsense.

Adapun cara yang dapat Kamu lakukan agar mendapatkan uang di channel Youtube ialah dengan endorsement atau sponsorship bersama pihak luar.

Aplikasi Untuk Editing Video Konten Youtube

Setelah membahas cara jadi Youtuber pemula pake Hp di atas, tentu saja Kamu harus tahu aplikasi apa saja yang digunakan untuk editing video konten Youtube melalui Hp. Adapun aplikasi tersebut diantaranya :

  • Kinemaster Pro

kamu bisa mengunduh aplikasi Kinemaster Pro di android. Aplikasi yang satu ini harus ada di ponselmu. Karena aplikasi ini dapat membantu mengedit semua video yang telah Kamu rekam. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menambahkan foto, text serta memasukkan video. Apliikasi yang satu ini menuntut skill sekaligus mengasah kemampuanmu untuk mengedit video.

  • AZ Screen Recorder

Kamu juga bisa mendownload aplikasi ii di Play Store. AZ Screen Recorder merupakan aplikasi perekam layar Hp. Jika Kamu ingin membuat video Youtube mengenai tutorial video gaming atau android, maka tools ini akan sangat dibutuhkan.

Sebenarnya masih banyak aplikais lainnya yang mungkin berguna saat Kamu membuat konten video di Yotube. Seperti Picsay Pro yang membuat gambar dalam video terlihat semakin menarik. Bagaimana, sebenarnya cukup mudah kan cara jadi Youtuber pemula pake HP? Asalkan Kamu benar-benar konsisten melakukannya.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019