Cara Cek Memori Hp Samsung

Cara Cek Memori Hp Samsung

Penasaran ingin tahu berapa sih memori hp Samsung yang Kamu miliki? Tapi, sayangnya belum tahu bagaimana cara mengeceknya? Jangan khawatir, disini kita akan bahas tuntas cara cek memori hp Samsung yang Kamu miliki. Tujuannya pengecekan memori ini yaitu agar Kamu bisa mengetahui seberapa besar kapasitas hpmu untuk menampung program-program dan aplikasi di dalamnya.

Memori pada perangkat hp, seringkali dikenal sebagai RAM atau Random Access Memory, dengan pengertian sebagai memori yang dapat diakses diperangkat dengan cara acak tergantung kebutuhan.

Read More

Kita ambil contoh, misalnya Kamu memainkan game berukuran 30 MB, tentu saja RAM yang digunakan di hp Samsungmu kapasitasnya lebih dari 30 MB. Dengan kata lain, jika RAM pada hp Samsung mempunyai kapasitas 2GB. Lalu Kamu memakainya untuk menjalankan sosia media, aplikasi kamera, galeri dan program lainnya, sudah pasti kapasitas RAM menjadi menyusut.

Dengan demikian, sebelum Kamu membuka berbagai macam aplikasi di hp sebaiknya pertimbangkan matang-matang. Kamu hanya perlu membuka aplikasi tertentu yang dibutuhkan saja, supaya sisa RAM yang ada di hpmu masih tersedia.

Apa Bedanya Memori Internal Dengan RAM?

Jika memori internal berfungsi untuk menyimpan semua data yang telah diinstal, seperti game, aplikasi, foto, dokumen, video maupun yang lainnya. Sesudah program seperti game atau aplikasi tersebut dijalankan, maka sejak saat itulah RAM mulai dipakai. Adapun persamaan antara memori internal dengan RAM ialah keduanya tersimpan melekat di hp Samsung,  sehingga keduanya tidak dapat diganti.

Memori internal dengan RAM berbeda dengan memori eksternal, sebab kapasitas penyimpanan memori eksternal dapat diganti sesuai kebutuhan.

Cara Cek Memori Hp Samsung

Cara Cek Memori Hp Samsung
Tutorial Cara Cek Memori Hp Samsung

Tutorial Cara Cek RAM Hp Samsung

Setiap produk hp Samsung tentu saja mempunyai kapasitas RAM berbeda. Maka dari itu, Kamu bisa melakukan cara cek RAM Hp Samsung supaya mengetahui sisa kapasitas penyimpanannya. Berikut ini ulasannya :

1. Melalui Menu Pengaturan di OS Android 10 ke Atas

Bagi pengguna smartphone Samsung di atas versi OS Android 10, Kamu bisa mengeceknya melalui menu pengaturan hp berikut ini :

  • Kamu bisa mengakses menu pengaturan atau ‘setting’ yang ada di perangkat Samsungmu. Silahkan scroll layar ke bawah dan Kamu akan menemukan pilihan ‘Perawatan Perangkat’.
  • Selanjutnya klik ‘Memori’, lalu Kamu akan mendapatkan informasi mengenai kapasitas RAM di hp Samsungmu.

Biasanya, kapasitas memori untuk RAM di hp sendiri sekitar 8-12GB. Kamu tinggal klik ‘Hapus Sekarang’ di aplikasi yang sedang berjalan di background untuk mengosongkan memori supaya performa hp lebih cepat.

2. Melalui Menu Pengaturan di OS Android 9 ke Bawah

Tenang saja, jika OS androidmu masih versi android 9 atau di bawahnya, Kamu tinggal mengikuti panduan di bawah ini :

  • Silahkan buka Pengaturan pada perangkat hp Samsung Android untuk tipe OS android 9.0 ke bawah, scroll layar sampai Kamu melihat ada opsi ‘Pemeliharaan Perangkat’.
  • Kemudian, tekan ‘Memori’ selanjutnya akan ada informasi terkait kapasitas RAM di hp Samsungmu.

3. Memakai Aplikasi CPU-Z

Cara cek memori hp Samsung selanjutnya, Kamu bisa memakai aplikasi CPU-Z di Google Play Store. Aplikasi ini mempunyai kemampuan dapat mengecek spesifikasi smarthone dengan lengkap dan detail. Adapun cara memakai aplikasi CPU-Z untuk cek RAM Samsung ialah sebagai berikut :

  • Silahkan unduh dan pasang aplikasi CPU-Z terlebih dahulu di perangkat Samsung.
  • Setelah itu, Kamu tinggal membuka aplikasi dan pilih ‘device’.
  • Jika sudah, Kamu akan ditampilkan informasi sisa RAM hp Samsung, kapasitas memori internal dan model hp Samsung.

Aplikasi CPU-Z juga memiliki fungsi lain, seperti mengetahui OS android yang dipakai, GPU, Chipset, CPU, dan lainnya. Selain aplikasi CPU-Z Kamu juga bisa memakai aplikasi AIDA64.

4. Cek RAM Hp Samsung Dengan Aplikasi AIDA64

Aplikasi AIDA64 adalah salah satu aplikasi terbaik yang dipakai untuk mengetahui spek hp Samsung lengkap. Berikut ini beberapa langkah cara cek memori hp Samsung memakai AIDA64 :

  • Jika belum punya aplikasinya, download dan pasang AIDA64 Apps di ponsel Samsung. Atau unduh di link berikut!
  • Selanjutnya, Kamu bisa membuka kemudian pilih ‘System’.
  • Kemudian Kamu akan mendapatkan informasi lengkap terkait hp Samsungmu, mulai dari kapasitas RAM, memori internal hingga jenis RAM itu sendiri.

5. Cek Memori Hp Samsung di Website Resmi

Kamu juga bisa mencoba alternatif cara cek memori hp Samsung lainnya dengan memakai website. Cukup cari tahu infonya di alamat https://www.samsung.com/ dan inputkan tipe hp yang sedang Kamu pakai saat ini. Selanjutnya, Kamu akan menerima informasi tentang spesifikasi dan kapasitas RAM hp Samsungmu.

Itulah cara cek memori hp Samsung yang Kamu pakai dengan mengaksesnya lewat 5 metode di atas. Jika Kamu ingin kinerja hpmu tetap maksimal, sebaiknya lakukan penghematan RAM. Adapun cara menghemat RAM di hp Samsung, bisa Kamu coba melalui tutorial berikut!

Cara Menghemat RAM Hp Samsung

Ada beberapa langkah cara menghemat RAM hp Samsung yang dapat Kamu coba, diantaranya :

1. Hanya Menginstal Aplikasi Penting Saja

Jika Kamu mempunyai smartphone dengan kapasitas RAM kurang dari 1 GB, maka Kamu tak perlu lagi menginstall aplikasi yang terlalu banyak. Sebab jika Kamu menginstal terlalu banyak aplikasi, serta ada beberapa aplikasi yang dijalankan bersamaan, bisa dipastikan perangkatmu akan terasa lemot dan berat. Jadi, hapus beberapa aplikasi yang kurang penting. Seperti menghapus beberapa aplikasi media sosial yang tidak digunakan, cukup pakai aplikasi WhatsApp saja.

2. Tutup Aplikasi yang Sedang Berjalan di Belakang Layar

Salah satu faktor menyusutnya RAM di hp ialah ada banyak aplikasi berjalan di belakang layar. Aplikasi tersebut biasanya berupa FB Messenger,Facebook, Instagram, WhatsApp dan lainnya. Apabila banyak aplikasi yang berjalan di background, bisa dipastikan smartphonemu akan terasa lemot. Apalagi jika kapasitas RAM Kamu hanya 512 MB, sudah pasti akan sangat berat saat mengoperasikan hp.

3. Jangan Pakai Widget di Layar dan Live Wallpaper

Penggunaan widget dan live wallpaper mungkin menarik saat dilihat di layar ponsel., Akan tetapi, selain bisa membuat hpmu lebih boros juga bisa membuang kapasitas RAM hpmu dengan percuma. Oleh karena itu, sebagai antisipasi sebaiknya hapus pemakaian widget dan live wallpaper di hp Samsungmu.

4. Matikan Hp Android Dengan Berkala

Tak hanya manusia yang butuh istirahat, perangkat hp android pun perlu beristirahat. Jadi, agar hpmu tidak panas, akses lancar dan RAM-nya tidak penuh, sebaiknya Kamu menonaktifkan hp androidmu beberapa lama agar bisa beristirahat.

5. Siapkan Memori Bebas 30%

Supaya kinerja hp androidmu tetap lancar dan normal, sebaiknya sediakan kapasitas RAM dengan minimal 30% agar hp Samsungmu tidak gampang nge-Lag, dan lemot. Ini adalah solusi paling ideal untuk membatasi keperluan RAM di hp Samsung. Kamu juga bisa memakai Clean Master Apps untuk mengecek kebutuhan kapasitas RAM pada beberapa aplikasi yang Kamu jalankan.

Itulah beberapa panduan cara cek memori hp Samsung dan cara untuk menghemat kebutuhan RAM di hp yang dapat Kamu coba. Semoga bermanfaat!

 

Related posts