Cara Jadi Dropshipper di Tokopedia

Cara jadi dropshipper di Tokopedia kini memang semakin diminati para penggiat bisnis online. Hal ini dikarenakan peluang usaha dropship di aplikasi Tokopedia sangat menguntungkan apabila dijalankan dengan konsisten. Terlebih lagi menjalankan bisnis dropshipping di Tokopedia sangat mudah, sama halnya dengan cara jadi dropship di Shopee.

Kenapa banyak orang tertarik menjalankan bisnis dropshipping? Karena bisnis dropshipping sangat mudah dilakukan, selain tidak perlu memiliki stok barang, Kamu juga tak perlu repot-repot melakukan pengiriman produk atau barang yang sukses Kamu jual. Karena pengiriman dan pengepakan atau pengemasan barang sepenuhnya dilakukan oleh pemasok atau supplier.

Selain itu, dalam kemasan produk kiriman untuk dikirimkan ke alamat pembeli, biasanya akan tercatat nama seller berupa dropshipper. Jadi pembeli tak akan mengetahui jika produk tersebut dikirim oleh pihak supplier.

Lalu, bagaimana cara jadi dropshipper di Tokopedia? Kamu bisa mencoba cara memulai dropshipping di Tokopedia sebagai salah satu peluang bisnis yang menguntungkan berikut di bawah ini!

Cara Jadi Dropshipper di Tokopedia

Cara Jadi Dropshipper di Tokopedia
Menjadi Dropshipper di Tokopedia

 

Menjadi Dropshipper di Tokopedia

Ada beberapa tahapan cara jadi dropshipper di Tokopedia yang bisa Kamu lakukan berikut ini agar mendapatkan keuntungan dari sistem dropshipping :

1. Pilih Produk yang Ingin Dijual

Cara memulai dropshipping di Tokopedia yang pertama ialah menentukan produk atau barang yang ingin dijual. Dimana tahapan yang satu ini tak boleh dilakukan asal-asalan, sebab bisa menentukan laku atau tidaknya barang yang akan Kamu jual. Kamu dapat memanfaatkan Google atau search engine lainnya untuk melihat barang maupun produk yang saat ini paling digemari masyarakat.

Di samping itu, Kamu juga dapat melihat apa saja produk paling laris dengan cara mengunjungi laman pada beranda Tokopedia. Caranya dengan mengecek di hot list Tokopedia, Kamu dapat mengetahui apa saja produk terlaris.

Sebagai saran, jangan pernah memillih produk yang bersifat musiman dan hanya laku di waktu tertentu saja. Selain itu, Kamu sebaiknya hanya fokus terhadap jenis produk tertentu saja, seperti produk elektronik, produk pakaian, produk makanan maupun yang lainnya.

2. Pilih Pemasok atau Supplier yang Tepat

Cara jadi dropshipper di Tokopedia selanjutnya, sesudah Kamu berhasil memilih produk yang banyak disukai tinggal pilih pemasok atau supplier yang mempunyai produk tersebut. Dalam tahapan ini, silahkan bandingkan antara satu supplier dengan supplier lainnya, pilih yang terbaik berdasarkan harga, pelayanan dan kualitas produknya.

3. Pendaftaran Akun Seller di Tokopedia

Sesudah menentukan supplier dan produk yang tepat, maka langkah selanjutnya ialah membuat akun seller di Tokopedia. Dalam cara jadi dropshipper di Tokopedia ini, silahkan isikan seluruh data diri dengan benar, seperti nomor HP, nama lengkap berikut alamat akun emailmu. Sesudah melakukan registrasi, pastikan untuk membuka akun email kemudian lakukan verifikasi dengan cara memilih “Aktivasi Akun”.

4. Buat Toko Online di Tokopedia

Jika akunmu sudah berhasil diregistrasi atau didaftarkan, cara dropshipping di Tokopedia selanjutnya ialah buat toko di Tokopedia. Kamu bisa mengisi kolom dalam formulir, seperti slogan, toko dan deskripsi.

Kemudian cara jadi dropshipper di Tokopedia selanjutnya ialah metode pengiriman. Di kolom ini, kamu dapat menyesuaikan metode pengiriman yang dapat dilakukan supplier, sebab proses pengiriman barang ini nantinya akan ditangani langsung oleh supplier. Setelah itu ialah pilihan dukungan metode pembayaran.

Jika seluruh kolom formulir sudah diisi, langkah berikutnya klik menu “Buka Toko” jika ingin mengaktifkan layanan tersebut. Dari sini, Kamu pun sudah sukses membuat toko online di Tokopedia.

5. Tambahkan Produk Pada Toko Online-mu

Jika sudah mengikuti cara menjadi dropshipper di Tokopedia di atas, selanjutnya tinggal menambahkan produk. Untuk menambahkan produk, klik tambahkan produk, lalu silahkan masukkan deskripsi produk, seperti kategori produk, nama produk, harga, minimum pemesanan, gambar, berat produk, dukungan asuransi dan kondisi beserta kebijakan untuk pengembalian barang.

Setelah selesai melakukan proses di atas, tekan simpan. Dalam tahapan ini, Kamu pun sudah bisa menampilkan produk di Tokopedia untuk dilihat semua pengunjung marketplace ini.

6. Persiapkan Modal Awal

Kamu harus mempersiapkan modal awal sedikit untuk pembelian barang yang diinginkan konsumen dari supplier. Adapun jumlah besaran modal dapat menyesuaikan harga produk atau barang dijual.

7. Pemesanan Produk Dropshipping Tokopedia

Cara menjadi dropshipping di Tokopedia berikutnya ialah jika Kamu sudah mendapatkan pesanan, kini saatnya Kamu memesan produk lewat Tokopedia. Adapun caranya sangat mudah, Kamu tinggal ikuti cara order di Tokopedia berikut ini :

  • Silahkan cari barang dari supplier yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Setelah itu, pilih “Produk”.
  • Kemudian pilih opsi “Varian”, Kamu dapat memilih varian, baik itu memilih warna, ukuran atau yang lainya.
  • Inputkan jumlah pembelian tiap 1 konsumen/pembeli.
  • Lalu tekan “Beli”.
  • Silahkan “Tulis Catatan Untuk Toko” jika ada.
  • Tekan lagi “Beli”.
  • Silahkan tekan “Pilih Alamat Lain”, kemudian pilih lagi “Tambah Alamat Baru”. Inputkan Nama Jalan, Nama Kecamata, Kabupaten, Desa. Selanjutnya “Pilih”.
  • Inputkan detail alamat berupa Blok, nomor rumah, RT/RW atau yang lainnya. Pilih Lokasi, silahkan cek lagi dan “Simpan” jika sudah benar.
  • Tekan “Durasi Pengiriman”, lalu pilih “Reguler”. Pastikan untuk tidak memilih layanan bebas ongkir, sebab fitur tersebut tidak tersedia bagi dropshipper
  • Lalu jika ingin mengedit kurir pengiriman, tinggal pilih opsi “Ubah Kurir”. Lalu pilih kurir ekspedisi sesuai keinginan konsumen.
  • Silahkan centang “Dropship”.
  • Kemudian geser ke bagian paling bawah, lalu “Pilih Pembayaran”.
  • Setelah itu, ikuti instruksi “Petunjuk Pembayaran”.

Jika proses pembelian supplier sudah selesai, Kamu tinggal menunggu pihak distributor atau supplier mengirimkan produk saja dan memasukkan nomor resi pengiriman di Tokopedia.

Jika nomor resi pengiriman sudah diinputkan, tugasmu sebagai dropshipper yaitu memberitahukan pihak customer atau pembeli mengenai resi pengiriman. Silahkan kirim resi ke pembeli. Tujuannya agar customer mengetahui produknya sudah dikirimkan.

Nah, itulah tahapan proses cara jadi dropshipper di Tokopedia yang bisa Kamu coba jika ingin menikmati keuntungan menjadi dropshipper di Tokopedia!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019