Cara Blokir Nomor Telepon di iPhone

Cara Blokir Nomor Telepon di iPhone

Sudah jengah dengan banyaknya SMS dan panggilan masuk dari nomor tak dikenal? Cara yang paling efektif mengatasi kekesalanmu tersebut ialah dengan memblokir nomor tak dikenal. Rasanya kita terbebas dari gangguan orang-orang iseng atau spamming. Sebab jika dibiarkan, bisa saja mereka mengambil data-data pribadi kita. Bagi pengguna iPhone jangan khawatir, karena ada beberapa cara blokir nomor telepon di iPhone.

Ada banyak alasan yang mengharuskanmu memblokir nomor seseorang, selain nomor tak dikenal, seperti ingin menghindari mantan atau mungkin karena alasan lainnya. Kamu bisa menggunakan beberapa opsi cara blokir nomor telepon di iPhone agar hidupmu lebih tenang dari yang namanya pengganggu. Silahkan baca tutorialnya di bawah ini!

Cara Blokir Nomor Telepon di iPhone

Cara Blokir Nomor Telepon di iPhone
Tutorial Cara Blokir Nomor Telepon di iPhone

Tutorial Blokir Nomor Telepon di iPhone

Cara blokir nomor telepon di iPhone sendiri berbeda dengan cara blokir nomor di hp Vivo karena keduanya memiliki manajemen sistem berbeda. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasannya berikut :

1. Blokir Nomor Telepon di iPhone Lewat Pengaturan

Untuk memblokir nomor hp di iPhone lewat menu pengaturan, dapat dilakukan langkah-langkah berikut :

  • Masuk ke menu pengaturan di iPhone-mu, Kamu dapat menemukannya di home screen.
  • Klik opsi ‘phone’. Opsi ini dikelompokkan lewat segmen menu sama seperti pada aplikasi iPhone lainnya, baik itu pada ‘notes’ maupun pada ‘mail’.
  • Pilih opsi ‘Call Blocking and Identification’, Kamu bisa menemukan opsi ini di dalam segmen ‘calls’.
  • Selanjutnya Kamu akan ditampilkan semua daftar nomor hp atau kontak yang telah diblokir.
  • Silahkan pilih nomor hp yang akan Kamu blokir.
  • Swipe layar kemudian klik ‘block contact’. Kamu bisa menemukan opsi tersebut di bawah layar.
  • Apabila list no hp yang diblokir telah melebihi tampilan pada layar hp, Kamu harus menggeser layar hp ke atas agar menemukan opsi tersebut.
  • Saat memblokir, silahkan sentuh kontak atau nama orang yang akan diblokir. Jika sudah, nomor tersebut tak akan dapat menghubungimu lewat Facetime, panggilan atau lewat SMS di perangkat iPhone.

2. Blokir Nomor Telepon di iPhone Pakai Aplikasi Telepon

Selain melalui menu pengaturan, cara blokir nomor telepon di iPhone juga bisa dilakukan lewat aplikasi telepon. Berikut ulasannya :

  • Silahkan buka phone atau aplikasi telepon di home screen iPhone milikmu.
  • Klik menu ‘recent’ yang berikon jam di samping kiri pada bagian bawah layar.
  • Tekan tombol (i) di sebelah nomor yang akan diblokir, terletak di samping kanan layar.
  • Selanjutnya geser layar, kemudian klik ‘block this caller’. Opsi ini terletak di menu bagian bawah.
  • Klik opsi ‘block contact’, kini Kamu tak akan dapat menerima panggilan dari nomor tersebut kembali.

3. Blokir Nomor Telepon di iPhone Memakai Fitur Do Not Disturb

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur do not disturb di iPhone, dengan mengaksesnya lewat menu pengaturan. Berikut ulasan cara blokir nomor telepon di iPhone memakai fitur do not disturb :

  • Masuk ke menu pengaturan iPhone seperti biasanya di home screen.
  • Ketuk do not disturb. Pilihan ini terletak di atas menu, di sebelah ikon ungu dan didalamnya bergambar bulan.
  • Lalu tekan Allows Calls form di tengah layar.
  • Ketuk all contacts. Pilihan ini terletak di segmen ‘groups’. Setelah fitur ini diaktifkan, maka Kamu hanya akan menerima telepon dan pesan dari nomor kontak yang Kamu simpan saja di iPhone.
  • Swipe home screen ke bagian atas lalu sentuh tanda lingkaran yang terdapat bulan sabit pada bagian atas ‘Control Center’ jika ingin mengaktifkan atau menonaktifkan Do not Disturb.

4. Blokir Nomor Telepon di Iphone Melalui Aplikasi Facetime

Kamu bisa memakai aplikasi Facetime jika ingin memblokir nomor hp di iPhone, adapun langkah-langkahnya berikut ini :

  • Silahkan klik (i) pada riwayat panggilan aplilkasi Facetime, yang terletak di samping nomor hp, nama atau kontak orang yang akan Kamu blokir.
  • Selanjutnya geser layar sampai ke bagian bawah, tekan opsi ‘Block This Caller’, dana tekan ‘Block Contact’.
  • Setelahnya tinggal pilih nomor kontak yang akan diblokir.

Selain cara blokir nomor telepon di iPhone seperti di atas, Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi pelacak nomor yang tak dikenal.

Daftar Aplikasi Untuk Melacak Nomor Tak Dikenal di iPhone

Aplikasi ini bisa digunakan jika Kamu merasa penasaran dengan kontak yang selalu menerormu lewat panggilan telepon atau SMS di iPhone. Berikut ini, ada beberapa aplikasi iPhone yang dapat melacak nomor tak dikenal, diantaranya :

1. Aplikasi TrueCaller

Ini adalah aplikasi paling direkomendasikan, dapat dipakai baik di android maupun iOS. TrueCaller menawarkan fitur yang dapat menghubungkan database pada kontak telepon yang ada di seluruh dunia, tujuannya untuk melakukan pelacakan nomor yang tidak dikenal.

Jika Kamu memakai aplikasi ini, maka tak perlu lagi mengunggah kontak nomor hp yang tidak dikenal secara manual di hp. Secara otomatis, Kamu akan langsung tahu identitas pemilik nomor hp tersebut walaupun tak menyimpan kontaknya. TrueCaller juga dapat memblokir nomor tersebut supaya tak mengganggu.

2. Aplikasi Whoscall

Ini adalah aplikasi untuk melacak nomor ponsel yang tak dikenal. Sebab aplikasi yang satu ini dapat mendeteksi basis data yang ada di seluruh dunia. Aplikasi Whoscall merupakan aplikasi terkenal besutan Gogolook. Program ini menawarkan beberapa fitur untuk mengidentifikasi nomor hp seseorang dengan otomatis.

Selain itu, WhosCall adalah aplikasi yang dapat mendeteksi database di seluruh dunia, Kamu bisa mengaksesnya lewat android atau iPhone. Sejak diluncurkan pertama kali di Taiwan, Whoscall awalnya hanya ada di beberapa negara, dan dapat menjangkau Hongkong, Jepang, Brazil, Korea Selatan dan Thailand.

3. HLR Lookup

Rekomendasi aplikasi untuk melacak hp yang tak dikenal berikutnya ialah HLR Lookup. Program ini dapat mendeteksi lokasi keberadaan seseorang via nomor hp saja. HLR Lookup sering diakses para pengguna iOS dan android. Basis data pada HLR Lookup biasanya dapat diakomodasi oleh jaringan operator, baik itu XL, Telkomsel, maupun Indosat. Kamu hanya perlu menginputkan nomor hp untuk menggunakan aplikasi ini.  Selain itu, bisa dengan menginputkan kontak yang ada dari daftar yang telah disimpan di hp.

4. Aplikasi Mobile Number Tracker Pro

Aplikasi lainnya yang dapat melacak identitas nomor hp yang tak dikenal ialah Mobile Number Tracker Pro. Tak hanya dapat diakses di perangkat iOS, aplikasi ini juga dapatt diakses lewat perangkat android. Mobile Number Tracker Pro dapat menjangkau nomor basis data pengguna-pendduna yang berasal dari Eropa, Kanada, Amerika, hingga Asia.

Kamu juga dapat mengetahui provider yang dipakai hingga lokasi tempat nomor kontak yang sering menerormu. Mobile Number Traccker Pro dibuat dan didesasin memakai tampilan sederhana dan mudah dimengerti pengguna. Selain itu, pengguna dapat mengubah warana huruf pada aplikasi sesuai kebutuhan.

Oke, dengan aplikasi-aplikasi di atas selain bisa melacak identitas kontak yang sering menelepon dan mengirimkan SMS spamming, juga bisa dijadikan sebagai cara blokir nomor telepon di iPhone. Karena aplikasi di atas bisa berfungsi juga untuk memblokir nomor hp yang ada di kontakmu!

 

Related posts