Cara Cek Pajak Motor Online

Cara Cek Pajak Motor Online
Cara Cek Pajak Motor Online

Kalian termasuk orang yang senang berpergian dengan menggunakan kendaraan pribadi. Nah, wajib tuh ketahui cara cek pajak motor online. Biar, kalau selama perjalanan tidak perlu takut kena tilang polisi lalu lintas. Hati tenang, dompet aman. Hindari kecepatan yang berlebihan ketika sedang berkendara. Selain berbahaya, dapat mengakibatkan kecelakaan bagi orang lain.

Fasilitas pengecekan hingga pembayaran pajak yang tersedia secara online, sangat membantu meringankan beban para pemilik kendaraan. Bagaimana tidak. Kalau kewajiban dapat terpenuhi dengan mudah tanpa perlu bingung menyesuaikan jadwal untuk mampir ke kantor Samsat. Otomatis, semakin banyak juga orang yang terdorong agar bisa taat membayar pajak.

Read More

Warga di daerah DKI Jakarta, dapat dengan leluasa menggunakan fitur daring untuk cek tax yang wajib dibayarkan setiap tahunnya ke negara. Lebih dari 1 metode bisa kalian terapkan untuk melakukan pengecekan jumlah pajak per orang. Aksesnya dapat dilakukan selama 24 jam nonstop. Bebas dari halangan ini itu. Karena, diceknya melalui perangkat selular saja.

Cara Cek Pajak Motor Online

Cara Cek Pajak Motor Online
Cara Cek Pajak Motor Online

Cara Cek Pajak Motor Online Jawa Tengah

Pajak online yang tersedia bagi warga DKI Jakarta merupakan layanan yang diberikan oleh pemerintah untuk pemilik kendaraan yang berdomisili di Jakarta. Berdasarkan dari pantauan yang telah dilakukan di situs resmi SAMSAT PKB-BBKNB, 2017. Terlihat tidak hanya dari pihak pemerintahan saja yang mendukung. Ada Kepolisian Daerah, Badan Pendapatan, dll.

Selain itu, didukung juga oleh Dinas Komunikasi, Informatika, serta Statistik milik Pemprov DKI Jakarta. Pada tampilan utamanya, kalian akan menemukan 2 kolom yang terdiri dari NOPOL (Nomor Polisi) yang dapat diisi dengan 4 digit angka. Kemudian, NIK sesuai KTP milik pemilik kendaraan yang diisi oleh 16 digit. Setelah itu, centang kolom “I’m not a robot”.

Cara cek pajak motor online Jawa Tengah, sedikit berbeda tahapannya dengan apa yang ada di pengecekan untuk area Jakarta. Secara umum, pajak akan dibayarkan oleh pemilik motor setiap satu tahun sekali. Perhitungannya didasarkan dari besar dari kapasitas mesin, dan jenis kendaraan yang digunakan. Sedangkan salah satu faktor pendukungnya, yaitu tarif dari tax.

Informasi tambahan untuk pemilik kendaraan yang sudah menyelesaikan proses pembayaran pajak. Kalian tetap memiliki kewajiban untuk melakukan pengesahan dengan cara membawa kendaraaan secara langsung ke Samsat terdekat. Jangka waktu yang diberikan kepada pemilik motor, kurang lebih 14 hari setelah berhasil melunasi pajak sebelumnya. Datang ke loket.

Pemohon pengesahan STNK, sebaiknya sudah mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan verifikasi data di Samsat. Diantaranya ada SKPD asli, STNK, serta e-KTP. Proses pelaksanaannya akan dibantu oleh petugas setempat. Mulai dari pengisian NIK e-KTP, NKRB, hingga 4 digit angka terakhir dari nomor rangka yang dimiliki motor. Scan kode QR.

Kolom informasi yang terdiri dari keterangan rinci kendaraan motor, serta info seputar PKB akan terdapat kode QR yang dapat dipindai atau scan oleh pihak petugas dari kantor Samsat Jawa Tengah. Apabila seluruh data yang terlampir sudah selesai diproses, maka motor kamu akan mendapatkan tempelan berupa stiker. Artinya, kendaraan telah berhasil disahkan.

Cara Cek Pajak Motor Online Bekasi

Lain daerah, beda juga link yang dituju untuk dapat melakukan pengecekan nominal pajak kendaraan pribadi kalian. Soalnya, memang sudah dirancang seperti itu oleh pemerintah. Hal ini, diberlakukan agar mempermudah dalam proses pendataan dari pemilk kendaraan. Lebih tertata secara rapih, pastinya. Nah, berikut ada prosedur cek pajak untuk provinsi Jawa Barat.

Cara cek pajak motor online Bekasi. Dimana, wilayah satu ini termasuk ke dalam salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Barat. Terpisah dari lingkup DKI Jakarta. Adapun plat nomor kendaraan yang sama dengan Bekasi, yaitu Depok. Sama-sama memiliki huruf B pada

bagian platnya. Kalau hanya sekedar ingin mengetahui biaya pajak, bisa diakses secara online.

  • Buka link berikut : https://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/ melalui browser di perangkat kalian
  • Lanjutkan dengan mengisi plat nomor kendaraan dalam bentuk digit angka
  • Kemudian, isi dengan 2 huruf paling akhir yang terdapat di plat kendaraan
  • Pilih salah satu warna kendaraan roda dua kalian
  • Isi kolom berikutnya dengan Captcha yang muncul di layar
  • Tekan tombol “Cari atau Search” untuk melanjutkan cara pengecekan
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan informasi serta besar biaya yang harus kalian bayarkan
  • Selain itu, kamu juga dapat menemukan informasi lainnya seperti merk, tahun, model, nomor rangka, warna, serta nomor mesin motor

Cara Pembayaran Pajak Motor

Umumnya, proses pembayaran pajak dilakukan secara langsung melalui kantor Samsat sesuai dengan domisili dari pemilik kendaraan. Setelah itu, kalian akan diarahkan untuk melakukan pengisian formulir serta melengkapi persyaratan yang telah ditentukan untuk diserahkan ke bagian loket. Selesai verifikasi, kamu akan dipanggil kembali untuk mengambil STNK.

Pengecekan kendaraan saja bisa dipermudah secara daring, pembayaran pajaknya ternyata juga sama. Pemilik motor kini dapat memenuhi kewajibannya terhadap negara dengan bayar pajak sesuai tanggal yang telah ditetapkan. Buat kamu yang memiliki kesibukan sangat padat. Ada alternatif lain yang bisa dicoba untuk tetap patuh terhadap aturan yang berlaku. Simak!

1. Melalui Bantuan Kasir di Indomaret

Berikut beberapa tahapan yang bisa kalian lakukan untuk melakukan pembayaran pajak motor di outlet Indomaret:

  • Kunjungi Indomaret terdekat dari tempat tinggal kalian, lalu menuju kasir
  • Tanya terlebih dahulu apakah bisa melakukan transaksi untuk bayar pajak kendaraan roda dua
  • Serahkan infromasi yang diperlukan, seperti nomor mesin kendaraan, nomor polisi, serta nomor hp yang aktif
  • Muncul jumlah tagihan yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan pada layar kasir Indomaret
  • Pemilik dari STNK, nantinya akan mendapatkan SMS notifikasi berupa Electronic Registrastion & Identification dari pihak POLRI
  • Tekan link yang terdapat di isi pesan tersebut untuk menerima tanda bukti berupa hasil pembayaran pajak kendaraan
  • Kunjungi kantor Samsat terdekat agar kalian dapat memiliki STNK sah yang baru.

2. Gunakan Aplikasi Tokopedia

Langkah-langkah berikut ini, dapat kalian praktekan secara langsung apabila sebelumnya telah memiliki akun di Tokopedia. Simak penjelasan selengkapnya!

  • Masuk ke laman browser yang terdapat di perangkat kalian
  • Ketik di kolom pencarian dengan kata kunci “cara pembayaran pajak motor online”
  • Pilih hasil pencarian teratas di Google, yaitu pembayaran e-Samsat di Tokopedia
  • Pilih salah satu wilayah dari 8 pilihan provinsi yang tersedia
  • Contoh, Samsat Jabar (Jawa Barat)
  • Muncul tampilan kode bayar yang telah kalian peroleh dari aplikasi SAMBARA
  • Selanjutnya, kirim pesan dengan mengisi format berikut: esamsat_nomor rangka_NIK
  • Kirim SMSnya ke nomor 0811 211 9211
  • Selesai melakukan proses transaksi, kembali ke SAMBARA untuk peroleh bukti digital pembayaran atas pelunasan pajak. Unduh e-SKKP

Sekian pembahasan mengenai cara cek pajak motor online di kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di informasi menarik lainnya. Tetap semangat menjalani ibadah puasa. Sehat selalu. Bye!

 

Related posts