Cara Jadi Agen Sicepat

Jika Kamu sering berbelanja online di beberapa marketplace di Indonesia, tentunya sudah sangat familiar dengan yang namanya jasa ekspedisi seperti TIKI, JNE, kantor pos, JNT hingga Sicepat sebagai salah satu jasa ekspedisi terbaru. Sicepat Express adalah perusahaan jasa ekspedisi baru yang juga menawarkan sistem keagenan. Tidak jauh berbeda dari cara jadi agen J&T Express, cara jadi agen Sicepat juga cukup mudah dilakukan.

Perusahaan jasa ekspedisi Sicepat, sudah didirikan dari tahun 2014 lalu dan kini bisa mnjadi kompetitor berat beberapa jasa pengiriman yang sudah ada sebelumnya, seperti halnya kantor Pos, Tiki, JNT maupun JNE.

SiCepat juga menawarkan berbagai pilihan layanan, seperti Sicepat Go, Sicepat Cargo, Sicepat Best, Sicepat Reguler, layanan Cash On Delivery dan Sicepat Syariah. Seluruh layanan ini juga banyak dinikmati para penggiat bisnis online serta kalangan masyarakat Indonesia.

Banyaknya pebisnis online, seperti marketplace terkemuka di Indonesia yang juga memakai jasa ekspedisi Sicepat. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman ini juga menawarkan kesempatan bagi Kamu yang ingin membagun bisnis untuk bergabung sebagai agen Sicepat. Apa saja sih persyaratan dan cara jadi agen Sicepat? Mari simak panduannya di bawah ini!

Ketentuan dan Syarat Jadi Agen Sicepat

Mengingat Sicepat sebenarnya masih belum secara resmi membuka sistem keagenan, jadi tidak ada even atau program khusus bagi Kamu yang tertarik menjadi agen jasa ekspedisi Sicepat. Akan tetapi, perorangan atau para pelaku usaha bisa mencoba jadi mitra atau agen Sicepat.

Sebelum Kamu memutuskan mengikuti cara jadi agen Sicepat, sebaiknya pelajari layanan atau produk yang diberikan Sicepat terlebih dahlulu. Selain itu, pelajari pulsa sistem tarifnya sebab Sicepat menerapkan tarif sesuai berat, kota tujuan, serta dimensi paket itu sendiri.

Adapun syarat menjadi agen Sicepat, adalah sebagai berikut :

1. Pemilik Online Shop atau Perorangan

Agar Kamu dapat menjadi mitra Sicepat, hal terpenting yang harus dipenuhiialah telah membuka atau mengelola bisnis. Sebab produk bisnis tersebut inilah yang akan dikirimkan lewat jasa Sicepat. Di samping usaha online shop, pihak perorangan pun dapat mendaftar menjadi partner atau mitra agen SiCepat jika memang tertarik membuka jasa ekspedisi untuk pemula.

2. Persiapkan Semua Data Diri yang Dibutuhkan

Persyaratan berikutnya, pengguna wajib mempunyai omor telepon, alamat penjemputan paket/tempat usaha dan email. Semua data tersebut wajib dilengkapi dan pastikan harus dalam kondisi aktif.

3. Mendaftar Partner Agen SiCepat

Jika sudah mempersiapkan semuanya, seperti produk, data diri dan bisnis, maka Kamu bisa memulai cara jadi agen Sicepat dengan melakukan pendaftaran. Biasanya pendaftaran bisa dilakukan secara gratis tanpa sepeser biayapun atau bahkan tanpa potongan harga produk.

Cara Jadi Agen SiCepat

Cara Jadi Agen SiCepat
Menjadi Mitra Agen SiCepat

Menjadi Mitra Agen SiCepat

Seperti yang sudah kita jelaskan bahwa Sicepat sendiri masih belum menyediakan sistem keagenan yang dibuka untuk masyarakat luas, jadi Kamu hanya bisa menjadi mitra agen Sicepat saja. Adapun cara jadi agen SiCepat untuk sistem kemitraan ini, diantaranya sebagai berikut :

1. Melakukan Registrasi Online

Cara menjadi mitra agen Sicepat yang pertama yaitu dengan melakukan registrasi terlebih dahulu. Kamu tak perlu khawatir, karena proses registrasi agen SiCepat dapat dilakukan dengan mudah secara online. Kamu bisa langsung mengunjungi website resmi SiCepat di link berikut!

Di laman utama situs web Sicepat, silahkan scroll ke bawah sampai Kamu menemukan tombol bertuliskan “Gabung Sekarang” kemudian klik. Kamu juga bisa menemukan tombol tersebut di menu Service pada laman website utama. Silahkan masuk ke menu “Service” pada bagian atas situs web, kemudian silahkan pelajari semua layanan yang tersedia pada jasa ekspedisi SiCepat lalu silahkan bergabung.

2. Melakukan Pengisian Form Pendaftaran

Cara jadi agen SiCepat berikutnya ialah, pengguna bisa langsung masuk ke “Form Sahabat Sicepat” sesudah memilih “Gabung Sekarang”. Dari sini, para pengguna wajib melakukan pengisian data lengkap, seperti nama, nomor telepon, email dan data-data berupa alamat tempat tinggal. Selain itu, pastikan seluruh informasi yang Kamu isi sudah benar.

Isikan pula kota lokasi tempat usaha sebab nantinya akan dipakai untuk dijadiakn patokan dalam menghitung tarif onngkir. Tempat usaha tersebu bisa saja berbeda dari alamat KTP, tapi hal ini sebenarnya bukan masalah. Kamu bisa mengisikan alamat yang tersedia dengan alamat bisnis yang sebenarnya.

Lalu pastikan pula email dan nomor telepon yang dipakai untuk melakukan registrasi masih aktif. Sebab nomor telepon tersebut nantinya akan dipakai untuk berkomunikasi bersama pihak SiCepat saat melakukan pengiriman paket.

3. Melakukan Verifikasi Email

Cara menjadi mitra agen SiCepat selanjutnya, sesudah semua data telah diisi langkah berikutnya ialah tekan tombol “Daftar”. Sesudahnya, para pengguna akan mendapatkan email konfirmasi langsung dari pihak SiCepat. Kemudian lakukan verifikasi lewat link yang akan dikirimkan via email.

Lakukan konfirmasi kemudian langsung verifikasi email segera sesudah Kamu menerima email dari pihak SiCepat. Adapun tujuannya ialah supaya kerjasama dapat langsung terjalin. Aktivitas pengiriman paket juga dapat langsung dilakukan.

4. Proses Pendaftaran Selesai

Jika sudah mendapatkan email dari pihak SiCepat, kemudian Kamu sudah mengkonfirmasi, proses pendaftaran pun sudah selesai dilakukan. Kamu saat ini sudah terdaftar resmi sebagai mitra atau agen SiCepat dan mulai berbisnis. Silahkan cantumkan opsi pengiriman Sicepat di laman media sosial atau online shop supaya konsumen mengetahuinya.

Cara Kerja Sistem Kemitraan SiCepat

Diantara Kamu semua mungkin banyak yang bertanya tentang cara kerja dari sistem kemitraan SiCepat ini. Apalagi Kamu tidak akan dikenakan biaya apapun untuk menjadi mitra agen SiCepat. Entah itu, untuk kebutuhan biaya langganan, jasa maupun franchise.

Jasa ekspedisi SiCepat sendiri memang masih belum membuka usaha kemitraan atau keagenan karena mereka masih memperkuat sistem infrastruktur perusahaan terlebih dahulu. Dengan membuka keagenan, ini artinya mengizinkan badan usaha atau orang lain bertindak sebagai SiCepat. Ini tentu saja memerlukan sistem sekaligus infrastruktur lebih lengkap. SiCepat rasanya masih dalam proses pembangunan sistem maupun infrasturktur tersebut.

Sementara guna mendukung partner atau mitra agen SiCepat dalam menyalurkan produknya, jasa ekspedisi ini sendiri memang telah membangun beberapa gerai. Setidaknya sudah memiliki 1000 gerai outlet SiCepat yang ada di seluruh Indonesia. Nah, gerai-gerai tersebutlah yang selalu mendukung para partner atau mitra untuk mengirimkan produknya.

Dimana kurir setiap gerai SiCepat nantinya bertanggung jawab melakukan pick up paket dari tempat-tempat yang telah ditentukan. Paket selanjutnya akan disortir lalu dilakukan proses pengiriman. Selain itu, sistem tersebut telah berjalan baik, tapi sejauh ini masih belum ada kendala yang berarti.

Keuntungan Menjadi Mitra Agen SiCepat

Jika Kamu mendaftar sebagai mitra agen Sicepat, maka Kamu akan memperoleh harga spesial. Tentu saja, harga yang diberikan lebih terjangkau dibandingkan untuk pelanggan biasa. Hal ini tentu saja dapat dijadikan solusi agar biaya pengiriman lebih efisien dan hemat.

Belum lagi, Kamu juga akan mendapatkan kemudahan mengirimkan barang. Para pemilik usaha tak perlu lagi mengirimkan paket karena kurir jasa ekspedisi SiCepat akan langsung menjemput paketmu. Menariknya lagi, Kamu tidak dikenakan biaya sepeserpun untuk bergabung dan mengikuti cara jadi agen SiCepat.

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019