Cara Iklan di Shopee

Shopee mampu memikat pelanggan karena menawarkan pengalaman berbelanja dengan nyaman, mudah, cepat, praktis dan hemat. Karena mendukung berbagai macam opsi dukungan logistik dan sistem pembayaran. Ada jutaan produk yang tersedia di Shopee, sehingga memungkinkan para penggunanya bisa berbelanja apapun yang mereka inginkan. Jangan lewatkan pula pembahasan cara iklan di Shopee yang akan Kami sajikan!

Ya, Shopee bukan hanya surganya belanja bagi Kamu yang gemar shopping, tetapi juga sebagai tempat cari cuan bagi para pelaku usaha online. Karena Kamu bisa memanfaatkan sejumlah fitur Shopee untuk memaksimalkan penjualanmu. Bahkan dengan cara iklan di Shopee bisa memaksimalkan strategi penjualan produkmu di Shopee secara efektif.

Read More

Cara Iklan di Shopee

Cara Iklan di Shopee
Pasang Iklan di Shopee

Tutorial Pasang Iklan di Shopee

Jika Kamu tertarik memasang iklan di Shopee, ada 3 kategori cara iklan di Shopee yang perlu Kamu coba, diantaranya iklan kata kunci, iklan produk serupa dan iklan toko. Yuk, simak panduannya satu per satu di bawah ini!

Metode 1 : Tutorial Pasang Iklan Kata Kunci di Shopee

Iklan kata kunci atau keyword adalah iklan yang sering digunakan. Apabila Kamu memasang iklan jenis ini, maka produk yang Kamu jual akan langsung terlihat pada laman pencarian Shopee yang utama. Tentu saja saat calon konsumen mencari keyword sesuai produk yang Kamu jual.

Terkait:  Cara Jadi Dropship Shopee

Ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui, terkait pasang iklan kata kunci di Shopee berikut ini :

  • Jenis iklan ini bisa memposisikan produk yang Kamu beli di bagian teratas pada halaman pencarian. Dengan memasang iklan kata kunci, membuat produkmu semakin gampang ditemukan.
  • Meningkatkan penjualan seiring dengan meningkatnya traffic di online shop Kamu.
  • Kamu bisa mengatur biaya/iklan sendiri di Shopee.

Jika Kamu sudah mengetahui ketentuan memasang iklan di Shopee untuk kata kunci, Kamu tinggal ikuti beberapa langkah cara iklan di Shopee berikut :

1. Masuk ke Akun Seller Center Kemudian Pilih Produk

Dalam tahapan ini, Kamu bisa menentukan jumlah modal yang akan dikeluarkan dan lamanya waktu beriklan.

2. Pilih Keyword atau Kata Kunci

Ada 2 opsi yang ditawarkan Shopee My Ads bagi Kamu yang tertarik beriklan, diantaranya :

  • Pilih keyword otomatis, kemudian sistem Shopee langsung ‘membaca’ tokomu, kemudian mengatur, dan menyarankan keyword yang tepat. Apabila Kamu tidak mempunyai clue kata kunci yang semestinya dipakai, maka bisa tekan ‘Pilih Otomatis’.
  • Pilih keyword manual. Dalam pilihan ini, silahkan tekan ‘Pilih Manual’ Kamu bisa mengatur keyword sesuai keinginan.

3. Pilih Biaya Per Iklan

Ini adalah salah satu keuntungan beriklan dengan Shopee. Kamu dapat menyesuaikan anggaran iklan dengan cara menetapkan biaya untuk tiap klik iklan.

4. Pengaturan Iklan Massal

Cara pasang iklan di Shopee selanjutnya ialah jika Kamu ingin mengubah pengaturan pada iklan massal, silahkan centang pilihan ‘Ubah Biaya Iklan Massal, ‘Hapus Massal’, atau ‘Ubah Tipe Pencocokan Massal’.

5. Aktifkan Iklan

Selanjutnya iklan akan diaktifkan dan Kamu harus bersiap-siap tokomu dikunjungi banyak calon pembeli.

Metode 2 : Tutorial Pasang Iklan Produk Serupa di Shopee

Berbeda dengan iklan kata kunci, pada iklan produk serupa memungkinkan iklan Kamu yang muncul saat calon pembeli mengetuk produk yang sama atau relevan sesuai produk yang ditawarkan.

Terkait:  Cara Pasang Iklan di Shopee

Menariknya lagi, iklan produk Kamu juga bisa ditampilkan pada halaman rekomendasi. Di halaman ini memungkinkan untuk membuat jangkauan pembeli/konsumen yang tertarik pada produk serupa dalam rentang waktu 30 hari terakhir.

Beberapa keuntungan memasang iklan produk yang sejenis di Shopee, berikut ini :

  • Produk semakin mudah dilihat, sebab terletak pada halaman rekomendasi pada calon pembeli.
  • Dapat menjangkau konsumen lebih spesifik berdasarkan ketertarikan. Karena jangkauannya lebih besar, dengan begitu penjualan menjadi semakin meningkat.
  • Menentukan biaya per klik pada iklan itu sendiri.

Untuk selanjutnya, Kamu bisa mencoba cara pasang iklan di Shopee melalui langkah-langkah berikut :

1. Akses Halaman Seller Center

Kamu bisa masuk ke halaman Seller Center yang ada di Shopee.

2. Pilih Opsi ‘Iklan Produk Serupa Baru’

Langkah berikutnya pilih ‘Iklan Produk Serupa Baru’. Silahkan tentukan maksimal sebanyak 50 produk yang ingin Kamu promosikan.

3. Pilih Opsi Pengaturan Iklan

Di tahapan ini, ada dua pilihan yang dapat Kamu tentukan, diantaranya :

  • Pengaturan manual, Kamu bisa mengatur biaya iklan, periode iklan dan modal sendiri yang akan diterapkan pada tiap-tiap produk.
  • Pengaturan otomatis, Shopee dapat mengelola biaya tiap klik iklan.

4. Iklan Siap Untuk Diluncurkan

Langkah cara pasang iklan di Shopee selanjutnya yaitu iklan pun siap diluncurkan. Kamu bisa memantau iklannya secara real time. Bagi produk yang performanya dirasa kurang baik, maka Kamu dapat menonaktikannya segera. Dengan begitu, Kamu bisa mengalihkan biaya iklannya pada produk lain dengan performa yang lebih baik.

Metode 2 : Tutorial Pasang Iklan Toko di Shopee

Seperti namanya, pada iklan toko ini Kamu akan menyajikan informasi mengenai tokomu secara singkat, yaitu berupa foto profil dan nama. Selanjutnya iklan yang telah terpasang akan disajikan di atas halaman pencarian, apabila pembeli mengetikkan keyword sesuai yang ditawarkan online shop yang ada di Shopee.

Ada beberapa keuntungan memasang iklan toko di Shopee berikut ini :

  • Iklan toko dapat mengarahkan para pembeli untuk mengunjungi tokomu secara langsung. Kemudian pembeli bisa segera mengakses halaman pada toko serta semua kategori produk sesuai penawaran.
  • Meningkatkan popularitas toko, sebab nantinya toko Kamu ada di posisi teratas di halaman pencarian pada Shopee.
  • Penjualan semakin meningkat seiring kemungkinan konsumen yang juga meningkat untuk melihat-lihat tokomu.
Terkait:  Cara Menggunakan ShopeePay Later

Ini dia cara iklan di Shopee untuk pemasangan iklan toko, diantaranya :

1. Memilih Foto Profil

Langkah pertama, silahkan pilih slogan iklan dan profil gambar yang sesuai dengan produk yang Kamu tawarkan. Dengan begitu, jika calon pelanggan melihat foto profil atau slogan tersebut, untuk kemudian mereka langsung tahu jika produk Kamulah yang sedang dicari. Selain itu, Kamu juga harus mengarahkan konsumen untuk berkunjung ke halaman toko secara langsung.

2. Pilih Kata Kunci Sendiri

Kamu juga bisa memilih kata kunci sendiri sesuai keinginan. Apabila Kamu masih belum sempat riset keyword, Kamu bisa membiarkan agar sistem Shopee mengaturnya sendiri.

Apabila Shopee menyarankan kata kunci tertentu, Kamu sebaiknya menambahkan kata lain atau sinonim sesuai kata kunci yang disarankan Shopee. Jika Kamu tertarik untuk mengarahkan penjual agar masuk ke dalam halaman tokomu, pemakaian keyword relevan juga bisa sangat berguna. Selain itu, kamu juga bisa memakai minimal sebanyak 10 keyword pencarian.

3. Masukkan Biaya Per Klik

Cara iklan di Shopee berikutnya yaitu masukkan biaya iklan per klik tergantung dari anggaran yang dimiliki.

4. Selesai dan Iklan Siap Ditayangkan

Selamat, iklan Kamu pun siap ditayangkan. Selama 2 minggu, Kamu bisa terus memantau traffic dari iklanmu. Apabila performanya baik, maka Kamu bisa meningkatkan kembali biaya per klik pada iklan.

Dengan panduan cara iklan di Shopee di atas, Kamu bisa pilih ingin beriklan dengan kata kunci, produk serupa atau iklan toko. Semuanya bisa disesuaikan dengan tokomu. Selamat mencoba!

 

Related posts