Cara Jadi Agen J&T Express

  • Whatsapp

J&T Express termasuk salah satu penyedia layanan jasa ekspedisi yang sudah cukup terkenal di Indonesia, setelah JNE. Dalam proses pengiriman, J&T dikenal sangat profesional dengan proses pengiriman yang lebih cepat. Mengingat banyaknya pelanggan sekaligus toko online yang bekerja sama dengan J&T Express, tak heran jika banyak orang yang tertarik dengan cara jadi agen J&T Express.

Selain cara cek paket JNT yang mudah, J&T Express juga menawarkan harga pegiriman yang terjangkau, inilah yang membuat konsumen tertarik menggunakan layanan ekspedisi dari J&T Express. J&T juga menyediakan peluang bisnis bagi Kamu yang tertarik dalam usaha ekspedisi barang.

Peluang Bisnis Keagenan J&T Express

Berbelanja online di salah satu marketplace tentu saja sudah menjadi gaya hidup masyarakat milenial sekarang ini. Hal ini pulalah yang membuat jasa ekspedisi memberikan peranan penting dalam keberlangsungan dan transaksi bisnis online yang menjamur, terutama dalam hal pengiriman barang.

J&T Express merupakan salah satu jasa ekspedisi yang menawarkan pengiriman barang dan paket. Agen J&T Express biasanya akan menerima komisi senilai 20% dari tarif ongkos kirim barang tersebut.

Misalnya, Kamu saat ini sudah terdaftar menjadi agen J&T, dan telah melayani pengiriman barang pelanggan X dari kota Semarang ke kota Jakarta dengan bobot paket 2 Kg. Apabila ongkir yang dibebankan bertarif Rp. 22 ribu per kg. Jadi ongkos kirim pengiriman paket yang mesti dibayar ialah sebesar Rp. 44 ribu.

Karena pelanggan X (pengirim) memakai jasa pengiriman J&T Express–mu, maka Kamu akan menerima komisi sebesar 20% dari J&T Express, yang artinya apabila ongkir yang pelanggan bayar sebesar Rp. 40 ribu, jadi agen akan menerima komisi Rp. 8.800.

Terkait:  Cara Jadi Official Store di Tokopedia

Apabila setiap harinya Kamu menerima pengiriman paket yang total ongkirnya mencapai RP. 1 juta, Kamu pun akan menerima komisi agen senilai Rp. 200 ribu.

Syarat Jadi Agen J&T Express

Jika sudah mengetahui peluang bisnis agen J&T Express dan keuntungannya. Selanjutnya Kamu bisa mengajukan permohonan menjadi agen J&T Express. Namun sebelumnya, Kamu harus mengetahui persyaratan penting bergabung sebagai agen J&T itu sendiri, berikut ini :

  • Mempunyai NPWP (Nomor Pajak Wajib Pajak)
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Surat Keterangan Usaha
  • KK atau Kartu Keluarga
  • Memiliki printer dan komputer yang suda terpasang
  • Mempunyai lokasi usaha yang dapat dijadikan kantor
  • Mempunyai timbangan barang digital dengan skala terkecil sebesar 30 kg.
  • Biaya yang wajib disetor sebagai biaya deposit minimal sebesar Rp. 5 jua.
  • Mempunyai koneksi internet

Di samping persyaratan cara jadi agen J&T Express di atas, Kamu harus memenuhi persyaratan lainya. Adapun penjelasannya nanti akan disampaikan ketika Kamu mengajukan pendaftaran menjadi mitra J&T Express.

Dimana semua persyaratan di atas wajib bagi Kamu yang ingin mengurus registrasi keagenan J&T Express, selanjutnya Kamu juga wajib mengajukan tempat atau lokasi usaa yang nantinya dipakai seagai kantor J&T Express. Kemudian pihak JNT akan survey tempat usahamu terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya, sebaiknya tanya informasi lengkap menjadi keagenan J&T Express ke kantor cabang JNT terdekat. Jika sudah jelas, Kamu bisa melanjutkan cara jadi agen J&T Express.

Cara Jadi Agen J&T Express

Cara Jadi Agen J&T Express
Menjadi Agen J&T Express

Menjadi Agen J&T Express

Sesudah memenuhi semua persyaratan untuk menjadi agen JNT, Kamu tinggal melakukan pedaftaran saja. Sebaiknya pastikan terlebih dahulu Kamu sudah mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan termasuk penentuan lokasi usaha yang tepat sebagai tempat agen JNT.

Terkait:  Cara Jadi Blogger

Adapun ulasan lengkap cara menjadi agen J&T Express diantaranya sebagai berikut :

1. Hubungi Perwakilan Cabang J&T Express

J&T Express sampai saat ini masih belum membuka luas keagenan J&T Express untuk masyarakat. Pasalnya J&T lebih memfokuskan membuka agen J&T sendiri. Jadi belum membuka peluang kepada masyarakat lain menjadi mitra/agen mereka.

Akan tetapi, jika di wilayahmu memerlukan cabang J&T, maka pihak J&T Express membuka cabang baru bagi agen sesuai kebutuhan yang ada di daerah terkait. Inilah alasan kenapa Kamu harus langsung mendatangi kantor unit J&T Express untuk mendaftar agen JNT.

Misalnya saja, J&T membuka kesempatan bagi masyarakat luas untuk bisnis kemitraan agen J&T, maka jika Kamu berminat bisa datang langsung ke kantor perwakilan JNT Provinsi agar Kamu mendapatkan informasi secara detail terkait peluang usaha ini.

2. Sudah Melengkapi dan Memenuhi Persyaratan Menjadi Agen J&T Express

Cara jadi agen J&T Express berikutnya ialah tentu saja Kamu harus sudah memenuhi dan melegkapi persyaratan menjadi agen J&T, sesuai syarat-syarat di atas. Oleh karena itu, pastikan Kamu memenuhi seluruh persyaratan sebelum melakukan pendaftaran agen J&T.

3. Mengikuti Tahapan Jadi Agen J&T Express

Jika sudah memenuhi seluruh persyaratan di atas, cara menjadi agen J&T Express selanjutnya ialah mengikuti tahapan selanjutnya. Kamu tak perlu khawatir, karena cukup mendatangi kantor unit J&T Express terlebih dahulu. Temui staf atau pihak J&T Express untuk merekrut agen J&T baru. Selain itu, pastikan untuk menanyakan informasi tentang keagenan J&T Express secara detail.

Setelah itu, tinggal ikuti seluruh prosedur yang sudah diterapkan pihak J&T Express. Sebab orang yang mendaftar menjadi agen J&T bukan Kamu saja dan tentunya ada orang yang juga berusaha agar dapat diterima sebagai agen J&T Express.

Terkait:  Cara Jadi Mitra Go Food

Jika Kamu sudah lulus administrasi, maka Kamu akan menerima pelatihan khusus dari pihak J&T.

4. Ikuti Pelatihan Agen J&T Secara Khusus

Jika sudah menerima pemberitahuan bahwa Kamu lolos menjadi agen JNT, Kamu harus mengetahui cara kerja menjadi agen J&T Express. Caranya ikuti pelatihan secara khusus bagi para agen JNT.

Cara kerja jadi agen J&T Express sendiri sama saja seperti jasa ekspedisi barang yang lainnya. Dimana pihak agen bisa melayani masyarakat atau pelanggan yang akan mengirimkan barang dan paket. Lalu paket tersebut akan diproses kemudian diinput pada sistem JNT. Baru selanjutnya pihak ekspedisi mengambil paket yang berasal dari agen lalu mengirimkan paket tersebut ke alamat tujuan.

Keuntungan Menjadi Agen J&T

Berdasarkan pengiriman paket yang dilakukan tersebut, maka Kamu sebagai agen J&T Express akan menerima komisi sesuai ongkos kirim dari tiap resi yang sudah terjual, jumlah persentase komisi sudah diatur JNT dari 5% sampai 20% tergantung dari jenis paketnya.

Jika semakin banyak Kamu mengirimkan barang atau menjual resi pengiriman, maka Kamu akan mendapatkan keuntungan yang semakin besar dari JNT. Total komisi atau royalty tersebut diperoleh berdasarkan jumlah ongkir semua paket atau barang yang dikirim. Sehingga akan dihitung selama jangka waktu tertentu dalam 1 bulan lamanya.

Cara jadi agen J&T Express selain mudah juga sangat menguntungkan. Dengan maraknya aktivitas belanja online sekarang ini, menjadikan usaha ekspedisi semakin mejanjikan. Tidak terkecuali jasa pengiriman J&T Express.

Oleh karena itu, jika Kamu tertarik membuka usaha bisa mencoba bisnis yang satu ini dengan mengikuti cara jadi agen J&T Express yang telah dijelaskan di atas. Terlebih jika Kamu menjadi agen satu-satunya, prospek usaha yang Kamu lakukan akan semakin bagus.

Related posts