Cara Iklan di Lazada

Bagi Kamu yang memiliki toko online, sayang banget lho jika Kamu tidak memaksimalkan penjualanmu dengan beriklan di banyak media online. Selain bisa coba cara iklan di Instagram, Kamu juga bisa memanfaatkan web marketplace. Apalagi kini Kamu bisa bekerjasama dengan marketplace-marketplace yang sudah ternama di Indonesia. Salah satunya adalah Lazada. Gimana sih cara iklan di Lazada?

Jika Kamu ingin beriklan di salah satu e-commerce populer Lazada ini, maka Kamu harus bergabung sebagai seller di Lazada terlebih dahulu. Namun tentu saja, untuk memaksimalkan penjualanmu Kamu juga wajib memasang iklan. Dengan begitu, potensi meningkatnya penjualan produkmu menjadi lebih besar.

Read More

Mulai Berjualan di e-Commerce Lazada

Sebelum kita melanjutkan cara iklan di Lazada, Kamu harus menjadi seller di Lazada terlebih dahulu untuk berjualan. Ada beberapa tahapan yang harus Kamu lakukan di bawah ini :

1. Mendaftar di Lazada

Kamu harus melakukan registrasi di Lazada melalui situs webnya di link www.lazada.com terlebih dahulu. Jika sudah masuk ke halaman Lazada, ketuk ‘Daftar’ kemudian Kamu pun diminta melakukan pengisian data pribadi lewat formulir yang sudah disediakan. Beberapa dokumen tersebut diantaranya Surat Izin Usaha atau scan KTP dan scan buku tabungan rekening milikmu.

Terkait:  Cara Tukar Tambah Blibli

Jika sudah melakukan pengisian data secara lengkap dan benar, pastikan untuk membaca ketentuan layanan dari Lazada terlebih dahulu. Setelah itu, tekan ‘Menyetujui’ kemudian tap ‘Selanjutnya’.

2. Melakukan Tanda Tangan Kontrak

Jika sudah melewati langkah di atas, Kamu bisa menandatangani kontrak. Pada halaman ini, biasanya Kamu akan menerima dokumen yang didalamnya berisi beberapa kesepakatan yang terjadi antara calon penjual dengan Lazada. Silahkan baca secara teliti, supaya tak terjadi kesalahpahaman. Setelah menyetujui, Kamu tinggal menandatangani dokumen perjanjian atau kesepakatan tersebut. Baru kemudian Kamu bisa mengupload dokumen yang sudah Kamu tanda tangani.

3. Upload Produk

Sesudah melewati tahap pendaftaran menjadi seller di Lazada, maka langkah berikutnya tinggal mengupload foto produk. Dari ini, Kamu membutuhkan persiapan terlebih dahulu, diantaranya perhatikan pencahayaan dan angle foto terlebih dahulu. Pastikan foto yang diunggah harus jelas, detail dan menarik. Selain itu, Kamu juga harus menyertakan deskripsi, ukuran, warna yang tersedia, harga dan lainnya terkait informasi produk.

4. Bisa Mulai Berjualan

Jika sudah melewati langkah-langkah tersebut di atas, silahkan mulai berjualan. Namun jangan heran, karena biasanya di awal Kamu membuka toko, jarang sekali customer yang langsung membeli produkmu. Apabila Kamu telah menerima notifikasi pemesanan, silahkan lakukan pengemasan kemudian kirimkan lewat jasa ekspedisi atau pengiriman yang telah dipilih.

Pelayanan yang responsive dan pengiriman yang cepat, tentu saja bisa membantu tokomu memperoleh ulasan dan rating terbaik langsung dari customer. Namun apabila sebaliknya, proses pengiriman yang lama dan kurang responsive, membuat rating tokomu menurun.

Ketentuan Memasang Iklan di Lazada

Setelah mendaftar sebagai seller di Lazada, untuk mengikuti cara iklan di Lazada, Kamu harus mengetahui ketentuan memasang iklan di Lazada terlebih dahulu. Berikut ulasannya :

  • Mempunyai saldo Lazada khusus untuk budget memasang iklan.
  • Dapat diakses melalui PC/komputer atau lewat hp.
  • Memilih produk yang Kamu jual untuk diiklankan.
  • Akun seller harus sudah terverifikasi.
Terkait:  Cara Order di Lazada

Jika sudah memenuhi ketentuan di atas, Kamu bisa lanjut membuat iklan di Lazada dengan tutorial yang akan dibahas di bawah ini!

Cara Iklan di Lazada

Cara Iklan di Lazada
Panduan Beriklan di Lazada

Panduan Beriklan di Lazada

Ada 2 jenis cara iklan di Lazada yang bisa Kamu lakukan, diantaranya buat iklan trafik dan iklan penjualan di Lazada. Berikut tutorialnya :

Metode 1 : Membuat Iklan Trafik di Lazada

Bagi Kamu yang ingin menambah pengunjung atau trafik yang datang ke toko online Kamu setiap harinya, Kamu bisa membuat iklan untuk trafik. Berikut cara iklan di Lazada untuk tingkatkan trafik :

1. Buka dan Masuk ke Akun Seller Lazada

Cara iklan di Lazada pertama yaitu, silahkan buka situs web khusus seller di Lazada, lalu masuk ke akun seller milikmu.

2. Tekan Solusi Bersponsor

Jika sudah mengakses akun seller di Lazada, Kamu tinggal pilih ‘S0lusi Bersponsor’ tepat di samping kiri bagian atas.

3. Melakukan Top Up Saldo

Silahkan lanjutkan cara iklan di Lazada dengan top up saldo sebelum Kamu mempromosikan iklan bersponsor.

4. Pilih ‘Campaign’

Selanjutnya, tekan opsi ‘Campaign’ kemudian Kamu bisa memilih ‘Tambah Campaign Baru’.

5. Isi Informasi Lengkap Untuk Buat Campaign Baru

Jika sudah, masukkan informasi selengkapnya di kolom yang tersedia terkait pembuatan campaign baru. Kamu bisa mengisi data-data seperti nama iklan, budget harian, objektif campaign, limit harga penawaran maksimal, tanggal mulai hingga berakhirnya iklan.

Kamu bisa melengkapi kolom-kolom yang telah tersedia, tinggal pilih saja opsi pencari otomatis supaya iklan dapat berjalan sesuai keyword.

6. Memilih Produk

Cara iklan di Lazada selanjutnya, tekan ‘Pilih Produk’ dan tentukan mana saja produk yang ingin Kamu iklankan. Setelah itu, tekan ‘Konfimasi’.

Terkait:  Cara Mendapat Free Ongkir Lazada

7. Selesai

Pembuatan iklan atau campaign di Lazada pun sudah sukses dilakukan. Kamu bisa mengeceknya jika ingin melihat iklan.

Metode 2 : Membuat Iklan Penjualan di Lazada

Jika Kamu ingin meningkatkan penjualan toko, Kamu bisa membuat iklan untuk penjualan. Berikut langkah-langkahnya :

1. Ketuk Tambah Campaign

Cara iklan di Lazada yang pertama yaitu ketuk ‘Tambah’ pada menu utama, kemudian lanjutkan dengan menekan opsi ‘Tambah Campaign Baru’.

2. Lengkapi Data Buat Campaign Baru

Jika sudah, Kamu bisa melengkapi data-data terkait campaign baru, diantaranya nama iklan, objektif campaig, budget harian, dan lainnya. Untuk nama iklan bisa diisi oleh jenis produk, objektif campaign yang dipilih adalah Penjualan. Sementara untuk budget harian diisi minimal sebesar Rp. 15 ribu. Kamu bisa melengkapi kolom yang tersedia, silahkan pilih pencari secara otomatis, supaya iklan dapat berjalan sesuai kata kunci.

Untuk pengisian limit harga tawar maksimal, bisa diisi dengan nominal yang paling rendah Rp. 150. Pada tanggal mulai bisa diisi hari ini maupun besok, sedangkan tanggal berakhir bisa menyesuaikan dengan anggaran yang Kamu miliki.

3. Memilih Produk

Selanjutnya tekan ‘Pilih Produk’ jika ingin menentukan mana produk yang ingin Kamu iklankan. Setelah itu, baru tekan ‘Konfirmasi’.

4. Selesai

Kamu pun sukses membuat iklan atau campaign baru di Lazada, selanjutnya cek jika ingin melihat iklannya.

Biaya Pasang Iklan di e-Commerce Lazada

Tak jauh berbeda dengan platform lainnya, biaya untuk beriklan di e-commerce ini tak dapat ditentukan berapa pastinya, namun Kamu masih bisa memperkirakannya. Agar dapat beriklan di Lazada, Kamu harus mempersiapkan budget paling minimal Rp. 15 ribu sampai Rp. 20 ribu setiap harinya.

Jika Kamu ingin lebih efektif, bisa melakukan top up untuk saldo iklan di platform Lazada sampai ratusan ribu rupiah. Alasannya mengingat sistem iklan di Lazada saat ini memakai sistem bidding. Sehingga kemungkinan produk yang Kamu jual akan ditampilkan sebagai prioritas atau di bagian paling atas.

Itulah ulasan tentang cara iklan di Lazada yang bisa Kamu ikuti triknya untuk meningkatkan penjualanmu. Semoga bermanfaat!

 

Related posts