Cara Iklan di Tokopedia

Supaya produkmu laris di pasaran, salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan fitur iklan di e-commerce. Jika sebelumnya, Kamu sudah mengetahui cara iklan di Shopee, Kamu juga bisa mencoba cara iklan di Tokopedia. Marketplace yang satu ini selalu memanjakan para penjual dan pembeli untuk berjualan serta berbelanja dengan mudah. Bahkan sebagai penjual, Kamu bisa menggunakan fitur pasang iklan dengan mudah untuk menampilkan produk atau layananmu di aplikasi Tokopedia.

Kenapa Harus Memasang Iklan di Tokopedia?

Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan cara iklan di Tokopedia, berikut ini :

1. Sistem Otomatis

Menariknya dengan memasang iklan di Tokopedia semuanya sudah serba otomatis. Jadi Kamu tak perlu lagi harus menentukan produk tertentu yang ingin diiklankan dengan cara manual. Dimana sistem otomatis Tokopedia inilah yang akan langsung membaca peluang dan potensi produk yang penjualannya paling tinggi, serta banyak dilihat pembeli.

Oleh sebab itu, iklan otomatis ini bisa memudahkan para seller Tokopedia yang baru dan mungkin masih belum memahami tentang strategi periklanan.

2. Penentuan Biaya Iklan Secara Optimal

Selain bisa menentukan produk yang potensi penjualannya tinggi, Tokopedia juga membantu mengupdate produk sekaligus jumlah biaya iklan yang diperlukan. Sehingga proses promosi menjadi lebih efektif dan optimal. Dengan demikian, diharapkan peluang penjualan produk lebih besar lagi. Sedangkan, Kamu cukup menentukan besarnya anggaran harian berdasarkan anggaran yang dimiliki.

Terkait:  Cara Verifikasi No Hp di Tokopedia

3. Iklan Produk Bisa Muncul Pada Halaman Strategis

Salah satu kelebihan menggunakan iklan otomatis yang tersedia di Tokopedia ialah penempatan iklan di halaman strategis. Contohnya saja di keranjang, halaman pencarian, dan lain sebagainya.

Dimana penempatan iklan tersebut bisa membuat visibilitas toko maupun produk yang dikelola menjadi lebih besar. Pembeli pun bisa langsung menemukan produk yang Kamu jual dengan mudah, karena itu peluang meningkatnya penjualan produk menjadi semakin besar.

Cara Iklan di Tokopedia

Cara Iklan di Tokopedia
Tutorial Pasang Iklan di Tokopedia

Tutorial Pasang Iklan Otomatis di Tokopedia

Jika Kamu sudah mengetahui keunggulan memasang iklan di Tokopedia, Kamu mungkin sudah penasaran kan bagaimana cara iklan di Tokopedia? Jangan khawatir, cara beriklan di marketplace yang satua ini memang sangat mudah. Kamu tinggal ikuti langkah-langkah berikut :

1. Masuk ke Akun Seller Tokopedia

Silahkan akses halaman seller pada akun Tokopedia milikmu terlebih dahulu.

2. Pilih Opsi ‘Top Ads’

Jika sudah masuk ke halaman seller Tokopedia, tinggal pilih ‘Iklan dan Promosi’. Untuk selanjutnya pilih lagi ‘TopAds’.

3. Pilih Opsi ‘Iklan Otomatis’

Jika sudah memilih ‘Tambah Iklan Produk’. selanjutnya Kamu akan ditampilkan pop up. Tekan ‘Iklan Otomatis’ jika ingin memasang iklan di Tokopedia untuk produk otomatis sesuai keinginan. Ketika memakai iklan otomatis ini, maka Kamu tak perlu lagi harus memilih mana produk yang ingin Kamu iklankan dengan cara manual. Sebab pihak Tokopedia langsung memilihkan iklan tersebut secara otomatis untukmu.

4. Tetapkan Anggaran Harian

Cara iklan di Tokopedia selanjutnya, walaupun Kamu tak perlu memilih produk yang diiklankan sendiri, namun Kamu tetap saja harus menetapkkan jumlah anggaran harian untuk dikeluarkan. Sehingga, Kamu pun dapat melihat potensi klik harian iklan secara maksimum sesuai besaran budget harian.

Contohnya saja, apabila Kamu menetapkan budget harian senilai Rp. 50.000 per hari. Dengan demikian, potensi iklanmu diklik sebanyak 166 kali. Namun jika dikurangi jadi Rp. 25 ribu setiap hari, potensi klik maksimum pun akan berkurang sehingga menjadi 85 klik.

Terkait:  Cara Membuat Harga Coret di Tokopedia

Sedangkan jika ditingkatkan Rp. 75 ribu setiap harinya, potensi maksimum iklanmu diklik bisa menjadi 250 klik. Akan tetapi, pastikan pula budget yang ditetapkan harus sesuai budget promosimu.

5. Pilih Iklankan

Jika sudah selesai menganggarkan uang untuk beriklan, Kamu bisa mengaktifkan layanan iklan otomatis tersebut dengan cara tekan ‘Iklankan’.

6. Memantau Performa Iklan

Jika iklan otomatis di Tokopedia sudah terpasang, maka Kamu pun dapat memantau tingkat performa dana efektivitas ikllan yang dipasang di halaman TopAds. Selain itu, pastikan pula kredit TopAds mencukupi, supaya iklan otomatisnya bisa lebih aktif. Sesudaha memakai iklan otomatis,maka Kamu dapat memakai iklan toko dan iklan headline. Tapi, Kamu tak dapat membuat iklan secara manual.

Jenis-Jenis Fitur Iklan Top Ads

Kategori dan iklan di Tokopedia yang bisa dimanfaatkan penjuaal Tokopedia sebenarnya sangat beragam. Selain cara iklan di Tokopedia yang mudah, Kamu juga bisa memanfaatkan fitur-fitur iklan Top Ads berikut ini :

1. Iklan Kata Kunci

Iklan jenis ini berguna untuk membantu memudahkan kemunculan produk yang Kamu jual atau tokomu sendiri menggunakan kata kunci pada opsi pencarian pengguna. Dengan adanaya iklan kata kunci tersebut akan sangat membantu, terlebih saat Kamu mengatur nama toko dan nama produk ada batasan jumlah karakter yang ditetapkan. Sedangkan saat mencari produk tertentu, maka pengguna dapata menginputkan keyword berbeda.

Oleh sebaba itu,s aaat memakai iklan jenis ini di Tokopedia, maka Kamu dapat mengoptimalkan jenis iklan produk milikmu tanpa harus mengubah nama tampilan dan deskripsi dari produk jualanmu.

2. Iklan Produk

Jenis fitur Iklan lainnya yaitu iklan produk. Ini adalah jenis iklan yang dibuat guna membantu produk-produk tertentu di Tokomu yang ingin dipromosikan agar naik pada halaman teratas di mesin pencarian.

Terkait:  Cara Bayar Tokopedia Pakai GoPay

Adapun tujuannyayaitu target pasar menjadi semakin aware terhadap produk yang dijual, sebab produk menjadi lebih gampang dijangkau. Lalu, dimana saja munculnya iklan produk ini ? Biasanya iklan tersebut muncul di berbagai tempat, mulai dari di halaman beranda depan, pencarian dan halaman yang direkomendasikan.

Menariknya lagi, penayangan iklan tersebut dapat ditentukan berbagai macam faktor,tak terkecuali katat kunci yang dipakai pembeli, deskripsi produk dan nama produk yang dipromosikan atau diiklankan.

3. Iklan Headline Tokopedia

Iklan di Tokopedia jenis lainnya yaitu Iklan Toko/headline. Jenis iklan ini juga paling gampang dipahami, mempunyai penempatan yang lebih spesifik dibandingkan iklan kata kunci maupun iklan produk. Iklan jenis ini biasanya akan terlihat sebagai banner paling atas di halaman pencarian. Sedangkan gambar-gambar dari produk yang dipromosikan pun ikut dicantumkan pada banner iklan tersebut. Jadi, bukan lagi berbentuk katalog hasil pencarian.

4. Iklan Otomatis Tokopedia

Jika Kamu pernah mencoba memasang iklan kata kunci dan iklan produk, tentu saja Kamu sudah tak asing dengan opsi iklan otomatis yang ada di Tokopedia. Adapun maksud iklan otomatis disini yaitu inovasi dari Tokopedia,supaya seller dapat mengatur iklan secara praktis dengan lebih mudah.

Pada iklan jenis ini, sebenarnya Kamu tinggal menginputkan jumlah besaran budget yang diinginkan sesuai cara iklan di Tokopedia yang sudah dijelaskan di atas. Untuk kemudian, sistem Tokopedia pun akan melakukan pengaturan dengan otomatis sesuai yang diperlukan pada kampanye iklan tersebut.

5. Iklan Tanpa Modal

Tokopedia juga menyediakan fitur iklan tanpa modal. Jenis iklan ini adalah jenis iklan terbaru yang ada di Tokopedia dan mungkin tak semua toko dapat memanfaatkan fitur ini. Selain itu, jenis iklan ini sangat menguntungkan untuk para penjual baru di Tokopedia. Sebab Kamu tak perlu merogoh kocek untuk membayar iklan pada produk yang tak berhasil dijual. Dengan kata lain, biaya untuk iklan ini nantinya dibebankan terhadap jumlah produk tertentu yang telah berhasil dijual.

Nah, dengan pembahasan keunggulan, jenis dan cara iklan di Tokopedia di atas, Kamu mungkin penasaran kan ingin memasang iklan di Tokopedia? Jika ya, silahkan ikuti panduan di atas dan tunggu produkmu ramai dibeli!

 

Related posts