Cara Komplain di Shopee

Gimana sih cara komplain di Shopee? Ya, Shopee memang senantiasa selalu berinovasi baik lewat fitur-fitur menarik maupun pelayanannya kepada pelanggan. Hal ini tak lain karena Shopee ingin memberikan yang terbaik kepada pelanggan sekaligus membuat pelanggan tetap betah berbelanja di Shopee tanpa pindah ke lain hati. Inilah justru yang membuat semakin banyak orang merasa lebih nyaman berbelanja di Shopee, alhasil pengguna di Shopee pun semakin bertambah.

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan e-commerce dengan ikon warna oranye ini. Tak hanya memungkinkan pembelinya untuk membeli produk-produk diskon, tetapi juga menawarkan fitur free ongkir hingga ke seluruh negara Indonesia. Hal tersebut tentu saja sangat memanjakan para pengguna Shopee.

Read More

Seiring dengan perjalanannya, Shopee selalu memberikan pengalaman baru bagi para konsumennya terutama dalam peningkatan pelayanan. Namun, kamu pun harus jeli membeli barang-barang yang ada di Shopee, karena tidak semua toko yang terdaftar di Shopee menawarkan pelayanan prima.

Ketahui Seller yang Terpercaya di Shopee

Sebelum kita membahas cara komplain di Shopee, bagi pengguna Shopee baru tentu Kamu harus tahu ciri-ciri seller terpercaya. Mengingat setiap barang yang kamu cari pada kolom pencarian pasti akan muncul beberapa toko yang menjualnya. Nah, diantara toko tersebut Kamu bisa memilih. Ciri-cirinya yaitu :

1. Mempunyai Tanda Bintang di Atas 3

Untuk melihat kredibilitas dan kepercayaan toko di Shopee, biasanya Shopee memungkinkan para pembeli di Shopee untuk memberikan tanda bintang kepada penjual yang recommended. Tanda bintang tersebut mulai dari 0-5 bintang.

Terkait:  Cara Kredit Hp di Shopee

Semakin baik review yang diberikan oleh pembeli, biasanya jumlah bintang yang diberikannya semakin banyak dengan maksimal 5 bintang. Bagi kamu yang ingin membeli sebuah produk di Shopee, setidaknya carilah toko yang sudah memiliki minimal 3 bintang.

2. Review positif

Tak hanya rate bintang saja, tetapi Kamu juga bisa melihat toko yang recommended berdasarkan review atau ulasan dari pembeli. Karena biasanya dibawah tanda bintang, ada kolom komentar yang diisi oleh pembeli. Dengan begitu Kamu akan sangat terbantu, mana toko yang mendapatkan banyak komentar positif dan mana toko yang mendapatkan banyak komentar negatif. Dari sini, Kamu bisa menilai bagaimana tingkat responsive, kualitas produk, dan layanan yang diberikan toko tersebut.

Jika toko yang Kamu tuju, kebetulan banyak mendapat komentar positif. Kamu bisa langsung memesan produk yang diinginkan di toko tersebut. Namun jika sebaliknya, alangkah baiknya untuk memilih toko lain yang mempunyai tanda bintang lebih banyak dan mendapat komentar positif dalam jumlah yang banyak pula.

Cara Komplain di Shopee

Cara Komplain di Shopee
Cara Mengajukan Komplain di Shopee

Bagaimana Cara Mengajukan Komplain di Shopee?

Meskipun kita sudah memilih toko yang recommended di Shopee bahkan berlabel ‘star seller’, terkadang ada saja masalah yang harus dihadapi terkait pemesanan produk. Sehingga mengharuskan kita untuk mengajukan komplain ke pihak Shopee ataupun penjual tersebut. Menariknya, Shopee menyediakan cara komplain di Shopee dengan mudah.

Apabila kebetulan Kamu memesan produk di toko yang kurang responsif terhadap permintaan dan layanan pelanggan atau pembeli, seperti produk yang dikirimkan jauh dari harapan. Maka Shopee akan berperan sebagai pihak yang bisa menengahi masalah antara pembeli dan penjual. Dengan melakukan respon terhadap keluhan yang dilakukan pembeli. Tentu saja, dengan melampirkan bukti-bukti kuat apabila kesalahan yang dilakukan penjual sudah fatal.

Misalnya saja, mengirimkan produk yang sudah rusak atau bahkan parahnya salah mengirimkan produk. Seharusnya produk yang dikirimkan adalah barang elektronik yang harganya cukup menguras kantong, tapi yang datang justru produk lain. Meskipun sangat jarang terjadi, tapi ada saja lho yang mengalaminya!

Terkait:  Cara Bayar Shopee Pakai OVO

Namun jangan khawatir, cara komplain di Shopee sendiri sangat memudahkanmu untuk mengajukan keluhan ke pihak Shopee. Bahkan pelayanan terkait komplain dan keluhan di Shopee sendiri bisa dibilang sangat responsif. Karena mereka akan sigap melayani keluhan pelanggan selama 24 jam sampai persoalan selesai.

Pengajuan komplain sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara,. Pertama kamu bisa mengajukan komplain melalui email, telepon, live chat, twitter resmi shopee, hingga melalui aplikasinya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya dibawah ini.

1. Cara Mengajukan Komplain di Shopee via Aplikasi Shopee

Pertama-tama jika barang yang kamu beli tidak sesuai dengan ekspektasi, maka kamu bisa mengajukannya terlebih dahulu kepada penjual melalui chat lewat kolom ‘Hubungi Penjual’. Namun, jika ternyata penjual tersebut slow respon, bahkan chat-mu dibiarkan berhari-hari tanpa ada tanda-tanda respon dari penjual, maka Kamu wajib coba cara komplain di Shopee. Adapun langkah-langkahnya berikut ini :

  • Akses aplikasi Shopee terlebih dahulu.
  • Setelah itu, masuk ke bagian pesanan, yang nantinya Kamu harus memilih opsi ‘Pengembalian Dana’ jika ingin di refund atau dikembalikan berbentuk uang.
  • Kamu bisa menemukan produk yang akan di komplain tersebut pada menu notifikasi, disana klik di bagian produk pada menu ‘pesanan telah sampai’.
  • Selanjutnya, karena kamu ingin mengembalikan barang karena tidak sesuai maka bisa klik ‘ajukan pengembalian barang/dana’.
  • Pada tahapan berikutnya, kamu diwajibkan memilih alasan pengembalian produk yang sudah sampai ke tanganmu. Pastikan apakah akan ditukar atau ingin dikembalikan dalam bentuk dana.
  • Selanjutnya kamu tinggal upload foto produk tersebut dengan menekan opsi ‘tambah foto’.
  • Langkah selanjutnya, tepat di kolom isian email, Kamu harus mengisi alamat email aktif Mengingat semua informasi akan dikirimkan melalui email. Termasuk pihak Shopee yang akan mengkonfirmasi, terkait komplain barang apakah dalam bentuk barang kembali atau dalam bentuk dana.
  • Apabila semuanya sudah komplit, berikutnya tinggal klik ‘kirimkan’ pada tombol yang tersedia.
  • Proses komplain berhasll dikirim dan kamu tinggal menunggu balasannya saja.
Terkait:  Cara Menjadi Star Seller Shopee

Bagi kamu yang ingin menukarkan barang yang dikomplain dalam bentuk dana, maka syaratnya adalah pesanan barang tersebut masih dalam waktu garansi Shopee. Serta Kamu juga belum klik ‘pesanan diterima’ pada bagian menu khusus penerimaan barang di aplikasi Shopee.

2. Cara Mengajukan Komplain di Shopee via Live Chat atau Telepon

Cara komplain di Shopee selanjutnya, bisa dilakukan melalui fitur live chat maupun telepon. Apabila ingin mengajukan komplain barang melalui telepon, maka nomor yang wajib kamu hubungi yaitu di nomor 1500702.

Nomor tersebut akan langsung terhubung ke layanan Customer Service Shopee. Silahkan laporkan keluhanmu dan ajukan permohonan komplain barang yang tidak sesuai dengan permintaan saat pembelian barang tersebut.

Cara komplain di Shopee melalui telepon bisa kamu lakukan kapan saja tidak terbatas waktu, karena layanan ini 24 jam non stop. Oleh karena itu, jika barang tersebut sampai sore harinya, dan kamu ingin mengajukan komplain pada malam hari, hal tersebut tak masalah.

Selain itu, kamu pun bisa melakukan komplain melalui live chat yang tersedia di aplikasi Shopee. Fitur live chat sendiri terletak di dalam menu ‘pusat bantuan’. Sama dengan layanan telepon, Kamu juga bisa mengirimkan chat kapan saja, karena layanan ini berlaku selama 24 jam non stop.

Jangan khawatir terkait balasan chatnya, sebab admin biasanya langsung membalas pesan chat yang Kamu kirimkan dengan cepat. Selanjutnya mereka akan membantu supaya masalahmu bisa selesai dengan memenuhi permintaan terkait komplain barang tidak sesuai.

3. Cara Mengajukan Komplain di Shopee via Twitter

Cara terakhir, Kamu juga bisa mengajukan komplain di Shopee lewat Twitter. Caranya dengan mengirimkan direct message langsung ke akun Twitter resmi milik Shopee. Kamu bisa mencari akunnya dengan masuk pada kolom pencarian, selanjutnya cari akun Shopee resmi dengan mengetik ‘shopee’.

Namun syarat menggunakan Twitter untuk komplain barang yang tidak sesuai, tentu saja Kamu harus memiliki akun twitter pribadi terlebih dahulu. Jika belum memilikinya, otomatis Kamu harus mendaftar akun Twitter lebih dahulu.

Itulah 3 cara komplain di Shopee yang bisa Kamu pilih, baik melalui aplikasi, fitur live chat/telepon, maupun Twitter Shopee. Bagaimana, mudah kan?

 

Related posts