Cara Iklan di Tiktok

Cara Iklan di Tiktok Ads

Mempromosikan produk atau jasa kini tidak hanya dilakukan pada aplikasi e-commerce saja, tetapi juga bisa dilakukan lewat aplikasi sosial media. Bahkan aplikasi streaming video singkat seperti Tiktok sekalipun telah menyediakan fitur untuk beriklan bahkan membuat toko sendiri. Jika Kamu penasaran, Kamu bisa coba nih cara iklan di Tikok!

Banyaknya pengguna aplikasi Tiktok, membuat potensi marketing melalui aplikasi streaming video singkat ini menjadi lebih efektif. Apalagi jika promosi yang dilakukan bukan hanya sekedar foto, tetapi juga melalui video. Dengan demikian, membuat orang-orang bisa langsung melihat tampilan produk lebih detail. Proses marketing juga bisa dilakukan secara live yang memungkinkan banyak pengguna langsung mengunjungi akun Tiktokmu.

Read More

Untuk menggunakan iklan di Tiktok, sama halnya dengan cara iklan di Facebook atau Instagram, Kamu bisa menggunakan layanan Tiktok Ads.

Apa Itu Tiktok Ads?

Tiktok Ads merupakan salah satu layanan Tiktok, yang memungkinkan para pengguna Tiktok dapat mempromosikan iklan yang nantinya ditampilkan pada platform media sosial ini. Iklan yang Kamu tampilkan dapat dilihat dan diakses para pengguna Tiktok lainnya. Dengan demikian, ada banyak pengguna yang dapat melihat produk maupun jasa yang tersedia.

Kenapa Harus Beriklan di Tiktok Ads?

Tiktok pasalnya mempunyai 500 juta lebih pengguna aktif yang ada di seluruh pelosok dunia. Saat ini Tiktok berinovasi untuk menawarkan peluang para pemilik usaha untuk membuat iklan. Ada banyak pilihan fitur yang bisa Kamu gunakan untuk mengedit video dengan cepat dan mudah. Tak hanya itu, mengingat ada jutaan pengguna Tiktok, maka wajar jika video yang Kamu buat berpotensi dilihat banyak orang. Inilah salah satu alasan kenapa Kamu harus beriklan lewat Tiktok Ads. Sebab peluang video campaign yang Kamu buat untuk ditonton menjadi lebih besar.

Akan tetapi, sebelumnya Kamu harus memastikan apakah pengguna di Tiktok sesuai dengan target bisnismu ataukah tidak. Selain itu, hal tersebut pun dilakukan untuk memprediksi keberhasilan promosi iklan apabila Kamu memasang iklan lewat Tiktok Ads.

Namun berdasarkan data, kebanyakan pengguna Tiktok berasal dri usia 30 tahun ke bawah. Jadi, platform yang satu ini dirasa kurang tepat bagi usaha yang memiliki target pasar untuk usia 30 tahun ke atas. Dengan umur yang bervariasi pada pengguna, membuat Kamu tentu dapat memahami kebutuhan para pengguna dengan cara mengetahui berbagai jenis iklan yang ada di Tiktok.

Jenis-Jenis Iklan di Platform Tiktok Ads

Tiktok Ads menawarkan berbagai macam iklan yang dapat digunakan oleh para penggunanya di bawah ini :

1.  Brand Takeover

Jenis iklan brand takeover ialah iklan yang nantinya langsung muncul ketika pengguna masuk ke aplikasi Tiktok. Nah, iklan ini ditampilkan kepada pengguna yang telah ditargetkan.

2. In Feed Ads

In Feed ads merupakan sejenis iklan di Tiktok yang bisa dibuat sendiri lewat tampilan antarmuka pada Tiktok Ads Manager. Tak hanya itu saja, iklan ini juga bisa langsung berbaur dan muncul pada halaman FYP (For Your Page) Tiktok.

Jadi saat iklan muncul, sebagai pengguna sekalipun Kamu bisa langsung ikut memberikan komentar atau like di iklannya. Kamu bisa menambahkan copywriting supaya mendorong banyak pengguna untuk langsung membeli produkmu.

Mengingat setiap orang tentu langsung melihat berbagai video yang tersedia pada aplikasi Tiktok. Jadi untuk mendapatkan perhatian dari audiens, Kamu tidak membutuhkan waktu sampai 2-3 detik.

Oleh sebab itu, Kamu harus buat iklan in feed ads menarik pada detik-detik awal, agar audiens pun semakin penasaran dan ingin menonton iklan yang Kamu buat sampai habis.

3. Hashtag Challenge

Ini merupakan tantangan kepada pengguna aplikasi Tiktok agar mereka bisa membuat video yang mempunyai tema tertentu. Umumnya disesuaikan berdasarkan tema promosi, sebab tujuannya sekaligus untuk membangun brand awareness.

Dengan demikian, ketika pengguna mengklik hashtag yang telah disponsori, maka mereka pun bisa melihat konten-konten terkait. Oleh sebab itu bisa membuat pengguna semakin sadar atau aware terhadap produk yang Kamu miliki.

4. Topview

Iklan jenis ini merupakan sejenis periklanan baru, sebab Kamu dapat melihatnya pada puncak feed. Adapun maksudnya yaitu pada postingan in feed yang pertama sesudah 3 detik membuka Tiktok.

5. Branded Effect

Tiktok pun telah menawarkan berbagai stiker, contohnya filter AR (Augmented Reality). Dengan fitur tersebut, bisa membantumu merancang sebuah filter khusus untuk mempromosikan bisnis tertentu.

Cara Iklan di Tiktok

Cara Iklan di Tiktok Ads
Beriklan di Tiktok Ads

Tutorial Beriklan di Tiktok yang Efektif

Sangat mudah sekali mengikuti tutorial cara iklan di Tiktok untuk mendatangkan lebih banyak pengunjun dan pembei potensial. Cukup dengan memiliki akun, mempersiapkan campaign dan membuat desain iklan. Berikut tutorialnya :

1. Membuat Akun Tiktok Ads

Silahkan melakukan registrasi akun lewat Tiktok Ads sebelum memulai cara iklan di Tiktok. Untuk selanjutnya Kamu bisa memakainya untuk mengatur dan mengelola iklan. Silahkan isi informasi secara detail sesuai permintaan sebagai syarat mendaftar akun Tiktok Ads yang nantinya dipakai untuk beriklan. Jika sudah selesai, tinggal lanjut menuju langkah berikutnya.

2. Membuat Campaign

Kini Kamu sudah punya akin di Tiktok Ads, dan bisa mulai untuk membuat campaign. Di dalam dashboard pada iklan Tiktok, ketuk tab ‘Kampanye’ di atas halaman, lalu tekan ‘Buat’. Jika sudah, tekan ‘Tujuan Kampanye’.

Ada 3 pilihan yang dapat Kamu pilih, diantaranya konversi, pemasangan aplikasi dan lalu lintas. Jika ingin menetapkan budget  di tingkat campaign, Kamu bisa memilih ‘Total Anggaran’ atau ‘Anggaran Harian’ tepat di bawah pengaturan. Hal yang harus diperhatikan ialah persiapkan anggaran minimal $500 untuk total budget.

3. Setting Target Iklan, Penempatan dan Detail

Keunggulan beriklan di Tikok Ads yaitu Kamu dapat beriklan di beberapa platform yang juga bekerjasama dengan Tiktok. Contohnya Vigo Video tersedia hanya di India, atau platform lainnya. Sementara itu, penempatan iklan dapat dilakukan secara otomatis, untuk kemudian Tiktok mengarahkan tempat efektif iklan dimunculkan di platform terbaik.

Jadi, jika Kamu kebingungan menempatkan iklan, tak perlu khawatir lagi karena semuanya sudah diatur oleh Tiktok. Sementara, untuk iklan sendiri diharuskan menginputkan semua informasi terkait iklanmu secara detail. Pastikan untuk menginputkan keyword sesuai target yang paling relevan supaya Tiktok bisa membantumu menemukan calon konsumen yang ideal. Hal ini penting diperhatikan dalam cara iklan di Tiktok.

4. Mengontrol Pengeluaran Durasi, Iklan dan Tujuan

Untuk beriklan di layanan Tiktok Ads sendiri memang cenderung mahal. Apabila Kamu mempunyai budget iklan sebesar $500 per hari, maka Kam dapat membaginya ke dalam beberapa bagian atau grup. Jadi, tiap iklan di Tiktok setidaknya mesti mempunyai budget setidaknya $50 sebagai anggaran harian. Tapi di beberapa negara ada minimal anggaran $20.

Jika sudah menentukan anggaran, cara iklan di Tiktok berikutnya tinggal menentukan lamanya tampilan iklan berjalan. Kamu bisa melakukan pengaturan apakah secara harian maupun mingguan tiap iklannya.

Tentukan tujuanmu memasang iklan di aplikai Tiktok, ada beberapa tujuan beriklan yang dapat dipilih. Contohnya saja klik, konversi, hingga tayangan. Untuk kemudian Tiktok bisa memaksimalkan iklan sesuai dengan tujuanmu.

5. Desain Iklan

Cara iklan di Tiktok Ads selanjutnya ialah mulai mendesain iklan lewat aplikasi Tiktok. Dengan demikian, sebuah tren bisa berubah begitu cepat. Iklan yang nantinya ditampilkan pada Tiktok, bisa berbentuk gambar maupun video yang berbentuk persegi, horizontal atau vertikal.

Oke,demikianlah ulasan tentang cara iklan di Tiktok Ads yang harus Kamu ikuti tahapan prosesnya agar iklan mengenai produk/jasa yang Kamu tawarkan lebih efektif.

 

Related posts