Cara Hutang Paket Telkomsel

Saat pulsa dan paket internet tiba-tiba habis, kita sulit menghubungi siapapun, apalagi kondisi yang jauh tempat pembelian pulsa, maka solusi satu-satunya ialah memanfaatkan layanan pulsa darurat dari Telkomsel. Cara hutang paket Telkomsel baru-baru ini memang sedang populer, mengingat kemudahan dan kepraktisannya. Karena kita tetap bisa menikmati pulsa dan paket internet meskipun kuota sudah habis.

Sistem dari pulsa darurat Telkomsel yaitu Kamu bisa meminta pinjaman pulsa atau paket data dari Telkomsel, kemudian wajib mengembalikan hutang pulsa tersebut saat melakukan pengisian pulsa kembali. Layanan pulsa darurat memungkinkanmu untuk bisa mengirimkan SMS, menelpon sekaligus mengakses internet dengan mudah sesuai kuota atau pulsa yang sudah dipinjami oleh operator.

Sebenarnya cara hutang paket Telkomsel tidak selalu harus menghutang ke operator Telkomsel saja. Tetapi juga bisa melakukan pinjaman pulsa melalui kerabat, teman, maupun sesama pengguna kartu Telkomsel lainnya. Fitur yang satu ini juga berlaku bagi pengguna Telkomsel kartu Loop, SimPATI dan Kartu AS.

Oke, langsung saja kita simak beberapa panduan cara hutang paket Telkomsel simpel, praktis, mudah dan nggak ribet di bawah ini!

Cara Hutang Paket Telkomsel

Cara Hutang Paket Telkomsel
Meminjam Paket Telkomsel

Meminjam Paket Telkomsel Mudah

Sebelum meminjam paket telkomsel mudah, Kamu harus mengetahui ketentuan dan persyaratan yang berlaku untuk mendapatkan pinjaman pulsa/paket Telkomsel. Salah satunya yang harus Kamu tahu ialah fasilitas hutang pulsa dari operator Telkomsel hanya berlaku bagi pelanggan prabayar kartu As, Loop, maupun SimPATI.

Di samping itu, Kamu juga harus menjadi pelanggan aktif Telkomsel terlebih dahulu dengan minimal penggunaan kartu sudah 60 hari berjalan. Tentu saja harus diimbangi dengan rutin melakukan pengisian pulsa. Pastikan pula, Kamu tidak memiliki tunggakan pinjaman pulsa sebelumnya dari operator Telkomsel.

Jika sudah memahaminya, berikut cara meminjam paket Telkomsel paling praktis dan simpal yang bisa Kamu coba :

1. Cara Meminjam Paket Telkomsel via Kode Dial

Jika Kamu ingin cara paling mudah tanpa memerlukan pulsa apalagi kuota, tentu cara hutang paket Telkomsel via kode dial bisa menjadi solusinya. Untuk melakukannya juga sangat mudah, hanya perlu beberapa tahapan berikut :

  • Langkah awal yang harus dicoba ialah membuka dial phone atau panggilan, kemudian ketik *500*5#
  • Jika sudah, Kamu akan mendapatkan penawaran pilihan pulsa darurat Telkomsel sesuai profil atau kriteriamu sebagai pelanggan Telkomsel.
  • Tekan angka “1” jika setuju dengan ketentuan peminjaman pulsa darurat.
  • Silahkan tunggu notifikasi yang memberitahukan bahwa paket pulsa darurat Telkomselmu sudah aktif.

2. Cara Meminjam Paket Telkomsel Melalui SMS Mudah

Berbeda dengan cara daftar paket internet Telkomsel yang mengharuskanmu untuk menghafal format SMS tertentu. Untuk meminjam paket Telkomsel lewat SMS ini, Kamu hanya perlu membalas pesan dari Telkomsel. Saat pulsa atau kuota internetmu habis, biasanya operator Telkomsel akan mengirimkan penawaran pinjaman untuk pulsa darurat lewat SMS ke nomormu.

Apa yang harus dilakukan? Kamu cukup membalas pesan tersebut dengan ketik “Yes”, dan paket internet darurat Telkomsel akan langsung aktif secara otomatis. Bagaimana, mudah banget kan? Jadi saat pulsa dan kuota habis secara otomatis Telkomsel langsung memberikan solusi hutang paket Telkomsel dengan cepat via SMS.

3. Cara Meminjam Paket Telkomsel Melalui SMS Collect

Apabila sewaktu-waktu proses pengajuan pulsa/paket darurat dari Telkomsel ternyata ditolak karena alasan tertentu. Misalnya karena Kamu masih belum membayar hutang pinjaman pulsa Telkomsel sebelumnya. Maka dari itu, pilihan layanan collect SMS dari Telkomsel dapat dijadikan sebagai alternatif.

Para pengguna kartu Telkomsel prabayar, baik Simpati, Loop maupu kartu As tentu sudah mengetahui layanan collect SMS. Dimana layanan ini memberikan kemudahan bagi Kamu yang kehabisan pulsa untuk tetap bisa mengirimkan SMS dengan biaya dibebankan ke pihak penerimanya.

Kamu bisa mengikuti langkah cara hutang paket Telkomsel menggunakan collect SMS berikut ini :

  • Pertama-tama silahkan ketikkan angka “7” tepat di depan SMS atau pesan yang ingin Kamu kirimkan, kemudian kirim pesan singkat tersebut ke nomor tujuanmu.
  • Setela itu nomor tujuanmu secara otomatis akan mendapatkan SMS dari pihak operator Telkomsel, yang memberitahukan bahwa Kamu telah mengirimkan SMS yang biayanya akan ditanggung pihak penerima.
  • Akan ada opsi yang harus dipilih oleh penerima SMS dari operator Telkomsel, apakah mereka menyetujui untuk menanggung biaya pesan yang Kamu kirimkan ataukah tidak.
  • Apabila penerima menyetujuinya, SMS yang Kamu kirimkan langsung masuk dan dibaca oleh penerima, begitu pula sebaliknya.

Kamu bisa mengirimkan SMS tersebut dengan meminta bantuan dikirimkan paket data atau pulsa Telkomsel kepada kerabat, teman atau konter langgananmu.

4. Cara Meminjam Paket Telkomsel Melalui Collect Call Telkomsel

Telkomsel memang selalu terdepan dalam memberikan inovasi layanan dan kemudahan bagi para penggunanya. Karena selain menawarkan layanan collect SMS, pihak Telkomsel juga menyediakan layanan collect call Telkomsel. Sama seperti collect SMS, collect call merupakan sebuah layanan Telkomsel untuk menawarkan kemudahan menelpon bagi para pelanggan Telkomsel yang kehabisan pulsa.

Dimana, biaya panggilan atau beban pulsa menelpon akan ditangung oleh penerima jika nomor yang telah dihubungi pulsanya masih mencukupi serta setuju melakukan pembayaran panggilan telepon tersebut.

Bagaimana cara melakukan layanan collect call Telkomsel? Simak panduannya berikut :

  • Langkah pertama, silahkan buka menu panggilan di Hpmu.
  • Kemudian tambahkan kode nomor *809* di depan nomor operator Telkomsel tujuan yang Kamu hubungi.
  • Lalu akhiri menggunakan tanda tagar.
  • Dengan format *809*Nomor Telkomsel Tujuan#.

Sesudah melakukan panggilan sesuai format di atas, nomor yang Kamu hubungi selanjutnya akan menerima informasi jika pangilan telepon yang dilakukan dibebankan kepadanya. Jika penerima telepon menyetujuinya, tinggal tekan angka 1. Secara otomatis panggilan telepon tersebut dibebankan ke pihak penerima telepon.

5. Cara Meminjam Paket Telkomsel ke Teman atau Sesama Pengguna Telkomsel

Selain cara hutang paket Telkomsel ke operator Telkomsel, Kamu juga bisa memilih alternatif lainya dengan meminjam pulsa ke teman yang sama-sama menggunakan operator Telkomsel. Kamu bisa memanfaatkan cara ini dengan mengakses kode USSD di nomor *858#. Kemudian simak panduan caranya berikut :

  • Pertama-tama pastikan bahwa kartu operator Telkomselmu masih aktif.
  • Silahkan tekan kode *858# lewat menu panggilan atau dial up di Hpmu.
  • Setelah itu, tekan nomor 2. yang berisi Minta Pulsa, kemudian tekan send atau OK.
  • Selanjutnya, akan tampil jendela baru lalu inputkan nomor yang Kamu minta pulsanya.
  • Tekan nomor tujuan beserta nominal pulsa yang ingin Kamu pinjam. Dengan minimal peminjaman Rp. 5.000 dan maksimal Rp. 200 ribu.
  • Silahkan tekan 1. Setuju.
  • Jika sudah, akan muncul notifikasi yang memberitahukan bahwa permintaanmu sedang diproses.

Jika temanmu menyetujui permintaan tersebut, Kamu akan menerima notifikasi bahwa pulsa Kamu berhasil ditambahkan sesuai jumlah pulsa Telkomsel yang Kamu pinjami.

Daftar Ulasan Cara Hutang Lainnya:

Cara Hutang Di Bank Bri
Cara Hutang Di Shopee
Cara Hutang Kuota 3
Cara Hutang Kuota Axis
Cara Hutang Kuota Di Telkomsel
Cara Hutang Kuota Indosat
Cara Hutang Kuota Smartfren
Cara Hutang Kuota Telkomsel
Cara Hutang Kuota Tri
Cara Hutang Paket Indosat
Cara Hutang Paket Internet Telkomsel
Cara Hutang Paket Telkomsel

Berdasarkan cara hutang paket Telkomsel di atas, pengguna Telkomsel rasanya tak perlu khawatir jika kehabisan pulsa. Karena Telkomsel selalu menyediakan layanan dan kemudahan bagi para penggunanya walaupun saat kehabisan pulsa dengan menggunakan metode-metode di atas.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019