Cara Hutang Kuota Smartfren

Banyaknya penawaran hutang pulsa dari provider seluler di Indonesia, seperti cara hutang kuota Indosat tentu saja sangat membantu banyak pengguna Hp atau smartphone. Hal ini juga rasanya turut menjadi motivasi tersendiri bagi provider Smartfren untuk menyediakan layanan serupa. Cara hutang kuota Smartfren juga cukup mudah, asalkan Kamu sudah memenuhi kriteria tertentu seperti yang diberlakukan oleh provider lain.

Dengan adanya layanan pulsa darurat atau hutang kuota Smartfren ini, walaupun Kamu sedang kehabisan pulsa saat akan melakukan presentasi online atau zoom meeting misalnya, Kamu tetap bisa menikmati kuota pinjaman dari Smartfren.

Pulsa atau kuota darurat dari Smartfren sendiri tak jauh berbeda dari layanan pulsa siaga atau darurat dari provider lainya. Untuk dapat memanfaatkan layanan pulsa daruat tersebut, Kamu harus mengikuti syarat maupun ketentuan yang telah ditetapkan oleh provider Smartfren itu sendiri.

Salah satu kriteria yang harus dipenuhi ialah Kamu harus mengembalikan sejumlah pulsa pinjaman/hutang yang telah dipakai sebelumnya sesuai tenggat waktu yang sudah ditentukan. Lebih lengkapnya, simak ulasan cara hutang kuota Smartfren di bawah ini!

Cara Hutang Kuota Smartfren

Cara Hutang Kuota Smartfren
Meminjam Kuota Smartfren

Syarat dan Ketentuan Meminjam Kuota Smartfren

Cara meminjam kuota Smartfren memang cukup simpel dan mudah dilakukan. Semua instruksi yang diperlukan untuk memiliki pulsa darurat ini dapat langsung dilakukan lewat perangkat ponsel.

Agar Kamu lebih memahami fasilitas pulsa darurat dari Smartfren, tentu saja harus mengenal layanan yang diberikan oleh operator Smartfren ini. Pulsa darurat Smartfren adalah layanan dari Smartfren yang dikhususkan bagi para pelanggan prabayar agar mendapatkan bantuak berbentuk pulsa atau kuota tanpa membayar pulsa tersebut terlebih dahulu. Makanya dinamakan sebagai hutang pulsa/kuota.

Sayangnya, tidak semua pengguna Smartfren dapat menikmati layanan pinjaman pulsa tersebut. Karena hanya beberapa pelanggan yang  telah memenuhi persyaratan tertentu sajalah yang sudah ditetapkan oleh sistem untuk bisa menikmati layanan pulsa darurat Smartfren ini.

Lalu, apa saja syarat cara hutang kuota Smartfren? Berikut ulasannya!

Ada beberapa kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengguna Smartfren yang ingin menggunakan layanan hutang pulsa, diantaraya :

  • Layanan pinjam pulsa darurat dari Smartfren khusus bagi pengguna Smartfren prabayar. Sementara pelanggan mifi dan pascabayar tidak bisa menggunakan layanan ini.
  • Pelanggan yang menerima pulsa darurat Smartfren adalah pelanggan lama. Minimal pemakaian sudah berlangsung 6 bulan.
  • Telah melakukan pengisian ulang pulsa, paling tidak 3 kali untuk 3 bulan terakhir ini.
  • Sudah melunasi pinjaman atau hutang pulsa yang sebelumnya.
  • Jumlah pulsa darurat yang diberikan Smartfren kepada setiap pelanggan memiliki tarif yang bervariasi.

Meminjam Kuota Smartfren

Jika Kamu sudah mengetahui persyaratan cara hutang kuota Smartfren di atas, dan dirasa sudah memenuhi kriteria tersebut, maka Kamu tinggal mengikuti cara meminjam kuota Smartfren berikut ini :

1. Cara Meminjam Kuota Smartfren via SMS

Kamu bisa meminjam kuota Smartfren melalui SMS dengan mengikuti tutorial di bawah ini :

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi SMS atau perpesanan di Hpmu lalu buat SMS baru. Kemudian silahkan ketik format SMS berikut : PULSA dan kirimkan ke nomor 505.
  • Jika sudah, silahkan tunggu balasan SMS dari operator Smartfren. Sesudah menerima SMS balasan, silahkan tekan Y untuk melakukan konfirmasi hutang pulsa darurat Smartfrenmu.
  • Kamu tinggal menunggu balasan operator Smartfren sekali lagi. Jika Kamu menerima balasan yang bertuliskan bahwa transaksi peminjaman pulsamu berhasil, pulsa darurat dari Smartfren pun sudah dapat digunakan.

Berdasarkan SMS tersebut, biasanya Kamu akan menerima informasi lainnya terkait layanan pulsa darurat Smartfren. Selain meminjam pulsa, Kamu juga bisa melakukan cara hutang kuota Smartfren jika kuota internet Smartfrenmu habis.

Berikut ulasan cara meminjam kuota Smartfren via SMS :

  • Pertama-tama silahkan buat pesan yang baru pada aplikasi SMS yang tersedia di Hpmu. Ketik DATA kemudian kirimkan SMS tersebut ke 505.
  • Silahkan tunggu balasan dari Smartfren sesudah berhasil mengirim pesan SMS tersebut. Sesudah menerima SMS balasan, Kamu tinggal ketik Y jika ingin mengkonfirmasi peminjaman  data dari operator Smartfren.
  • Jika Kamu menerima balasan SMS dari Smartfren sekali lagi, ini artinya Kamu akan mendapatkan tambahan kuota internet darurat ke nomor Smartfrenmu.

Cara Mengembalikan Pulsa Smartfren yang Sudah Dipinjam

Setelah mengikuti tutorial cara hutang kuota Smartfren di atas dan berhasil mendapat pinjaman kuota  atau pulsa, selanjutnya Kamu mungkin bertanya tetnang proses pengembalian pulsa/kuota Smartfren.

Adapun untuk mengembalikan pulsa darurat atau SOS dari Smartfren biasanya dilakukan lewat pemotongan pulsa pengguna Smartfren secara otomatis. Saat melakukan pengisian ulang pulsa, pulsa utama milikmu akan langsung dipotong untuk melakukan pembayaran pulsa darurat atau hutang pulsa SOS yang sudah Kamu pinjam.

Jadi, pastikan Kamu memiliki pulsa utama dan nominal untuk mengembalikan pulsa darurat dari Smartfren mencukupi sesuai hutang pulsa yang Kamu dapatkan. Pemotongan akan dilakukan secara otomatis oleh sistem dalam waktu 24 jam sesudah pinjaman pulsa diberikan.

Hal yang harus dicatat dalam proses transaksi tersebut ialah jumlah pemotongan pulsa biasanya lebih besar dibandingkan jumlah pulsa yang Kamu pinjam. Ini artinya, Smartfren akan menarik biaya atau fee untuk memperoleh keuntungan lewat layanan pulsa darurat tersebut.

Berapa Biaya atau Fee Peminjaman Pulsa Darurat dari Smartfren?

Biaya hutang pulsa darurat dari Smartfren sendiri biasanya dibanderol Rp. 600, tapi biayanya akan bervariasi menyesuaikan nominal pulsa pinjaman yang Kamu dapatkan.

Contonya saja, Kamu menerima pinjaman pulsa sebesar Rp. 5000, ketika pembayaran atau pengembalian pulsa maka pulsa utamamu yang terpotong sebesar Rp. 6000. Dengan pembagian, yang Rp. 5000 untuk pembayaran pinjaman pulsa darurat, sedangkan yan seribu ialah bersarnya biaya admin yang harus dibayarkan ke pihak Smartfren.

Berdasarkan persyaratan yang sudah diberikan, provider Smartfren bisa mengubah besarnya tarif yang mereka tetapkan sewaktu-waktu menyesuaikan kebijakan dari pihak Smartfren itu sendiri. Dengan kata lain untuk proses pengembalian pulsa darurat tersebut, pastikan pulsa utama yang kamu isi mencukupi untuk pembayaran pinjaman pulsa ditambah dengan fee admin/pinjamannya.

Lalu, bagaimana bila sesudah 24 jam ternyata belum melakukan pengisian atau jumlahnya tidak cukup? Apabila hal tersebut terjadi,  maka Kamu belum bisa melakukan peminjaman pulsa darurat Smartfren kembali menggunakan nomor Smartfren yang sama. Jadi, pulsa utamamu akan langsung terpotong otomatis ketika Kamu membeli atau mengisi pulsa kembali untuk melakukan pembayaran hutang pulsa yang sudah dipinjam.

Jika ingin meyakinkan bahwa pinjaman pulsa darurat dari Smartfrenmu sudah lunas dibayar. Kamu bisa melakukan pengecekan lewat SMS ke nomor 505. Adapu caranya yaitu cukup ketikkan INFO dan kirimkan ke nomor tersebut. Setelah itu, Kamu akan menerima SMS balasan dari Smartfren tentang informasi pinjaman pulsa yang masih belum dibayarkan.

Demikianlah cara hutang kuota Smartfren yang sangat membantumu saat Kamu benar-benar membutuhkannya. Layanan pulsa darurat dari Smartfren maupun operator lain tentu saja sangat berguna bagi semua pengguna HP. Semoga bermanfaat!

Daftar Ulasan Cara Hutang Lainnya:

Cara Hutang Di Bank Bri
Cara Hutang Di Shopee
Cara Hutang Kuota 3
Cara Hutang Kuota Axis
Cara Hutang Kuota Di Telkomsel
Cara Hutang Kuota Indosat
Cara Hutang Kuota Smartfren
Cara Hutang Kuota Telkomsel
Cara Hutang Kuota Tri
Cara Hutang Paket Indosat
Cara Hutang Paket Internet Telkomsel
Cara Hutang Paket Telkomsel

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019