Cara Mengisi Kode Voucher Telkomsel

Composite image of hands holding and using smartphone

Membeli voucher Telkomsel adalah salah satu cara praktis yang bisa kamu lakukan ketika membutuhkan paket internet secara cepat. Lantas, bagaimana cara mengisi kode voucher Telkomsel?

Dengan menggunakan voucher, kamu tidak perlu menunggu penjual pulsa mengisikan pulsa atau paket data ke smartphone karena kamu bisa mengisi paket data sendiri lewat kode unik yang terdapat pada voucher.

Read More

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang voucher Telkomsel, utamanya pada hal-hal yang berkaitan dengan cara mengisi kode voucher Telkomsel. Berikut ini kami sajikan pembahasannya secara lengkap.

Cara Mengisi Kode Voucher Telkomsel

Cara Mengisi Kode Voucher Telkomsel
Mengisi Kode Voucher Telkomsel

Ada beberapa panduan cara untuk mengisi kode voucher menggunakan operator Telkomsel yang bisa kamu lakukan, antara lain :

 Mengisi Kode Voucher Telkomsel via *133# Mudah

Cara termudah dan paling banyak dilakukan untuk melakukan aktivasi kode voucher Telkomsel adalah dengan menggunakan layanan USSD Menu Browser atau UMB *133#.

Untuk melakukan pengisian kode voucher dari Telkomsel dengan UMB, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Beli Voucher Telkomsel

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membeli voucher Telkomsel di gerai resmi Telkomsel ataupun toko pulsa terdekat.

Ketika membeli voucher, pastikan bagian hologram masih tertutup rapat yang menandakan voucher sama sekali belum pernah digunakan.

2. Gosok Hologram Voucher

Nomor voucher terdiri dari 17 digit angka yang tersembunyi dibalik hologram berwarna abu-abu. Silahkan gosok bagian tersebut menggunakan uang logam atau benda sejenisnya sampai seluruh nomor dapat dilihat dengan jelas.

3. Masukan Kode Voucher

Silahkan buka smartphone kamu, lalu lakukan panggilan UMB dengan kode *133* diikuti kode voucher dan diakhiri dengan tanda #.

Contohnya seperti *133*kode voucher# atau *133*12736492837263981#. Setelah itu, kamu bisa tekan tombol untuk melakukan panggilan atau tombol “YA” di smartphone.

4. Proses Selesai

Jika tidak ada kendala jaringan, dalam beberapa detik kamu akan mendapatkan notifikasi SMS yang menandakan bahwa voucher telah aktif dan bisa langsung digunakan.

Cara Memasukan Voucher Telkomsel via 888

Cara memasukan kode voucher lainnya dilakukan dengan melakukan panggilan ke nomor 888. Bagaimana cara melakukannya? Di bawah ini adalah penjelasannya.

  • Buka smartphone
  • Lalu, masuk ke menu Panggilan.
  • Tekan tombol 888 pada papan keyboard.
  • Klik tombol untuk melakukan panggilan.
  • Nanti akan ada suara dari operator yang akan memandu aktivasi voucher. Ikuti saja arahan dari operator virtual tersebut.
  • Masukan kode voucher setelah operator memintanya.
  • Proses selesai.

Dikutip dari beberapa sumber, tidak ada cara lain yang bisa dilakukan untuk memasukan kode voucher selain dua cara yang telah dijabarkan pada sub bab di atas.

Jadi, kamu tidak bisa memasukan kode voucher via layanan SMS ataupun memasukan voucher lewat layanan aplikasi myTelkomsel karena fitur tersebut memang tidak didukung.

Silahkan ikuti cara-cara tadi jika ingin membeli voucher internet dan mengaktifkan voucher tersebut pada smartphone.

Harga Voucher Telkomsel Area Pulau Jawa

Berikut ini adalah rincian harga paket voucher Telkomsel untuk area pulau Jawa yang meliputi kawasan Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Daftar harga paket voucher ini dikutip langsung dari website resmi Telkomsel.

  • Voucher 3 hari = 1,5 GB (kuota lokal 1GB dan kuota nasional 0.5GB).
  • Voucher 5 hari = 2,5 GB (kuota lokal 1.5GB dan kuota nasional 1GB).
  • Voucher 7 hari = 3,5 GB (kuota lokal 2GB dan kuota nasional 1.5GB).
  • Voucher 30 hari = 4 GB (kuota lokal 1.5GB, kuota nasional 0.5GB, OMG 2GB).
  • Voucher 30 hari = 7 GB (kuota lokal 3.75GB, kuota nasional 1.25GB, OMG 2GB).
  • Voucher 30 hari = 10 GB (kuota lokal 6GB, kuota nasional 2GB, OMG 2GB).
  • Voucher 30 hari = 20 GB (kuota lokal 13.5GB, kuota nasional 4.5GB, OMG 2GB).

Berkaitan dengan harga, setiap daerah atau zona wilayah mempunyai harga yang berbeda. Silahkan cek di konter-konter pulsa terdekat ketika akan melakukan pembelian paket data via voucher Telkomsel.

Informasi Umum Tentang Voucher Telkomsel

Ada beberapa informasi umum yang berkaitan dengan penggunaan voucher Telkomsel, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Semua pelanggan Telkomsel, mulai dari Simpati, Kartu As dan Loop bisa melakukan pembelian voucher Telkomsel.
  • Voucher kuota internet tersedia dengan masa aktif 3 hari, 5 hari, 7 hari dan masa aktif 30 hari.
  • Harga voucher dan kuota internet yang ada pada voucher berbeda-beda tergantung lokasi regional.
  • Paket voucher terbagi menjadi tiga jenis, yakni kuota lokal yang berlaku sesuai zona regional dan juga kuota nasional serta kuota OMG yang berlaku secara Nasional.
  • Kuota OMG hanya terdapat pada voucher dengan masa aktif 30 hari.

Perbedaan Voucher Internet dan Paket Data

Ketika akan menggunakan kuota internet Telkomsel, kamu mempunyai dua pilihan cara, yakni membeli pulsa lalu mengaktifkan paket data atau membeli voucher internet Telkomsel yang telah berisi paket data.

Jika dilihat dari harga, sebetulnya tidak ada perbedaan harga yang terlalu jauh antara paket data dan juga voucher internet. Hanya saja, secara umum, harga voucher internet memang jauh lebih murah.

Dari sisi kepraktisan, voucher internet lebih unggul karena kamu bisa membeli voucher internet untuk digunakan sewaktu-waktu ketika dibutuhkan.

Namun, dari sisi pilihan paket internet, voucher internet sangat terbatas. Berbeda dengan paket data yang menyediakan paket internet mulai dari beberapa ratus MB sampai puluhan Gigabyte dengan masa aktif mulai dari 1 hari.

Pertanyaan Seputar Voucher Telkomsel

Sebelum membeli voucher internet, kamu mungkin memiliki beberapa pertanyaan berkaitan dengan voucher internet Telkomsel.

Pertanyaan-pertanyaan umum tentang voucher Telkomsel dan jawabannya dirangkum dalam QnA singkat berikut ini:

Apa Itu Voucher Telkomsel?

Voucher Telkomsel adalah produk keluaran dari Telkomsel yang memungkinkan pelanggan untuk membeli paket internet dengan menggunakan voucher berbentuk fisik.

Dengan voucher Telkomsel, pengguna yang ingin membeli kuota internet tidak perlu lagi melakukan top up pulsa/kuota lewat jasa layanan penjual pulsa.

Siapa yang Dapat Membeli Voucher Telkomsel?

Jika ingin membeli voucher Telkomsel dan setiap layanan yang disediakan, kamu harus terdaftar sebagai pengguna kartu As, Simpati ataupun Loop.

Dimana Membeli Voucher Telkomsel?

Kamu bisa membeli voucher di outlet resmi dari Telkomsel ataupun konter-konter pulsa terdekat yang kamu temui.

Apa Saja Pilihan Paket Voucher Telkomsel?

Paket voucher Telkomsel bisa dibeli dengan masa aktif 3 hari, 5 hari, 7 hari sampai 30 hari. Adapun, untuk hal yang berkaitan dengan kuota internet dan harga yang disediakan bervariasi tergantung dari wilayah masing-masing.

Bagaimana Prioritas Penggunaan Paket Internet?

Kuota paket internet dari voucher Telkomsel terbagi menjadi 3 bagian, yakni kuota lokal, kuota nasional dan OMG.

Lalu, yang menjadi pertanyaan, ketika menggunakan paket data, kuota mana dulu yang pertama kali terpakai?. Jawabannya adalah kuota OMG dulu, kemudian disusul dengan kuota lokal kemudian terakhir adalah kuota nasional.

Demikian artikel singkat berkaitan dengan cara mengisi kode voucher Telkomsel pada smartphone.

Sebagai kesimpulan, jika ingin mengisi kode voucher internet, kamu tinggal mengikuti cara mengisi kode voucher Telkomsel di atas, yakni dengan menggunakan kode dial *133# ataupun melakukan panggilan ke nomor 888. Semuanya bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Ulasan Terkait:

Cara Gunakan Kuota Lokal Telkomsel
Cara Menggunakan XL Voucher
Cara Menggunakan Voucher Lazada
Cara Mengisi Kuota Indosat
Cara Mendapatkan Voucher Gojek

Related posts