Cara Hutang di Shopee

Setelah menawarkan cara gunakan ShopeePay dan ShopeePay later, bagi Kamu yang membutuhkan dana darurat, dan kebetulan sudah terdaftar di akun Shopee kini bisa menikmati layanan cara hutang di Shopee melalui Shopee Pinjam. Layanan pinjam uang dari Shopee ini khusus bagi pengguna yang sering berbelanja di salah satu marketplace ternama di Indonesia ini.

Mengenal Shopee Pinjam

SPinjam atau Shopee Pinjam merupakan layanan kredit atau pinjaman dana dari PT. Lentera Dana Nusantara sebagai mitra Shopee melalui fitur pinjaman bagiĀ seller yang memiliki reputasi baik.

Read More

SPinjam adalah pinjaman online secara tunai dariĀ e-commerce yang satu ini bagi pembeli dan penjual terpilih. Ini artinya, tak semua penjual atauĀ sellerĀ dapat memanfaatka pinjaman dana tunai. Begitupun dengan pembeli di Shopee.

Jadi yang berhak mendapatkan kredit tunai atau yang dapat mengajukan Spinjam ini hanya pembeli dan penjual terpilih. Bagaimana, pastinya sanagt tertarik bukan dengan layanan baru dari Shopee ini?

Persyaratan Mengajukan Hutang di Shopee Pinjam

Saat ini, layanan SPinjam sendiri hanya tersedia untuk para penjual terpilih. Apabila toko-mu masih belum terpilih, maka Kamu bisa meningkatkan performa toko terlebih dahulu agar dapat memperoleh kesempatan mendapat pinjaman dana dari SPinjam.

Lalu jika sudah terpilih, Kamu bisa langsung melihat menu Shope Pinjam baru yang muncul di opsi keuangan dashboard akun Shopee. Apabila tertarik, tentu saja Kamu harus melakukan aktivasi Shopee Pinjam untuk memverifikasi akun.

Ada beberapa ketentuan dan persyaratan untuk melakukan pendaftaran atau mengajukan Shopee Pinjam di akun Shopee, berikut ini :

  • Kartu identitas diri KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang berlaku.
  • Memiliki rekening bank pribadi atas nama sendiri guna keperluan transfer dana dari SPinjam.
  • Persiapkan kontak darurat.
  • Melakukan update Shopee ke dalam versi terbaru di App Store dan Play Store.
  • Melakukan verifikasiĀ Face Scanner atau verifikasi wajah.

Limit Pinjaman di Shopee Pinjam

Fitur SPinjam sejauh ini masih ditujukan bagiĀ seller atauĀ buyer terpilih saja dengan minimum pinjaman Rp. 500 ribu dan pinjaman maksimum Rp. 5 juta. Untuk pinjaman maksimum biasanya dibatasi oleh Shopee tergantung dari penjual atau pembeli terpilih. Selain itu, biasanya limit pinjaman maksimum juga tergantung dariĀ history pinjamanmu.

Apabila Kamu memilikiĀ track record baik dalam hal pengembalian pinjaman, maka Kamu bisa meningkatkan limit pinjaman. Bahkan bisa saja jika limit pinjaman tersebut ditingkatkan hingga Rp. 100 juta.

Dengan kata lain, limit pinjaman di Shopee Pinjam ini ditentukan berdasarkan pada performa penjual serta kebijakan dari Shopee. Jadi, pastikan untuk membayar tagihan Shopee Pinjam dengan tepat waktu.

Cara Hutang di Shopee

Cara Hutang di Shopee
Mengajukan Hutang di Shopee Pinjam

Mengajukan Hutang di Shopee Pinjam

Jika Kamu sudah terpilih, maka Kamu tinggal mengajukan hutang di Shopee Pinjam, dimana proses tersebut biasaya hanya dilakukan untuk sekali saja. Apabila akunmu telah terverisikasi, Kamu pun bisa mencoba cara hutang di Shopee Pinjam kapan saja. Ini dia langkah-langkah untuk mengaktifkan layanan Shopee Pinjam di aplikasi Shopee :

  • SilahkanĀ login ke akun Shopee, kemudian pilih “Keuangan” padaĀ dashboard aplikasi atau halaman utama aplikasi.
  • Gulir ke bawah lalu cari Shopee Pinjam untuk penjual/Pembeli, kemudian tekan “Aktivasi Sekarang” jika ingin memulai aktivasi akun.
  • Kamu bisa menunggu beberapa lama sampai menerima kode OTM yang dikirimkan melalui SMS oleh Shopee. Silahkan inputkan kode OTP tersebut di kotak kode verifikasi yang tersedia. Apabila token atau kode OTP belum masuk ke Hp, silahkan ulangi prosesnya kembali 1-2 jam berikutnya.
  • Cara hutang di Shopee selanjutnya akan muncul menu untukĀ upload KTP, silahkan unggah KTP-mu. Caranya dengan memfoto KTP menggunakan kamera HP. Lalu foto di bidang datar baik di meja dengan posisi tegak lurus. Pastikan gambarnya jelas dan fokus tanpa ada pantulan cahaya dari lampu.
  • Masukkan nomor KTP sesuai KTP yang Kamu foto sebelumnya, pilih “Ajukan”.
  • Cara mengajukan hutang di Shopee pinjam berikutnya, pada menu informasi data diri, Kamu tinggal mengisikan informasi mengenai data dirimu dengan lengkap dan benar. Selain itu, pastikan alamatmu sesuai alamat di KTP.
  • Inputkan pula nomor HP aktif yang dapat dihubungi. Lalu tekan “Ajukan”.
  • Langkah berikutnya tinggal melakukan verifikasi wajah. Dari sini Kamu bisa memfoto wajahmu. Silahkan ambil foto sendiri di tempat terang dan wajahmu tampak jelas terlihat. Kemudian klik “Mulai Verifikasi Wajah”.
  • Jika semua langkah di atas sudah terlewati dan diisi dengan lengkap, tinggal tunggu verisikasi maksimal 2 hari ke depan. Apabila verifikasi sudah berhasil, Kamu akan langsung diberitahukan melalui pemberitahuan di Shopee apakah pengajuan hutangmu di Shopee Pinjam diterima ataukah ditolak.

Kenapa Pengajuan Shopee Pinjam Ditolak?

Jika Kamu sudah mengikuti cara hutang di Shopee Pinjam di atas tanpa ada yang terlewat, tapi pengajuan tersebut ditolak Shopee, mungkin ada beberapa hal yan menjadi penyebabnya. Kamu bisa perhatikan beberapa kemungkinan berikut ini yang membuat pengajuan Shopee Pinjammu ditolak :

  • KTP yang Kamu gunakan sudah kadaluarsa,hasil fotonya buram atau tidak sah.
  • Sebelumnya pernah mengajukan proses pinjaman di Spinjam dan sudah disetujui.
  • Informasi tentang data diri tidak sesuai, tidak lengkap atau ada yang salah.
  • Tidak sesuai ketentuan mitra Shopee.

Proses Sesudah Pinjaman Diverifikasi

Jika proses mengajukan hutang di Shopee Pinjam telah diverifikasi, selanjutnya Kamu tinggal mengetahui langkah-langkah di bawah ini yang perlu dilakukan berikutnya :

1. Simulasi Perhitungan Cicilan/Pinjaman

Biasanya Shopee menetapkan suku bunga kredit sebesar 0,99% setiap bulannya. Selain itu, Kamu juga akan dikenakan biaya tambahan untuk administrasi senilai 2% saat awal pengajuan kredit. Apabila Kamu meminjam dana dari Shopee sebesar Rp. 10 juta, simulasi perhitungannya ialah sebagai berikut :

  • Total pinjaman di Shopee Pinjam Rp. 10 juta
  • Tenor pinjaman selama 6 bulan (maksimal)
  • Suku bunga per bulan : 0,99%
  • Persentase biaya administrasi 2%
  • total bunga pinjaman setiap bulan menjadi Rp. 99 ribu
  • Total administrasi di awal menjadi Rp. 200 ribu.
  • Jadi, total cicilan per bulan selama 6 bulan menjadi Rp. 1.765.667

2. Jatuh Tempo Kredit di Shopee Pinjam

Adapun tanggal atau waktu jatuh tempo untuk pembayaran cicilan biasanya disesuaikan berdasarkan periode pembayaran selanjutnya. Hal ini berlaku jika pinjaman diterima selama 10 hari sebelum hari jatuh tempo pada periode tersebut.

Misalnya tagihanmu bisa diakses sesudah Pinjaman tersebut berhasil ditransfer oleh Shopee ke rekeningmu. Kamu bisa membayar kapan saja sebelum waktu jatuh tempo. Apabila pinjaman yang Kamu terima misalnya jatuh di 17 April, jadi dapat disimpulkan bahwa waktu jatuh temponya mengikuti periode waktu yan berjalan yakni pada tanggal 5 Mei.

3. Pengajuan Dua Kredit atau Lebih

Jika Kamu ingin mengajukan hutang di Shopee berikutnya meskipun Pinjaman yang sebelumnya masih belum lunas, patikan bahwa Kamu tidak melakukan keterlambatan pembayaran tagihan Shopee Paylater maupun Shopee Pinjam. Selain itu,Ā track record untuk pembayaran pinjamanmu juga harus baik supaya proses pengajuan kredit yang kedua dan ketiga dapat diverisikasi atau di ACC pihak Shopee.

Bagaimana, cara hutang di Shopee Pinjam sangat mudah bukan? Bagi Kamu yang belum mencobanya, kini bisa mengajukan pinjaman di Shopee Pinjam asalkan Kamu terpilih sebagai pengguna dengan limit Spinjam tertentu. Semoga berhasil!

Baru Diupdate:

Related posts