Cara Nonton Film di Telegram Gratis Tanpa Iklan: 4 Langkah Saja!💕

Cara Nonton Film di Telegram
Cara Nonton Film di Telegram

WIGATOS | Apakah Kamu sudah tahu bagaimana cara nonton film di Telegram? Mungkin sejauh ini Telegram dikenal sebagai platform chatting seperti pada umumnya. Tapi ternyata, di aplikasi tersebut ada banyak film, baik Indonesia maupun luar negeri yang di-posting oleh pengguna lain. 

Tentunya cara mencari dan menonton film di Telegram tidak sama dengan platform streaming online. Pasalnya, film-film tersebut biasanya diunggah dalam channel tertentu. Tenang saja, karena semua konten bisa ditonton secara bebas. 

Read More

Daripada penasaran bagaimana caranya, simak saja penjelasan di bawah ini. Selain itu, akan dijelaskan pula apa kelebihan menonton di Telegram. Ada juga beberapa kekurangan yang patut Kamu pertimbangkan. Berikut ini uraiannya. 

Cara Nonton Film di Telegram

Cara Nonton Film di Telegram
Cara Nonton Film di Telegram

Sebenarnya menonton film di aplikasi Telegram itu jauh lebih mudah dibandingkan layanan streaming online. Kamu bisa mencari film dan menontonnya secara gratis. Tidak seperti platform streaming yang biasanya berbayar. 

Selain itu, jenis film yang ada di Telegram juga lengkap. Kamu bisa mencari film yang diperankan aktor favorit jika tidak sempat menontonnya di bioskop. Tapi kalau masih bingung bagaimana caranya, ikuti saja beberapa tahapan yang dijelaskan di bawah ini:

1. Download Aplikasi Telegram

Sebelum melakukan cara nonton film di Telegram yang inti, terlebih dahulu Kamu harus punya aplikasinya. Telegram ini termasuk aplikasi yang kompatibel dengan semua platform. Itu berarti, bisa digunakan di HP maupun laptop. 

Jika Kamu menggunakan smartphone, bisa mengunduh aplikasinya lewat app market masing-masing perangkat. Pengguna android dapat download di Google Play Store, sedang iPhone lewat App Store. Ukuran aplikasinya hanya 21 MB, sehingga tidak akan memenuhi ruang penyimpanan. 

Sedangkan jika mengaksesnya lewat laptop atau komputer, ada dua pilihan yang bisa dilakukan. Pertama, Kamu dapat mengunduh software-nya dan diinstal di perangkat. Di samping itu ada yang lebih mudah dengan mengakses Telegram Web di alamat web.telegram.org. Antara aplikasi dan web fiturnya sama saja. 

2. Daftar Akun Telegram Baru

Berikut ini tahapan kedua kalau Kamu ingin menggunakan aplikasi Telegram. Sama seperti platform chatting yang lain, Kamu pun harus buat akun terlebih dahulu. Tapi tidak usah khawatir, karena proses pembuatan akun baru Telegram sangat mudah dan tidak sampai 10 menit sudah jadi. 

Proses daftar akun baru di aplikasi dan Telegram Web sama saja. Kamu hanya perlu menyiapkan nomor telepon valid dan aktif agar nanti bisa menerima kode verifikasi. Secara lebih lengkap, Kamu dapat cek langkah-langkah membuat akun Telegram berikut ini:

  • Buka aplikasi Telegram yang sudah diunduh atau versi webnya. 
  • Pada halaman pertama, tulis nomor HP aktif lengkap dengan kode negaranya. 
  • Selanjutnya, cek SMS masuk ke nomor tersebut. 
  • Kemudian catat dan tulisan kode verifikasi pada kolom yang disediakan. 
  • Kamu sudah berhasil membuat akun Telegram. 

3. Cari Judul Film

Tahapan selanjutnya dari cara nonton film di Telegram adalah mencari judulnya. Judul-judul tersebut dapat ditemukan dengan cara yang berbeda. Kalau di platform streaming online, biasanya judul film dikelompokkan dalam kategori tertentu. Tapi tidak demikian dengan Telegram. 

Film yang ada di Telegram itu di-upload dalam sebuah channel. Biasanya ada channel khusus film tersebut atau yang menyediakan judul lainnya. Kamu dapat mencari di setiap siaran yang memang menyediakan film yang ingin Kamu tonton. Cara mencarinya seperti ini:

  • Pada bagian awal Telegram, ketuk ikon kaca pembesar di kanan atas. 
  • Lalu tulis judul film di kolom pencarian. 
  • Hasil yang ditampilkan adalah berupa grup atau channel
  • Pilih salah satu channel dan cek apakah filmnya benar-benar ada. 
  • Kalau ada, klik tombol BERGABUNG atau JOIN yang ada di bawah. 
  • Scroll channel tersebut dan temukan film yang hendak ditonton. 

4. Download Film yang Akan Ditonton

Hal lain yang membedakan melihat film di Telegram dan platform streaming adalah prosesnya. Kalau di aplikasi streaming, Kamu bisa langsung menonton selama tersambung ke internet. Tapi kalau di Telegram, film tersebut harus di-download dulu. 

Meski begitu, Kamu tetap bisa menontonnya saat proses pengunduhan sedang berjalan. Agar lebih jelas, berikut cara nonton film di Telegram yang harus Kamu ketahui:

  • Pada channel yang Kamu buka, pilih salah satu video. Karena ada film yang diunggah dengan resolusi berbeda. Lebih tinggi resolusinya, maka tampilannya lebih bagus. 
  • Kamu bisa langsung tekan ikon panah ke bawah di sebelah kiri video untuk men-download
  • Bisa juga dengan klik videonya hingga terbuka. 
  • Kemudian tekan titik tiga. 
  • Terakhir, pilih Simpan ke Galeri dan tonton secara offline

Kelebihan Nonton Film di Telegram

Cara nonton film di Telegram memang harus mengunduhnya dahulu. Tapi ada banyak kelebihan dibandingkan menontonnya di platform streaming. Beberapa kelebihannya antara lain yaitu:

  • Gratis. Yang pasti, Kamu tidak perlu keluar biaya jika ingin menonton film di Telegram. Semua video dapat diakses secara gratis. Kamu juga tidak perlu berlangganan seperti yang biasanya diharuskan pada aplikasi streaming
  • Tidak ada iklan. Kelebihan selanjutnya, di Telegram tidak ada iklan. Nonton film semakin nyaman karena tidak ada gangguan. Sangat berbeda dengan layanan streaming yang ada iklan muncul saat sedang seru-serunya nonton. 
  • Bisa nonton berulang kali. Karena gratis, Kamu pun bisa menontonnya berulang kali tanpa perlu membayar. Kalaupun filenya sudah dihapus dari perangkat, Kamu dapat mengunduhnya kembali. Jadi, tidak akan membuat penyimpanan penuh. 
  • Dapat ditonton offline. Menonton film di Telegram juga lebih hemat. Kamu bisa nonton kapan saja tanpa perlu tersambung ke jaringan internet. Sebaiknya download dulu filmnya, lalu tonton ketika sedang offline
  • Dapat pemberitahuan update. Tanpa perlu diaktifkan atau diatur sama sekali, secara otomatis Kamu akan menerima notifikasi jika ada update film baru. Ini menguntungkan bagi Kamu yang juga suka nonton series atau drama Korea, karena tidak perlu khawatir ketinggalan episode terbaru. 

Kekurangan Nonton Film di Telegram

Di antara semua kelebihan tersebut, ternyata menonton film di Telegram itu ada kekurangannya. Beberapa hal berikut ini bisa jadi pertimbangan sebelum menontonnya. Cek uraian di bawah. 

  • Ilegal. Kamu harus tahu bahwa semua film yang di-upload ke Telegram itu ilegal. Pasalnya, film tidak disediakan oleh pembuatnya, melainkan diunggah oleh perorangan dalam sebuah channel. Bisa jadi ini melanggar hak cipta, hingga berujung pada pemblokiran akun. 
  • Update lama. Karena film didapatkan dengan cara ilegal, maka tidak langsung update. Kalau ada film baru, Kamu bisa nonton saat itu juga di bioskop. Tapi kalau di Telegram, harus menunggu beberapa bulan dulu. 
  • Rentan virus dan malware. Kekurangan selanjutnya yaitu rentan terhadap virus dan malware. Terkadang ada film yang tidak diunggah langsung di Telegram. Tapi ada link unduhan di luar Telegram yang harus diakses. Tautan seperti itulah yang rentan virus. 

Seperti itulah penjelasan cara nonton film di Telegram. Kamu bisa menontonnya secara gratis dan offline. Apalagi tidak ada iklan yang mengganggu. Tapi berhati-hatilah karena film tersebut disediakan secara ilegal. 

Related posts