5+ Cara Menghidupkan iPhone yang Mati Total (UPDATE)

Cara Menghidupkan iPhone yang Mati Total
Cara Menghidupkan iPhone yang Mati Total

WIGATOS.com | iPhone kamu mati total dan tak bisa dihidupkan begitu saja secara tiba-tiba? Gak perlu panik, ada beberapa cara menghidupkan iPhone yang mati total dengan mudah.

Perangkat iPhone yang mati total merupakan suatu kondisi di mana perangkat tidak bisa merespon atau menyala sama sekali. Biasanya penyebabnya yaitu terjadi karena beberapa faktor, sebut saja karena baterai bermasalah, kerusakan pada hardware, software, atau penyebab lainnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba sebelum membawa iPhone kamu ke tempat service. Berikut artikel mengenai cara menghidupkan iPhone yang mati total.

Penyebab iPhone yang Mati Total

iPhone merupakan produk smartphone raksasa berkelas premium dan banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia terlepas dari harganya yang selangit. Meski demikian, tak jarang pengguna iPhone mengalami masalah dengan perangkat mereka, salah satunya yaitu iPhone mati total.

Berdasarkan beberapa kasus yang sering terjadi, ada beberapa penyebab umum yang bisa menyebabkan iPhone kamu mati total, diantaranya:

  • Baterai habis atau rusak: Ini adalah penyebab paling sederhana dan paling mudah diatasi. Jika baterai iPhone kamu habis, kamu hanya perlu mengisi daya dengan charger original atau yang tepat. Kemudian, tunggu sampai persentase baterai mencapai 100 % baru bisa dipergunakan kembali. Jika baterai kamu rusak, maka kamu perlu menggantinya dengan baterai yang baru.
  • Software bermasalah atau gagal update: Ini adalah penyebab yang cukup sering terjadi, terutama jika kamu sering menginstal aplikasi atau memperbarui sistem operasi iOS tanpa memeriksa kompatibilitasnya. Software yang bermasalah atau gagal melakukan update bisa menyebabkan iPhone menjadi macet, hang, atau bahkan mati total.
  • Hardware rusak: Ini adalah penyebab yang paling serius dan sulit diatasi. Hardware yang rusak bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti jatuh, terbentur, sudah usang, atau terkena air. Selain itu, perangkat keras yang mengalami kerusakan bisa saja terjadi pada LCD, motherboard, tombol pada body, port charger, atau pada komponen lainnya.
Terkait:  Cara Download Lagu di Soundcloud

Cara Menghidupkan iPhone yang Mati Total

Cara Menghidupkan iPhone yang Mati Total
Cara Menghidupkan iPhone yang Mati Total

Untuk mengatasi iPhone mati total, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba sebelum membawa iPhone ke service center. Begini cara menghidupkan iPhone yang mati total :

1. Menghidupkan iPhone yang Mati Total dengan Tekan tombol power

Metode pertama dan yang paling mudah, yaitu cukup tekan tombol power yang ada di bagian body HP iPhone. Tombol power adalah tombol yang biasa digunakan untuk menghidupkan atau mematikan perangkat iPhone. Begini langkah-langkahnya :

  • Tekan dan tahan tombol power yang ada pada body HP iPhone kamu kurang lebih 10 detik.
  • Sekarang lihatlah apakah iPhone kamu berhasil menyala atau tidak.
  • Jika belum berhasil menyala, coba ulang langkah ini setidaknya 3 kali berturut-turut.

Cara ini bisa berhasil jika penyebab iPhone mati total akibat dari baterai iPhone habis total atau ada software yang macet. Jika tidak, kamu bisa melanjutkan ke step selanjutnya.

2. Menghidupkan iPhone yang Mati Total dengan Tekan tombol home dan hold

Cara menghidupkan iphone yang mati total yaitu dengan menggunakan dua tombol fisik yang ada di body iPhone yaitu tombol home dan hold.

Tombol home adalah tombol berbentuk bulat yang ada di bagian bawah layar iPhone, sedangkan tombol hold adalah tombol yang sama dengan tombol power. Silakan ikuti langkah-langkah berikut :

  • Karena cara ini merupakan kombinasi menekan tombol home dan hold. Jadi kamu harus menahan kedua tombol secara bersamaan dengan waktu kurang lebih 10 detik hingga logo Apple terlihat di layar iPhone.
  • Lakukan sekali lagi jika logo Apple masih belum muncul di layar iPhone.

Menekan tombol home dan hold secara bersamaan dapat membantu kamu melakukan hard reset atau memaksa perangkat untuk melakukan restart. Metode ini bisa mengatasi masalah iPhone yang mati total akibat software yang bermasalah atau gagal melakukan update.

Terkait:  Cara Edit Video di iPhone

3. Menghidupkan iPhone yang Mati Total dengan Menyambungkannya ke Charger

Metode yang ketiga yaitu dengan mengyambungkan ke charger. Begini langkah-langkahnya :

  • Sambungkan terlebih dahulu kabel charger ke port lightning yang berada di bagian bawah HP iPhone kamu.
  • Lalu colokkan charger ke stop kontak. Atau kamu juga bisa menyambungkan kabel charger ke komputer atau laptop.
  • Biarkan iPhone kamu terisi dayanya selama beberapa waktu, kemudian cek iPhone kamu apakah ada tanda-tanda hidup setelah di charger atau tidak.
  • Jika ternyata tidak ada reaksi sama sekali setelah melakukan perlakuan ini. Coba ganti terlebih dahulu menggunakan kabel charger lainnya atau menggunakan sumber daya yang lain sampai ada tanda-tanda HP iPhone kamu hidup.

Setelah melakukan beberapa langkah diatas namun masih tidak berhasil, kemungkinan besar baterai iPhone kamu sudah rusak dan perlu diganti dengan baterai baru.

4. Menghidupkan iPhone yang Mati Total dengan Restore Data

Cara menghidupkan iPhone yang mati total selanjutnya yaitu dengan melakukan restore data. Restore data adalah proses mengembalikan data di iPhone seperti waktu terakhir kali di-backup. Metode ini bisa mengatasi masalah software yang bermasalah atau gagal update.

Kelemahan dari resoter data yaitu bisa menghapus data yang belum kamu backup. Makanya sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu sebelum kamu melakukan cara keempat ini. Cara melakukannya cukup mudah, yaitu:

  • Sambungkan HP iPhone kamu terlebih dahulu ke komputer atau laptop.
  • Setelah tersambung, buka iTunes yang sudah terpasang lalu pilihlah opsi restore backup.

Kamu juga bisa baca cara restore iPhone untuk memulihkan data lainnya dengan aman, seperti yang sudah kita bahas sebelumnya.

5. Kunjungi service center

Jika langkah-langkah di atas tidak membuahkan hasil, kemungkinan besar iPhone kamu mengalami kerusakan hardware yang serius. Dengan begitu, artinya cara kelima bisa kamu lakukan ebagai cara terakhir. Kamu hanya perlu pergi ke service center Apple, atau jika tidak bisa juga ke tempat service terpercaya langganan kamu.

Terkait:  Cara Transfer Data iPhone ke iPhone

Setelah sampai di tempat service, sampaikan permasalahan mengenai iPhone kamu yang bermasalah dan mati total. Untuk selanjutnya, Customer Service akan mengkalkulasikan biayanya. Tentu saja biaya yang dikeluarkan cukup besar mengingat permasalahan mungkin terletak pada hardware yang perlu diganti komponennya.

Namun apapun itu dengan memeriksa ke tempat servide, selanjutnya pihak service center iPhone akan langsung mengetahui permasalahannya dan tingkat kerusakannya.

Dengan begitu mereka akan segera memperbaikinya dan iPhone kamu bisa digunakan kembali. Kelebihan cara ini tentu saja lebih aman dan terjamin daripada mencoba memperbaiki sendiri dengan membongkarnya tanpa pengetahuan yang cukup.

Tips Merawat HP iPhone

Tips paling sederhana agar HP iPhone kamu bisa awet dan terhindar dari mati total yang mendadak yaitu teknik pengisian baterai. Jangan sekali-kali membiarkan HP iPhone kamu memaksa daya baterai habis hingga 0 %, hal ini dapat membuat perangkat kamu cepat rusak. Oleh karena itu, ketika akan mengisi daya baterai setidaknya minimal persentase daya baterai 15 20 % baru di isi.

Setelah itu, usahakan pula jangan terlalu lama membiarkan baterai terhubung dengan kabel charger ketika sudah 100 % daya baterainya. Usahakan segera lepas sesaat setelah 100 % baru lepas kabel charger.

Itulah beberapa cara menghidupkan iPhone yang mati total dengan mudah yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Semoga bermanfaat!

Related posts