2+ Step Cara Restore iPhone Untuk Memulihkan Data dengan Aman😚

Cara Restore iPhone
Cara Restore iPhone

WIGATOS.com | Meskipun produk iOS telah dirancang sebagai perangkat ponsel pintar premium, tetap saja kamu akan menjumpai kendala pada software-nya. Namun jangan khawatir, setiap masalah atau kendala pada perangkat pasti memiliki solusinya. Termasuk dengan cara restore iPhone yang bisa kamu lakukan.

Ada beberapa kendala yang kerap terjadi pada iPhone, seperti kinerja perangkat yang kian hari semakin lambat, macet, atau mungkin rusak karena disebabkan oleh sitem yang bermasalah.

Jika kamu menghadapi masalah seperti itu, maka perangkat iPhone milikmu perlu dilakukan restore agar performanya bisa kembali seperti sedia kala.

Restore iPhone adalah sebuah proses yang dilakukan oleh penggunanya untuk menhapus semua data dan berbagai macam pengaturan yang sudah diatur di iPhone.

Cara ini bisa juga disebut dengan instal ulang sistem operasi menjadi setelan pabrik. Dengan menggunakan cara restore iPhone tentu saja semua permasalahan pada perangkatmu bisa diatasi dengan baik.

Selain itu, tentu saja akan membuat iPhone kamu akan kembali seperti layaknya membeli Hp iPhone yang baru.

Cara Restore iPhone

Cara Restore iPhone
Cara Restore iPhone

Sebetulnya ada 2 cara yang dapat kamu lakukan jika ingin melakukan restore iPhone, yaitu dengan menggunakan iCloud atau menggunakan komputer.

iCloud adalah sebuah layanan penyimpanan awan dari Apple yang memungkinkan penggunanya membuat cadangan data dan pengaturan iPhone secara online.

Sedangkan komputer adalah perangkat buat menyambungkan iPhone dengan aplikasi lain yaitu iTunes atau Finder yang digunakan untuk mengelola atau memulihkan data dan pengaturan pada iPhone milikmu.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan cara restore iPhone dengan kedua metode di bawah ini :

1. Restore iPhone dengan iCloud

Cara restore iPhone yang pertama yaitu dengan menggunakan iCloud. Metode ini adalah cara termudah dan sangat praktis dilakukan karena kamu tidak perlu menggunakan komputer atau kabel USB untuk melakukannya.

Hanya saja, jika mau melakukannya maka kamu memerlukan koneksi internet yang stabil dan tentunya cepat. Selain itu, jangan lupa pula buat memastikan ruang penyimpanan iCloud yang mencukupi.

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah restore iPhone dengan menggunakan iCloud dibawah ini:

Step 1 : Buat Cadangan Data dan Pengaturan iPhone di iCloud

Pertama, kamu bisa membuat cadangan data sekaligus pengaturan iPhone di iCloud terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka menu Pengaturan di iPhone terlebih dahulu.
  • Selanjutnya klik profil nama kamu.
  • Lalu, pilih iCloud.
  • Sekarang lakukan Cadangkan Sekarang pada opsi yang tersedia.

Untuk melakukan langkah diatas, agar dipastikan sudah masuk dengan ID Apple yang kamu miliki dan pastikan pula ruang penyimpanan iCloud yang mencukupi.

Step 2 : Hapus Semua Data dan Pengaturan di iPhone

Cara restore iPhone dengan iCloud selanjutnya, kamu bisa melakukan pengaturan di iPhone lewat langkah-langkah berikut :

  • Buka menu Pengaturan yang ada di Iphone.
  • Kemudian buka menu Umum dan pilih opsi Setel Ulang.
  • Sekarang pilih opsi Hapus Semua Konten dan Pengaturan.
  • Masukkanlah kode sandi atau ID wajah kamu jika mengaktifkannya pada saat diminta oleh sistem.
  • Tunggu beberapa saat hingga prosesnya berhasil.

Step 3 : Ikuti Langkah-langkah Pengaturan Awal di iPhone

Langkah berikutnya, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah untuk pengaturan awal di iPhone hingga masuk ke layar Aplikasi & Data. Selanjutnya pilih opsi Pulihkan dari Cadangan iCloud.

Step 4 : Masuk ke Akun ID Apple

Silakan masuk menggunakan ID Apple milikmu kemudian pilih cadangan yang ingin kamu pulihkan.

Pada tahapan ini, lihatlah tanggal dan ukuran dari masing-masing cadangan. Lalu pilihlah cadangan yang menurut kamu paling relevan untuk dikembalikan.

Step 5 : Tunggu Proses Pemulihan Selesai

Di tahapan ini usahakan agar tidak putus koneksi internet atau jangan sekali-kali mematikan iPhone ketika proses restore berlangsung.

Tentunya proses ini dapat memakan waktu yang cukup lama. Biasanya mulai dari beberapa menit hingga hitungan jam. Hal ini tergantung dari ukuran file cadangan dan kecepatan internet yang kamu gunakan saat itu.

Step 6 : Selesaikan Pengaturan dan Masuk ke Tampilan Pabrik iPhone

Selesaikan pengaturan awal dan nikmati iPhone tampilan pabrik. Berbagai macam data yang ada di iPhone seperti aplikasi-aplikasi, musik, foto, dan juga informasi lainnya akan kembali dipulihkan.

Pada tahapan ini iPhone kamu agar lebih sering tersambung ke jaringan Wi-Fi dan daya untuk membiarkan prosesnya hingga benar-benar selesai.

2. Restore iPhone Menggunakan Komputer

Cara restore iPhone menggunakan komputer bisa kamu lakukan sebagai alternatif. Jika kita bandingkan dengan metode pertama, tentu saja metode kedua ini bisa kita bilang cukup rumit.

Selain itu, kamu juga memerlukan lebih banyak persiapan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu.

Beberapa hal yang perlu kamu persiapkan adalah ketersediaan komputer yang memadai dan kabel USB yang digunakan untuk menghubungkan iPhone ke komputer.

Untuk metode kedua ini, lebih cocok digunakan terutama bagi kamu yang memiliki jaringan internet tidak stabil atau tidak memiliki jaringan internet sama sekali.

Selain itu sangat cocok pula digunakan bagi yang memiliki ruang penyimpanan iCloud sudah mencapai batas maksimalnya.

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah cara restore iPhone dengan menggunakan komputer dibawah ini:

Step 1 : Komputer Harus Dalam Kondisi Up to Date

Jika kamu menggunakan Mac dengan macOS Catalina atau lebih baru, silakan buka aplikasi Finder.

Sedangkan jika menggunakan Mac dengan macOS Mojave atau lebih lama, atau kamu menggunakan PC Windows, maka bukalah aplikasi iTunes.

Namun tetap agar dipastikan menginstal aplikasi iTunes versi terbaru jika kamu hendak menggunakannya untuk restore iPhone.

Step 2 : Sambungkan iPhone ke Komputer dengan Kabel USB

Jika setelah mentambungkan kabel USB ke komputer ada perintah untuk memasukkan kode sandi perangkat, silakan masukan kode sandi tersebut.

Step 3 : Pilih iPhone Ketika Muncul di Jendela Finder atau iTunes

Silahkan pilih iPhone ketika muncul di jendela Finder atau iTunes. Jika ternyata iPhone kamu tidak muncul atau tidak terdeteksi, harap cabut kabel USB yang terpasang.

Selanjutnya, kamu bisa memasangnya kembali, kemudian lihatlah hasilnya mungkin akan muncul pada jendela Finder atau iTunes.

Step 4 : Pilih Pulihkan Perangkat

Jika perangkat kamu sudah masuk. Cari dan pilihlah bagian untuk memulihkan perangkat iPhone. Pada kasus tertentu kamu harus klik Pulihkan kemali untuk mengonfirmasi.

Dalam proses ini, langkah yang akan kamu lewati yaitu akan menghapus semua data dan pengaturan iPhone yang telah kamu atur sebelumnya. Selanjutnya akan secara otomatis menginstal ke versi terbaru dari iOS.

Setelah iPhone kamu dipulihkan ke pengaturan pabrik, maka secara otomatis akan melakukan restart. Sekarang kamu dapat mengaturnya kembali sebagai perangkat baru untuk pengaturan baru.

Step 5 : Pilih Pulihkan dari Cadangan

Jika kamu ingin memulihkan data dan pengaturan dari cadangan komputer, pilih Pulihkan dari Cadangan. Lihatlah tanggal dari masing-masing cadangan yang tersedia kemudian pilihlah file cadangan yang menurut kamu paling relevan.

Selanjutnya klik Pulihkan lalu tunggulah beberapa saat hingga prosesnya selesai. Jika diminta untuk memasukkan kata sandi, silakan masukkan kata sandi milikmu untuk cadangan yang terenkripsi.

Step 6 : Biarkan iPhone Terhubung

Biarkan iPhone tersambung setelah melakukan restart dan tunggu hingga sinkronisasi dengan komputer berhasil. Kamu bisa memutuskan sambungan iPhone dan komputer jika proses sinkronisasi selesai.

Demikian cara restore iPhone yang bisa kamu lakukan, namun sebelumnya pastikan dulu kamu melakukan cara backup data iPhone terlebih dahulu agar lebih aman.

Related posts