Cara Mengunci Jaringan 4G Realme

Kamu mungkin belum tahu cara mengunci jaringan 4G Realme dengan cepat. Sebagian besar pengguna smartphone tersebut hanya sekadar memakai ponsel secara umum tanpa memperhatikan kuota data yang terhubung dengan perangkatnya.

Tak sedikit dari pengguna smartphone akan berpendapat bahwa mengunci sambungan internet hanya akan memperburuk keadaan karena semua orang tidak bisa lepas dari penggunaan web browser untuk beragam kegiatan sehari-hari.

Meski begitu, pemikiran tersebut tidak selalu benar lantaran cara mengunci jaringan 4G Realme terbaru punya berbagai macam kelebihan bagi kalian. Walaupun merek ponselnya masih tergolong baru di Indonesia, namun jumlah penggunanya cukup banyak dan diminati seluruh lapisan masyarakat.

Ulasan berikutnya bakal memberitahukan soal apa saja langkah yang harus dilakukan untuk merahasiakan sambungan internetnya. Kalian pun bebas bermain internet tanpa khawatir pemborosan data maupun biaya.

Cara Mengunci Jaringan 4G Realme

Cara Mengunci Jaringan 4G Realme
Mengunci Jaringan 4G Realme

Bagaimana Mengunci Jaringan 4G Realme yang Cepat dan Efektif?

Kalian pasti penasaran soal mengunci jaringan 4G dari HP Realme. Banyak orang masih sulit memecahkan persoalan ini karena mereka hanya sekadar mematikan data selulernya saja agar tidak dapat terhubung ke internet.

Meski begitu, kalian bisa merahasiakan bahkan menutup koneksi internet sekaligus sehingga tidak perlu kehabisan kuota data terlalu besar. Kamu juga berhak menggunakan 3 (tiga) metode berbeda seperti pembahasan di bawah ini, yaitu :

Mengunci Jaringan 4G Realme Lewat Settings

Metode pertama yang paling disarankan adalah lock jaringan 4G only Realme langsung lewat menu Pengaturan. Begini caranya:

  • Pertama, bukalah menu Setting atau Pengaturan dari HP Realme kalian.
  • Tekan tombol Kartu Dual SIM.
  • Pilih SIM yang kalian pakai sebagai data seluler untuk pemakaian internet sehari-hari.
  • Selanjutnya, ubahlah Jenis Jaringan yang Disukai menjadi 4G LTE supaya koneksi internetnya hanya menggunakan 4G saja.
  • HP Realme kalian telah mengunci jaringan 4G LTE untuk sambungan internet.
  • Selesai.

Mengunci Jaringan 4G Realme dengan Kode Rahasia

Ada juga, dengan cara menggunakan kode rahasia dan langsung mengetikkannya di menu Dial. Langkah-langkahnya:

  • Pertama, bukalah menu Telepon atau Call atau Dial Phone dari HP Realme kalian.
  • Masukkan kode angka *#*#4636#*#* dan tekan Call atau OK.
  • Gunakan nomor telepon atau kartu seluler yang biasa dipakai untuk jelajah internet saat menghubungi kode angka tersebut.
  • Kemudian, pilihlah Informasi Telepon.
  • Tekan tombol LTE Only.
  • Kalian harus restart HP Realme untuk memastikan koneksi internet 4G sudah terkunci secara otomatis.
  • Selesai.

Mengunci Jaringan 4G Realme dengan 4G Switcher

Bagi yang suka download dan install aplikasi, kamu juga bisa pakai 4G Switcher untuk mengunci jaringan 4G Realme kamu. Begini langkahnya:

  • Pertama, unduhlah aplikasi 4G Switcher dari Google Play Store terlebih dahulu.
  • Jalankan aplikasi tersebut seperti biasa.
  • Masuklah ke dalam aplikasinya, lalu perhatikan Menu Informasi Telepon Secara Otomatis.
  • Kemudian, pilihlah kunci 4G LTE Only.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses penguncian 4G Realme sudah berhasil.
  • Selesai.

Apabila kalian hanya menggunakan satu kartu seluler saja, maka tidak perlu memilih jenis SIM card seperti petunjuk di atas. Kalian bisa langsung memilih kartunya dan ikuti prosedurnya sampai selesai.

Jangan lupa melakukan restart setelah menyelesaikan tutorialnya, agar kalian dapat meyakini jaringan seluler 4G benar-benar terkunci. Tak bisa dipungkiri bahwa ketiga metode di atas memberikan dampak positif bagi kuota data maupun HP Realme kalian.

4 Hal Penting Sebelum Mengunci Jaringan 4G Realme yang Harus Diketahui

Walaupun prosedurnya terbilang sederhana, namun kalian tidak bisa mengunci jaringan 4G Realme sembarangan. Pasalnya, siapapun harus memperhatikan syarat-syarat wajib sebelum merahasiakan koneksi internet dari ponselnya masing-masing.

Kalian perlu mengikuti informasi pada ulasan selanjutnya untuk memperhatikan poin-poin penting yang tidak boleh dilewatkan. Syarat mutlak yang harus diperhatikan pengguna Realme sebelum mengunci jaringan selulernya adalah :

  • HP Realme kalian harus sudah mendukung koneksi internet 4G.
  • Jangan lupa memastikan kartu seluler yang dipakai sudah mendukung sambungan 4G, bila masih 3G maka bisa upgrade atau perbaruan terlebih dahulu.
  • Wilayah yang kalian tinggali telah tercover alias terjangkau dengan jaringan 4G.
  • SIM card telah terdaftar secara resmi menggunakan NIK dan Nomor KK.

Apabila semua syarat di atas sudah terpenuhi, maka kalian bisa meneruskan ke tahap selanjutnya dengan mengikuti tutorial mengunci jaringan 4G Realme seperti informasi yang dijelaskan sebelumnya. Selain itu, kalian boleh menggunakan SIM card tunggal atau ganda sesuai kebutuhan masing-masing.

Perhatikan salah satu kartu yang dipakai lantaran keduanya jarang sekali bahkan tidak pernah diterapkan secara bersamaan untuk menghubungkan dengan sambungan 4G di wilayah kalian masing-masing.

Kelebihan dan Kekurangan Mengunci Jaringan 4G Realme

Tak mustahil bahwa informasi sederhana ini punya kelebihan dan kelemahan yang harus kalian ketahui. Hal ini dikarenakan siapapun yang mengunci jaringan 4G lewat smartphone akan merasakan dampak baik dan buruk saat ponselnya digunakan.

Namun, risikonya sangat rendah dan tidak menyebabkan gadget kesayangan kalian rusak bahkan sulit akses internet seperti biasa. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian mengunci koneksi internet 4G Realme, antara lain :

Kelebihan :

  • Anti Buffering saat menonton film maupun video lewat YouTube.
  • Koneksi internet tetap kuat dan stabil.
  • Browsing maupun bermain sosial media tetap lancar.

Kekurangan : 

  • Pemakaian kuota data lebih boros.
  • Wilayah tertentu yang belum mendukung jaringan 4G LTE sulit mengakses internet dengan lancar.

Hal-hal tersebut bisa saja kalian alami setelah menonaktifkan jaringan 4G LTE dari HP Realme. Meski begitu, pemakaian internet masih bisa digunakan walau sambungan nirkabel dimatikan.

Kalian hanya perlu menyiapkan budget lebih lantaran kuota data menjadi boros dari batas normal, bahkan mencapai dua kali lipat dari biasanya. Perhatikan wilayah yang anda tempati saat ini dimana tidak semua merek kartu seluler sudah mendukung jaringan internet 4G secara lancar.

Bagaimana Cara Penggunaan Kuota Data 4G yang Dikunci dari HP Realme?

Setelah membaca cara mengunci jaringan 4G Realme di atas, kalian pasti sedikit cemas terhadap pemakaian kuota data yang boros. Kendati demikian, perkara tersebut mampu diatasi dengan mengganti kartu seluler yang mendukung jaringan internet 4G sesuai wilayah kalian masing-masing.

Namun, kalian bisa memakainya bila nomornya bagus atau terlanjur diingat banyak orang dengan menambahkan SIM card lain sebagai telepon 2 (dua) bila HP Realme kalian sudah mendukung penggunakan Dual SIM.

Kalian juga akan mendapatkan berbagai macam keuntungan dengan menonaktifkan jaringan 4G. Siapapun masih merasakan pemakaian internet secara normal, bahkan lancar seperti biasa.

Kamu bisa menonton film via website terkait maupun video dari YouTube tanpa buffering. Hal ini sangat menguntungkan karena tidak semua orang dapat merasakannya, serta sambungan internetnya tetap kuat dan stabil dalam kondisi apapun.

Kalian cukup memilih kartu seluler terbaik dengan tarif bersahabat agar tidak menghabiskan biaya terlalu besar untuk membeli paket data selama mengunci jaringan 4G yang cenderung lebih boros. Umumnya masyarakat luas akan selalu memilih SIM card yang harga paket data lebih murah sebagai kartu seluler yang jaringan 4G nya dikunci.

Hal ini bertujuan supaya mereka tidak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak saat membeli paket data. Mereka juga bisa streaming via YouTube cukup lancar, serta menjelajah internet dengan baik sesuai tempat tinggalnya saat ini.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...