Cara Cek Hp Xiaomi

  • Whatsapp

Cara cek Hp Xiaomi bekas dapat dilakukan lewat berbagai macam cara. Namun cara paling mudah ialah dengan mengecek kondisi fisik HP tersebut, apakah ada kerusakan/cacat ataukah tidak.

Akan tetapi, seringkali smartphone yang rusak tak hanya dilihat dari fisiknya saja. Kamu juga harus memeriksa hardware atau software Hp tersebut.

Read More

Ada banyak sekali pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum Kamu membeli smartphone Xiaomi seken.

Jika asal saja membelinya, tentu Kamu bisa berpotensi mendapatkan smartphone bekas dalam kondisi yang cacat/rusak.

Jika Kamu tak ingin mengalaminya, ada beberapa cara cek Hp Xiaomi bekas yang bisa Kamu coba di bawah ini!

Cara Cek Hp Xiaomi

Cara Cek Hp Xiaomi
Mengecek Hp Xiaomi

Bagi Kamu yang kebetulan baru bisa membeli HP Xiaomi bekas karena keterbatasan dana, tetap saja jangan mengesampingkan kualitas Hp tersebut sebelum fixed membelinya. Ini dia cara cek Hp Xiaomi bekas paling akurat yang bisa Kamu tiru :

1. Cek Nomor IMEI Xiaomi

Sebenarnya masih banyak yang tidak mengetahui jika Hp Xiaomi di pasaran tak semuanya resmi. Bahkan sering kita jumpai banyak Hp Xiaomi yang bergaransi distributor tapi notabene-nya sebenarnya termasuk produk non resmi.

Adapun untuk mengecek apakah Hp tersebut resmi atau bukan, Kamu bisa memeriksanya lewat nomor IMEI.

Lalu, cara termudah dalam mengecek nomor IMEI Hp Xiaomi ialah dengan cara mengetikkan kode *#06#. Kamu cukup ketikkan kode ini di menu dial up atau panggilan telepon.

Lalu, secara otomatis Kamu akan ditampilkan 2 nomor IMEI, yakni IMEI Slot SIM Card 1 dan 2. Kamu juga dapat mellihat nomor IMEI di dalam kemasan dusbook.

Terkait:  Cara Cek Masa Aktif Kartu 3

2. Cek Garansi HP

Jika sudah mengetahui kode atau nomor IMEI HP Xiaomi yang dibeli, langkah berikutnya Kamu cukup mengecek apakah HP Xiaomi milikimu bergransi resmi atau bukan.

Untuk mengeceknya sebenarnya sangat mudah, Kamu hanya perlu mengunjungi web buy.mi.co.id/id/registration. Lalu masukkan nomor IMEI di kolom yang telah tersedia.

Jika Hp Xiaomi yang Kamu beli bergaransi resmi, biasanya akan tampak dari informasi negara yang membeli HP tersebut dan bertuliskan Indonesia. Dari situs web di atas, Kamu juga dapat mengetahui waktu produksi dan aktivasi Hp Xiaomi.

Selain itu, perlu Kamu ketahui bahwa pada Hp Xiaomi bergaransi resmi biasanya mempunyai dusbook berlogo TAM. Sementara Hp non resmi biasanya akan berlogo Bless, bisa juga logo distributor lainnya.

3. Cek Kondisi Layar dan Hardware

Hal yang tak kalah penting saat Kamu hendak membeli ponsel Xiaomi bekas ialah dengan mengecek kondisi hardware dan layarnya. Cara mengecek kondisi hardware Hp Xiaomi sebenarnya cukup mudah, sebab Kamu hanya cukup mengakses kode unik/rahasia dari Xiaomi lewat menu dial up. Adapun kodenya ialah *#*=64663#*#*.

Hanya dengan mengetikkan kode tersebut, Kamu akan langsung memasuki menu untuk test hardware, mulai dari suara, sensor, fungsi layar, getar, dan pengujian lainnya.

Adpaun untuk pengecekan kondisi layar sendiri bisa pilih menu display dan touch sensor. Di samping itu, Kamu juga dapat mengecek semua kondisi yang berkaitan dengan hardware dengan mengetikkan kode rahasia di atas.

4. Cek Kondisi Software

Sebenarnya membeli smartphone Xiaomi bergaransi distributor atau non resmi sah-sah saja. Namun sayangnya Kamu tidak bisa melakukan klaim garansi di pusat pelayanan Xiaomi resmi jika terjadi kerusakan.

Kekurangan lainnya ialah dari software. Karena kebanyakan Hp Xiaomi bergaransi distributor tidak dapat melakukan update software mengingat OS yang dipakainya memang telah dimodifikasi pihak distributor itu sendiri.

Terkait:  Cara Hapus Akun Google Play Store

Ketika hendak membeli ponsel Xiaomi bekas, Kamu harus mengecek versi firmware atau software, apakah dapat di update ataukah tidak.

Jika ternyata tak bisa di update, besar kemungkinan Hp Xiaomi yang Kamu beli bergaransi distributor.

Hal tersebut biasanya terjadi pada smartphone Xiaomi asal China yang dijual di Indonesia. Akan tetapi, biasanya pada versi globalnya sendiri tetap dapat memperoleh update software dengan berkala.

5. Cek Kondisi Baterai

Baterai merupakan masalah yang kerap terjadi ketika membeli Hp Xiaomi seken. Kebanyakan orang yang membeli ponsel Xiaomi bekas, kondisi baterainya tidak bagus lagi sehingga menjadi cepat habis dan boros.

Cara cek Hp Xiaomi untuk mengetahui kondisi baterainya sendiri dapat dilihat dari menu setelan, lalu pilih Baterai dan Performa.

Dalam menu tersebut biasanya sudah tersedia fitur tertentu untuk melihat pemakaian Daya Baterai. Kamu bisa klik fitur itu, dan perhatikan riwayat penggunaan baterai Hp, apakah terbilang normal atau justru tidak normal.

6. Cek Kondisi Fisik

Cara Cek Hp Xiaomi
Cek Fisik Hp Xiaomi

Cara cek Hp Xiaomi bekas berikutnya ialah dengan mengecek tampilan dan kondisi fisiknya. Kamu bisa perhatikan di setiap bagian HP, apakah ada lecet atau bahkan terjadi cacat.

Di samping itu, perhatikan bagian layar Hp. Bisa jadi layarnya tergores atau pecah. Jika ternyata ada layar yang pecah, kemungkinan besar Hp tersebut pernah terbentur atau terjatuh sebelumnya.

Adapun untuk mengecek apakah Hp pernah dibongkar sebelumnya atau tidak, Kamu juga dapat melihat tampilan fisiknya. Hp yang sudah pernah dibongkar biasanya akan terlihat bekas lem di samping layar.

Tidak hanya itu, terkadang tampak ada rongga pada bagian casing sebagai bukti jika HP tersebut pernah dibongkar.

7. Cek Kondisi Kamera

Kamera juga merupakan bagian terpenting yang tidak luput dari proses pengecekan Hp bekas, termasuk Xiaomi.

Terkait:  Cara Cek Kuota 3 AON

Pastikan kamera Xiaomi yang Kamu incar tidak terdapat lecet di bagian lensa, sebab nantinya bisa berpengaruh pada kualitas video dan foto yang diambil.

Kamu juga dapat menguji fungsi kamera secara langsung agar memastikan kualitasnya.

8. Cek Fungsi Tombol

Kamu juga bisa mengecek fungsi dari setiap tombol yang terdapat pada Hp, seperti tombol sidik jari, tombol volume, maupun power.

Pastikan semua tombol berfungsi dengan baik dan masih terasa nyaman dipakai.

9. Cek Speaker

Di samping cara-cara di atas, Kamu juga harus mengecek keadaan speaker  Hp. Pastikan suaranya tidak cempreng dan masih bagus.

Untuk melakukan pengecekan kondisi speaker Hp ini, Kamu bisa memakai kode rahasia dari Xiaomi di *#*#64663#*.

10. Cek Melalui QR Code Mi Verification

Cara cek Hp Xiaomi ini bisa dilakukan untuk Hp baru atau bekas. Metode ini digunakna untuk melakukan verifikasi keaslian Hp Xiaomi-mu lewat QR Core Mi Verification, adapun caranya sebagai berikut :

  • Hal yang dilakukan pertama kali ialah dengan membuka link http://jd.mi.com, selanjutnya Kamu diminta memindai bar code atau kode batang lewat aplikasi Mi Verification.
  • Langkah berikutnya download Mi Verification lalu instal di Hp Xiaomi-mu.
  • Setelah itu, pindai kode QR Hp Xiaomi di box pembelian.
  • Lalu, aplikasi ini akan mengecek Hp Xiaomi-mu serta dapat menampilkan hasil pengujian di layar.
  • UPDATE 2020: website jd.mi.com sudah tidak dapat digunakan lagi. Jadi, kamu harus pakai metode lainnya diatas untuk mengecek ponsel Xiaomi ya.

Nah, itulah panduan cara cek Hp Xiaomi seken yang harus Kamu lakukan terlebih dahulu sebelum membeli atau bisa juga sesudah membeli smartphone Xiaomi. Dengan menggunakan cara di atas, dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada Hp Xiaomi-mu!

Related posts