Cara Instal Printer

Saat membeli printer baru, yang harus Kamu lakukan pertama kali adalah menginstal printer. Oleh sebab itu, Kamu harus tahu cara instal printer dengan benar. Tak hanya saat pembelian printer baru saja, tetapi proses instalasi juga berlaku saat perangkat komputer milikmu diinstal ulang. Adapun yang harus diinstal di sini adalah driver printer.

Apa Itu Driver Printer?

Perangkat printer bisa dikatakan portable, karena dapat dibawa kemanapun, dan Kamu bisa menghubungkannya ke komputer dengan mudah. Fungsi driver printer itu sendiri agar semua komponen yang terdapat pada printer dapat terdeteksi dengan mudah di komputer. Selain itu, membuat sistem dan hardware saling bekerja satu sama lain dalam proses pencetakan doklumen.

Tanpa adanya driver, maka perangkat printer tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya meskipun dalam kondisi menyala. Setiap produk printer, baik itu merk Brother, Epson, Canon atau yang lainnya tentu saja memiliki driver printer tersendiri.

Cara Instal Printer

Cara Instal Printer
Tutorial Instal Printer

Tutorial Instal Printer Melalui Driver

Ada beberapa langkah yang harus Kamu lakukan untuk menginstal printer di laptop atau PC. Misalnya saja, Kamu baru membeli sebuah printer, maka ada beberapa panduan cara instal printer yang harus Kamu ikuti di bawah ini :

1. Mempersiapkan Printer

Langkah pertama yang harus dipersiapkan yaitu printer yang akan Kamu instal berikut perangkat PC atau komputer. Silahkan hubungkan printer memakai kabel power, lalu nyalakan. Kemudian tunggu beberapa waktu sampai posisi printer berubah statusnya menjadi stand by.

Waktu yang Kamu butuhkan sampai printer dalam posisi stan by kurang lebih beberapa menit saja, ciri-cirinya yaitu kedipan lampu indikatornya lebih stabil. Sementara jika printernya memiliki layar LED, Kamu cukup mengecek lampu LED-nya saja.

Terkait:  Cara Install Android Studio

2. Sambungkan Printer ke Perangkat PC

Cara instal printer selanjutnya, jika printer Kamu posisinya sudah stand by, Kamu cukup menghubungkan perangkat printer ke PC/laptop/komputer. Untuk menyambungkannya, Kamu bisa memakai kabel USB printer yang biasanya sudah tersedia dalam paket pembelian. Adapun salah satu bagian portnya berbentuk kotak.

Setelah disambungkan, perangkat PC selanjutnya akan mendeteksi jika ada sambungan ke hardware baru. Selain itu juga, ditandai oleh adanya bunyi notifikasi. Setelah muncul jendela notifikasi printer dimuat, Kamu hanya perlu membiarkannya sampai tanda centang berwarna hijau muncul di jendela tersebut.

3. Akses Control Panel dan Add Printer

Cara instal printer berikutnya add printer lewat Control Panel. Sebenarnya metode ini bersifat opsional, namun alangkah baiknya Kamu tetap melakukannya, dengan alasan meminimalisir terjadinya proses failed ketika menginstal. Simak caranya :

  • Jika printer sudah benar-benar tersambung, silahkan buka settings.
  • Lalu masuk ke dalam opsi devices.
  • Setelah itu, pilih ‘Add printer or scanners’.
  • Silahkan tunggu beberapa lama sampai muncul notifikasi printer terhubung.
  • Selanjutnya, ikuti panduan berikutnya. Bisa juga lanjut dengan cara manual di bawah ini.
  • Ketuk opsi ‘The printer that i want isn’t listed’  
  • Setelah itu, pada jendela baru, ketuk pilihan bertuliskan ‘My printer is a little older….’
  • Secara otomatis, sistem akan mencari aplikasi tambahan perangkat printer.

4. Lakukan Instal Driver

Jika langkah cara instal printer di atas sudah selesai, cukup melanjutkan proses berikutnya, yaitu melakukan instal driver. Kamu bisa menemukan driver printer pada dua tempat. Tempat yang pertama yaitu lewat DVD driver, atau CD bawaaan dari printer yang menyediakan semua data printer di dalamnya, termasuk driver.

Sementara jika tidak ada drivernya, Kamu bisa mengakses web resmi. Sebab tidak semua perangkat printer baru menyediakan DVD driver, biasanya hal tersebut menyesuaikan spek laptop dan komputer versi terbaru. Dimana pemakaian DVD driver saat ini memang sudah ditinggalkan.

Terkait:  Cara Install Photoshop CS6

Untuk menginstal driver printer, Kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut :

  • Biasanya bentuk driver yang diunduh adalah file kompres. Jadi sebaiknya ekstrak dulu menggunakan Winrar maupun aplikasi sejenis. Sementara itu untuk DVD sendiri, Kamu hanya perlu memasukkannya ke dalam driver laptop atau Komputer.
  • Langkah berikutnya, buka setup.exe, bisa juga nama lainnya yang berekstensi .exe.
  • Setelah itu, akan muncul opsi jendela baru. Tekan next setiap kali muncul perintah, sampai muncul tombol bertuliskan ‘install’. Ketuk tombol tersebut.
  • Kemudian tunggu sampai proses instal selesai dan tekan finish.

Kamu hanya perlu menunggu sistem dapat mendeteksi printer dan terhubung. Biasanya ditandai oleh proses loading sampai beberapa waktu. Silahkan tunggu hingga selesai.

Jika sudah, silahkan restart komputer. Setelah itu, Kamu tinggal menghubungkan printer dan bisa melihat perangkat printer terhubung sebagai tanda bahwa printer siap digunakan.

5. Memakai Printer

Jika semua cara instal printer di atas sudah selesai dilakkan, Kamu hanya perlu memakai printernya saja. Kamu bisa menggunakan printer tersebut baik untuk mencetak dokumen, scan dokumen, hingga fotokopi, tergantung spek printer yang Kamu miliki.

Untuk mengecek apakah printer berfungsi dengan baik ataukah tidak, Kamu bisa menggunakannya untuk mencetak terlebih dahulu. Silahkan coba uji cetak dokumen memakai Microsoft Word maupun sejenisnya. Kamu juga bisa melakukan uji coba mencetak dokumen berwarna.

Tutorial Instal Wireless Printer

Selain cara instal printer biasa menggunakan driver dengan kabel USB di atas, Kamu juga bisa mencoba cara instal printer wireless. Berkembangnya teknologi digital juga berpengaruh pada produksi printer saat ini. Saat ini sudah ada produk printer wireless, yang memungkinkanmu bisa menghubungkan printer ke perangkat PC atau laptop tanpa kabel.

Terkait:  Cara Install Google Meet di Laptop

Untuk menghubungkan wireless printer bisa menggunakan sinyal Wifi secara personal. Kelebihan wireless printer ini yaitu Kamu bisa mencetak dari berbagai perangkat. Bahkan menariknya, bisa langsung mencetak lewat perangkat hp.

Cara instal printer wireless ini sebenarnya hampir sama seperti printer pada umumnya. Namun, supaya jaringan dapat mendeteksi printer secara maksimal, Kamu harus mencoba langkah-langkah berikut :

  • Silahkan instal driver printer seperti biasa, pakai DVD Driver atau unduh drivernya lewat web resmi merk printer yang Kamu pakai.
  • Kamu bisa memakai LCD printer, dengan masuk ke dalam pengaturan Wireless.
  • Selanjutnya, cukup memilih jaringan SSID pada wifi yang aktif di tempatmu berada. Hubungkan jaringan wifi ke dalam printer dan komputer. Masukkan password-nya bila ada, dan pastikan benar-benar tersambung.
  • Setelah itu, lakukan cetak dokumen. Caranya buka Microsoft Word, jika file yang akan dicetak dalam bentuk Word. Lalu tekan, kombinasi Ctrl+P pada keyboard. Selanjutnya pada jendela printer, Kamu akan melihat status printer apakah telah terdeteksi oleh perangkat atau belum.
  • Jika telah terdeteksi, maka Kamu tinggal menggunakan printer tersebut untuk mencetak dokumen. Namun jika belum, kemungkinan ada langkah-langkah yang terlewat atau ada kesalahan saat proses instalasi.

Apabila masih belum terdeteksi, Kamu bisa mengulangi langkah-langkah di atas kembali dengan benar. Ingat, jangan sampai terlewat!

Diantara printer konvensional dan printer wireless keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sementara itu, cara instal printer untuk tipe keduanya bisa dilakukan dengan cara yang sama.

 

Related posts