Cara Insert PDF ke Word

Format dokumen dalam bentuk PDF dan Word banyak disukai, dan keduanya memiliki ciri khas tersendiri. Dokumen dalam bentuk Ms. Word misalnya, lebih disukai karena menawarkan kemudahan dalam hal editing, sehingga pengguna bisa mengedit isi file Word tanpa repot. Sementara itu, PDF merupakan format file yang bersifat private sehingga tidak mudah diedit oleh penggunanya. Namun mungkin ada pengguna yang kesulitan mencari cara insert PDF ke Word.

Insert PDF ke Word adalah salah satu fitur yang tersedia di Word, hanya saja tidak semua orang bisa menggunakan fitur ini dengan baik. Fitur ini memungkinkan Kamu dapat menyisipkan file berbentuk PDF ke dokumen Word baik secara keseluruhan, maupun sebagai objek.

Cara Insert PDF ke Word

Cara Insert PDF ke Word
Tutorial Insert PDF ke Word

Tutorial Insert PDF ke Word Mudah

Untuk memasukkan berkas PDF ke Word, ada beberapa cara insert PDF ke Word yang bisa Kamu coba. Cara berikut ini bisa digunakan pada Ms Word versi 2019, 2016, 2013, 2010, hingga Ms. Office 365.

1. Tutorial Insert PDF ke Word Dengan Insert Object Tool

Sebaiknya install Adobe Reader atau Acrobat agar Kamu bisa membaca atau melihat dokumen berbentuk PDF terlebih dahulu. Selain itu, Kamu harus tahu bahwa Kamu tak dapat sembarangan memasukkan dokumen PDF ke Word jika dokumen PDF tersebut memakai password. Ini dia cara insert PDF ke Word memakai Insert Object Tools :

  • Silahkan buka Microsoft Word di perangkat PC Kamu.
  • Pilih ‘Sisipkan’ di sebelah kiri bagian atas pada layar Ms. Word.
  • Tekan ‘Objek’ di sebelah kanan atas pada layar.
  • Setelah itu, di dalam menu pop up, silahkan tekan ‘Buat’ pada File.
  •  Tekan ‘browse’ kemudian telusuri file atau berkas PDF untuk Kamu masukkan ke Word.
  • Jika sudah menemukan berkasnya, silahkan pilih file kemudian tekan ‘Buka’.
  • Tekan ‘Ok’.
  • Kini berkas PDF pun akan ditambahkan pada Ms. Word secara otomatis.
Terkait:  Cara Convert Excel ke PDF

2.   Tutorial Insert PDF ke Word Untuk Dijadikan Sebuah Gambar

Kamu bisa memakai konverter PDF secara online dalam cara insert PDF ke Word. Ada banyak pilihan konverter PDF yang dapat Kamu temukan secara gratis di internet. Konverter tersebut selanjutnya dipakai untuk mengubah file menjadi gambar, kemudian menyisipkannya ke berkas Word.

Diantara konverter PDF online yang tersedia, Kamu tinggal memilih konverter yang dapat support format gambar, seperti PNG atau JPG, salah satunya ialah SmallPDF. Namun selain SmallPDF, Kamu bisa memilih konverter lainnya juga ya!

Berikut beberapa langkah cara insert PDF ke Word memakai konverter SmallPDF :

  • Masuk ke dalam program konverter online di link smallpdf.com, lalu tekan opsi PDF ke JPG. Opsi ini bertujuan untuk mengubah berkas PDF ke dalam bentuk gambar format JPG terlebih dahulu.
  • Jika sudah, tekan ‘File’ dan unggah file PDF yang akan Kamu konversikan.
  • Selanjutnya, program konverter akan langsung mengubah file PDF ke dalam bentuk gambar. Jika sudah selesai, silahkan tekan opsi Ekstrak Gambar Tunggal maupun Konversi semua halaman. Selanjutnya tinggal tekan pilih opsi saja.

Selamat, kini file Kamu sedang dikonversi ke dalam bentuk format JPG. Untuk selanjutnya, Kamu bisa mengunduh file tersebut.

Jika sudah, Kamu bisa mengklik ‘Download File’ ke format ZIP. Tak hanya itu saja, Kamu juga bisa mengunduh satu  demi satu gambar untuk berkas PDF yang terdiri dari beberapa halaman.

Kamu bisa membuka folder unduhan di perangkat komputer milikmu, lalu klik kanan berkas yang baru diunduh, serta tekan ‘Extract All’. Setelah itu, Kamu bisa membuka berkas Word kemudian tekan tab insert pada bilah menu.

Pilih file gambar dan buka kotak yang bertuliskan insert picture, lalu cari berkas JPG yang telah diekstrak pada folder ZIP sebelumnya. Kamu tinggal mengklik insert jika ingin memasukkan gambar tersebut ke dalam Word. Selain itu, Kamu bisa mengedit file tadi menyesuaikan aliran teks yang terdapat dalam dokumen Word.

Terkait:  Cara Ekspor File PDF ke Word

3. Tutorial Insert PDF Menjadi Gambar Statis

Cara insert PDF ke Word selanjutnya yaitu Kamu bisa mengubah file PDF ke dalam gambar statis. Untuk selanjutnya, Kamu bisa melampirkannya pada berkas Word milikmu. Hanya saja pada metode ini, file PDF tidak bisa diedit.

Jika ingin melakukan cara ini, Kamu perlu aplikasi yang bisa mengubah file PDF ke dalam format JPG. Namun jika berkas PDF tersebut hanya ada 1 halaman saja, Kamu bisa mengambil kontennya memakai Windows Snipping alternatif atau bawaan. Lalu simpan ke dalam bentuk file JPG pada lokasi yang bisa Kamu temukan, baru setelahnya masukkan ke berkas Word.

  • Ketuk ‘Insert’ dari bilah menu di Word.
  • Selanjutnya tekan ‘Pictures’ dan buka kotak bertuliskan ‘Insert Pictures’.
  • Setelah itu, cari file JPG tempat Kamu menyimpannya terakhir kali.
  • Lalu tekan insert dan sisipkan gambar pada berkas Word Kamu.

Cara ini bisa bermanfaat untuk Ms Word versi lama serta pada Ms Word yang tak mempunyai fitur untuk insert PDF.

4. Insert PDF ke Word Memakai Linked Objek

Dalam metode ini berkas PDF lengkap dimasukkan ke Word dalam bentuk objek yang mempunyai link. Hanya saja, file tersebut nantinya muncul hanya sebagai halaman awal berkas yang di link pada file sumber.

Kamu bisa memilih opsi untuk menampilkannya dalam bentuk ikon dan bukan preview file. Kamu bisa membuka file tersebut jika sudah memilih pratinjau atau ikon.

Dimana setiap perubahan file PDF yang asli, nantinya akan terlihat pada berkas Word. Ini dia langkah cara insert PDF ke Word yang bisa Kamu coba :

  • Silahkan buka dokumen Ms Word, lalu letakkan kursor sesuai tempat yang akan Kamu sisipkan berkas PDF dalam bentuk objek yang akan di link.
  • Jika sudah, ketuk tab insert di bilah menu. Tepat di bagian bawah pada Grup Teks, tekan objek. Silahkan pilih ‘Buat’ pada file tab dalam kolom dialog objek.
  • Selanjutnya, tekan browse kemudian pilih berkas PDF yang akan dimasukkan.
  • Lalu tekan ‘link to file’ dan Kamu bisa menginputkan pintasan.
  • Tekan ‘Display as icon’ apabila kamu ingin memasukkan berkas tersebut sebagai ikon dan bukan preview. Selain itu, Kamu juga bisa memperlihatkannya memakai ikon berbeda. Caranya ketuk change icon, lalu tekan browse dan pilih ikon. Setelah itu, tekan OK atau Enter.
  • Ketuk Ok jika ingin menambahkan pintasan berkas PDF ke dalam dokumen Word.
Terkait:  Cara Ngeprint PDF

5. Insert PDF ke Word Memakai Versi Lengkap Adobe

Kamu bisa mengimport file PDF ke dalam Word, kemudian memangkas langkah-langkah di atas apabila memakai versi Adobe lebih lengkap. Dimana program ini sebenarnya mempunyai koverter bawaan dan bisa Kamu pakai untuk mengimpor atau menyisipkan PDF lalu mengubahnya ke dalam file Word.

File yang akan Kamu konversi mempunyai kualitas lebih tinggi, serta mempunyai format lebih baik ketimbang konversi PDF ke Word memakai Ms Word 2016 dan Ms Word 2013.

  • Silahkan buka aplikasi Adobe Acrobat, kemudian tekan Ekspor PDF.
  • Kemudian pilih opsi format yang akan dikonversikan ke dalam berkas Word, lalu tekan Ekspor.
  • Kamu bisa menyisipkan file yang diubah ke dokumen Word dengan cara tekan insert -> objek -> create from file -> browse. Lalu cari Word yang diubah dari Acrobat di perangkatmu.
  • Apabila Kamu lebih menyukai menyisipkan file dalam bentuk gambar, Kamu bisa membukanya pada aplikasi Adobe Acrobat. Kemudian tekan Save As lalu pilih format sesuai kebutuhan, apakah TIFF, JPEG, PNG atau yang lainnya.

Biasanya akrobat langsung mengubah tiap-tiap halaman ke dalam bentuk file gambar untuk dimasukkan ke dokumen Word.

Diantara semua metode cara insert PDF ke Word di atas, sebenarnya memakai Adobe Acrobat versi lengkap adalah metode teraman untuk file dokumen Kamu. Apalagi jika dibandingkan memakai konverter PDF secara online, khususnya pada dokumen-dokumen tertentu yang bersifat rahasia. Hanya saja, Kamu harus membayar versi Acrobat lengkapnya!

Related posts