Cara Mengunci Aplikasi di HP Realme C2

Cara mengunci aplikasi di HP Realme C2 menjadi hal unik saat ini. Kalian sebagai pengguna brand ponsel terbaru di Indonesia itu mungkin belum mengetahuinya. Bagaimana tidak, para pemilik gadget merek Realme selalu menilainya sama seperti brand smartphone lain.

Tak menutup kemungkinan bila mereka punya banyak alasan untuk mengunci aplikasinya. Bahkan, sebagian besar aplikasinya adalah platform besar seperti WhatsApp dan Facebook. Tujuannya adalah meningkatkan keamanan dari jari-jari yang tidak bertanggung jawab.

Kamu mungkin berpikir cara mengunci aplikasi di HP Realme C2 tidak mudah. Banyak orang mengira untuk melakukannya harus melibatkan aplikasi tambahan. Pemikiran tersebut salah lantaran kamu bisa menguncinya tanpa mengunduh perangkat tertentu.

Hal ini tentu saja menyenangkan dan dapat dilakukan dengan cepat. Kalian juga tidak perlu menghabiskan baterai maupun memori untuk menyelesaikannya. Tak hanya itu, kamu pun cukup meluangkan waktu selama lima menit saja.

Tak bisa dipungkiri bahwa cara mengunci aplikasi di HP Realme C2 yang baik sudah canggih. Kamu dapat menentukan metode pilihan untuk membuka aplikasi yang sudah dikunci. Selain itu, banyak orang mulai mengandalkan opsi face lock atau finger print untuk membukanya.

Hal ini semakin meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi kalian sebagai penggunanya. Kamu bakal mengetahuinya dengan mengikuti panduan selanjutnya untuk mengunci aplikasi di HP Realme C2 berikut.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Realme C2

Cara Mengunci Aplikasi di HP Realme C2
Mengunci Aplikasi di HP Realme C2

Jangan pernah menilai bahwa mengunci aplikasi pada Realme C2 adalah hal sulit. Kamu bisa membuktikannya dengan mengikuti tutorial berikut yang memberi kemudahan atas itu. Kalian juga dapat mengunci aplikasinya tanpa bantuan software apapun.

Meski begitu, kamu cukup memberikan sedikit opsi tambahan untuk memperkuat kunci aplikasinya. Hal ini bertujuan supaya datanya bisa dirahasiakan. Beberapa hal yang harus kalian lakukan antara lain :

Mengunci Aplikasi di HP Realme C2 Paling Mudah

  • Pertama, bukalah menu “Setting” atau “pengaturan” pada HP Realme C2 kalian.
  • Geser ke bawah dan pilih opsi “Security” atau “Keamanan”.
  • Berikutnya, kamu bisa memilih menu “Enkripsi Apli” pada menu keamanan yang sudah ditekan sebelumnya.
  • Kamu harus memasukkan 6 digit kode, serta pilihlah beberapa aplikasi yang bakal dikunci.
  • Terakhir, kalian perlu mengaktifkan opsi “Verifikasi Kode Sandi” sebelum aplikasi pilihan benar-benar terkunci.

Walaupun terkesan sederhana, namun informasi di atas sangat penting. Hal ini bertujuan supaya data penting kalian tidak bisa dicuri orang lain. Tutorial ini dianggap paling cepat dan masih digunakan sebagian besar pengguna HP Realme C2.

Aplikasi pilihan bakal dikunci otomatis dan bisa dibuka sesuai digit kode yang dimasukkan. Jangan pernah membagikan informasinya kepada siapapun demi pribadi kamu. Hal itu dapat mencegah timbulnya peretasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.Cara Mengunci Aplikasi di HP Realme C2

Mengunci Aplikasi di HP Realme C2 yang Belum Diketahui

Kamu bukan hanya mengikuti prosedur resmi seperti informasi di atas. Ulasan berikutnya akan memberitahu soal cara mengunci aplikasi di HP Realme C2 dan 2 Pro. Hal ini sangat menarik lantaran bisa diterapkan pada tipe lain.

Bahkan, mereka yang memakai series 1 sampai 3 Pro HP Realme dapat menerapkan tutorial berikut. Kamu juga bisa melindungi aplikasi pilihan dengan aman dan benar. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :

  • Pertama, masuklah ke menu “Pengaturan” dan bukalah menu “Keamanan”.
  • Kamu harus menggeser layar ke bawah dan pilihlah menu “App Lock” alias “Kunci Aplikasi”.
  • Selanjutnya, kalian akan melihat tampilan pembuatan PIN dan password. Kamu bisa memasukkan 6 angka untuk mengunci beberapa aplikasi pilihan.
  • Langkah berikutnya adalah melihat halaman daftar aplikasi yang telah terpasang. Jangan lupa untuk menekan tanda centang yang bakal dipilih untuk dikunci.
  • Kalian harus mengaktifkan layanan “Enable Passcode Verification” pada tahap selanjutnya. Kamu bakal melihat opsi untuk menyembunyikan aplikasi atau tidak dari layar depan HP Realme C2.
  • Apabila kalian ingin merahasiakan aplikasi yang sudah dikunci, maka bisa memilih opsi “Hide Homescreen Icon” dengan menekan logo aplikasi pilihannya.

Tutorial mengunci aplikasi untuk beberapa tipe HP Realme di atas sangat mudah, kan? Kamu bisa mempraktikannya pada Realme series 1 hingga 3 Pro dengan memakai panduan yang sama. Kendati demikian, kalian tidak perlu menyembunyikan aplikasi bila sudah terkunci secara otomatis.

Kamu bisa melakukannya bila PIN atau passcode diketahui orang lain supaya tidak bisa dibuka tanpa permisi. Hal ini terbukti efektif dan tidak boleh diketahui siapa saja selain pemilik ponselnya.

Cara Menampilkan Aplikasi yang Terkunci di HP Realme C2 

Apakah kamu sudah mengetahui tutorial mengunci aplikasi di HP Realme C2? Jawabannya pasti sudah, namun kalian bisa saja menyembunyikannya dari layar utama. Hal ini diketahui lewat menghilangnya beberapa icon atau logo yang berada pada halaman depan.

Akan tetapi, sebagian besar pengguna melakukannya karena passcode diketahui orang lain. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan jejak riwayat pemakaian aplikasi, serta mencegah penelusuran terhadap koten atau media tertentu.

Kalian bisa menampilkan kembali aplikasinya dengan cepat dan mudah. Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuka menu telepon terlebih dahulu. Kemudian, tampilannya akan terbuka otomatis dan dialpad. Kamu bisa mengetik passcode sebanyak enam digit yang telah dibuat sebelumnya pada layanan Lock App.

Terakhir, aplikasi tersembunyi akan muncul pada halaman awal HP Realme C2 kalian. Kamu bisa mengganti passcode dengan mengikuti prosedur seperti di atas.

Bagaimana Menggunakan Aplikasi yang Terkunci di HP Realme C2 dengan Baik?

Cara mengunci aplikasi di HP Realme C2 terbaru sangat mudah dilakukan. Kalian bisa memilih salah satu bahkan kedua prosedur di atas untuk dipraktikkan. Sebagian besar dari mereka selaku pengguna ponselnya masih saja lalai terhadap hal tertentu.

Pasalnya, banyak orang sibuk mengatur fitur kunci aplikasi namun lengah terhadap passcode nya. Hal ini membuat siapa saja mengetahui kode rahasianya sehingga aplikasinya dapat dibuka dan datanya dicuri.

Jangan pernah menilai bahwa aplikasi yang dikunci sudah aman. Hal ini dikarenakan kalian tidak boleh membagikan kode rahasia kepada siapapun. Kerahasiaan data aplikasi seperti sosial media sangat penting diperhatikan pada era digital saat ini.

Tak bisa dipungkiri bahwa identitas kamu akan dipalsukan atau dipakai orang tidak bertanggung jawab. Risiko fatal tersebut biasanya diakibatkan penyebaran kode yang cepat. Bahkan, kalian mungkin membuat passcode yang mudah dilacak siapa saja.

Oleh sebab itu, perhatikanlah lingkungan sekitar sebelum mengunci aplikasi. Kamu bisa melakukannya saat berada di kamar sendirian. Rahasia penting untuk menghindari pencurian data aplikasinya adalah tidak pernah membuat passcode umum.

Contohnya adalah tanggal lahir, tanggal pernikahan dan lainnya. Sebab, orang terdekat kalian bisa saja menghafal momen tertentu dan memprediksi kode sesuai tanggal itu. Hal ini membuat aplikasi yang dikunci akan terbuka secara otomatis dan riwayat pemakaiannya dilihat siapapun.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...