Cara Instal Ulang Hp Samsung

Apakah hp Samsung Kamu sering hang atau mengalami bootloop? Atau mungkin sering melakukan restart ulang sendiri? Jika semua hal ini Kamu alami, maka sudah saatnya Kamu harus menginstal ulang hpmu. Namun, bagaimana cara instal ulang hp Samsung?

Hp Samsung memiliki berbagai kelebihan sebagai salah satu hp yang kokoh dan tahan lama. Meskipun kualitas dan speknya tak jauh berbeda dari kompetitor kuatnya, iPhone, tetap saja perangkat Samsung tak luput dari masalah bootloop atau ‘ngehang’.

Kapan Hp Samsung Harus di Instal Ulang?

Untuk menjawab rasa penasaranmu selama ini, ada beberapa kondisi yang mengharuskan Kamu untuk segera menginstal ulang hp Samsung. Berikut kondisi tersebut :

1. Selalu Restart Sendiri

Ponsel android yang melakukan restart sendiri secara tiba-tiba dan sering terjadi, maka solusinya harus melakukan reset factory. Akan tetapi jika sesudah di reset tetapi tetap bermasalah, dengan kondisi mesin tidak mengalami overheat, dan kondisi baterai masih bagus. Dengan begitu solusi terakhir harus reinstall dan flashing ulang hp karena kemungkinan file sistem pada hp sudah rusak.

2. Mengalami Trouble Pasca Reset

Saat perangkat android Kamu bermasalah, padahal Kamu telah melakukan reset tapi tetap saja mengalami kegagalan. Bahkan tidak memperbaiki masalah yang ada, sehingga pilihan instal ulang hp adalah solusi paling tepat.

Terkait:  Cara Download Tema Samsung Gratis

Meskipun pedoman awal sudah dilakukan, dimana ketika terjadi masalah pada sistem dan saat sistem dilakukan reset factory, namun tetap tidak berubah. Kamu pun harus melakukan instal ulang dan flash firmware.

3. Beberapa Aplikasi Error

Ketika perangkat Samsung mulai memperlihatkan masalah saat menjalankan aplikasi. Bahkan beberapa aplikasi mengalami hal serupa, baik itu terkadang menutup sendiri, sering mengalami macet, hingga tidak dapat dibuka. Langkah awal yang bisa Kamu lakukan adalah melakukan reset hp.

Ketika reset factory pada perangkat juga tidak mempan, untuk mengatasinya Kamu bisa melakukan flashing ulang hp Kamu.

4. Mengalami Bootloop

Kondisi hanya menampilkan logo di ponsel Samsung atau android lainnya umumnya terjadi ketika hp mengalami kerusakan pada file sistem. Langkah awal yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan bootloop perangkat android ini, bisa dilakukan dengan cara reset melalui recovery mode.

Jika dengan metode recovery mode ternyata kondisinya masih tidak berubah, maka flashing ulang dapat dijadikan sebagai opsi terakhir.

5. Ada Beberapa Menu dan Fungsi Error

Saat mengatasi persoalan error yang terjadi pada beberapa fungsi maupun menu di perangkat android, misalnya saja ketika layar masih dalam kondisi baik. Tapi ketika disentuh menjadi tidak fokus, selain itu kondisi lainnya ada menu yang hilang pada menu pengaturan, maka dapat melakukan reset terlebih dahulu.

Akan tetapi, jika ternyata setelah direset tetap bermasalah, seharusnya firmware pada perangkat android perlu dilakukan flashing supaya normal kembali.

6. Perangkat Hp Matot

Kondisi mati total atau matot, serta perangkat tidak dapat dinyalakan memakai tombol power, meskipun baterai dalam kondisi yang baik, ini artinya hp Kamu harus diinstal ulang. Adapun instal ulang yang dimaksud ialah melakukan flashing ulang pada firmware.

Sebenarnya diantara beberapa permasalahan perangkat hp di atas dapat dilakukan dengan melakukan flashing firmware dengan tepat. Selain itu, pastikan pula dikerjakan oleh ahlinya atau yang sudah berpengalaman. Sebab jika hanya untuk coba-coba, bisa membuat hp justru mati total. Hal tersebut dikarenakan proses firmware atau flashing yang tidak cocok.

Terkait:  Cara Klaim Garansi Samsung

Cara Instal Ulang Hp Samsung

Cara Instal Ulang Hp Samsung
Tutorial Instal Ulang (Flashing) Hp Samsung

Tutorial Instal Ulang (Flashing) Hp Samsung

Setelah Kamu mengetahui kapan waktu yang tepat hp dilakukan instal ulang, maka ada beberapa langkah cara instal ulang hp Samsung atau flashing ulang yang dapat dilakukan. Berikut ini ulasannya :

  • Persiapkan Custom ROM untuk dilakukan flashing. Kamu bisa memperoleh Custom ROM melalui berbagai macam tool yang ada di android.imyfone.com.
  • Selanjutnya, Kamu bisa memindahkan Custom ROM file tersebut ke dalam SD Card, kemudian buat folder yang baru sebagai tempat penyimpanan file tersebut (Custom ROM).
  • Silahkan matikan perangkat Samsung milikmu, dan masuk ke dalam opsi Recovery Mode.
  • Pastikan untuk melakukan backup ROM yang telah terpasang, tujuannya untuk mengembalikan atau me-restore data agar kembali ke kondisi semula apabila flashing gagal,
  • Setelah itu, reset atau wipe data, wipe dalvik cache, dan wipe cache partition. Melalui cara ini, maka sistem operasi pada ROM android semuanya terhapus.
  • Jika sudah, Kamu bisa melakukan install atau flashing ROM. Untuk hal ini, masih dalam kondisi Recovery Mode. Kemudian install ZIP dari SDcard, kemudian buat folder pada SD Card.
  • Tekan tombol volume ke atas dan volume ke bawah serta tombol Home untuk opsi ‘Yes’.

Cara instal ulang hp Samsung (Flashing) di atas dapat dilakukan sebagai langkah terakhir. Ingat, jadi Kamu masih bisa menggunakan opsi sebelumnya yakni dengan factory reset.

Ini Bedanya Reset Factory dan Flashing (Instal Ulang)

Mungkin masih banyak yang penasaran antara perbedaan reset dengan flash Hp Samsung atau android lainnya. Kamu harus tahu bahwa kondisi keduanya tidaklah sama.

Jika factory reset adalah fitur dan pilihan yang telah disediakan pabrikan smartphone dengan tujuan sebagai solusi jika ada masalah yang terjadi pada pengaturan atau sistem. Akan tetapi, pada beberapa sistem maupun menu masih dapat diakses dengan mudah.

Terkait:  Cara Menampilkan Persentase Baterai Samsung

Sementara, solusi reset factory bukan menjadi pilihan terakir jika Kamu gagal dan cadangan sistem mengalami kerusakan atau corrupt. Nah, pada saat inilah Kamu harus memperbaiki firmware perangkat, melalui pilihan flashing atau instal ulang.

Bagaimana Cara Factory Reset Hp Samsung?

Jika Kamu ingin memperbaiki sistem perangkat dengan factory reset terlebih dahulu sebelum cara instal ulang hp Samsung dilakukan. Ini adalah metode untuk pengaturan pada sistem android. Metode ini bisa Kamu lakukan sebelum mencoba hard reset.

  • Langkah pertama, masuk ke dalam menu Pengaturan atau Setting.
  • Gulir layar ke bawah dan cari opsi ‘Backup & Reset’.
  • Lalu tekan opsi ‘Factory data reset’.
  • Setelah itu tekan reset device.
  • Lanjutkan dengan menunggu sampai proses reset selesai.
  • Jika sudah, hp Samsung Kamu secara otomatis melakukan restart dengan sendirinya. Namun jika tidak, Kamu bisa melakukan reset manual.

Metode yang satu ini bisa Kamu coba jika Kamu masih bisa mengakses opsi Pengaturan di Smartphone Samsung milikmu. Namun tetap saja, sebelumnya pastikan dulu Kamu sudah melakukan backup data penting di hp Kamu ke laptop.

Bagaimana, Kamu sudah tahu kan apa bedanya reset factory dan cara instal ulang hp Samsung? Kamu harus tahu bahwa seluruh proses flash perangkat android kemungkinan saja tidak berfungsi ketika hardware mengalami masalah. Diantaranya seperti prosesor yang bermasalah, IC power bermasalah, sensor kamera mengalami trouble, atau masalah kerusakan pada jaringan Wifi.

 

Related posts