Cara Input Token Listrik

Setiap pelanggan PLN (Perusahaan Listrik Negara), Kamu bisa memilih 2 jenis layanan listrik, baik itu pascabayar maupun prabayar. Namun saat ini, kebanyakan pengguna listrik PLN sudah menggunakan listrik prabayar atau listrik pintar. Tapi sayangnya, masih banyak pengguna baru yang belum tahu cara input token listrik pada layanan listrik prabayar. Kamu tak perlu khawatir, karena tutorialnya akan dibahas tuntas disini!

Berbeda dengan pascabayar, yang mengharuskanmu memakai energi listrik baru kemudian melakukan pembayaran. Layanan listrik prabayar justru sebaliknya, Kamu harus melakukan pembelian token terlebih dahulu, baru bisa menggunakan energi listrik sesuai dengan token yang dibeli.

Read More

Pembelian pulsa listrik prabayar sangat mudah dilakukan, Kamu bisa melakukan pembelian token lewat gerai ATM hingga di marketplace secara online. Pulsa listrik atau token biasanya terdiri atas 20 digit angka yang kemudian diinputkan pada kWh meter dan dinamakan sebagai MPB (Meter Prabayar). Untuk selanjutnya, layar MPB menyajikan seluruh informasi yang bisa langsung diketahui sekaligus dibaca pelanggan mengenai pemakaian listriknya.

Namun bagi yang baru pertama kali menggunakan layanan listrik prabayar, Kamu mungkin kebingungan bagaimana cara input token listrik. Untuk lebih memahaminya, silahkan simak tutorialnya di bawah!

Cara Input Token Listrik

Cara Input Token Listrik
Tutorial Input Token Listrik

Tut0rial Isi Token Listrik

Sebenarnya cara input token listrik di rumah bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu mengundang pihak petugas PLN. Tentu saja langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu Kam wajib melakukan pembelian pulsa.

Pulsa listrik atau token terdiri atas 20 digit angka untuk kemudian diinputkan ke dalam Kwh meter ketika mengisi ulang token listrik. Kamu bisa melakukan pembelian token listrik, dengan nominal paling rendah sebesar Rp. 20 ribu, sedangkan maksimalnya Rp. 1 juta. Jika sudah melakukan pembelian voucher token listrik dengan jumlah nominal sesuai dengan kebutuhan, maka Kamu bisa memperoleh 20 digit kode ini. Selanjutnya, Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama-tama, silahkan ketik sebanyak 20 digit angka pada token PLN.
  • Apabila terjadi kesalahan saat mengetiknya, tekan tombol tanda panah ke kiri atau seperti ikon ‘backspace’ jika ingin membatalkan.
  • Setelah itu, tekan ‘enter’ dan aktifkan token.
  • Langkah berikutnya, apabila 20 digit angka token tersebut sudah benar, stroom listrik di rumahmu pun akan langsung bertambah. Selain itu, biasanya akan tertulis ‘accept’ di layar.
  • Namun jika angka yang terdiri atas 20 digit tersebut salah, efeknya stroom listrik pun tak akan bertambah. Biasanya akan tertulis ‘reject’ di layar.
Terkait:  Cara Cek Tagihan Listrik

Bagaimana, sebenarnya mudah kan mempraktekkan cara input token listrik di atas?

Tutorial Isi Token Listrik Secara Online

Jika listrik di rumahmu mati, tapi setelah melihat keluar listrik di tetangga menyala, mungkin saja token listrik di rumahmu sudah habis. Namun Kamu tak perlu khawatir lagi, sebab Kamu bisa mencoba cara input token listrik dengan melakukan pengisian secara online kapanpun dan dimanapun.

Dengan mengisi token listrik online, Kamu biasanya bisa melakukan pengisian token tanpa batas waktu hingga 24 jam, baik melalui hp, aplikasi hingga browser. Ini artinya, Kamu tidak perlu repot-repot pergi keluar rumah hanya untuk melakukan pembelian pulsa. Berikut ini, beberapa langkah cara input token listrik di rumah, diantaranya :

1. Mengisi Token Listrik di Marketplace

Pengisian pulsa listrik atau token saat ini bisa dilakukan di 30 ribu lebih gerai ATM yang ada di seluruh Indonesia. Selain itu juga, dapat dilakukan di loket untuk pembayaran listrik secara online. Kamu bahkan bisa melakukan pengisian token tersebut di marketplace-marketplace terkenal dengan berbagai macam opsi pembayaran. Nah, untuk mengisi token listrik di Marketplace, Kamu bisa coba langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Silahkan kunjungi e-commerce penyedia token listrik.
  • Inputkan nomor pelanggan.
  • Selanjutnya Kamu akan melihat rincian secara otomatis, apabila nomor IDPEL (ID pelanggan) yang diinputkan sudah benar.
  • Tekan ‘Bayar’.
  • Kamu bisa memilih opsi pembayaran sesuai keinginan.
  • Lalu sistem pun langsung memproses pembayaran pengisian token listrik serta mengirimkan pemberitahuan bahwa pembayaran telah sukses dilakukan.
  • Kamu selanjutnya akan menerima email yang berisi angka 20 digit berupa token listrik. Untuk selanjutnya bisa diinput langsung ke dalam meteran listrik.

2. Mengisi Token Listrik Lewat ATM

Jika kebetulan Kamu sedang di luar rumah, kemudian ingin melakukan pembelian token listrik, maka Kamu bisa membeli token tersebut di ATM terdekat. Untuk mengisi token tersebut lewat ATM, bisa dilakukan berikut ini :

  • Masukkan kartu ATM ke slot mesin ATM seperti biasanya, kemudian pilih opsi ‘Transaksi Lainnya’.
  • Jika sudah, Kamu bisa memilih opsi ‘Voucher Isi Ulang’.
  • Lalu pilih lagi ‘Lainnya’.
  • Setelah itu, pilih opsi ‘PLN Prepaid’ dan inputkan nomor meter yang terdiri atas 11 nomor.
  • Selanjutnya tekan Nominal Voucher.
  • Lalu klik ‘Benar’ jika sudah menginputkan nominal voucher token listrik dengan benar.
  • Jika semua langkah di atas sudah selesai, Kamu pun akan mendapatkan struk pembelian dengan rincian berupa token listrik.
Terkait:  Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP

Tutorial Isi Token Listrik Secara Offline

Selain cara pengisian token listrik secara online, Kamu juga bisa mengisi token listrik dengan cara offline. Melalui layanan prepaid, maka pengisian token listrik dapat diperoleh di berbagai tempat seperti di gerai-gerai minimarket Indonesia. Selain itu, saat ini sebenarnya pembelian token bisa dilakukan dengan cara online. Saat ini, minimarket telah menjadi payment point tersendiri dalam pembelian token listrik.

1. Mengisi Token Listrik Lewat Gerai Minimarket

Kamu mungkin sering berbelanja di gerai minimarket untuk melakukan pembelian kebutuhan untuk sehari-hari. Saat berbelanja, Kamu pun bisa membeli token listrik sekaligus. Para petugas minimarket selanjutnya membantumu melakukan transaksi. Berikut ulasan tutorial pembelian token listrik di minimarket :

  • Kamu bisa berkunjung ke gerai minimarket yang terdekat.
  • Silahkan tunjukkan IDPEL berikut nomor meter ke kasir minimarket.
  • Selanjutnya beritahukan nominal pulsa token yang ingin dibeli.
  • Bayar sesuai nominal pulsa listrik yang ingin dibeli, berikut biaya untuk administrasi senilai Rp. 2 ribu.
  • Silahkan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Selanjutnya, kasir memberikan 20 digit angka token di dalam struk pembelian yang bisa dipakai untuk pengisian meteran listrik.
  • Kamu bisa mencoba cara input token listrik dengan menginputkan 20 angka tersebut ke dalam meteran listrik.

2. Mengisi Token Listrik Lewat Agen Pembayaran

Cara isi token listrik lewat agen pembayaran tak jauh berbeda dari minimarket. Berikut ulasannya :

  • Kunjungi agen pembayaran yang ada di lokasi terdekat rumahmu.
  • Kemudian cantumkan nomor IDPEL yang ingin diisi. Sebaiknya jangan salah memasukkannya.
  • Token pulsa pun akan langsung dikirim.
  • Silahkan konfirmasi kemudian inputkan 20 digit angka token ke dalam meteran.

Ingat, jangan sampai telat melakukan pembelian token listrik ya!

Terkait:  Cara Mengisi Token Listrik Lewat Shopee

Kamu juga harus tahu, ada beberapa warna lampui indikator pada Kwh meter yang harus dipahami. Jika lampunya berwarna kuning, maka artinya token listrikmu mencukupi. Akan tetapi, apabila warnanya merah maka jumlah token Kamu hampir habis. Selanjutnya, jika sudah sangat kritis akan ditandai lampu berbunyi serta berkedip.

Jika sudah kritis namun Kamu masih belum melakukan pengisian token listrik, itu artinya Kamu tidak dapat memakai daya listrik di rumah sama sekali. Jadi, sudah waktunya untuk membeli token kemudian menginputnya sesuai cara input token listrik di atas.

 

Related posts