Cara Memperbaiki Kartu SIM yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Kartu SIM yang Tidak Terbaca

Kartu SIM tiba-tiba tidak terbaca ketika sedang digunakan? Jika terjadi hal seperti ini secara tiba-tiba, tentunya akan merasa kesal apalagi ketika sedang digunakan. Namun jangan khawatir, kami akan membagikan cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca disini!

Secanggih apapun HP yang kalian gunakan, namun ketika kartu SIM tidak terbaca, tentunya akan percuma karena kalian tidak bisa memanfaatkan berbagai macam fitur pada perangkat. Oleh sebab itu, pastikan agar kartu SIM yang digunakan berada dalam kondisi terbaiknya agar bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Read More

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca berikut beberapa penyebab yang menjadikan kartu SIM tidak terbaca.

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca

Ada beberapa penyebab yang perlu kalian ketahui untuk mengantisipasi kartu SIM tidak terbaca. Di antaranya :

1. Masa pakai kartu SIM cukup lama

Umumnya bagi pengguna yang menggunakan kartu SIM lebih dari 5 tahun, lama kelamaan akan mengalamai degradasi terutama pada material plastik maupun pada kuningannya. Kondisi tersebut bisa menjadi penyebab kartu SIM tidak terbaca. Oleh karena itu, jika kondisinya kurang begitu baik, alangkah lebih baiknya mengganti kartu SIM lama dengan kartu SIM baru di gerai terdekat tanpa mengganti nomor HP.

2. Penempatan kartu SIM pada slot tidak tepat

Agar kartu SIM berfungsi dengan baik, maka penempatan kartu SIM pada slot yang disediakan harus tepat. Jika salah penempatan sedikit saja pada slot nya, maka kartu SIM menjadi tidak terbaca.

Umumnya kasus ini tejadi ketika pertama kali memasukkan kartu SIM pada slot atau adanya efek benturan akibat terjatuh sehingga posisi kartu SIM pada slot tidak pas, alhasil jadi tidak terbaca.

3. HP Overheat

Perlu hati-hati ketika menggunakan HP, jangan terlalu lama memainkan sebuah game atau aplikasi yang cukup berat karena akan menyebabkan HP menjadi overheat. Setelah terjadi overheat ternyata kartu SIM tidak terbaca, besar kemungkinan kuningan pada kartu SIM menyebabkan kerusakan. Bahkan bukan hanya kartu SIM saja, HP yang overheat akan menyebabkan beberapa komponen bermasalah.

4. Kuningan kartu SIM rusak

Kasus ini bisa terjadi apabila sering bongkar pasang kartu SIM, biasanya ini dilakukan oleh pengguna yang sering mengganti kartu SIM yang berbeda. Jika terlalu sering, dikhawatirkan kuningan kartu SIM rusak yang pada akhirnya kartu SIM tidak terbaca.

5. Konfigurasi kartu SIM tidak tepat

Perlu kalian ketahui bahwa konfigurasi kartu SIM yag salah akan menyebabkan kartu SIM tidak terbaca. Seperti keadaan kartu SIM dalam keadaan disable atau kesalahan pada beberapa pengaturan lainnya.

Itulah beberapa permasalahan yang menyebabkan kartu SIM menjadi tidak terbaca, dengan begitu kalian bisa menjaga kartu SIM dengan baik dalam hal perawatannya.

Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Kartu SIM yang Tidak Terbaca
Tutorial Memperbaiki Kartu SIM yang Tidak Terbaca

Walaupun sudah mengetahui beberapa penyebab kartu SIM tidak terbaca, dan kebetulan kalian mengalami kondisi serupa, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Tujuannya agar kartu SIM bisa digunakan kembali. Cek ulasan cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca berikut :

1. Membersihkan kartu SIM

Cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca pertama adalah dengan membersihkan kartu SIM terlebih dahulu. Adapun langkah pertamanya yaitu buka kartu SIM pada slot khusus kartu SIM pada HP. Setelah itu silakan bresihkan kartu SIM dengan kain halus agar debu-debu mikro yang menempel pada kartu SIM bisa terangkat.

Jika suidah dilakukan pembersihan kartu SIM, silakan coba kembali kartu SIM yang tidak terbaca tersebut pada slot kartu SIM untuk cek kembali kartu SIM yang sebelumnya tidak terbaca.

2. Atur Ulang Jaringan Provider

Saat ini HP smartphone dibekali dengan 2 slot kartu SIM. Tujuannya tentu saja memaksimalkan pengguna dalam menggunakan HP smartphone miliknya. Jika kartu SIM 1 sinyal yang didapat kurang bagus, maka bisa menggunakan kartu SIM 2 dengan provider berbeda untuk mendapatkan sinyal yang jauh lebih baik.

Terkadang masalah bisa saja terjadi yaitu tiba-tiba jaringan hilang begiu saja sehingga membuat kartu SIM menjadi tidak terbaca. Maka untuk mengatasi masalah ini bisa mengatur ulang jaringan. Adapun caranya yaitu :

  • Buka menu settings pada HP smartphone.
  • Pilih opsi ‘Jaringan & Internet’.
  • Pada halaman berikutnya, pilih kartu SIM yang tidak memiliki jaringan sama sekali.
  • Geser slider dari posisi on ke posisi off, lalu kembalikan lagi ke posisi on.
  • Biasanya dengan cara ini kartu SIM akan kembali terbaca.

Ingat, bahwa cara ini dilakukan ketika jaringan dari provider tertentu memiliki jaringan yang kurang baik sehingga perlu mengatur ulang jaringan agar kartu SIM dari provider tersebut bisa terbaca.

3. Restart HP

Cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca selanjutnya adalah dengan cara restart HP. Metode ini merupakan tindak lanjut dari cara yang kedua apabila susah mengembalikan jaringan. Restart HP bisa dilakukan dengan cara berikut ini :

  • Posisikan HP dalam keadaan standbye agar bisa mengoperasikan tombol power.
  • Tekan tombol power cukup lama lebih dari 2 detik.
  • Akan muncul pada layar opsi lanjutan yaitu memilih restart atau mematikan perangkat. Silakan pilih restart.
  • Selanjutnya tunggu beberapa saat hingga posisi HP kembali ke dalam posisi standbye.
  • Dengan begitu, kartu SIM akan kembali terbaca.

4. Reset Pabrik

Jika cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca di atas masih belum berhasil mengatasi permasalahan, ini artinya letak permasalahannya bisa juga pada perangkat HP nya. Dengan demikian, lebih baik melakukan reset pabrik untuk mengembalikan semua pengaturan agar sistem pada HP menjadi normal kembali.

Namun cara ini perlu dilakukan secara hati-hati, karena yang namanya reset pabrik, berarti menghapus semua pengaturan yang telah dibuat sebelumnya juga termasuk data-data yang ada pada memori internal.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengamankan semua data dan pengaturan adalah dengan cara membackupnya terlebih dahulu dengan cara memindahkan semua data dari memori internal ke memori eksternal. Sedangkan untuk pengaturan, silakan backup pada alamat email yang tersedia.

Setelah mempersiapkan semuanya, sekarang tinggal reset pabrik dengan cara :

  • Masuk pada menu settings
  • Pilih opsi pengaturan pabrik.
  • Reset pabrik.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses reset pabrik berhasil dilakukan.
  • Setelah itu periksa jaringan apakah dengan cara ini berhasil atau tidak.

5. Hubungi Provider Masing-Masing

Seperti yang kita ketahui bahwa kartu SIM di buat oleh provider tertentu. Setiap kartu SIM memiliki jaringan tersendiri. Dengan begitu, jika ada kendala terkait kartu SIM maka lebih baik menghubungi customer service dari provider yang kalian gunakan.

Cara ini merupakan cara terakhir yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca. Untuk lebih meyakinkan dan langsung ditangani oleh pihak provider, lebihj baik datang langsung ke gerai terdekat agar kartu SIM lama bisa diganti dengan kartu SIM baru dengan nomor yang sama.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi saat kalian mengalami kondisi serupa. Kalian bisa coba cara memperbaiki kartu SIM yang tidak terbaca di atas!

Related posts