Cara Menampilkan Notifikasi WhatsApp

  • Whatsapp

Sebagai pengguna WhatsApp, mungkin kita tidak selalu bisa stand by membuka aplikasi WA setiap waktu karena kesibukan. Dengan alasan ini pulalah, tak jarang kita ketinggalan kabar atau informasi terbaru dari chat WA karena notifikasinya yang tidak aktif. Meskipun mungkin di saat yang bersamaan, jaringan internet masih aktif. Inilah yang memunculkan ide tentang bagaimana cara menampilkan notifikasi WhatsApp.

Biasanya setiap aplikasi yang terpasang di hp, akan memberikan pemberitahuan, seperti pada aplikasi Instagram, Facebook hingga WhatsApp. Aplikasi yang didownload dari Play Store, tentu akan menampilkan notifikasi terbaru. Akan tetapi, ada beberapa aplikasi tertentu seperti WhatsApp yang tidak menampilkan notifikasi sehingga kita sering melewatkan informasi pada chat pribadi ataupun chat grup.

Mungkin kita sering membuka WhatsApp untuk melihat isi chat WhatsApp, tapi tentunya ada waktu-waktu tertentu kita tidak bisa selalu membuka chat WhatsApp.

Cara Menampilkan Notifikasi WhatsApp

Cara Menampilkan Notifikasi WhatsApp
Tutorial Menampilkan Notifikasi WhatsApp

Tutorial Menampilkan Notifikasi WhatsApp

Jika Kamu mengalami kendala notifikasi WhatsApp yang tidak muncul, tak perlu khawatir. Karena di sini kita akan membahas cara menampilkan notifikasi WhatsApp dengan mudah. Berikut ulasannya :

1. Masuk ke Opsi Pengaturan

Langkah awal yang bisa Kamu lakukan ialah masuk ke opsi “setelan” atau pilihan “pengaturan” di perangkat hp. Silahkan tekan opsi tersebut, Kamu pun akan langsung mendapati tombol pemberitahuan atau “notifikasi” maupun “Aplikasi”, biasanya tergantung tipe hp yang digunakan.

2. Mengaktifkan Tampilkan Notifikasi

Jika sudah, Kamu langsung mengunjungi data pada aplikasi WhatsApp. Gulir ke bawah sampai menemukan “WhatsApp”. Selanjutnya Kamu akan menjumpai tombol notifikasi. Di bagian ini, Kamu bisa menggeser pilihan izinkan notifikasi sampai berwarna biru atau tekan ON untuk menyalakan notifikasi.

Terkait:  Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus

3. Buka WhatsApp

Cara menampilkan notifikasi WhatsApp selanjutnya, kunjungi aplikasi WhatsApp lalu buka setelan. Pilih “Notifikasi”, dan di bagian setelan pada aplikasi WhatsApp, Kamu akan mendapatkan beberapa opsi.

4. Pilih Opsi Notifikasi

Dalam pilihan ini, Kamu akan ditampilkan beberapa pilihan notifikasi, apakah dalam bentuk hening, getar, sampai dering. Silahkan pilih sesuai kebutuhan.

Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Lalu, bagaimana jika ternyata notifikasi WhatsApp tidak muncul di layar utama? Apabila Kamu mengalami persoalan ini, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan berikut ini :

1. Pastikan Koneksi Internet

Salah satu faktor notifikasi WhatsApp yang tidak muncul ialah karena sambungan internet terputus. Jadi, silahkan cek apakah koneksi internet WhatsAppmu berjalan lancar atau terhambat. Jika tidak terhubung pada koneksi internet, maka WhatsApp tidak dapat beroperasi seperti tidak dapat menerima pesan hingga menampilkan notifikasi.

Kamu dapat memastikan akses internet di perangkatmu tetap lancar dengan mengakses platform media sosial yang lainnya. Selain itu, coba pakai koneksi internet seperti hotspot atau wifi jika akses internet pribadimu mengalami masalah.

2. Mengecek Fitur Hemat Penggunaan Data

Kamu tentu tahu jika ada fitur penghemat data di perangkat. Sebenarnya fitur ini dibuat agar perangkat hp tidak memakai data internet berlebihan. Prinsip kerjanya ialah dengan memblokir beberapa aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang, sekaligus memblokir notifikasinya.

Jadi jika pemberitahuan WhatsApp tidak ada, maka penyebabnya mungkin disebabkan oleh fitur penghemat data di perangkat sedang diaktifkan. Maka dari itu, notif WA akan terblokir serta tidak akan muncul pada layar utama. Jika ingin memastikan fitur penghemat data tersebut tidak memblokir pemberitahuan WhatsApp, silahkan ikuti langkahnya berikut :

  • Buka “Setting” atau menu pengaturan.
  • Silahkan pilih koneksi atau “Connection”.
  • Tekan pilihan “Data Usage” untuk mengetahui penggunaan data.
  • Selanjutnya tekan “Ultra Data Saving Mode”.
  • Pastikan terlebih dahulu fitur dalma kondisi mati.
Terkait:  Cara Membuat Tulisan Berwarna di Whatsapp

3. Mereset App Preferences

Tidak munculnya notifikasi WhatsApp dapat disebabkan oleh adanya preferensi aplikasi. Pasalnya aplikasi yang terpasang di perangkat hp akan meminta perizinan hak akses serta memiliki pengaturan tertentu. Jika preferensi aplikasi yang dipakai tidak sesuai kebutuhan aplikasi tersebut, sudah tentu aplikasi yang Kamu install ini tak akan bisa beroperasi.

Jika pemberitahuan WA tidak muncul, bisa jadi masalahnya terdapat pada preferensi. Oleh karena itu, silahkan ikuti beberapa langkah berikut :

  • Buka pengaturan.
  • Pilih Aplikasi atau “Apps”.
  • Klik menu di pojok kanan bagian atas.
  • Tekan Reset App Preferences.

4. Keluar dari WhatsApp Web

Dengan mengakses WA web bisa mengakibatkan pemberitahuan akan muncul di layanan WA web terlebih dahulu. Karena itu, membuat notifikasi WhatsApp di perangkat ponsel akan lebih lambat munculnya. Ini bisa menjadi penyebab pemberitahuan WA yang tidak muncul pada layar smartphonemu. Oleh karena itu, Kamu harus mengeluarkan akunmu dari layanan WA web yang sudah pernah Kamu pakai dengan tutorial berikut :

  • Buka aplikasi WhatsApp di pojok kanan bagian atas.
  • Pilih WA Web.
  • Tekan “Log Out From All Computers”.

5. Melakuakn Restart Perangkat Hp

Jika pemberitahuan WhatsApp yang tidak muncul, maka Kamu dapat memuat ulang hpmu. Berbagai persoalan di hp, salah satunya dapat diatasi dengan cara me-restart ulang. Hal ini juga berlaku untuk notifikasi WA yang tidak muncul. Sesudah dimuat ulang, aplikasi yang sedang berjalan akan langsung kembali ke preferensi default, karenanya aplikasi akan berjalan dengan kondisi awal atau semula. Kamu tinggal pilih restart hp untuk mematikan aplikasi sejenak.

Apabila notifikasi WA tetap tidak muncul, sebaiknya update atau lakukan instal ulang WhatsApp ke dalam versi terbaru.

6. Ponsel Tidak Dalam Mode Diam

Cara menampilkan notifikasi WhatsApp lainnya tentu saja Kamu harus mengecek pengaturan WhatsApp. Jika Kamu memiliki persoalan dengan pemberitahuan nada dering WA. Kamu bisa memastikan lagi hpmu tidak dalam kondisi silent/diam/hening. Apabila hal tersebut terjadi, maka bisa dipastikan seluruh notifikasi tak akan berdering, baik itu SMS masuk, panggilan telepon masuk atau sejenisnya.

Terkait:  Cara Blokir Kontak WA

7. Membersihkan Cache

Jika masalah yang terjadi akibat memori RAM terbatas, hingga akhirnya membuat WA tak beroperasi di latar belakang ponsel. Pakai aplikasi keamanan, bisa juga menggunakan aplikasi pembersih di hp android untuk menghabis cookies, cache maupun history lainnya. Melalui cara ini, WhatsApp diharapkan tetap menampilkan pesan notifikasi meskipun kapasitas RAM menjadi sangat terbatas.

Itulah 7 cara menampilkan notifikasi WhatsApp yang tidak muncul. Lalu, bagaimana jika ingin menonaktifkan notifikasi popup WhatsApp? Mungkin cara ini bisa dilakukan apabila Kamu merasa tidak nyaman dengan notifikasi popup tersebut. Simak ulasannya di bawah ini!

Cara Menonaktifkan Notifikasi Popup

Ada beberapa cara menonaktifkan notifikasi popup di WhatsApp, diantaranya :

  • Silahkan masuk dan jalankan WhatsApp, lalu tekan opsi Settings.
  • Pada panel settings, tap pemberitahuan atau notifications.
  • Setelah itu, temukan pilihan popup notification, Kamu akan mendapatkan 2 opsi yang berlabel sama. Namun yang Kamu gunakan adalah pilihan pertama, yaitu yang terletak di bagian paling atas. Sebab untuk pilihan kedua sendiri ialah pengaturan obrolan WA grup.
  • Silahkan tap opsi yang dimaksud, dan Kamu akan melihat bagian jendela popup dengan beberapa opsi. Lalu pilih no popup jika ingin menonaktifkan pemberitahuan popup.
  • Jika Kamu ingin mengaktifkan pemberitahuan popup, silahkan pilih opsi always show popup.

Ya, itulah cara menonaktifkan dan mengaktifkan pemberitahuan popup WhatsApp. Karena tidak semua orang merasa nyaman dengan pemberitahuan popup yang muncul tiba-tiba di layar ponsel.

Demikianlah ulasan tentang cara menampilkan notifikasi WhatsApp dan panduan menonaktifkan notifikasi popup di WhatsApp yang bisa Kamu coba. Semoga bermanfaat!

Related posts