Cara Registrasi Kartu Tri

Cara Registrasi Kartu Tri
Cara Registrasi Kartu Tri

Butuh internet cepat dengan harga yang ekonomis? Pastikan kamu melakukan cara registrasi kartu Tri sekarang juga! Pilihan produknya beragam, bahkan bisa dapatkan Bima Asuransi.

Dimana layanan satu ini, menawarkan kepada seluruh pengguna kartu Tri agar mendapatkan kemudahan perlindungan untuk kendaraan roda dua dengan biaya yang terjangkau. Customer yang berusia 17 sampai dengan 60 tahun bisa segera daftarkan diri kamu masing-masing.

Pentingnya Registrasi Kartu Tri

Produk Bima Asuransi memang cukupĀ  penting buat kamu yang terbiasa beraktivitas dengan kendaraan roda dua. Tapi, tahukah kamu pentingnya registrasi kartu Tri?

Benar, sebelum kamu dapat mengakses berbagai macam layanan produk yang ditawarkan PT Indosat Ooredoo Hutchison. Ada beberapa alasan mengapa kamu wajib registrasi kartu SIM. Diantaranya:

1. Menekan Angka Digital Crime

Tahu dong, kasus kejahatan virtual yang marak terjadi di masyarakat. Nah, itu menjadi salah satu alasan kenapa kamu diwajibkan untuk melakukan registrasi kartu.

Dengan mendaftarkan nomor baru kamu ke pihak operator dari masing-masing provider. Hal ini sangat membantu pemerintah untuk mengontrol tindakan penipuan publik. Entah itu lewat SMS, maupun telepon. Untuk aplikasi chat, sebaiknya kamu lebih berhati-hati.

2. Bisa Dijadikan Sebagai Identitas Diri

Alasan kedua, yaitu bisa dijadikan sebagai identitas diri. Nantinya, data diri NIK beserta KK yang kamu masukkan ketika mendaftarkan kartu SIM, akan langsung terhubung ke Dukcapil.

Pihak Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau disingkat menjadi Dukcapil inilah yang akan menyimpan seluruh data diri kamu serta nomor telepon yang kamu gunakan saat ini. Manfaat dari nomor yang sudah terdaftar tersebut, dapat kamu gunakan untuk buka rekening di bank.

3. Mengurangi Penyalahgunaan Kartu

Kebanyakan orang yang tidak mendaftarkan kartu SIM sebagaimana mestinya, seringkali jadi disalahgunakan. Untuk itu, demi mengurangi penyalahgunaan kartu SIM wajib registrasi.

Soalnya, dengan kamu mendaftarkan kartu SIM yang digunakan secara otomatis kamu telah membantu program pemerintah Indonesia untuk mensejahterkan masyarakat. Karena, dengan catatan kependudukan yang tersimpan di dalam nomor tersebut, kamu tidak dapat berbuat hal yang mengarah ke kriminal ataupun terorisme.

4. Menciptakan Kondisi yang Lebih Kondusif

Berdasarkan infromasi dari Kominfo.go.id, peraturan registrasi Kartu Prabayar memang telah diadakan sejak tahun 2005. Tujuannya, untuk menciptakan kondisi yang lebih kondusif.

Terutama di negara Indonesia. Mengingat di negara lain hal tersebut (registrasi kartu SIM) ini, sudah berlangsung sebelum tahun 2005 silam. Meskipun sedikit tertinggal, tetapi berangsur-angsur kini sudah terlihat dampak positifnya.

5. Keamanan Pelanggan Terjamin

Melalui pendaftaran kartu ini, keamanan pelanggan terjamin. Sebab, diawasi secara langsung oleh Kominfo. So, kalau kamu kehilangan ponsel atau sedang mencari seseorang yang hilang misalnya. Bisa laporkan ke polsek setempat dengan memberitahukan ciri-ciri serta nomor HP untuk dikukan pelacakan.

Cara Registrasi Kartu Tri

Cara Registrasi Kartu Tri
Cara Registrasi Kartu Tri

Cara registrasi kartu Tri untuk kamu pengguna baru Bima+. Ada beberapa pilihan yang dapat kamu gunakan untuk praktek sekarang juga! Pilih salah satunya sesuai keinginanmu.

Cara Registrasi Kartu Tri Baru

Yuk kita mulai dari cara registrasi kartu Tri baru pertama. Kamu bisa lakukan manual dengan menonaktifkan HP terlebih dahulu saat pertama kali memasukkan kartu SIM. Setelah itu, ikuti cara selanjutnya sesuai arahan berikut ini:

  1. Aktifkan kembali HP kamu
  2. Tunggu beberapa saat, nanti akan muncul instruksi untuk registrasi
  3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di KTP
  4. Pilih Kirim
  5. Pop up windows berikutnya, kamu isi dengan Nomor Kartu Keluarga (KK)
  6. Ketuk tombol Kirim
  7. Kamu akan mendapatkan notifikasi status Registrasi kartu SIM

Tanda kalau kamu telah berhasil melakukan registrasi, selain terlihat dari balasan pesan, lihat di bagian samping sinyal. Bila mobile data sudah kamu aktifkan, nanti muncul 4G/3G/E.

Cara Registrasi Kartu Tri yang Gagal

Lalu kalau kamu belum berhasil, ada cara registrasi kartu Tri yang gagal. Mudah kok caranya, kamu ketik saja format SMS di bawah ini:

  1. Silahkan masuk ke splikasi Pesan di HP
  2. Isi kolom pesan dengan mengetik format ULANGNIK#Nomor KK#
  3. Lanjutkan dengan mengirimkan pesan tersebut ke nomor 4444
  4. Setelah itu, kamu tunggu sampai mendapatkan balasan pesan terkait status registrasi
  5. Kalau masih belum behasil, coba lakukan dengan cara lain

Cara Registrasi Kartu Tri Tanpa KK

Seperti cara registrasi kartu Tri tanpa KK yang akan kita bahas bersama-sama berikut ini. Hal yang cukup sulit memang untuk kamu bisa mendaftarkan diri tanpa KK. Karena jawabannya, sudah pasti adalah mustahil. Benar, tidak bisa tanpa mengikutsertakan nomor tersebut.

  1. Buka menu telepon, dan ketikkan kode USSD *4444#
  2. Tekan tombol Call atau Panggil
  3. Pilih angka 1 untuk Registrasi
  4. Lengkapi kolom dengan mengisi NIK serta nomor Kartu Keluarga
  5. Perhatikan kembali apakah data yang kamu masukkan sudah benar
  6. Pilih Setuju
  7. Lakukan pengecekan status registrasi kamu dengan mengulangi tahapan 1-2
  8. Pilih angka 2 untuk pengecekannya

Tenang, saat kamu menggunakan metode dial up, kamu terbebas dari beban biaya pulsa. Hal ini, sama saja ketika kamu ingin melakukan pengecekan sisa pulsa atau membeli produk Tri lewat kode USSD di *123#.

Cara Registrasi Kartu Tri Lewat Telepon

Karena sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara untuk registrasi pada kartu Tri via telepon. Kali ini, kamu akan diperlihatkan cara registrasi melalui SMS untuk pelanggan baru yang belum pernah gagal dalam mendaftarkan nomornya. Simak selengkapnya di bawah ini:

  1. Masuk ke menu Pesan
  2. Pilih Mulai Obrolan untuk membuat SMS baru
  3. Masukkan Nomor Tujuan dengan ketik 4444
  4. Isi Kolom SMS dengan teks berikut: NIK#Nomor Kartu Keluarga
  5. Pilih Kirim, dan beberapa saat kemudian kamu akan mendapatkan SMS balasan
  6. Jika kamu mendapatkan notifikasi Registrasi Kartu Berhasil, bisa langsung digunakan untuk mengkses produk Tri lainnya

Sedangkan, jika kamu mendapatkan balasan Maaf data NIK yang telah Anda masukkan tidak benar. Maka, solusinya tingal mengulangi cara registrasi sesuai prosedur cara registrasi kartu Tri baru.

Registrasi Tri Melalui Website

Pulsa kosong nih, karena sudah gagal berkali-kali registrasi lewat metode SMS. Tenang, user Tri yang baru bisa mendaftarkan nomornya melalui website resmi Tri. Caranya, lihat disini:

  1. Klik aplikasi browser yang ada di perangkatmu
  2. Ketik pada kolom pencarian dengan kata kunci Registrasi Tri
  3. Pilih situs Registrasi.Tri.co.id
  4. Ketuk opsi Registrasi Kartu Prabayar
  5. Lengkapi Nomor Tri yang akan kamu daftarkan pada kolom yang tersedia
  6. Kemudian, isi dengan 16 digit NIK yang tertera di KTP kamu serta Nomor KK
  7. Pilih Minta Kode Rahasia (setelah 5 menit berlalau kode tersebut akan hangus)
  8. Isi dengan 4 angka yang ada di akhir ICCD
  9. Langkah registrasi kamu telah selesai

ICCD sendiri merupakan nomor seri yang terdiri dri 20 angka. Letaknya, ada di kartu perdana Tri. Cukup kamu masukkan 4 seri paling akhir saja.

Butuh update informasi teknologi lain selain dari cara registrasi kartu Tri? Stay tune terus di website ini. Jangan sampai kamu ketinggalan info-info menarik lainnya!

Related posts