Cara Menggunakan NFC di iPhone

Cara menggunakan NFC di iPhone dibutuhkan oleh kamu para pengguna iPhone yang ingin mendapatkan kemudahan ketika mengecek saldo ataupun melakukan pengisian saldo pada e-Money.

Dengan mengetahui jumlah saldo secara real time yang masih ada pada e-money, kamu bisa lebih bebas dan tenang ketika misalnya akan menggunakan uang elektronik untuk pembayaran TransJakarta, MRT ataupun pintu tol.

Read More

Nah, cara penggunaan NFC di iPhone sangat mudah dan bisa dilakukan pada iPhone seminiminalnya iPhone 8.

Itu artinya jika kamu mempunyai iPhone 8, 9, 10 dan seterusnya, kamu bisa mendapatkan fitur NFC secara otomatis tanpa perlu melakukan instalasi aplikasi pihak ketiga.

Apa Itu NFC?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menggunakan NFC di iPhone, kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu definisi dari NFC.

Near Field Communication atau biasa disingkat NFC adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna smartphone untuk melakukan transaksi atau pertukaran data secara mudah dan cepat.

Dengan menggunakan NFC, kamu hanya tinggal menempelkan perangkat yang berfungsi sebagai transmitter dengan perangkat lain yang berfungsi sebagai penerima sinyal.

Contohnya, ketika misalnya kamu ingin mengecek saldo e-Money, kamu tinggal menempelkan kartu pada bagian belakang atau depan body iPhone.

Selanjutnya, dengan langkah tertentu sistem akan menampilkan jumlah saldo yang dimiliki oleh e-Money pada layar iPhone yang kamu miliki.

Cara Mengecek Apakah iPhone Kamu Mendukung NFC

Untuk mengetahui apakah perangkat iPhone yang kamu gunakan mendukung fitur NFC, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Silahkan masuk ke menu pintasan atau shortcut.

  • Setelah itu pilih menu Automasi.

  • Kemudian tambahkan Automasi dengan mengklik logo “+” pada pojok kanan atas.

  • Selanjutnya klik Buat Automasi Pribadi.

  • Kemudian kamu tinggal mencari menu bernama NFC. Menu ini biasanya berdampingan dengan menu wifi dan bluetooth.

  • Jika kalian menemukan menu NFC, selamat, itu artinya perangkat iPhone kamu mendukung fitur tersebut.

  • Sebaliknya, jika kalian tidak menemukan fitur bernama NFC, itu berarti perangkat iPhone kamu tidak didukung fitur ini.

  • Proses Selesai.

Cara Menggunakan NFC di iPhone

Cara Menggunakan NFC di iPhone
Menggunakan NFC di iPhone

Setelah kamu mengerti tentang apa itu NFC dan melakukan pengecekan apakah iPhone kamu mendukung fitur ini. Selanjutnya, kita akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan NFC di iPhone.

Berikut ini adalah cara-cara Menggunakan NFC di iPhone untuk Cek Saldo e-Money menggunakan aplikasi perbankan BRI Mobile dan menggunakan aplikasi e-Commerce Tokopedia.

1. Cara Menggunakan NFC di iPhone via BRI Mobile

  • Siapkan perangkat iPhone dan kartu e-Money yang akan dicek jumlah saldonya. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan e-Money jenis Brizzi keluaran dari BRI.

  • Buka aplikasi BRI Mobile yang ada pada iPhone.

  • Pilih menu Brizzi, kemudian tekan tombol Scan.

  • Selanjutnya, kamu tinggal menempelkan kartu pada bagian depan ataupun belakang body iPhone.

  • Jika kartu telah terbaca, sistem akan menampilkan data kartu beserta dengan jumlah saldo yang masih ada pada kartu.

  • Klik Top Up Saldo jika kamu ingin menambahkan saldo pada e-Money.

  • Tekan tombol Back jika kamu ingin keluar dari aplikasi.

  • Proses selesai.

Selain menggunakan aplikasi BRI Mobile (BRIMO), kamu bisa juga melakukan cek saldo e-Money dengan menggunakan aplikasi Tokopedia, Shopee, Dana dan lain sebagainya.

2. Cara Menggunakan NFC di iPhone lewat Tokopedia

  • Buka aplikasi Tokopedia.

  • Silahkan masuk ke menu Top Up & Tagihan.

  • Setelah itu masuk ke menu Uang Elektronik.

  • Jika ingin menggunakan fitur NFC, kamu bisa tekan tombol cek saldo, lalu tempelkan kartu pada bagian belakang atau depan body iPhone.

  • Selanjutnya, sistem akan menampilkan jumlah saldo dari e-Money yang dimiliki.

  • Kamu bisa melakukan Top Up jika dibutuhkan atau keluar dari aplikasi jika merasa saldo e-Money masih cukup.

  • Proses selesai.

Perbedaan NFC iPhone dengan Android

Bukan hanya iPhone, beberapa merk hp Android seperti misalnya Samsung juga mendukung penggunaan NFC pada perangkatnya.

Dalam sejarahnya, Samsung malah menjadi pabrikan ponsel pertama yang menggunakan fitur ini, yakni sejak tahun 2010 pada perangkat ponsel merk Samsung Nexus S.

Ada beberapa perbedaan mendasar pada NFC di iPhone dan perangkat Android, diantaranya adalah fitur untuk menghidupkan dan mematikan NFC.

Pada Android, kamu bisa menghidupkan atau mematikan (On/Off) NFC dengan mudah pada menu Quick Setting ataupun Pengaturan.

Sebaliknya, di iPhone kamu tidak akan menemukan menu On/Off pada NFC karena fitur ini akan otomatis aktif dan mati ketika perangkat lain dihubungkan.

Selain itu, penempelan kartu untuk deteksi data pada Android, secara umum, hanya bisa dilakukan lewat bagian punggung ponsel.

Pada iPhone, kamu bisa melakukan deteksi data kartu melalui bagian depan body, bagian belakang sampai bagian atas.

Faktor Kegagalan Penggunaan NFC pada iPhone

Meskipun telah membaca tutorial dan mengikutinya dengan seksama, tapi pasti ada saja orang yang akan gagal ketika menggunakan fitur NFC pada iPhone.

Secara umum, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kegagalan ketika melakukan scanning data dengan NFC pada iPhone, diantaranya adalah:

1. Kartu Tidak Mendukung

Semua mungkin tahu bahwa e-Money terdiri dari beberapa jenis kartu. Setiap bank umumnya menerbitkan satu kartu digital untuk memudahkan kebutuhan masyarakat.

Misalnya BRI dengan Brizzi, Mandiri dengan Mandiri e-Money, BCA dengan Flazz, BNI dengan Tapcash dan lain sebagainya.

Namun, perlu diketahui bahwa sampai saat NFC iPhone hanya mendukung penggunaan Brizzi dan Mandiri e-Money. Itu artinya, jika menggunakan kartu lain, sistem mungkin akan gagal membaca data karena memang kartu tidak didukung.

2. Jarak Terlalu Jauh

Tempelkan kartu secara dekat dengan body iPhone. Usahakan jangan terlalu jauh karena NFC hanya bekerja di jarak tidak lebih dari 4 centimeter.

Untuk masalah penempatan kartu, silahkan tempelkan kartu pada bagian depan maupun belakang body. Dengan catatan, itu dilakukan pada bagian atas body dan bukan bagian bawah body iPhone.

3. Perangkat Tidak Kompatibel

Meskipun beberapa sumber mengatakan bahwa NFC bisa digunakan pada iPhone 8 ke atas dengan operation system minimal iOS 13, namun terkadang pada iPhone jenis tertentu fitur NFC tidak bisa diaktifkan.

Jika hal demikian terjadi, silahkan cek dan tanyakan ke service center iPhone terdekat tentang permasalahan yang kamu miliki.

4. Kesalahan Penggunaan

Sebagian orang yang membaca artikel ini sebelumnya mungkin menyangkan bahwa NFC bisa digunakan hanya dengan menempelkan kartu pada iPhone saja.

Hal itu tentu saja tidak dibenarkan karena bagaimanapun agar data dari perangkat atau kartu lain terbaca, kamu harus melakukan langkah-langkah tertentu seperti yang kami tuliskan dalam tutorial di atas.

Penutup

Itulah penjelasan singkat tentang bagaimana cara menggunakan NFC di iPhone. Seperti dijelaskan sebelumnya, fitur ini hanya tersedia di perangkat iPhone seminimalnya iPhone 8.

Jadi, jika iPhone yang kamu miliki adalah iPhone versi 8 ke bawah kemungkinan kamu tidak bisa menggunakan fitur ini karena memang hardware pemindai NFC tidak terpasang pada perangkat.

Related posts