Cara Buang Sampah di Hp Samsung

Cara Buang Sampah di Hp Samsung

Mau browsing atau sedang buka aplikasi di hp Samsung, tapi lemotnya minta ampun? Kondisi ini benar-benar menjengkelkan. Tanpa Kamu sadari perangkat hpmu sudah menimbun banyak sampah atau cache yang harus segera dibersihkan. Jika hal ini sudah terjadi, mungkin sudah waktunya untuk menghapus sampah cache dengan cara buang sampah di hp Samsung. Gimana sih caranya? Tenang, mari kita ulas satu per satu di artikel ini!

Aktivitas membuang cache atau sampah di semua perangkat hp Samsung sangat penting dilakukan supaya ruang penyimpanan perangkatmu jadi lebih leluasa. Adapun yang dimaksud dengan cache itu sendiri ialah penyimpanan informasi perangkat yang berasal dari aktivitas browsing atau mengakses program tertentu. Untuk selanjutnya Kamu bisa mengaksesnya kembali dengan cepat keesokan harinya atau di lain waktu, saat Kamu membutuhkan program yang sudah dibuka tersebut. Nah, cache ini biasanya selalu ada di perangkat smartphone atau komputer.

Read More

Sebenarnya, ada 4 jenis cache di perangkat yang wajib Kamu ketahui, diantaranya cache di browser, prosesor, disk dan memori. Namun tak sedikit pengguna yang tidak menyadari kehadirannya, sebab penyimpanan cache biasanya ada di latar belakang. Sayangnya cache tak selalu mempermudah aksesmu ke dalam program tertentu atau saat browsing. Karena jika dibiarkan, lama kelamaan cache akan menumpuk dan menjadi sampah di perangkatmu.

Apa imbasnya jika sampah tersebut tidak dibersihkan? Secara otomatis, membuat kinerja hpmu menjadi lemot dan terasa berat. Meskipun sebenarnya ukuran cache bisa dibilang sangat kecil, tetap saja jika menumpuk akan terasa berat. Karena itulah, disarankan untuk rutin membersihkan cache secara berkala.

Cara Buang Sampah di Hp Samsung

Cara Buang Sampah di Hp Samsung
Trik Bersihkan Sampah di Hp Samsung

Tutorial Buang Cache di Hp Samsung

Saat hpmu mulai lemot dan terasa berat, maka Kamu bisa mengambil langkah membersihkan cache terlebih dahulu. Hp Samsung memiliki fitur bawaan yang dapat dijadikan sebagai cara buang sampah di hp Samsung. Untuk membersihkan cache di hp Samsung, ada beberapa langkah yang bisa Kamu coba berikut ini :

1. Buang Sampah di Hp Samsung Lewat Fitur Bawaan

Untuk cara bersihkan cache hp Samsung yang pertama ialah dengan memakai fitur bawaan hp Samsung. Kita tahu bahwa setiap hp Samsung pastinya telah dibekali oleh fitur bawaan yang berguna untuk membuang sampah atau cache di hp Samsung.

Kamu bisa menemukan fitur tersebut di pengaturan atau setelan hp Samsung, namun lokasinya mungkin berbeda mengingat sistem UI atau OS-nya itu sendiri. Meskipun begitu, kebanyakan hp Samsung memakai cara yang tak jauh berbeda, berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan akses opsi Pengaturan di hp Samsung.
  • Setelah itu, gulir layar ke bawah dan pilih ‘Aplikasi’.
  • Selanjutnya pilih sampah atau cache dari program atau aplikasi apapun.
  • Silahkan tap pada aplikasi tertentu yang ingin dipindai.
  • Jika sudah, Kamu tinggal memilih opsi ‘Penyimpanan’.
  • Kamu bisa memilih hapus ‘memori’ jika ingin menghapus cache.
  • Sesudah itu, cache pun secara otomatis akan langsung menghilang.

Cara buang sampah di Samsung tersebut di atas, memungkinkanmu untuk memilih satu persatu program atau aplikasi mana saja yang ingin Kamu hapus. Dengan demikian, tinggal pilih mana aplikasi yang akan dibersihkna satu persatu pada cache.

2. Buang Sampah di Hp Samsung via Fitur Bawaan

Cara buang sampah di hp Samsung yang selanjutnya ialah memakai fitur bawaan. Metode yang satu ini dapat dipakai jika hp Samsungmu dirasa sudah memiliki banyak cache, sehingga mengganggu kinerja ponsel. Kamu juga bisa melakukan cara ini untuk semua jenis atau tipe Samsung. Hanya saja, Kamu memerlukan waktu yang lama untuk scaning jika dibandingkan metode pertama. Langsung saja cek informasinya di bawah ini :

  • Silahkan pilih menu ‘setting’ atau pengaturan di hpmu.
  • Kamu bisa melanjutkan proses dengan memilih opsi ‘Perawatan Perangkat’.
  • Hp samsungmu secara otomatis langsung melakukan pemindaian atau scan ketika memasuki opsi ini.
  • Langkah berikutnya, akses opsi ‘Penyimpanan’ dan secara otomatis perangkatmu akan melakukan pemindaian. Tinggal tunggu saja prosesnya sampai selesai.
  • Klik ‘Hapus Sekarang’ dan hapus seluruh cache yang ada di perangkat Samsungmu.
  • File sampah secara otomatis telah terhapus, kini Kamu pun bisa mengoptimalkan kinerja perangkatmu kembali.

Cara kedua ini juga sangat mudah, karena Kamu tak perlu mengakses aplikasi tambahan. Cukup memanfaatkan fitur yang sudah tersedia di hp, yakni fitur pengaturan atau settingan.

3. Buang Sampah di Hp Samsung Memakai Aplikasi

Meskipun kedua cara di atas lebih mudah, mungkin Kamu penasaran ingin mencoba alternatif lain. Salah satunya ialah dengan mencoba cara buang sampah di hp Samsung via aplikasi. Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa diandalkan untuk membersihkan file sampah, seperti halnya aplikasi file by google. Ini adalah aplikasi pembersih sampah yang tersedia di hp android.

File by Google termasuk salah satu aplikasi berfitur lengkap. Kamu juga bisa menggunakannya dengan mudah, cukup mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama-tama, unduh Files by Google di Play Store hp Samsung terlebih dahulu.
  • Kemudian buka aplikasi, lalu masuk memakai akun Google jika perlu.
  • Kamu tinggal memilih opsi pemindaian.
  • Setelah itu, hp secara otomatis akan memindai dengan cepat.
  • Kamu juga bisa mengakses menu yang tersedia lainnya, mulai dari cadangkan hingga rekomendasi.

4. Buang Sampah di Hp Samsung Menggunakan Device Care

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur device care untuk membuang sampah atau file cache di Samsung. Ini dia langkah-langkahnya :

  • Silahkan akses menu settings.
  • Kemudian buka pilihan ‘device maintenance’ atau ‘battery and device care’.
  • Ketuk pilihan ‘Storage’.
  • Lalu klik ‘Clean Now’.

Keuntungan membersihkan file cache memakai device care ini memang sangat aman dan mudah. Kamu tak perlu lagi khawatir data-data pribadimu di aplikasi atau sistem akan terhapus di penyimpanan.

5. Buang Sampah di Hp Samsung Lewat Aplikasi AVG Cleaner

Aplikasi pembersih sampah lainnya di perangkat Samsungmu ialah AVG Cleaner. Kamu bisa mencoba langkah-langkahnya berikut :

  • Silahkan download kemudian instal AVG Cleaner Apps di Play Store terlebih dahulu.
  • Kemudian buka aplikasinya.
  • Selanjutnya tinggal izinkan permohonan akses ke dalam opsi penyimpanan apabila diperlukan.
  • Kamu tinggal mengikuti instruksi yang tersedia.
  • Jika sudah masuk ke halaman utama pada aplikasi, cukup klik ‘Quick Clean’ atau ‘Clean’ untuk memulai pembersihan.

Memakai aplikasi untuk membuang sampah atau cache di hp Samsung menggunakan aplikasi termasuk cara yang efektif, karena aplikasi ini dapat membersihkan file sampah yang letaknya tersembunyi.

Kesimpulan

Diantara kelima cara buang sampah di hp Samsung yang sudah dijelaskan di atas bisa Kamu pilih tergantung kebutuhan atau dengan mempertimbangkan keamanan. Jika Kamu membersihkan sampah di perangkat Samsung dengan teratur, maka Kamu telah berkontribusi untuk meningkatkan performa hpmu supaya tidak lemot. Dengan demikian, Kamu bisa leluasa berselancar atau menggunakan hpmu kembali untuk melakukan aktivitas multitasking. Selamat mencoba!

 

Related posts