Cara Menyimpan Video Dari Instagram Ke Galeri

Instagram merupakan salah satu platform berbagi video dan foto paling populer hingga di seluruh dunia. Bahkan pengguna Instagram dari tahun ke tahun semakin meningkat, dan tentu saja akan terus bertambah. Apalagi dengan tambahan fitur yang diberikannya. Sayangnya, ketika kita ingin menyimpan video dari Insta Story teman misalnya, kita akan kesulitan menyimpannya. Karena memang Instagram tidak menyediakan cara menyimpan video dari Instagram ke galeri lewat fitur yang diberikannya.

Namun Kamu tak perlu khawatir, karena Kami akan membagikan tutorial cara menyimpan video dari Instagram ke galeri dengan mudah. Sebenarnya Kamu harus tahu bahwa, durasi untuk video yang dapat diunggah ke platform Instagram sendiri cukup terbatas, hanya selama 59 detik saja atau 1 menit lewat feed. Sedangkan di IGTV maksimal selama 1 jam.

Syarat Mengunggah Video di IG TV

Sebagai tambahan informasi, IG juga menawarkan beberaa ketentuan khusus apabila penggunanya ingin membagikan dan mengunggah video lewat fitur IGTV. Ini dia persyaratan mengunggah video IGTV di platform Instagram yang harus Kmau ketahui, apabila Kamu memakai fitur ini sewaktu-waktu :

  • Minimal durasi video yang dapat diupload di IGTV ialah 1 menit. Sedangkan video yang di upload lewat perangkat seluler paling maksimal selama 15 menit. Sementara jika menguploadnya dari web maksimal selama 60 menit.
  • Video yang akan diunggah harus berformat MP4.
  • Pengguna bisa mengunggah video secara vertikal melalui rasio aspek sebesar 9:16, sedangkan video horizonal yang aspek rasionya 16:9.
  • Harus mempunyai frame rate setidaknya 30 frame per detik (fps) dengan minimal resolusi 720 piksel.
  • Maksimal ukuran file unggahan video yang berdurasi 10 menit ialah 650 MB. Sedangkan untuk video berdurasi 60 menit, maksimal ukuran file-nya 3,6 GB.
  • Foto sampul Instagram yang disarankan berukuran 420 x 654 pixel atau dengan rasio sebesar 1:1,55. Akan tetapi, foto sampul tak dapat disunting kembali sesudah diunggah.
  • Selain itu, konten video yang diunggah wajib mematuhi aturan Panduan Komunitas Instagram.
Terkait:  Cara Merawat Kura Kura

Pada beberapa pengguna IG, mungkin saja ada yang khusus membagikan aktivitas keseharian emreka lewat video menarik di IG. Sehingga, mau tak mau follower atau pengikut mereka wajib membuka IG untuk dapat menyaksikan semua video IG idolanya.

Tapi, bagaimana apabila beberapa followers yang dikarenakan ada sesuatu alasan tak dapat menyaksikan tayangan video IG idolanya dengan cara online? Tentu saja mereka masih dapat menontonnya via offline. Adapun caranya ialah dengan mendownload video tersebut lebih dahulu ke dalam galeri hp atau disimpan langsung di PC dan memutarnya menggunakan pemutar video.

Cara Menyimpan Video dari Instagram ke Galeri

Cara Menyimpan Video dari Instagram ke Galeri
Menyimpan Video dari Instagram ke Galeri

Tutorial Menyimpan Video dari Instagram ke Galeri

Sebenarnya ada 2 metode cara menyimpan video dari Instagram ke galeri hp dengan cara mengunduhnya. Sehingga Kamu bisa memutar video tersebut kapan pun tanpa harus terkoneksi ke internet. Adapun yang pertama ialah lewat aplikasi seluler di masing-masing toko aplikasi, baik di App Store maupun Play Store. Kemudian yang kedua lewat situs web tertentu yang menawarkan jasa download video multi platform.

Untuk pengguna IG yang mendownload video-video IG supaya bisa ditonton via ofline atau pengguna IG yang telah kehilangan file cadangan yang sudah diunggah ke IG. Maka Kamu bisa mencoba cara menyimpan video dari Instagram ke galeri ponsel, berikut ini :

Metode 1 : Menyimpan Video dari Instagram ke Galeri via Aplikasi

Jika Kamu ingin mengunduh video di Instagram, maka salah satu cara menyimpan video dari Instagram ke galeri ialah dengan aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang bisa diunduh di android atau di iOS yang dapat Kamu manfaatkan untuk menyimpan video dari IG. Ini dia deretan aplikasi yang bisa Kamu pilih :

Terkait:  Cara Pakai Google Classroom

1. Story Saver For Instagram

Jika ingin menyimpan video IG ke galeri ponsel, maka Kamu bisa mengandalkan aplikasi brenama Story Saver for IG yang kapasitasnya hanya berukuran 3,8 MB saja. Aplikasi Story Saver For Instagram ini gratis, sehingga memungkinkan pengguna IG untuk mendownload foto dan video dari Insta Story.

Pengguna IG bisa mendownload cerita pengguna yang telah mereka ikuti. Bahkan aplikasi ini disebut-sebut bersifat user friendly bagi pengguna newbie sekalipun. Sesudah didownload aplikasinya, Kamu bisa melihat video Instagram yang sudah diunduh offline pada galeri hpmu. Selain itu, Kamu juga bisa memposting video Ig yang sudah di download lewat story Instagram. Akan tetapi, tentu saja untuk membagikan video tersebut Kamu membutuhkan izin dari pembuatnya.

2. QuickSave For Instagram : Downloader and Repost

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi QuickSave for Instagram. Cara menyimpan video dari Instagram ke galeri ponsel menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menyalin URL video atau gambar untuk kemudian mengunduhnya.

3. Quick Reposter

Aplikasi yang dapat digunakan lainnya untuk menyimpan video IG ke galeri ialah dari Quick Reposter sebagai aplikasi iOS. Program atau aplikasi ini bisa memungkinkanmu memposting gambar maupun video ulang, menyimpan serta mengunduhnya dengan mudah untuk melakukan repost IG.

Program ini mempunyai tampilan yang gampang dimengerti dengan tampilan desain yang sangat sederhana. Sebenarnya cara menyimpan video Instagram ke galeri via Quick Reposter sendiri dengan cara menyalin link atau tautan baik video maupun gambar yanga kan diunduh. Baru kemudian secara otomatis video maupun gambar tersebut akan tersimpan otomatis di galeri hpmu.

4. Story Reposter

Kamu juga bisa mengandalkan aplikasi Story Reposter dari iOS untuk menyimpan video dari Instagram ke galeri. Sama seperti Story Saver for Instagram Apps, nantinya Kamu bisa menyimpan serta mengirim video maupun gambar ulang pada berbagai story Instagram.

Terkait:  Cara Daftar Grabfood Merchant

Cara menyimpan video dari Instagram ke galeri hp dengan Story Reposter sendiri cukup mudah, Kamu hanya perlu mencari profil akun IG yang akan didownload videonya. Setelah itu, klik sebelum Kamu memilih video mana yang akan diunduh dengan aplikasi Story Reposter.

Metode 2 : Menyimpan Video dari Instagram ke Galeri Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi, Kamu juga bisa mencoba cara menyimpan video dari Instagram ke galeri tanpa memakai aplikasi. Dengan cara ini, tentu saja Kamu tak perlu repot-repot harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Karena bisa langsung menyimpannya dengan panduan berikut ini :

  • Langkah pertama, pastikan telah mendownload aplikasi IG di gadget.
  • Kemudian buka aplikasi IG, lalu pilih video mana yang akan diunduh di Instagram.
  • Jika sudah, ketuk titik-titik pada pojok kanan video di Instagram yang ingin Kamu unduh, lalu pilih salin link atau tautan.
  • Selanjutnya coba buka web browser yang kamu pakai, baik Google Chrome atau UC browser.
  • Setelah itu, kunjungi laman di alamat w3toys.com.
  • Langkah berikutnya tempelkan link URL video tadi yang sudah di copy dari IG ke dalam kolom IG URL pada situs web tersebut.
  • Lalu klik download hingga 2 kali.

Dengan cara menyimak video dari Instagram ke galeri tanpa aplikasi di atas tentu saja sangat simpel dan lebih hemat waktu. Selain itu juga lebih hemat kuota, karena Kamu tak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk bisa menyimpan videonya.

Related posts