Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS

Beberapa orang pasti belum tahu cara cek saldo BRI lewat SMS. Nasabah BRI sebenarnya bisa mengetahui jumlah saldo rekening mereka tanpa harus datang ke Gerai ATM. Umumnya nasabah bisa menikmati semua fasilitas yang disediakan setelah mereka mendaftarkan diri sebagai salah satu pengguna Internet, SMS sampai Mobile Banking BRI kepada customer service.

Hal ini dikarenakan nasabah tidak bisa menikmati pelayanannya sebelum melakukan registrasi. BRI selalu menciptakan terobosan baru dan berbeda dengan beberapa bank nasional di Indonesia. Bagaimana tidak, perkembangan teknologi yang semakin maju pada era digital seperti sekarang membuat kalian sebagai nasabah BRI pasti melek terhadap gadget.

Oleh sebab itu, kondisi ini membuat BRI berinovasi menghadirkan layanan transaksi virtual sehingga nasabah tidak perlu keluar rumah. Kamu hanya perlu punya smartphone dengan jaringan internet kuat. Kamu sendiri tidak selamanya bergantung dengan paket internet untuk menikmati semua layanan BRI.

Pasalnya, nasabah mana pun mungkin membutuhkan pulsa reguler untuk SMS atau telepon kepada customer service BRI. Tak mustahil bila pusat layanan BRI bisa saja agak mengalami keterlambatan untuk menjawab keluhan atau pertanyaanmu via internet. Kamu juga bisa mengecek saldo BRI melalui SMS bila tidak menerima respon usai melacak via Internet maupun Mobile Banking.

Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS

Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS
Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS

Tak bisa dipungkiri ternyata mengecek saldo BRI melalui SMS memberikan pengalaman berbeda bagi para nasabahnya. Kamu tidak perlu keluar rumah untuk mengetahui jumlah saldo tabungan dan antre bersama nasabah lain di Gerai ATM.

Kamu hanya perlu memiliki ponsel dan pulsa mencukupi untuk menghubungi BRI. Layanan BRI ini sudah muncul selama beberapa tahun terakhir demi meningkatkan kenyamanan transaksi seluruh nasabah setia BRI. Saldo BRI yang diperiksa melalui SMS biasanya memberikan informasi akurat dan sesuai dengan pengecekan via ATM.

Kamu tidak perlu mengeceknya dua kali lantaran Bank BRI memiliki server berkualitas tinggi untuk melacak seluruh transaksi antar nasabahnya. Selain itu, saldo rekeningmu tetap aman meski dicek lewat SMS karena nomor ponselnya atas nama pemilik tabungannya. Kamu hanya perlu merahasiakan PIN demi mencegah penyalahgunaan rekening BRI.

Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS Cepat dan Mudah

Untuk mengecek saldo BRI via SMS, maka kamu bisa menyiapkan ponselnya terlebih dahulu. Kamu juga perlu memastikan jaringannya bagus untuk memperoleh SMS balasan berisi jumlah saldo rekening dengan cepat. Meski begitu, setiap nasabah hanya perlu menunggu kurang dari 5-10 menit untuk menerima balasan resmi dari BRI. Kamu juga bisa bertransaksi apa saja lewat SMS Banking BRI. Beberapa langkah cek saldo rekening BRI via SMS yaitu :

Cek Saldo BRI Lewat SMS (Semua Operator Seluler)

  • Buka menu Message atau Pesan dari smartphone kalian.
  • Pilih menu Buat Pesan Baru.
  • Ketik pesan baru dengan format SALDO(spasi)PIN ATM (Contoh : SALDO 987654).
  • Kirim ke nomor 3300.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul sms balasan berisi jumlah sisa saldo rekening dari BRI.
  • Selesai.

Apa Saja Layanan SMS Banking BRI?

Nasabah BRI bisa menikmati berbagai macam fasilitas selama menggunakan SMS Banking BRI. Secara umum nasabah tidak hanya sekadar mengecek saldo rekening BRI saja, namun juga informasi penting lain yang berkaitan dengan akun rekening masing-masing. Kalian bisa melakukan transaksi apa saja seperti membeli pulsa isi ulang, membayar tagihan, sampai transfer ke sesame BRI maupun bank nasional lain yang bisa dilakukan dari satu genggaman saja.

Aturan dan Syarat SMS Banking BRI

Kalian bisa memanfaatkan layanan SMS Banking BRI dari semua operator seluler. Meski begitu, nasabah harus tahu bahwa fasilitas tersebut memiliki aturan dan syarat yang perlu diikuti dan ditaati selama kalian menggunakan layanannya.

Kamu harus memiliki rekening tabungan BRI (Simpedes, BritAma atau BritAma Junio) serta Giro (Perorangan). Selain itu, salah satu akun rekening tersebut harus mempunyai Kartu ATM BRI yang masih aktif untuk dihubungkan dengan SMS Banking BRI.

Bagaimana Cara Daftar SMS Banking BRI?

  • Kunjungi ATM BRI terdekat.
  • Masukkan kartu ATM dan PIN.
  • Pilih menu Transaksi Lainnya.
  • Tekan tombol Registrasi.
  • Pilih menu SMS Banking.
  • Silakan masukkan nomor ponsel yang masih aktif untuk dipakai SMS Banking BRI.
  • Masukkan PIN baru untuk mengaktifkan layanannya.
  • Apabila sudah selesai, maka kamu bisa menerima struk berisi informasi bahwa SMS Banking BRI sudah diaktifkan.
  • Jika tidak ada transaksi lain, tekan tombol Tidak.
  • Ambil kartu ATM BRI kalian.
  • Selesai.

Apa Saja Manfaat SMS Banking BRI?

SMS Banking BRI memberikan berbagai macam manfaat bagi seluruh nasabahnya. Secara umum fasilitas ini mendukung semua merek smartphone, baik Android atau iOS. Layanan tersebut juga didukung seluruh provider seluler di Indonesia sehingga kamu dapat memakai SIM card apa saja untuk cek saldo BRI.

Tak hanya itu, aksesibilitasnya tinggi agar kamu dapat mengetahui jumlah saldo tabungan BRI tanpa keluar rumah untuk mencari ATM BRI terdekat. Informasi tambahan lainnya adalah SMS Banking BRI selalu aktif selama 7×24 jam. Kamu bisa mengirim pesan dimana saja dan kapan saja untuk tahu sisa uang tabungan saat ini.

Tak hanya itu, nasabah mana pun pasti bisa memakai layanan ini lantaran prosedurnya sama seperti mengirim pesan singkat pada umumnya. BRI juga menyediakan dua layanan berbeda yang terdiri dari berbasis menu dan SMS Banking dengan mengandalkan menu sebagai instruksi transaksinya.

Bagaimana Cara Transfer via SMS Banking BRI?

  • Buka menu Message atau Pesan dari HP kalian.
  • Pilih menu Buat Pesan Baru.
  • Ketik pesan baru dengan format TRANSFER(spasi)BRI+NOMOR REKENING(spasi)NOMINAL(spasi)PIN (Contoh : TRANSFER BRI+086556765 250,000 123456).
  • Kirim ke nomor 3300.
  • Selesai.

Atau :

  • Buka menu Message atau Pesan dari HP kalian.
  • Pilih menu Buat Pesan Baru.
  • Ketik pesan baru dengan format TRANSFER(spasi)KODE BANK LAIN+NOMOR REKENING(spasi)NOMINAL(spasi)PIN (Contoh : TRANSFER 022+086556765 250,000 123456).
  • Kirim ke nomor 3300.
  • Selesai.

Bagaimana Jika Cek Saldo BRI Lewat SMS Gagal?

Apabila kamu tidak bisa mengecek saldo BRI via SMS, maka kamu bisa memeriksa sinyal ponsel terlebih dahulu. Kalian mungkin saja sulit menerima pesan balasan akibat kekuatan sinyal sangat minim. Meski begitu, kamu bisa saja tidak memiliki pulsa reguler lantaran cek saldo BRI via SMS membutuhkan biaya tertentu. Secara umum semua operator seluler tidak pernah membebani pelanggan BRI, sedangkan sekali pengiriman pesan hanya sebesar Rp.1,000 saja.

Demikian informasi mengenai cara cek saldo BRI via SMS yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Di sisi lain nasabah BRI bisa melakukan transaksi apa saja selain mengecek sisa saldo rekening tabungannya masing-masing. Kamu bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai pengguna baru SMS Banking BRI. Kalian biasanya harus antre di Kantor Cabang BRI dan menemui customer service untuk mengajukan permohonannya dengan melampirkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...