Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca
Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Bagaima cara mengatasi SIM card tidak terbaca? Pernah mengalami masalah ini dan bingung cara mengatasinya? Kamu bisa melakukan beberapa hal yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah tersebut sebelum kamu membawa gadgetmu ke konter terdekat.

SIM Card merupakan komponen utama yang berguna sebagai sarana komunikasi. Ternyata sering kita jumpai bahwa SIM card yang tidak terbaca oleh gadget dan menjadikan keresahan bagi penggunanya. Walaupun banyak hal yang menjadi dasar SIM card tidak terbaca, hal ini menandakan bahwa kartu SIM kamu sudah rusak. Namun dalam beberapa kasus, masalah seperti ini masih bisa ditangani.

Read More

Penyebab SIM Card Tidak Terbaca

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kartu SIM kamu tidak terbaca. Entah itu dari kartu itu sendiri atau dari slot kartu atau bahkan bisa juga dari operatornya. Maka sebelum kamu mengatasi kartu SIM tidak terbaca, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal yang menyebabkan kartu SIM tidak terbaca.

  • Usia pakai kartu SIM sudah terlalu lama
  • Kuningan SIM Card sudah rusak
  • SIM Card overheat
  • Slot kartu SIM rusak
  • Masalah jaringan

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca
Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Pernah kah kamu mengalami kejadian SIM card tidak terbaca oleh gadget? Dan bagaimana cara mengatasi SIM card tidak terbaca? Ternyata ada beberapa metode mudah yang bisa kamu coba dan terapkan untuk mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca.

Restart HP

Untuk cara yang pertama yang bisa kamu coba dan yang paling umum digunakan adalah dengan cara merestart ponsel. Karena dengan melakukan restart pada ponsel akan memicu untuk gadget untuk melakukan booting ulang dengan kondisi yang lebih segar. Dan jika terjadi error jaringan, kemungkinan besar bisa menjadi solusi untuk mengatasi SIM card yang tidak terbaca.

Karena sebelum kamu mencoba cara lain yang lebih sulit dan memakan waktu, tidak ada salahnya untuk kamu mencoba restart gadgetmu dahulu. Namun jika dengan restart HP SIM card kamu tetap tidak terbaca, kamu bisa menggunakan metode lain.

Lepas dan Pasang SIM Card Kembali

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan melepas SIM card kamu terlebih dahulu dan memasukkannya kembali ke slot SIM yang tersedia. Cara ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi SIM card tidak terbaca karena mungkin disaat pemasangan kartu SIM dengan slot kurang pas dengan chipsetnya.

Dan tentu metode ini bisa kamu terapkan sekalian untuk pembersihan slot kartu SIM jika terdapat debu atau kotoran lain yang menjadi penyebab kartu SIM kamu tidak terbaca dengan baik. Pastikan kartu SIM dan slotnya tidak kotor untuk menhindari kartu SIM tidak terbaca.

Coba SIM Card Lain

Dengan menggunakan cara ini kamu bisa mengetahui dan mendeteksi kerusakan yang ada apakah dari SIM card kamu atau kerusakan berasal dari slot kartu SIM yang tersedia. Masukkan kartu SIM yang berbeda untuk mengetahuinya. Jika kartu tersebut bisa terbaca dengan jelas, besar kemungkinan kerusakan ada di kartu kamu dan perlu penggantian kartu SIM yang baru.

Namun jika kedua kartu yang kamu coba sama-sama tidak terbaca oleh HP kamu, berarti ada kemungkinan bahwa yang mengalami kerusakan adalah slot kartu memori dan kamu perlu membawa gadgetmu ke konter HP terdekat untuk dilakukan perbaikan segera.

Pastikan SIM Card Masih Aktif

Terkadang sebagian orang lupa akan hal ini. Mereka akan lupa dengan masa aktif kartu SIM tersebut dan menyebabkan kartu menjadi tenggang atau bahkan sudah terblokir dari operatornya. Dan kartu SIM yang sudah tidak aktif tidak akan bisa terbaca oleh gadget kamu, maka dari itu pastikan kartu kamu masih aktif.

Biasanya kalau belum lewat dari sebulan setelah masa aktif SIM card hangus, kamu masih bisa mengganti kartu dengan yang baru namun tetap dengan nomor yang sama. Tinggal kamu kunjungi saja cabang operator terdekat di hari kerja. Namun kalau waktu jedanya sudah terlalu lama, mau tidak mau harus membeli nomor yang baru.

Atur Ulang Jaringan

Selain itu bisa saja masalah datang dari operator selular yang memang sedang error sehingga SIM card yang digunakan tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, bisa dengan mengatur ulang jaringan di HP.

Jika tidak bisa disetting secara otomatis, bisa dengan cara mengatur ulang secara manual melalui menu Settings > Network & Internet > Mobile network > Access Point Names. Di sini tinggal mengatur secara manual APN yang digunakan sesuai dengan jaringan dan operator selular yang digunakan.

Coba Mode Pesawat

Jika dengan restart HP atau memasukkan kembali SIM Card tidak menyelesaikan masalah, kemungkinan tidak ada yang salah dengan slot kartu SIM kamu. Dan jika kartu berfungsi pada HP yang lain, jelas juga tidak ada masalah pada SIM card. Maka bisa coba dengan beralih ke mode pesawat untuk menyelesaikan masalah ini.

Caranya tarik ke bawah panel notifikasi dari layar awal dan cari menu Airplane mode. Ketuk untuk mengaktifkan fitur Airplane mode. Kemudian tunggu satu menit dan matikan kembali Airplane mode. Maka HP akan mencoba kembali mencari jaringan.

Datang ke Konter Terdekat

Cara ini merupakan solusi terakhir untuk mengatasi kondisi SIM Card yang tidak terbaca. Kalau semua sudah dilakukan dan tidak berhasil juga, silahkan datang ke konter terdekat untuk melakukan service.

Bawalah HP ke sana dan sampaikan segala keluhan yang telah dialami. Harga untuk memperbaiki SIM Card tidak terbaca biasanya berada di kisaran 70–120 ribuan (berbeda-beda tergantung model, merk dan harga yang dipatok oleh tukang tersebut). Kemungkinan karena ada penggantian hardware seperti IC untuk sinyal ada yang bermasalah.

Beberapa cara mengatasi SIM card tidak terbaca yang bisa kami rangkum dan kamu coba untuk mengatasi masalah kamu. Dan tidak menutup kemungkinan jika kamu memiliki cara lain tersendiri untuk mengatasi SIM card yang tidak terbaca.

Related posts