Cara Hitung Bunga Deposito

Cara Hitung Bunga Deposito
Cara Hitung Bunga Deposito

Bunga deposito merupakan hasil dari perhitungan yang dilakukan setelah kalian mengalikan dari jumlah keseluruhan suku bunga bank ditambah besar nominal rupiah yang diberikan saat menanamkan sejumlah saham. Lalu, dikalikan kembali dengan hitungan hari selama investor menitipkan uangnya tersebut. Nanti, hasilnya dibagi 365. Itulah cara hitung bunga deposito.

Menariknya, bunga deposito yang ditawarkan oleh setiap perbankan di Indonesia ini memiliki standar yang mengharuskan mereka menetapkan angka lebih rendah dibandingkan dengan BI. Artinya, tidak ada bank negeri maupun swasta yang benar-benar melampaui suku bunga dari apa yang telah dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Sedangkan tenornya, antara 6 atau 12 bulan.

Kalkulator Bunga Deposito

Kalkulator bunga deposito Mandiri untuk mengetahui besar bunga deposito Mandiri. Dimana, pelanggan jadi bisa menilai sendiri ingin memilih tipe deposit yang mana sesuai dengan tenor dan suku bunga. Akan tetapi, pengetahuan umum terkait penanaman saham yang sudah mulai disadari oleh para investor pemula yaitu, semakin lama tenor makin tinggi juga bunganya.

Oleh sebab itu, uang yang digunakan sebagai deposito ini disarankan adalah uang bebas. Arti dari bebas disini, dana deposit tersebut bukanlah keperluan harian atau dana darurat yang bisa kalian cairkan kapan saja tanpa mengalami kerugian. Karena, saat kalian mulai mengawali di dunia saham, ada kalanya awal-awal penanaman justru mendapatkan grafik merah atau turun.

Cara Hitung Bunga Deposito

Cara Hitung Bunga Deposito
Cara Hitung Bunga Deposito

Cara hitung bunga deposito untuk kalian yang tergolong menjadi salah satu nasabah aktif di Bank Mandiri. Setelah itu, kalian tinggal masukkan saja data yang ada ke dalam rumus yang sudah dideskripsikan di atas. Ikuti langkah selengkapnya di bawah ini:

  1. Silahkan kalian kunjungi situs resmi bankmandiri.com berikut.
  2. Kemudian, sistem akan menunjukkan daftar tabel Kalkulator yang berisikan Deposit Type, Tier, Tenor (bulan), serta Suku Bunga (%).
  3. Catat data suku bunga sesuai jenis deposito saat jatuh tempo atau ketika dibayar di muka.
  4. Lihat di riwayat m-banking Mandiri kalian untuk mengetahui jumlah pasti uang yang telah ditanamkan ke bank tersebut
  5. Mulai menghitung dengan menggunakan rumus di bawah ini:

Keuntungan Bunga Depostito = (Suku Bunga Deposito x Besar Nominal Rupiah yang didepositkan x Lama Hari Penyimpanan Uang) : 365

Setelah kalian selesai mendapatkan hasilnya, maka langkah berikutnya kalian tinggal praktek cara hitung bunga deposito per bulan sesuai dengan cara hitung bunga deposito bank di atas.

Cara Hitung Bunga Deposito BCA

Cara hitung bunga deposito BCA dengan mengaplikasikan kalkulator bunga deposito. Kalau mau tahu cara menghitung bunga deposito per bulan dari perbankan satu ini, kalian cukup ikuti instruksi yang akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pastikan kalian sudah memiliki rekening di Bank BCA.
  2. Pilih jenis tabungan Tahapan Berjangka.
  3. Mulai cara hitung bunga deposito Bank BCA dengan memanfaatkan kalkulator deposit melalui situs resmi bca.co.id berikut ini.
  4. Masukkan ke dalam kalkulator online tersebut data seperti Placement Amount, dan Tenor.
  5. Interest Rate yang ditetapkan oleh sistem kalkulator, yaitu 1,90% (tidak dapat kalian ubah).
  6. Terakhir, langsung klik tombol Calculate berwarna biru.

Tunggu beberapa saat sampai proses perhitungan telah selesai dilakukan oleh sistem. Selain itu, kalian juga bisa mencoba menghitung suku bunga di bank lainnya.

Cara Hitung Bunga Deposito BRI

Cara hitung bunga deposito BRI menggunakan metode simulasi yang telah disediakan oleh perusahaan BRI. Hal ini, ditujukan untuk mengantisipasi pertanyaan para pelanggan yang ada selama mereka baru saja terjun sebagai investor pemula. Nanti, harapannya kalian tidak akan melontarkan pertanyaan seperti bagaimana cara hitung bunga deposito. Selengkapnya:

  1. Pertama-tama, kalian sudah menjadi salah satu pemilik rekening di Bank BRI.
  2. Lalu, langsung klik tautan Simulasi Keuangan BRI pada tautan berikut.
  3. Scroll ke bawah, geser dot berwarna merah untuk mengisi data Jumlah Deposito
  4. Pilih Paket yang kalian inginkan di kolom Jangka Waktu
  5. Kolom Suku Bunga Efektif, secara otomatis muncul menyesuaikan data yang telah kalian masukkan ke sistem.
  6. Apabila ada kesalahan nominal yang telah dimasukkan, langsung klik tombol Atur Ulang
  7. Setelah semua data yang di-input sudah benar, langsung ketuk tombol Hitung.

Disini, kita ambil contoh jumlah deposito yang dimiliki oleh kalian mencapai Rp 1.690.000. Kemudian, dilanjutkan dengan pilihan jangka waktunya sekitar 3 bulan saja. Maka, nilai suku bunga efektifnya sebesar 2,3%. Setelah memilih Hitung, hasil yang kalian peroleh adalah Rp 1.699.717.500. Angka ini, merupakan jumlah bunga ditambah dengan saldo deposito.

Cara Menghitung Bunga Deposito per Bulan

Cara menghitung bunga deposito per bulan, sama seperti apa yang sudah kalian simak pada penjelasan di atas. Meskipun kalian tidak melakukan login akun terlebih dahulu ke beberapa situs tersebut, kalkulator deposito tetap berjalan dengan optimal. Pastikan perangkat milikmu sudah terhubung dengan jaringan internet. Begini cara hitung bunga deposito OCBC NISP:

  1. Informasi Suku Bunga OCBC NISP dapat kalian akses melalui situs resmi ini.
  2. Nasabah yang menyimpan uangnya dalam mata uang rupiah, lihat tabel Suku Bunga Deposito Berjangka (SBDB) dengan satuan IDR
  3. Sedangkan bagi kalian pengguna mata uang asing seperti dollar, lihat kolom tabel di bawahnya.
  4. Lalu, untuk kalian yang penasaran dengan cara hitung bunga deposito OCBC NISP. Gunakan rumus berikut:

Jumlah Pajak Deposito = Keuntungan /Profit dari Bunga Deposito x Tarif untuk Pajak

Oleh karena itu, ada saja orang yang penasaran dengan memberikan pertanyaan berapa bunga deposito 1 milyar per bulan? Tentu, dengan jumlah uang yang ditanamkan sangatlah banyak. Maka, interest rate juga akan ikut meningkat. Tetapi, semua hal tersebut nilainya tidak akan terlalu menonjol karena ada perhitungan potongan untuk pembiayaan pajak ke negara.

Cara Menghitung Bunga Deposito 100 Juta

Cara menghitung bunga depostito 100 juta berdasarkan kutipan di laman resmi ocbcnisp.com. Inilah simulasi perhitungannya:

  1. Anggaplah kalian memiliki modal senilai Rp 100 juta yang telah ditabungkan ke jenis tabungan deposito
  2. Mulai hitung keseluruhan nilai Bunga Deposito terlebih dahulu dengan rumus

Bunga Deposito = Setoran + (Profit dari Bunga Deposito-Jumlah Pajak Deposito)

Sebelumnya, kalian hitung terlebih dahulu jumlah pajak depositnya sesuai rumus yang ada di atas. Setelah mendapatkan hasil perhitungan bunga deposito, kita lanjutkan kembali dengan menghitung profit bunga depostit. Rumusnya:

Profit Bunga Deposito = (Setoran x Suku Bunga x Jumlah Tenor) : 365 hari

Untuk jumlah pajaknya sendiri, dapat kalian ketahui dengan memasukkan data ke dalam rumus berikut:

Jumlah Pajak Deposito = Profit/Keuntungan Bunga Deposito x Tarif Pajak

Langkah terakhir inilah, yang menjadi nilai bersih hasil suku bunga yang kalian peroleh saat nantinya dicairkan ke dalam rekening pribadimu. Tidak akan ada biaya potongan lagi seperti tarif admin. Karena, masih menggunakan satu perusahaan perbankan yang sama dengan buku rekening milik kalian.

Sekian pembahasan mengenai cara hitung bunga deposito kali ini. Baca juga artikel cara gestun kartu kredit untuk info perbankan lainnya. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Stay health, and have a great days. Bye!

 

Related posts