Cara Gestun Kartu Kredit

Dapatkan keuntungan dari penggunaan kartu kredit, setiap kali kalian melakukan berbagai macam transaksi. Pastikan juga, kamu mampu melunasi besar tagihan yang masuk ke dalam rekeningmu. Supaya tidak terlalu kalap, bisa coba juga nih cara gestun kartu kredit. Soalnya, ada banyak sekali tawaran promo menarik saat kalian bertransaksi dengan kartu kredit.

Mulai dari mendapatkan poin, penawaran atau service spesial, sampai dengan potongan harga besar-besaran. Inilah, yang membuat para kaum milenial sangat menikmati memakai kartu kredit. Maka dari itu, kamu juga harus teliti dalam melihat cara pembayaran angsuran supaya tidak terlena dengan uang pinjamannya saja. Pelajari juga besaran bunga yang dikenakan.

Syarat-syarat Pengajuan Kartu Kredit

Masyarakat yang tertarik untuk menjadi salah satu nasabah yang memiliki kartu kredit. Kamu perlu tahu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mengunjungi KC Bank. Berikut syarat-syaratnya:

  1. Pemohon kartu kredit, minimalnya sudah memasuki usia 21 tahun serta maksimalnya ada di usia 65 tahun
  2. Menyertakan kartu identitas diri berupa KTP/Paspor/SIM
  3. Kartu tambahan kredit, diperbolehkan untuk dipegang oleh anggota keluarga nasabah dengan minimal usia 17 tahun, lalu maksimal di usia 65 tahun
  4. Tanda bukti tagihan dalam kurun waktu 3 bulan belakang, khusus bagi pemohon yang telah memiliki kartu kredit sebelumnya
  5. Menyertakan slip gaji atau bukti keterangan penghasilan individu
  6. Siapkan bukti keterangan rekening koran yang sudah di fotokopi dalam 3 bulan belakang, sebelum pengajuan kartu kredit dilakukan (khusus bagi para pengusaha)
  7. Fotokopi surat izin praktek (bagi para profesional atau ahli)
  8. Berkas berupa fotokopi SIUP, serta akte pendirian suatu perusahaan (TDP) (berlaku bagi pengusaha).
Terkait:  Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Cara Gestun Kartu Kredit

Cara Gestun Kartu Kredit
Cara Gestun Kartu Kredit

Cara gestun kartu kredit, pada dasarnya sangat mudah untuk dilakukan. Terutama, buat kamu yang baru pertama kali menggunakan kartu kredit. Dikutip dari website resmi ocbcnisp.com, begini langkah-langkah yang tepat untuk mencairkan dana pinjaman dari bentuk digital jadi tunai:

  1. Kunjungi mesin ATM yang berlokasi di lingkup yang aman
  2. Masukkan ke dalam mesin ATM, kartu kredit yang telah kamu miliki
  3. Ketikkan “Nomor PIN” kartu kredit kalian pada keypad angka yang ada di mesin
  4. Pilih “Nominal Rupiah” yang akan kalian cairkan melalui kartu kredit
  5. Lanjtukan dengan pilih “Kartu Kredit” pada layar mesin ATM
  6. Tekan pilihan “Cetak Struk” untuk dijadikan bukti penarikan uang yang sah
  7. Segera ambil “Uang Tunai” yang keluar dari mesin, lalu klik “Keluar” untuk mengeluarkan kartu dari mesin
  8. Ambil “Kartu Kredit” yang keluar, lalu simpan “Struk” dengan baik
  9. Proses penarikan uang tunai telah selesai.

Sebelum kalian melakukan penarikan dalam jumlah besar, ingat kembali besar limit yang ada di dalam kartu kredit tersebut. Kamu bisa melakukan pengecekan limitnya, melalui aplikasi m-banking dari bank credit card yang dimiliki.

Cara Gestun Kartu Kredit BCA

Cara gestun kartu kredit BCA tidak jauh berbeda dengan perbankan lainnya yang ikut serta dalam menyediakan layanan credit card kepada para nasabahnya. Karena tidak sembarangan tempat, kamu tidak dapat melakukan praktek langkah-langkahnya melalui pihak bank atau mesin ATM. Simak selengkapnya disini:

  1. Kunjungi “Pusat Perbelanjaan” terdekat di area tempat tinggal kalian
  2. Cari toko elektronik penjualan HP atau outlet pengiriman uang tunai ke bank
  3. Tanyakan kepada “Petugas Toko”, sambil menyerahkan kartu kredit BCA
  4. Kalau petugas langsung memberitahukan besaran potongan nominal, artinya toko tersebut bisa melakukan gestun
  5. Tuliskan “Nominal” yang akan kalian cairkan dari credit card BCA di selembar kertas yang diberikan oleh petugas
  6. Tunggu beberapa saat, sampai proses gestun (gesek tunai online) kalian selesai.
Terkait:  Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Biasanya, toko paling lama membutuhkan waktu pencairan kurang lebih setengah jam atau bisa juga lebih. Nanti, pihak bank akan melakukan konfirmasi kepada nasabah pemilik credit card terkait pembelian barang senilai nominal yang sudah kamu cairkan di toko gestun. Maka dari itu, jawaban yang harus diberikan oleh nasabah kepada petugas bank, adalah “Iya”.

Cara Gestun Kartu Kredit Mandiri

Cara gestun kartu kredit Mandiri, sama seperti apa yang telah dijelaskan bagi pemilik credit card BCA. Akan tetapi, disarankan untuk kalian lakukan tarik tunai saja agar lebih aman dan jelas rincian tagihannya. Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Cari mesin ATM Mandiri terdekat
  2. Masukkan “Kartu Kredit Mandiri” ke mesin, disusul dengan isi “PIN” credit card
  3. Isi “Nominal” yang akan kamu tarik tunai dari kartu
  4. Kalau muncul notifikasi “Ingin Cetak Struk?” pilih “Iya”
  5. Pilih opsi “Selesai”. Lalu, tunggu mesin mengeluarkan uang kalian, dan simpan struk
  6. Simpan “Kartu Kredit, dan Struk” ke dalam dompet atau saku baju supaya aman.

Nasabah juga harus mengetahui, kalau limit penarikan tunai ini berbeda dengan besar limit di dalam kartu kredit kalian. Contoh, limit credit card maksimalnya adalah Rp 5 juta. Kalau kamu melakukan penarikan tunai, jumlahnya 60% dari total limit asli. Penarikannya jadi Rp 3 juta saja. Belum lagi, dihitung adanya biaya administrasi dan suku bunga. Jadi rugi deh…

Cara Gestun Kartu Kredit BRI

Cara gestun kartu kredit BRI, bisa kamu lakukan tanpa bantuan dari pihak bank. Maksudnya, BRI mengetahui kalau nasabahnya ini melakukan transaksi untuk belanja. Bukan dipakai saat dirinya butuh uang tunai. Meskipun gestun termasuk perilaku ilegal, masih saja banyak orang yang melakukannya karena jauh lebih untung. Mau ikutan juga? Berikut triknya:

  1. Cari merchant terdekat yang memberikan jasa transfer ke bank
  2. Perlihatkan kartu kredit kalian ke penjaga merchant, dan tanyakan apakah bisa gestun
  3. Lanjutkan dengan mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh penjaga merchant
  4. Apabila kamu setuju, isi data kalian di atas kertas yang telah diberikan oleh penjaga
  5. Pihak “Agen Gestun” akan melakukan konfirmasi transaksi ke pemilik kartu
  6. Terima “Uang Tunai” sesuai kesepakatan di awal
  7. Kalau pihak bank menelepon kalian, jawab saja “Benar Sudah Melakukan Pembelian Produk di Toko X” (X melambangkan sesuai toko yang disebutkan oleh pihak bank)
  8.  Tagihan gestun, tercatat sebagai pembelian produk.
Terkait:  Cara SMS Banking BNI

Keuntungan dari melakukan gesek tunai online tersebut, pemilik kartu kredit tidak perlu ragu untuk bisa melakukan pelunasan tagihan dengan metode cicilan. Soalnya, terdeteksi sebagai transaksi untuk pembelian produk. Bukan termasuk kategori penarikan tunai. Tarik tunai via credit card sangat tidak dianjurkan karena merugikan pihak bank maupun pemilik kartunya.

Cara Gestun Kartu Kredit BNI

Cara gestun kartu kredit BNI, bisa kalian alihkan saja dengan melakukan tarik tunai. Memang, terlihat kerugiannya, tapi sudah pasti transaksinya aman. Langkah-langkah gestunnya sendiri, bisa kamu simak di penjelasan atas. Hindari mengungkapkan kegiatan gestun kepada pihak bank. Tarik tunai, bisa dilakukan di berbagai mesin ATM bank yang ada logo ATM Bersama.

Sekian pembahasan mengenai cara gestun kartu kredit kali ini. Informasi serupa, bisa kalian simak di cara gestun Akulaku. Semoga bermanfaat. See you on the next days. Hope you all have a great days. Have a good rest, and bye bye…

5/5 - (1 vote)

Related posts