Cara Daftar Mandiri Online

Cara daftar Mandiri online sebenarnya sangat mudah. Asalkan Kamu sudah memiliki rekening tabungan Mandiri. Penggunaan Mandiri online baru-baru ini menjadi salah satu layanan yang sangat dibutuhkan, karena kita dapat melakukan transaksi keuangan tanpa harus pergi ke ATM, apalagi kantor cabang bank Mandiri.

Tak hanya bank Mandiri, bank-bank lainnya di Indonesia juga ikut menyediakan layanan mobile banking atau e-banking demi mempermudah transaksi para nasabahnya. Sehingga bisa meringankan kerja para staf CS atau teller di kantor perbankan yang kerap kewalahan menangani banyaknya nasabah hanya untuk aktivitas transfer uang ataupun untuk penarikan tunai.

Melalui layanan e banking atau mobile banking, berbagai macam transaksi perbankan yang bersifat non tunai bisa langsung dilakukan kapan pun. Bahkan saat tengah malam sekalipun layanan mobile banking dapat diandalkan. Selain itu, aplikasi Mandiri onlinejuga dapat diakses dengan mudah, mengingat kini banyak orang mempunyai perangkat smartphone, entah itu berbasis iOS dan android.

Bahkan perbankan sebagai perusahaana jasa yang bergelut dengan pelayanan kepada masyarakat, juga ikut meluncurkan aplikasi di ponsel pintar. Sehingga masyarakat dapat melakukan transaksi keuangan dengan mudah dan praktis lewat genggaman saja. Sama halnya dengan aplikasi Mandiri Online yang diusung oleh bank Mandiri.

Mandiri Online App bisa diunduh secara gratis lewat PlayStore untuk pengguna andrpid maupun di AppStore bagi pengguna iOS. Akan tetapi, sebelum Kamu memakai aplikasi Mandiri Online, Kamu harus mendaftar terelebih dahulu lalu mengaktifkannya.

Syarat dan Ketentuan Daftar Mandiri Online

Sebelum menjelaskan tentang cara daftar Mandiri Online, Kamu harus tahu ketentuan dan syarat daftar mobile banking Mandiri, diantaranya :

  • Wajib mempunyai rekening tabungan bank Mandiri dan kartu ATM-nya.
  • Mempunyai akun SMS banking Mandiri dan MPIN.
  • Mempunyai smartphone android dengan OS minimal versi 5.0.
  • Memiliki nomor HP dengan provider Indosat, Telkomsel, Smartfren, Indosat, dan XL.
  • Mempunyai akun email aktif.
  • Mempunyai minimal pulsa RP. 5.000

Sebagai catatan, kode MPIN dan SMS banking dapat dibuat lewat kantor cabang bank Mandiri sembari membawa serta buku rekening tabungan, KTP, serta kartu ATM bank Mandiri.

Jika Kamu belum menjadi nasabah bankMandiri, silahkan pergi ke kantor bank Mandiri setempat untuk membuka buku tabungan, atau langsung mendaftar via online di link ini!

Setelah itu, Kamu wajib membuat kartu debit atau ATM Mandiri. Jika Kamu memutuskan mengaktifkan rekening Mandirimu, iumumnya Kamu akan memperoleh kartu ATM bank Mandiri, yang artinya Kamu dapat melakukan berbagai macam aktivitas perbankan lewat ATM.

Syarat selanjutnya Kamu dapat mengaktifkan layanan SMS finansial dengan membuat MPIN yang terdiri dari 6 digit angka di kantor cabang bank Mandiri terdekat sembari membawa kartu ATM, kartu identitas serta buku tabungan.

Jika Kamu ragu apakah akun SMS finansialmu telah diaktifkan ataukah belum, maka Kamu dapat menghubungi layanan Mandiri Call langsung di 14000 untuk mengkonfirmasikan status SMS finansial milikmu.

Jika sudah aktif, Kamu bisa mengikuti panduan cara daftar Mandiri Online di bawah ini!

Cara Daftar Mandiri Online

Cara Daftar Mandiri Online
Mendaftar Mandiri Online via Hp

Mendaftar Mandiri Online Melalui Hp Android

Jika Kamu ingin mendaftar Mandiri Onlline lewat Hp Android, maka Kamu wajib memakai provider Smartfren, 3 (Tri), XL, Indosat, atau Tekomsel. Pastikan pula Kamu mempunyai pulsa minimal Rp. 5.000 untuk membayar biaya SMS verifikasi.

Jika semua persyaratan sudah dipenuhi, ada beberapa langkah cara daftar Mandiri online lewat Hp android yang bisa Kamu ikuti berikut ini :

1. Unduh Aplikasi Mandiri Online

Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan ialah mengunduh aplikasi Mandiri Online terlebih dahulu di Google Play Store untuk pengguna android dan App Store untuk pengguna iOS.

2. Daftar Aplikasi Mandiri Online

Cara daftar Mandiri online berikutnya ialah mulai mendaftar Mandiri Online.Silahkan masukkan nomor pada kartu ATM, tanggal berlaku dan tanggal lahir. Setelah itu, lakukan verifikasi nomor Hp dengan mengirimkan pesan singkat atau SMS ke 3355. SMS yang Kamu kirimkan secara otomatis akan muncul di perangkat android. Selanjutnya cukup tekan “Send”.

Selanjutnya kembali lagi ke Mandiri Online App. Lalu buat password dan user ID. Biasanya user ID merupakan kombinasi dari angka dan huruf, sama halnya seperti password. Jadi pastikan membuat password terlebih dahulu yang mudah diingat agar data perbankan tidak gampang dicuri hacker.

Kemudian masukkan akun email, lalu tambahkan foto untuk profil, dan tekan “Buat Akun”. Setelah itu, inputkan MPIN yang telah dibuat dan lakukan aktivasi baik secara online  ataupun di kantor cabang bank Mandiri.

Proses registrasi Mandiri Online lewat Hp Android pun sudah selesai. Kini Kamu sudah dapat melakukan login memakai userID serta password yang sudah dibuat.

Apabila Kamu gagal melakukan verifikasi mobile banking Mandiri karena tidak dapat mengirimkan SMS untuk verifikasi secara otomatis langsung ke nomor 3355 Adapun caranya cukup pilih menu settings pada Hp android, lalu cari Mandiri Online App, gulir ke Permissions yang ada di bagian bawah, lalu geser toggle tepat di samping Phone and Storage sampai berwarna biru.

 Cara Cek Saldo Mandiri Online

Setelah mendaftar Mandiri Online via HP di atas, kini Kamu tinggal menggunakan layanan Mandiri Online. Sebenarnya untuk mengakses Mandiri Online sendiri, bisa melalui aplikasi Mandiri Online ataupun lewat website Mandiri Online.

Salah satu fasilitas yang dapat Kamu manfaatkan dari aplikasi atau website Mandiri Onlline, ialah cara cek saldo Mandiri. Bagi Kamu yang ingin mengecek saldo rekening Mandiri melalui Mandiri Online, berikut ulasannya :

  • Silahkan bukan Mandiri Online App yang sudah diinstall.
  • Inputkan PIN dan user ID, klik “Masuk”.
  • Di halaman utama pada akun Mandiri Online,  akan terlihat langung nomor rekening Mandirimu.
  • Silahkan cek “Nomor Rekening” lalu lihat “Jumlah Saldo dan Mutasi”.

Cara Transfer Lewat Mandiri Online

Selain cek saldo, Kamu juga bisa mentransfer uang melalui layaan Mandiri Online. Berikut ulasannya :

  • Buka Mandiri Online App.
  • Lalu inputkan user ID dan PIN untuk mengakses Mandiri Online, lalu klik “Masuk”.
  • Setelah itu, pilih “Transfer”. Jika Kamu ingin mentransfer uang ke sesama nasabah Mandiri bisa pilih “ke Rekening mandiri”. Sedangkan jika ingin mentransfer uang ke bank lain, silahkan pilih “Ke Bank Lain Dalam Negeri”.
  • Silahkan inputkan nomor rekening bank tujuan, selanjutnya tekan Jumlah Transfer lalu klik “Waktu Pengiriman” dan “Lanjut”.
  • Silahkan inputkan MPIN untuk Mandiri Online.
  • Kemudian cek konfirmasi dan klik “Kirim”.
  • Sesudah transaksi selesai, selanjutnya akan muncul pemberitahuan status transaksi.

Cara Beli Pulsa Lewat Mandiri Online

Selain melakukan cek saldo dan transfer uang, Kamu juga bisa membeli pulsa lewat Mandiri Online. Berikut ulasan panduannya, di bawah ini :

  • Buka aplikasi m banking Mandiri seperti biasa.
  • Inputkan User ID dan PIN, lalu klik “Masuk”.
  • Setelah itu, pilih “Beli”, kemudian pilih lagi “Buat Pembelian Baru” dan klik “Voucher Hp”.
  • Inputkan nomor ponsel yang akan Kamu isikan pulsa, tekan “Jumlah Pulsa” lalu tekan “Lanjut”.
  • Silahkan cek transaksi dan tekan “Kirim”, inputkan MPIN.
  • Sesudah transaksi selesai, Kamu akan mendapatkan pemberitahuan status transaksi.

Itulah beberapa panduan cara daftar Mandiri Online, cek saldo dan cara transfer via Mandiri Online yang bisa Kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019