Cara Cek JNE

Bagaimana cara cek JNE? JNE adalah perusahaan yang menawarkan jasa ekspedisi produk atau barang ke seluruh Indonesia. Bagi para pemilik online shop atau bagi Kamu yang gemar berbelanja online, mungkin sudah familiar dengan yang namanya JNE Express.

Apalagi sampai saat ini JNE sudah tersebar hingga di seluruh pelosokIndonesia, jadi para pelapak ataupun perorangan bisa mengirim barang/produk dengan mudah. Selain itu, JNE juga menawarkan berbagai macam layanan pengiriman, yang mana tiap-tiap layanan itu sendiri mempunyai ketentuan yang berbeda.

Setidaknya ada 5 lebih layanan yang dapat Kamu pakai, mulai dari layanan YES, Pesona, JNE Super Speed, Reguler, dan layanan OKE yang paling sering dipakai oleh banyak orang.

Perbedaan Layanan JNE Oke, YES, dan Reguler?

Seperti sudah dikatakan di atas bahwa layanan JNE Yes, Reguler, dan OKE adalah layanan yang paling banyak digunakan. Namun, tahukah Kamu apa perbedaan diantara ketiganya?

Layanan YES, dimana YES merupakan kependekan dari Yakin Esok Sampai. Jadi, layanan ini termasuk layanan pengiriman secara premium yang ditawarkan oleh JNE dan memiliki target kiriman tiba di tempat tujuan saat keesokan harinya, tidak terkecuali hari libur nasional dan hari Minggu. Dimana layanan tersebut hanya tersedia pada pengiriman dari maupun ke kota-kota atau tempat tertentu saja.

Seluruh agen/cabang JNE menawarkan layanan Reguler, tapi tidak menjamin uang kembali dan tidak melakukan proses pengiriman di hari libur nasional dan hari minggu.

Sedangkan, layanan JNE OKE sendiri adalah singkatan dari Ongkos Kirim Ekonomis, yaitu layanan ekspedisi dari JNE yang biayanya paling murah dan disarankan pada pengiriman paket yang berukuran besar. Layanan JNE OKE ini juga tak melakukan pengiriman barang di hari libur nasional, termasuk hari Sabtu dan Minggu. Selain itu juga tidak menjamin uang kembali.

Sebenarnya diantara layanan-layanan yang diberikan oleh JNE Xpress, Kamu bisa memilih sistem pembayaran berupa JNE Cashhless, yang mana metode tersebut bisa dikatakan simpel, cepat, praktis dan mudah.

Apa Itu JNE Cashless?

Dalam hal pengiriman barang atau mengecek paketan via JNE sebenarnya caranya sama saja walaupun menawarkan pilihan dengan uang cash atau non cash. Tiap konsumen, entah itu pihak pengirim maupun penerima dalam melakukan tracking cukup memakai nomor resi. Untuk mengecek resi JNE dengan sistem cashless ini dapat dilakukan lewat aplikasi JNE, lewat pihak ketiga maupun situs resmi JNE itu sendiri.

Sebenarnya apa itu JNE Cashless? Mungkin diantara banyaknya pengguna masih banyak yang belum memahami istilah cashless, sebab setiap pengguna jasa Ekspedisi seperti halnya JNE, seringkali memakai uang cash untuk pembayarannya.

Perlu Kamu ketahui, bila sistem pembayaran JNE cashless bisa dikatakan lebih praktis, mudah, cepat, dan simpel. Sistem ini tak hanya digunakan untuk pembayaran jasa pengiriman saja, melainkan juga pembayaran lainnya dapat menggunakan sistem pembayaran cashless.

Cashless sendiri artinya metode pembayaran yang bersifat non cash atau non tunai, yaitu dengan memakai uang elektronik, berupa LinkAja, OVO, Gopay, serta uang non tunai pada beberapa bank terkemuka di Indonesia.

Apa Saja Keuntungan Memakai Metode Cashless?

Ada banyak keuntungan yang bisa Kamu dapatkan jika memakai opsi pembayaran JNE cashless, dimana keuntungan pertama adalah proses pembayaran yang lebih hemat, praktis dan mudah. Seperti kita ketahui, jika memakai uang cash atau tunai, bisa dibayangkan saja jika kita melakukan pembayaran berlebih. Tentu saja harus menunggu kembaliannya, sementara jika memakai sistem pembayaran JNE cashless tentu saja nominalnya akan pas.

Selain itu, keuntungan memakai metode cashless lainnya ialah jika memakai jasa ekspedisi JNE, maka para pengguna memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan tawaran promo menarik dari JNE atau uang elektronik ini. Promo tersebut bisa saja berupa voucher cashback, yang jumlahnya pun dapat disesuaikan berdasarkan promo tersebut maupun dilihat dari nilai transaksinya.

Cara Cek JNE

Cara Cek JNE
Cara Cek JNE Cashless

Cara Cek JNE Cashless

Cara cek JNE cashless sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Kamu bisa melacak tracking pengiriman lewat website dan aplikasi. Adapun penjelasan caranya ialah sebagai berikut :

1. Cara Cek JNE Cashless Via Website

Untuk melakukan pengecekan tracking JNE cashless via website, ada beberapa cara yang dapat Kamu lakukan berikut :

  • Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan ialah cukup memastikan bahwa Kamu sudah menerima nomor bukti pengiriman atau resi pengiriman barang/produk.
  • Berikutnya Kamu cukup mengunjungi website atau situs JNE Express, dengan mengetikkan link ini!
  • Selanjutnya Kamu bisa mencari kolom bertuliskan Lacak Kiriman. Lalu cukup masukkan nomor resi/bukti pengiriman tersebut di kolom yang tersedia.
  • Kemudian pastikan nomor bukti/resi pengiriman yang Kamu masukkan sudah benar, lalu tinggal klik tracking.
  • Setelah itu, tunggu sampai beberapa saat, setelah itu sistem pun langsung memproses dan akan muncul informasi pengiriman barang secara lengkap.

2. Cara Cek JNE Cashless Menggunakan Aplikasi

Adapun cara cek JNE cashless menggunakan aplikasi secara online, bisa dilakukan melalui tahap-tahapan berikut ini :

  • Pastikan jika Kamu mempunyai aplikasi JNE terlebih dahulu, jika belum silahkan download.
  • Jangan lupa pastikan pula nomor resi pengiriman sudah benar.
  • Apabila cara-cara di atas sudah dilakukan, sekarang saatnya cukup membuka aplikasi JNE di smartphone.
  • Dalam tamplan menu utama, Kamu bisa lihat di bagian bawah, ada kolom bertuliskan Cek Resi Pengiriman Disini.
  • Setelah itu, silahkan masukkan nomor bukti/resi pengiriman dan periksa kembali, apabila sudah benar silahkan klik.
  • Selanjutnya akan muncul informasi pengiriman barang/produkmu secara detail.
  • Kamu juga bisa melakukan pengecekan resi secara otomatis via My Shipment memakai nomor ponsel terdaftar.

Nah, itulah cara cek JNE cashless untuk melacak pengiriman atau tracking barang yang dikirimkan oleh jasa ekspedisi JNE. Bagaimana, cara di atas sebenarnya sangat mudah kan? Selain itu, cara-cara di atas sebenarnya tidak hanya berlaku bagi metode pembayaran JNE cashless saja, tetapi juga berlaku bagi semua layanan JNE dan metode pembayaran apapun.

Bagaimana Dengan Cek  Tarif JNE?

Bagi Kamu yang berperan sebagai pengirim, dan ingin menggunakan layanan pengiriman dari JNE, maka Kamu harus mengetahui tarif pengiriman yang ditetapkan oleh JNE. Untuk cara cek tarif JNE ini, Kami akan membagikan metodenya secara online menggunakan situs resmi dari JNE. Berikut ulasannya :

  1. Pertama-tama silahkan kunjungi website resmi jasa ekspedisi JNE di alamat link www.jne.co.id.
  2. Setelah itu, Kamu akan dibawa ke halaman utama dan di sana akan terlihat text bertuliskan “check out tarif now”, maka Kamu bisa mengetikkan kota pengirim/penjual di kolom “from”. Lalu ketikkan kote penerima di kolom “to”. Setelah itu, lengkapi juga total berat produk/paket yang dikirimkan memakai satuan Kg.
  3. Tekan submid jika sudah mengisi seluruh data dengan lengkap.
  4. Selanjutnya tuliskan kode keamanan di kolom yang tersedia. Ingat, harus benar-benar tepat menuliskan security code tersebut. Jika salah, maka Kamu akan kembali lagi ke proses awal.
  5. Terakhir tekan submit dan langsung terlihat tarif ongkos kirim JNE yang perlu Kamu bayarkan sesuai berat paket dan jarak tujuan.

Nah, bagaimana ulasan cara cek JNE di atas? Sangat mudah, kan? Kini Kamu tak perlu takut lagi dan bingung lagi mengetahui proses pengiriman paket dan tarif pengiriman!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019