Cara Cek Pembayaran PDAM

Bagaimana cara cek pembayaran PDAM? Air adalah kebutuhan bagi semua orang untuk keperluan rumah tangga maupun industri. Jadi peranannya tidak terlepas dari kehidupan manusia. Pemerintah melalui layanan PDAM diharapkan mampu memenuhi kebutuhan air bagi warga masyarakat. Bahkan layanan PDAM ini sudah tersedia hingga ke pelosok desa sekalipun.

Namun untuk bisa mendapatkan layanan PDAM ini, tentu saja masyarakat harus membayar tagihan yang ditetapkan setiap bulannya. Karena itu, penting sekali mengetahui cara cek pembayaran PDAM agar kita tidak merasa kaget saat melihat tagihan PDAM yang membengkak. Selain itu, Kamu juga bisa menyamakan antara pemakaian pada meteran air dengan besarnya tagihan yang dibebankan per bulannya. Sebab bisa saja terjadi kesalahan penginputan.

Selain itu, pelayanan PDAM dari tahun ke tahun terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi digital saat ini. Demi memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat dalam mengalirkan air bersih ke setiap rumah, kini PDAM telah menyediakan sistem pembayaran dan tagihan online. Salah satunya, kini masyarakat sudah dapat mengakses website resmi PDAM. Lalu, bagaimana cara cek pembayaran tagihan PDAM?

Cara Cek Pembayaran PDAM

Cara Cek Pembayaran PDAM
Mengecek Pembayaran PDAM

Mengecek Pembayaran PDAM Mudah

Sebelum membahas panduan mengecek pembayaran PDAM, maka Kamu harus tahu terlebih dahulu nomor pelanggan PDAM, terlebih apabila bukti pembayaran PDAM di bulan lalu hilang. Jika Kamu tidak mengetahui berapa nomor pelanggan PDAM-mu, tentu akan kesulitan mengetahui tagihan PDAM.

Lalu, bagaimana mengetahui nomor pelanggan PDAM? langkah yang bisa dilakukan pertama kali ialah, silahkan cek pada meteran air. Biasanya disitu tertera nomor pelanggan tepat di lingkaran meteran yang ada di dekat kaca. Jika meteran air yang ada di rumahmu sudah usang, mungkin nomor tersebut tak dapat dilihat kembali. Nah, apabila hal ini terjadi Kamu dapat menghubungi layanan call center PDAM wilayah setempat atau platform medsos PDAM.

Akan tetapi jika Kamu tidak mengetahui kontak call center dan akun sosmed PDAM, maka Kamu bisa memeriksa di web resmi PDAM yang ada di kotamu. Misalnya, Kamu berdomisili di kota DKI Jakarta, maka Kamu bisa mengunjungi web PDAM DKI Jakarta. Cukup masukkan nama beserta alamat lengkap, Kamu pun akan diberitahukan informasi tentang data beserta nomor pelanggan PDAM-mu. Jika sudah tahu, Kamu pun bisa melanjutkan ke panduan cara cek tagihan PDAM di bawah ini!

Mengecek Pembayaran PDAM Online

Ada beberapa cara cek pembayaran PDAM yang bisa Kamu lakukan, yaitu secara offline dan online. Bagi Kamu yang ingin mencoba mengetahui tagihan PDAM lewat online karena lebih mudah, bisa cek panduannya di bawah ini!

1. Cek Tagihan PDAM Lewat Situs Resmi PDAM Jakarta

Bagi Kamu yang tinggal di kota Jakarta, maka Kamu harus mengunjungi situs resmi PDAM khusus kota Jakarta. Selain mengetahui informasi tentang nomor pelanggan, melalui web resmi PDAM Kamu juga bisa mengecek pembayaran PDAM. Adapun langkah-langkahnya berikut ini :

  • Silahkan buka web resmi PDAM kota Jakarta lewat link ini!
  • Dilanjutkan dengan memilih kelompok tarif PDAM berikut ukuran meter air.
  • Lalu ketik pemakaian air tiap meter kubik di rumahmu.
  • Kemudian klik hitung.

Sesudah Kamu mengklik “hitung” maka rincian penggunaan air tiap meter kubik beserta perkiraan tagihan PDAM yang dibebankan akan langsung terlihat pada layar.

2. Cek Tagihan PDAM Lewat Situs Resmi PDAM Kota Bogor

Bagi warga Bogor, Kamu juga bisa mengakses layanan situs web PDAM kota Bogor dengan mudah. Langkah-langkahnya sama saja seperti poin nomor 1, berikut ulasannya :

  • Buka web resmi PDAM khusus kota Bogor di web browser yang Kamu gunakan, di alamat: www.pdamkotabogor.go.id
  • Kemudian silahkan pilih kategori/kelompok tarif.
  • Lalu pilih stand meter pada bulan sekarang dan bulan lalu, dan klik “Proses”.

Selanjutnya, Kamu akan mendapatkan rinsian penggunaan air tiap meter kubiknya beserta jumlah tagihan PDAM di layar.

3. Cek Tagihan PDAM Lewat Website Resmi PDAM kota Depok

Bagi warga kota Depok juga tidak perlu repot-repot datang ke kantor PDAM untuk mengecek tagihan PDAM, karena PDAM di kota Depok telah menyediakan layanan lewat situs resmi mereka. Berikut cara cek tagihan PDAM lewat website di kota Depok :

  • Kunjungi website resmi PDAM yang ada di kota Depok, di alamat : www.pdamdepok.co.id/informasi-edukasi/simulasi-tagihan.
  • Jika sudah pilih kategori dan isi diameter.
  • Silahkan ketik pemakaian PDAM per meter kubik lalu klik hitung.

Selanjutnya Kamu akan menerima total jumlah tagihan PDAM di layar.

4. Cek Tagihan PDAM di Situs Resmi PDAM kota Bekasi

Warga kota Bekasi juga bisa mengecek pembayaran PDAM dengan mengunjungi web resmi PDAM kota Bekasi. Berikut panduan cara cek pembayaran PDAM kota Bekasi online :

  • Buka web resmi PDAM Bekasi di alamat www.tirtabhagasasi.co.id.
  • Gulir ke bawah, selanjutnya Kamu akan melihat tautan “klik di sini” guna mengecek pembayaran tagihan PDAM.
  • Silahkan inputkan nomor pelanggan PDAM lalu klik cari.

Sesudah mengetahui besarnya tagihan PDAM yang wajib dibayar, selanjutnya tinggal lakukan pembayaran.

5. Cek Tagihan PDAM Melalui Situs e-commerce Bukalapak

Selain di situs resmi PDAM di beberapa wilayah, Kamu juga bisa mengecek pembayaran tagihan PDAM di situs Bukalapak. Simak panduannya di bawah ini :

  • Buka aplikasi belanja online Bukalapak.
  • Silahkan pilih opsi “Pascabayar”.
  • Lalu pilih PDAM, inputkan area beserta nomor pelanggan.
  • Kemudian pilih “Bayar Air PDAM”.

Apabila data yang Kamu masukkan sudah benar, maka di layar aplikasi Bukalapak akan tertera informasi jumlah tagihan dan pembayaran PDAM.

6. Cek Tagihan Pembayaran PDAM di Situs Belanja Online Tokopedia

Selain Bukalapak, Kamu juga bisa menggunakan situs belanja online Tokopedia ke dalam cara cek pembayaran PDAM. Berikut penjelasannya :

  • Masuk ke aplikasi Tokopedia.
  • Setelah itu, pilih opsi “Tagihan” selanjutnya klik “Air PDAM”.
  • Selanjutnya pilih opsi “Kota” dan inputkan nomor pelanggan.

Informasi mengenai tagihan PDAM pun akan langsung tertera di layar.

Mengecek Pembayaran PDAM Offline

Bagi kota-kota yang sudah disediakan layanan pengecekan pembayaran tagihan PDAM lewat website resmi tentu akan sangat terbantu karena mereka tak perlu mendatangi loket PDAM. Akan tetapi, bagaimana dengan kota-kota yang belum mendapatkan layanan website resmi? Ya, Kamu tetap bisa mengecek pembayaran dan melakukan pembayaran melalui situs-situs ecommerce maupun lewat loket PDM secara offline.

Berikut ulasan cara cek pembayaran PDAM offline, diantaranya :

1. Cek Tagihan Pembayaran PDAM Melalui Loket PDAM

Pembayaran tagihan secara offline pertama, bisa dilakukan lewat loket di kantor PDAM terdekat. Kamu hanya perlu memberitahukan nomor pelanggan PDAM lalu petugas kasir pun akan langsung menginformasikan besarnya tagihan PDAM yang wajib di bayar.

2. Cek Tagihan Pembayaran PDAM Melalui PDAM Keliling

Cara cek tagihan pembayaran PDAM lainnya ialah dengan memanfaatkan mobil PDAM keliling. Di beberapa kota biasanya menyediakan layanan mobil keliling yang bertujuan untuk mempermudah para pelanggan melakukan pembayaran tagihan. Mobil keliling tersebut biasanya beroperasi sesuai waktu dan lokasi yang sudah ditentukan.

Apabila Kamu kebetulan melihat PDAM keliling, maka Kamu bisa melakukan pengecekan sekaligus pembayaran PDAM. Pastikan untuk memberitahukan kepada petugas tentang nomor pelangganmu.

Itulah beberapa panduan cara cek pembayaran PDAM yang bisa dilakukan baik secara online maupun offline. Silahkan pilih sesuai kebutuhan!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019