Cara Hitung Gaji Youtuber

Cara dapat uang dari Youtube selalu membuat banyak orang penasaran. Karena platform video sharing dan live streaming ini memang mampu membayar para kreator Youtuber dengan penghasilan yang tak bisa dianggap sepele. Selain itu, banyak yang dibuat bingung tentang bagaimana cara hitung gaji Youtuber.

Youtuber sendiri adalah istilah yang merujuk pada orang yang menciptakan konten kreatif berbentuk video yang di upload di Youtube. Di Indonesia sendiri ada banyak youtuber-youtuber terkenal yang penghasilannya bahkan melebihi gaji karyawan senior sekalipun. Siapa lagi kalau bukan Ria Ricis dan Atta Halilintar.

Kedua Youtuber tersebut bahkan berhasl meraih Diamond Button langsung dari pihak Youtuber karena sudah sukses memiliki subscriber hingga 10 juta lebih. Wah, Kalian tentu bisa bayangkan berapa banyaknya penghasilan Atta dan Ricis?

Ya, untuk memperkirakan besarnya gaji youtuber dan sumber pendapatan youtuber itu sendiri, Kalian harus simak ulasan di bawah ini!

Cara Hitung Gaji Youtuber

Cara Hitung Gaji Youtuber
Menghitung Gaji Youtuber

Menghitung Gaji Youtuber

Cara menghitung gaji Youtuber sendiri dapat dilakukan lewat 2 indikator, diantaranya CPC (Cost Per Click) dan CPM (Cost Per Mille).

CPM merupakan jumlah yang akan dibayarkan pengiklan dalam 1.000 kali tayangan iklan. Dimana perhitungan tayangan pada iklan tersebut dilakukan untuk tiap iklan yang ditampilkan pada konten Kalian. CPM ini penting karena Kalian dapat memperoleh penghasilan yang akan dibayarkan pengiklan.

Dimana semakin banyaknya pengiklan membayar, maka akan semakin banyak pula uang yang didapatkan. Adapun nominal CPM yang ada di Indonesia sendiri ialah mencapai US$ 1 atau jika dikonversi ke rupiah adalah Rp. 14 ribu untuk tiap tayangan iklan. Akan tetapi, jumlah tersebut juga tak mutlak sebab selalu disesuaikan berdasarkan peraturan dair Youtube.

Cara hitung gaji Youtuber lainnya dilihat dari faktor CPC. Dimana CPC sendiri merupakan metode perhitungan gaji dengan jumlah yang lebih besar daripada CPM. Selain itu, perhitungan CPC juga diperoleh berdasarkan jumlah klik iklan pada halaman video. Adapun harga setiap kliknya bervariasi, dari Rp. 5 ribu hingga RP. 12 ribu.

Selain itu, jumlah gaji atau penghasilan diperoleh berdasarkan jumlah dari total CPM yang ditambah dengan CPC. Contoh kasus, Kalia punya sebanyak 3.000 views iklan di channel Youtube Kalian, maka nominal penghasilan yang dapat diterima ialah sebesar US$3. Selanjutnya Kamu bisa menambahkan jumlah klik dalam iklan.

Dimana total dari CPC atau CPM tersebut dinamakan sebagai revenue. Tentu saja jumlah tersebut lebih besar apabila Kalian rutin meng-upload video yang mampu menarik sebanyak ribuan sampai jutaan subscriber.

Menghitung Gaji Youtuber Lewat Sistem Bagi Hasil

Cara menghitung gaji Youtuber lainnya juga bisa dihitung melalui sistem bagi hasil. Bagi Youtuber sendiri, persentase dari bagi hasilnya sendiri mencapai 55%. Ini dia illustari cara hitung gaji Youtuber :

  • Misalnya channel video Youtube Kalian ditonton oleh 5.000 viewers, ini artinya sebanyak 550 orang kira-kira yang melihat tampilan iklan sampai selesai.
  • Kalian bisa menghitung sesuai BPS Youtuber Indonesia, yaitu Rp. 7.000 tiap 1.000 viewers. Sehingga nominal yang akan dibebankan ke pihak pengiklan yaitu 550 viewers x Rp. 7.000 = RP. 3.850.000.
  • Kemudian hitung lagi 55% bagi hasil x Rp. 3.850.000  = Rp. 2.117.500. Pendapatan inilah yang akan diberikan oleh Youtube ke pemilik akun.

Itulah cara hitung gaji Youtuber sesuai dengan sistem bagi hasil dari iklan yang ditampilkan di channel Youtube Kalian.

Sumber Penghasilan Youtuber

Sumber penghasilan pembuat konten di Youtube sendiri dapat diperoleh lewat berbagai macam platform. Sebenarnya ada banyak sekali sumber penghasilan yang dapat dicoba di Youtube, berikut ulasannya :

1. Youtube Sponsorships

Dalam sistem sponsorsip ini, akan ada merk-merk produk tertentu yang membayar seorang Youtuber dengan sistem yang dikenal sebagai endorse. Adapun caranya yaitu buat konten khusus yang berhubungan dengan produk sponsorship.

Lalu, pembuat konten youtube selanjutnya akan menawarkan harga tertentu di tiap seribu viewer-nya. Setiap saatnya akan terjadi penambahan viewer yang menonton tayangan video itu sendiri. Oleh karena itu, jenis penghasilan tersebut banyak diinginkan Youtuber.

2. Youtuber Partner Program

Sumber pendapatan lainnya ialah melalui Youtuber Partner Program. Jika Kalian sedang menonton channel Youtube kesukaan, lalu tiba-tiba Kalian melihat iklan yang lewat, ini artinya pembuat konten tersebut telah memasuki kriteria program ini.

Adapun persyaratan yang spesifiknya yaitu akun harus sudah berusia 1 tahun, minimal memiliki 4000 angka berupa watch time. Jumlah minimal subscribers ialah 1000. Apabila Kalian berhasil memenuhi seluruh kriteria di atas, Youtuber tersebut pun siap mendapatkan penghasilan dari Youtube.

3. Youtuber Affiliate Marketing

Sumber penghasilan tersebut bisa didapatkan Youtuber berdasarkan pengiklan yang akan memberikan bayarannya lewat sistem CTR. Nominalnya berdasarkan jumlah pembeli produk dari link sisipan Kalian, termasuk uang tambahan hasil penjualan.

Pada konten-konten akun Youtube biasaya ada Youtuber yang menayangkan ulasan tentang sebuah produk. Jadi, inilah yang dimaksud oleh Youtube Affiliate Marketing, bisa juga disebut sebagai iklan pemasaran produk.

Cara Meraup Pundi-Pundi Rupiah di Youtube

Ini adalah cara agar bisa mendapatkan uang hasil dari channel Youtube dan video yang Kalian upload di channel Kalian. Berikut ada 5 layanan monetisasi Youtube yang harus Kamu ketahui, diantaranya :

1. Membership Channel

Membership Channel adalah sistem dimana para viewers menyaksikan konten video Kalian mendapatkan peluang memperoleh banyak keuntungan berdasarkan penawaran yang telah diberikan oleh pemilik akun dengan membayar akun Kalian.

2. Iklan

Kalian bisa mendapatkan iklan dari overlay, display, dan juga video. Metode ini termasuk pendapatan dominan dari para Youtuber. Sebab dari sini penghasilan akan mengalir terus seiring jumlah viewers atau penonton yang semakin bertambah.

3. Galeri Merchandise

Galeri Merchandise adalah monetisasi berbentuk penjualan produk seperti kerajinan atau buah tangan lainya. Konten video tersebut bisa menjadi tampilan di halaman video Youtube Kalian secara khsusus.

4. Youtube Premium

Pelayanan dari Youtube Premium biasanya menawarkan kemudahan fitur bagi channel dan unggahan konten Youtube Kalian, yakni agar para viewers menonton konten lengkap tanpa iklan. Tapi, para kreator konten tak perlu khawatir. Kalian akan tetap mendapatkan penghasilan berdasarkan dari para anggota atau member.

5. Mengoptimalkan Channel Youtube

Segala hal yang dapat Kamu lakukan untuk meraih pundi-pundi rupiah dari Youtube tentu tak akan berarti apabila konten Youtube yang disajikan tidak mampu menarik viewers. Oleh karena itu, sebaiknya usahakan untuk mengunggah video secara rutin sesuai demografi subscriber Kalian.

Selain itu, jangan lupa pula untuk selalu kontak atau selalu berhubungan baik dengan subscriber. Sebab jumlah like, komentar dan share merupakan faktor penentu yang dapat meningkatkan peringkat channel Youtube milik Kalian. Nah, peringkat itulah yang nantinya membuat video Kalian masuk ke jajaran teratas apabila ada pengguna lain yang melakukan browsing atau pencarian keyword.

Itulah beberapa hal terkait cara hitung gaji Youtuber dan cara meraup pundi-pundi rupiah yang bisa Kalian coba. Bagaimana, sangat menggiurkan bukan? Tak mudah memang menjadi seorang Youtuber terkenal di Indonesia di tanah air mengingat persaingannya yang begitu ketat. Tapi tidak ada salahnya jika Kalian mencoba asalkan tetepa konsisten untuk menghasilkan berbagai konten kreatif dan berkualitas.

Top 10 Artikel Banyak Dibicarakan :

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019