Cara Investasi Emas

Strategi investasi yang tepat akan mencapai keseimbangan antara tingkat resiko dan profitabilitas. Salah satu investasi yang layak dipertimbangkan adalah dengan berinvestasi emas. Menariknya, cara investasi emas saat ini semakin menawarkan kemudahan dan kian berkembang.

Investasi emas bisa dikatakan sebagai investasi yang memiliki kinerja baik sepanjang sejarah. Akan tetapi, kamu mungkin belum pernah merencanakan bagaimana cara investasi emas dengan benar. Oleh karena itu, untuk mendapatkan strategi yang tepat, kamu harus banyak belajar dan membaca tentang investasi emas.

Read More

Kenapa Emas Sangat Berharga?

Emas sangat berharga terutama karena logam mulia ini memiliki keterikatan historis dengan nilai mata uang di dunia. Di zaman kuno, emas dipakai untuk koin dan perhiasan karena kelenturannya. Ketika mulai dikembangkan mata uang kertas, uang kertas bahkan dirancang agar sesuai dengan nilai emas tertentu.

Walaupun hal tersebut sudah tidak berlaku lagi, namun emas memiliki sejarah penting bagi sistem keuangan kita, sehingga membuat komoditas ini tetap berharga.

Apakah Emas Termasuk Investasi yang Baik?

Emas merupakan salah satu investasi terbaik bagi mereka yang ingin melakukan diversifikasi portofolio yang ada. Seringkali kinerja emas berlawanan dengan investasi tradisional, baik itu obligasi maupun saham.

Saat aset-aset tersebut mempunyai kinerja yang negatif, maka nilai emas cenderung meningkat. Tren tersebut telah membuat banyak investor beranggapan bahwa emas adalah investasi yang aman.

Tapi sayangnya, banyak investor baru yang menghindari emas, karena emas tidak menghasilkan arus kas yang konsisten seperti saham atau real estate. Namun yang harus kamu ketahui adalah emas itu bersifat liquid atau sangat mudah dicairkan.

Terkait:  Cara Deposit Quotex

Kamu bisa membeli bahkan menjual emas dalam waktu yang cepat seiring tingginya permintaan.

Banyak Investor Tertarik dengan Emas, Apa Alasannya?

Investor seringkali tertarik berinvestasi emas sebagai cara untuk mendiversifikasi, sekaligus untuk melindungi portofolio mereka. Mengingat emas biasanya memiliki nilai lebih stabil dan berkebalikan dari obligasi atau saham.

Itulah alasan kenapa emas memiliki peluang menarik bagi sebagian investor untuk mengurangi resiko. Ini dia alasan lain, kenapa investor memilih berinvestasi emas :

1. Value Stores

Emas memungkinkan para investor dapat menyimpan nilainya berbentuk aset fisik. Emas yang memiliki sifat nyata memberikan ketertarikan tersendiri karena investor melakukan diversifikasi.

2. Likuiditas

Walaupun termasuk aset yang berwujud, tapi emas masih bersifat sangat likuid. Sehingga bisa dikonversi ke dalam uang tunai dengan mudah.

3. Return

Secara historis, emas mempunyai tingkat return atau pengembalian tinggi. Walaupun nilainya tidak selalu mengungguli investasi lain, namun emas tetap menawarkan pengembalian yang menarik secara keseluruhan.

Emas bisa dijadikan sebagai investasi yang menawarkan perlindungan. Karena kinerja emas berbeda dari obligasi atau saham, biasanya nilainya meningkat selama periode penurunan ekonomi. Artinya, emas tidak dipengaruhi oleh inflasi.

Hal inilah yang membuat investor berinvestasi emas untuk mengurangi tingkat resiko portofolio.

Cara Investasi Emas

Cara Investasi Emas
Investasi Emas yang Tepat

Cara Terbaik Investasi Emas

Hal pertama yang mungkin dipikirkan oleh kebanyakan orang saat berinvestasi emas yaitu dengan membeli perhiasan atau mungkin membeli koin emas. Namun pada kenyataannya, ada banyak pilihan pembelian emas. Di bawah ini ada beberapa cara investasi emas terbaik yang bisa kamu pertimbangkan :

1. Emas Batangan

Emas batangan biasanya mengacu pada semua bentuk emas murni. Biasanya emas batangan harus disertifikasi kemurnian dan berat emas itu sendiri. Selain itu, emas batangan juga mempunyai nomor seri yang terlampir demi alasan keamanan.

Terkait:  Cara Menghitung Keuntungan Reksadana

Emas batangan memiliki ukuran yang bervariasi. Hanya saja ada beberapa kekurangan dalam berinvestasi emas batangan, yaitu memilih tempat dan asuransi yang aman saat mengamankan investasi emas ini.

Di samping itu, emas batangan juga termasuk aset yang sulit dibeli ataupun dijual. Hal tersebut dikarenakan, kamu harus mengidentifikasi pembeli yang siap membeli emas dalam ukuran berapapun. Selain itu, untuk pembelian emas batangan harus dilakukan di butik emas terpercaya.

2. Koin Emas

Cara investasi emas selanjutnya dalam bentuk koin emas. Kamu mungkin sering menjumpai, ada teman atau kenalanmu yang menawarkan penjualan koin emas.

Sebenarnya bentuk jual beli emas dalam bentuk koin ini cukup terkenal, bahkan seringkali lebih nyaman dibandingkan emas batangan. Hal ini dikarenakan ukurannya lebih kecil. Para investor bisa membeli koin emas dari reseller atau kolektor emas.

Kemudian kamu bisa menjualnya kembali untuk memperoleh keuntungan. Kamu bisa menemukan reseller resmi penjualan koin emas di sebagian kota besar. Untuk kemudahan, koin emas merupakan cara terbaik dalam berinvestasi emas bagi pemula.

3. Tabungan Emas di Pegadaian

Pegadaian adalah tempat yang bisa kamu andalkan untuk berinvestasi emas. Ada banyak investor yang melakukan cara investasi emas di pegadaian ini sebagai investasi jangka panjang.

Menariknya lagi, bagi pemula bisa menabung emas mulai dari Rp. 10 ribu saja di Pegadaian. Kamu hanya perlu membuat rekening tabungan di Pegadaian. Sesudah membuat rekening tabungan, kamu bisa melakukan setoran tabungan di awal.

Salah satu kelebihan berinvestasi emas di kantor Pegadaian yaitu kamu tidak perlu harus menyimpan surat kepemilikan emas atau menyimpan emas fisik. Kamu hanya perlu menyimpan buku rekening tabungannya saja.

Terkait:  Cara Investasi Saham

Kekurangannya yaitu tingkat volatilitas harga yang cukup riskan, kamu juga harus melakukan pembayaran untuk jasa penyimpanan logam mulia. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada jumlah profit yang kamu dapatkan.

4. Emas ETF

Cara investasi emas terbaik lainnya yaitu dengan berinvestasi emas ETF (exchange traded fund), kamu bisa membelinya sama seperti membeli saham pada bursa saham. Emas ini memungkinkan para investor dapat mengakses emas dengan mudah tanpa memikirkan biaya penyimpanan maupun resiko keamanan.

Biasanya seorang investor emas, akan kehilangan nilai persentase investasinya per tahun akibat rasio biaya dari dana. Maksud dari rasio biaya disini yaitu biaya pertahun yang dibebankan dana guna menutupi biaya administrasi dan manajemen.

Pihak investor juga harus melakukan pembayaran komisi jual beli ETF. Sedangkan, sebagian besar biasanya komisi online akan berjalan kurang dari $10, kamu bisa benar-benar mendapatkan tambahan komisi apabila menjadi seorang trader yang aktif.

Di samping itu, biasanya broker akan membebankan komisi dengan nilai lebih tinggi sampai $25 untuk setiap transaksi perdagangan yang telah dibantu broker.

5. Perusahaan Tambang Emas

Perusahaan kilang atau tambang emas juga bisa memperoleh profit dari meningkatnya harga emas. Oleh karena itu, berinvestasi di perusahaan-perusahaan ini merupakan cara efektif jika ingin memperoleh keuntungan dari berinvestasi emas.

Cara investasi emas dengan perusahaan tambang emas juga termasuk investasi dengan tingkat resiko minim.  Salah satu perusahaan tambang terbesardi Indonesia adalah dengan jangkauan global begitu luas.

Investasi emas merupakan salah satu investasi yang aman dengan tingkat resiko yang rendah. Namun kamu juga perlu memillih jenis investasi yang tepat untuk memperkuat keuntunganmu. Untuk selanjutnya, tetapkan strategi cara investasi emas yang tepat untuk menekan resiko kerugian.

 

Related posts