Cara Hapus Akun Gmail

Cara Hapus Akun Gmail
Hapus Akun Gmail

Bagaimana cara hapus akun Gmail? Kenapa kita harus menghapus akun Gmail? Apa saja langkah-langkahnya?

Berbicara soal Gmail atau Google Mail, mungkin sebagian dari kita sudah tak lagi asing jika mendengar kalimat ini ya.

Read More

Karena pada dasarnya, gmail sendiri merupakan salah satu layanan dari Google, yang mana memudahkan pengguna untuk melakukan pengiriman email kepada pemilik email lain.

Bahkan, dengan menggunakan akun Gmail sendiri, kita bisa langsung terhubung dengan beberapa layanan Google. Karena seperti yang kita ketahui, akun Google sendiri memang bisa langsung digunakan untuk mengakses beberapa layanan lain dari Google di Android.

Nah salah satunya adalah ya Gmail ini. Karena selain kemudahan yang dihadirkan oleh Gmail, pengguna yang memiliki akun google Mail ini bisa mendapatkan notifikasi ataupun update, dari beragam layanan Google lainnya.

Mulai dari notifikasi ketika email mereka login di perangkat lain, serta untuk berkirim surat atau pun berkirim lamaran kerja secara online.

Maka dari itu, tak heran jika ada orang mengatakan apabila seorang pengguna Android tidak memiliki akun Gmail, maka mereka tidak akan bisa mengakses aplikasi atau layanan Google, karena mereka kehilangan inti dari sistem Android.

Dan Nggak cuma itu aja, akun Gmail yang kita gunakan pada perangkat Android juga bisa loh digunakan untuk menyimpan kontak, agar ketika kita berpindah smartphone, kita tak perlu lagi sibuk sibuk memindahkan kontak satu persatu.

Karena kita hanya perlu melakukan login, dan mengaktifkan sinkronisasi pada email yang kita masukkan, untuk memunculkan kontak yang sudah tersimpan di dalam Gmail. Itulah mengapa, dari pengguna iOS atau iPhone, juga bisa menginstal layanan Gmail untuk mempermudah aktivitas berkirim pesan atau surat elektronik.

Selain itu, fungsi lain dari akun Gmail, adalah untuk melakukan login pada perangkat atau smartphone baru, yang memiliki sistem operasi Android. Karena dengan satu Google email atau Gmail, bisa masuk ke dalam Android untuk melakukan finishing set up, ketika kita membeli smartphone baru. Karena nantinya semua data akan disimpan ke dalam aplikasi Gmail yang kita miliki.

Walaupun begitu, terkadang ada beberapa saat dimana kita harus menghapus akun Gmail. Tentu bukan tanpa alasan, melainkan karena mungkin banyaknya sinkronis kontak, yang mana sebenarnya tidak kita perlukan.

Biasanya hal ini terjadi, akibat ada teman atau saudara yang tanpa sengaja melakukan login ke dalam Gmail mereka, dengan menggunakan Smartphone kita namun belum mematikan sinkronisasi otomatis nya.

Oleh karena itu, secara otomatis juga google akan memperbarui kontak sesuai dengan email yang ditambahkan.

Maka dari itu, kita perlu rajin mengecek email mana saja yang sekiranya penting, dan harus dihapus dari perangkat Android.

Walaupun begitu, nyatanya tidak semua pengguna Android mengetahui tentang cara menghapus akun Gmail. Padahal, caranya amatlah sangat mudah.

Cara Hapus Akun Gmail

Cara Hapus Akun Gmail
Hapus Akun Gmail

Cara Hapus Akun Gmail Lewat HP

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah melalui smartphone atau handphone kalian masing-masing. Di sini kita tidak memerlukan aplikasi tambahan ya, melainkan kita hanya perlu

  • Masuk kedalam setting atau pengaturan smartphone
  • Setelah itu klik pada menu akun yang ada di pengaturan
  • Kemudian klik pada menu Google (akun Google)
  • Lalu klik pada email yang akan kita hapus
  • Scroll ke bagian agak bawah, lalu kamu bisa mengklik pada option remove account atau hapus akun

Nantinya, secara otomatis email yang kita pilih tadi akan hilang, dan proses sinkronisasi akan dimulai secara otomatis jika kamu mengaktifkan sinkronisasi nya. Atau kamu juga bisa melakukan restart pada smartphone kalian, agar semua data dan juga kontak diperbarui

Cara Hapus Akun Gmail Lewat Aplikasi Gmail

Kemudian pada cara kedua, kita akan menghapus akun Gmail melalui aplikasi Google Mail atau Gmail itu sendiri. Nah disini kamu bisa menerapkannya, pada perangkat Android ataupun iOS. Caranya adalah

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Gmail yang ada di perangkat kalian
  • Setelah itu klik pada menu hamburger yang ada di pojok kiri atas
  • Kemudian klik pada menu settings atau pengaturan
  • Selanjutnya kamu akan melihat list atau daftar Gmail yang ter login atau masuk kedalam smartphone Android kalian, dan kamu bisa memilih salah satu email yang akan kamu hapus
  • Setelah itu, klik pada option atau titik 3, yang ada di sebelah pojok kanan atas lalu pilih manage account, atau kelola akun
  • Nantinya kamu akan dibawa kedalam pengaturan Google, dan kamu bisa kembali memilih email mana yang ingin kamu hapus
  • Klik pada salah satu email tersebut, lalu Scroll ke bawah, dan klik remove account

Sampai sini kamu sudah berhasil menghapus akun Gmail melalui aplikasi Gmail itu sendiri. Nantinya akan ada proses sinkronisasi yang berjalan, untuk menyesuaikan data-data dan juga kontak, sesuai dengan email yang masih terdaftar di dalam smartphone Android kalian.

Cara Hapus Akun Gmail Secara Permanen

Untuk cara yang ketiga sebenarnya cukup kursial dan juga penuh pertimbangan. Karena pasalnya, pada cara ketiga ini kalian bisa menghapus akun Google secara permanen. Walaupun begitu, biasanya cara ini kerap digunakan ketika pengguna sudah sering mendapatkan email spam, dan Tak ingin lagi menggunakan akun Gmail ini. Caranya juga gampang banget

  • Pertama-tama kamu bisa melakukan login ke dalam situs google.com, dengan menggunakan email yang ingin kamu hapus secara permanen
  • Setelah itu kamu bisa mengklik pada icon profile yang ada di bagian sebelah kanan atas, dan pilih pada opsi account
  • Setelah itu kamu bisa masuk ke dalam menu account preferences, klik pada pilihan delete your account or services
  • Beberapa saat dan kamu bisa langsung mengklik pada select delete produk
  • Setelah sampai pada tahap ini, maka kamu akan diminta untuk memasukkan password kalian
  • Setelah itu kamu bisa mengklik pada Icon tong sampah yang ada di samping produk Gmail
  • Kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan email alternatif, yang mana kamu bisa memasukkan email baru yang masih aktif, untuk menerima verification Link
  • Setelah itu kamu tinggal mengklik pada tombol send verification email, yang nantinya akan dikirimkan ke dalam email baru yang kamu masukkan tadi
  • Setelah mengklik Link yang masuk kedalam email baru kalian, maka selanjutnya kamu tinggal mengikuti instruksi yang diberikan, untuk melakukan penghapusan akun Gmail secara permanen.

Nah, sampai sini kamu sudah berhasil untuk menghapus akun Gmail secara permanen. Namun perlu sangat dicatat, jika cara ini tidak bisa dilakukan untuk main-main. Karena jika kamu salah-salah mengklik, maka kemungkinan besar data beserta akun Gmail kalian akan terhapus. Maka dari itu pastikan dulu Jika kamu ingin menghapus akun Gmail secara permanen.

Dan itulah tadi beberapa cara hapus akun Gmail yang bisa kamu coba, silakan Gunakan cara yang menurutmu paling mudah. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, selamat mencoba

Related posts