Cara Nabung Saham

Cara Nabung Saham
Cara Nabung Saham

Cara nabung saham bisa kamu lakukan dengan baik dan benar, apalagi di zaman serba digital ini ada banyak sekali kemudahan yang ditawarkan untuk bisa menabung saham di usia remaja. Jika kamu menabung saham ini, maka kamu akan mendapatkan banyak keuntungan apalagi kalau kondisi saham sedang baik atau naik di pasaran.

Jika kamu ingin menabung saham namun bingung bagaimana cara melakukannya, maka kamu bisa langsung menyimak penjelasan pada artikel kali ini.

Cara Nabung Saham

Cara Nabung Saham
Cara Nabung Saham

Saham merupakan sebuah sekuritas yang bisa mewakili kepemilikan di perusahaan publik. Jadi ketika kamu membeli sebuah perusahaan, maka kamu menjadi pemilik sebagian dari perusahaan tersebut. Jadi, saham ini bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk jaminan yang menunjukkan bahwa pemegang saham mempunyai kepemilikan proporsional di perusahan preterit.

Meskipun saham ini banyak keuntungannya, namun masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menabung saham. Berikut adalah cara-cara untuk bisa menabung saham dengan baik dan benar.

  1. Siapkan Dana

Cara untuk menabung saham yang benar adalah kamu harus menyiapkan dana minimal. Maksudnya adalah kamu harus menyiapkan uang khusus sebesar minilam 1-2 juta rupiah. Silahkan kamu usahakan dana tersebut kamu gunakan memang khusus untuk diniatkan sebagai modal investasi. Jadi, kamu harus pintar-pintar memisahkan mana dana untuk investasi dengan dana sehari-hari sehingga menjadi solusi pengaturan keuangan yang baik bagimu.

  1. Tentukan Perusahaan Sekuritas

Cara menabung saham selanjutnya adalah silahkan kamu memulai untuk menentukan perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas ini adalah perusahaan yang sudah mendapatkan izin usaha dadi OJK untuk bisa melakukan kegiatan usaha sebagai perantara pedagang efek, penjamin emisi efek, ataupun kegiatan lainnya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pengawas pasar modal.

Bagi kamu yang seorang pemula, maka alangkah baiknya jika kamu memilih perusahaan sekuritas yang memperbolehkan setoran awal paling tidak di bawah angka lima juta. Sangat penting juga bagimu untuk mempertimbangkan biaya transaksi yang ditawarkan. Pada tahapan cara ini juga, kamu bisa memilih perusahaan sekuritas yang menawarkan biaya transaksi paling rendah.

  1. Buka Rekenening Efek Di Perusahaan Sekuritas Pilihan

Cara untuk bisa menabung saham selanjutnya adalah kamu harus membuka rekening. Mengapa demikian? Sebab rekening inilah yang nantinya akan kamu gunakan untuk menyetor uang dimana uangnya bisa kamu pakai untuk membeli saham yang kamu inginkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk bisa membuka rekening di perusahaan sekuritas pilihanmu.

  • Pertama,  kamu isi formulir pendaftar yang disediakan oleh pihak perusahaan sekuritas
  • Silahkan kamu memberikan dokumen yang diperlukan seperti fotocopy KTP yang berlaku, NPWP fotocopy, buku tabungan yang akan kamu daftarkan di dalam formulir
  • Setoran awal ke rekening di bank RDI atas nama calon investor saham
  • Setelah disetujui, sebagai investor selanjutnya kamu sudah siap untuk bertransaksi
  1. Pilih Perusahaan Publik

Setelah kamu melakukan cara menabung saham nomor empat, maka selanjutnya kamu harus memilih perusahaan publik yang bisa dibeli sahamnya. Pastikan untuk cara menabung saham satu ini kamu lakukan dengan benar pada perusahaan publik yang sudah terdaftar di bursa efek Indonesia. Untuk daftar nama perusahaan, bisa kamu lihat di laman BEI.

Kamu juga bisa memilih perusahaan BUMN yang menawarkan saham modal kecil sebagai cara untuk menabung saham bagi kamu yang seorang pemula. Perusahaan seperti BUMN ini mempunyai reputasi yang baik dan resiko rendah untuk mengalami penurunan. Jangan pilih perusahaan yang nilainya naik turun sebab jenis saham sepertinya ini sangat mudah untuk dimanipulasi oleh investor dengan modal besar.

  1. Mulai Memilih Saham

Sebelum kamu memilih saham tersebut, kamu jangan lupa juga untuk memilih jenis saham yang menurutmu paling menguntungkan. Selain menguntungkan, saham tersebut juga harus mempunyai resiko yang rendah. Kondisi mengenai saham tersebut bisa kamu lihat dari kondisi perusahaannya, grafik harga saham perusahaan tersebut, juga bisa meminta masukan dari perusahaan sekuritas yang kamu percaya.

  1. Pilih Satu Atau Dua Perusahaan Publik

Kamu bisa mencari saham dengan harga di bawah 1000 di setiap lembarnya. Sebagai permulaan untuk bisa menabung saham, maka kamu bisa memilih satu atau dua saham perusahaan. Cara investasi saham dengan modal yang kecil ini berguna untuk memperkecil resiko kegagalan ke depannya.

  1. Pilih Indeks Saham Yang Tepat

Indeks saham merupakan portoftolio imaginer yang mengukur perubahan harga dadi suatu pasar atau sebagian dari pasar tersebut. Pada saat indeks saham bergerak naik, berarti harga dari sebagian besar saham-saham yang diukur oleh indeks saham tersebut bergherfak naik. Namun sebaliknya jika indeks bergerak turun, maka sebagian besar saham-saham konstituen indeks bergerak turun.

Bagi kamu seorang pemula, cara menabung saham yang benar kamu bisa memilih saham-saham yang tergabung dalam pada indeks LQ45 atau IDX30. Indeks LQ45 merupakan indeks yang mengukur performa harga dari 45 saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

  1. Cara Beli Dan Jual Saham

Untuk cara nabung saham yang benar untuk pembelian, maka kamu harus menyiapkan dana sesuai dengan hartgha saham dan membayar biaya transaksi untuk perusahaan sekuritas. Sedangkan untuk penjualan saham, total dana yang akan kamu dapatkan adalah sesuai dengan harga saham dikurangi biaya transaksi dan PPh.

Biaya transaksi tabung saham ini berbeda-beda di setiap perusahaan sekuritas. Namun pada umumnya 0.2-0.3 persen dari nilai transaksi pembelian saham termasuk PPN dan ditambah dengan PPh 0.1 persen khusus untuk transaksi penjualan saham.

  1. Pantau Pergerakan Saham

Pergerakan harga saham ditentukan oleh supply dan demand atas saham tersebut jika demand meningkat, maka secara otomatis harga saham juga akan naik begitu juga sebaliknya. Faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan saham ini adalah pergerakan suku bunga bank, tingkat inflansi, nilai tukar rupiah, kinerja perusahaan, hingga fakto non-ekonomi seperti kondisi sosial dan politik.

Ada beberapa cara menabung saham yang benar yang bisa kamu gunakan untuk memantau pergerakan saham. Perlu kamu ketahui juga bahwa setiap perusahaan efek akan secara aktif memberikan informasi kepadamu seputar kondisi pasar saham serta rekomendasi saham-shaam yang potensial untuk dibeli ataupun dijual.

Di samping informasi yang diberikan, kamu juga sebaiknya aktif memantau pergerakan harga saham yang kita pegang secara mandiri melalui informasi dari televisi, internet, koran harian, dan bis berasal dari siaran radio.

  1. Pantau Pergerakan Ekonomi

Cara nabung saham yang terakhir adalah kamu harus selalu memantau pergerakan pasar, karena kondisi ini termasuk salah satu faktor yang berpengaruh pada pergerakan saham. Apabila kondisi pasar sedang normal, maka kamu bisa mulai untuk berinvestasi saham baru. Namun jika kondisi pasar saham sedang menurun atau memburuk, maka alangkah baiknya jika kamu menahan dirimu untuk membeli atau menjual saham. Selain itu, sentimen juga bisa menjadi salah satu faktor naik turunnya saham.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara nabung saham yang bisa kamu lakukan dan ikuti agar mendapatkan banyak keuntungan. Silahkan kamu mencoba cara-cara di atas dengan baik dan semoga berhasil!

 

Related posts